Kategori
Blogging Things Di Balik Blog Fragment

Proses Ngeblog – Tantangan Introspeksi Blog Hari #3

Proses ngeblog dimulai dari pencarian ide sampai ke penulisan, balas komen dan blog walk. Beberapa tahap ini berlangsung terus menerus setiap hari. Postingan ini gw berusaha menceritakan gimana proses ngeblog yang gw alami tiap hari. Gimana dengan kalian?

Hari ke 3 dari tantangan introspeksi blog ini tentang proses ngeblog yang gw lakukan untuk blog ini.

Proses mestinya kudu ngebahas dari ujung sampe akhir ya. Dari ujung ke ujung. Cuman karena belom pernah mikirin ini secara mendalam bingung juga, proses ngeblog yang ada itu gimana. Kalo cuman gimana mendapatkan ide ngeblog sih pernah gw tulis sebelumnya.

So let me try to write how I blog.

Pencarian Ide

Jadi ya, entah karena gw suka ngeblog atau karena emag dari dulu gw emang begini, tapi gw suka mengamati dan memperhatikan apa yang kejadian di sekitar. Mulai dari kejadian di jalanan, berita online ato isi siaran radio termasuk ke lagu yang gw dengerin. Selain itu gw suka baca, mulai dari buku sampe blog walk. Suka ya, bukan karena ngerasa ada kewajiban.

*Makanya kalo misalkan gw blog walk dan gw komen, berarti gw emang udah baca isi postingannya. Bahkan pas gw pencet  tombol like 😛

Kalo misalkan ada perasaan khusus yang menggerakkan hati, gw akan inget-inget intinya apa sih yang sampe menyentuh banget buat gw. Dari situlah berangkatnya ide-ide ngeblog gw.  Dari mulai “menyentuh hati” tadi,  gw gak langsung tuliskan jadi postingan.  Butuh beberapa waktu lamanya tergantung kuat lemahnya sinyal sentuhan yang gw dapet.

Misalkan tentang kejadian di Mina kemaren,  gw sedih banget dengernya.  It’s a disaster tapi gw masih langsung pikirin ina inu ine ino.  Panjang deh dan mungkin gak akan pernah sampe jadi postingan.  Beda kasus sama waktu KD ama Loly rame kemaren,  karena emang penasaran bisa seberapa rame satu isu terkini menggiring orang kepo,  gw pun bikin postingannya.  

Yang jadi postingan di sini pasti sudah melalui proses pemikiran apakah ceritanya cukup menarik (buat diposting) at least buat gue,  apakah ada menyudutkan orang lain/pihak lain dan apakah apakah yang lainnya.  Jadi kepala ini muter terus mikirin mana yang layak diposting dan tidak.

Kalo postingan berbayar sih selama harganya cucok,  prosesnya gw reverse, oke gw akan posting tentang hal yang diminta itu, selanjutnya adalah bagaimanakah untuk bikin postingan itu menarik dan bisa melewati semua pertanyaan yang ada di kepala gue.  

Tulis Postingan

Laptop

Proses nulis postingan sendiri gw pastikan gak ribet.  Kalo sudah memutuskan akan posting sesuatu, biasanya gw udah siap mau dibuka dengan apa,  tengahnya isi apa dan ditutupnya gimana.

Proses nulisnya sendiri paling lama setengah jam palingan ya.  Ditambah setting parameter buat Yoast,  trus  pilih image yang di feature dama setting printilan.  Total jenderal kalo lancar 45 menitan.

Kadang setelah postingan terbit, kepikiran detail lain yang bisa mempertajam sudut pandang,  atau cima mempercantik tulisan dengan video atau gambar atau link,  pasti gw edit.  Tapi tapi tapi gw bukan editor yang baik untuk ejaan.  Jadi meskipun gw udah baca dua tiga kali,  sering banget ada typo yang masih nampang.

Balas Komen

Nah iniii.  Pe er terberat gw. Balesin komen.  Pengennya begitu baca komen, kepikiran balesan dan langsung terpampang nyata.  Cuman apadaya gw kudu ketik dulu.

Nah ini yang bikin gw galau.  Mau balesin postingan blog dulu atau bw dulu.  Karena seringnya balesin postingan blog habisin waktu yang cukup lama.  Errr.  Ini karena salah gw juga sih balesin postingnya langsung di blognya.  Bukaaan,  bukan mau cari traffic,  rasanya di WordPress for Android gak ada tanda komen itu udah dibales ato belom.  Jadi daripada kebales dua kali kan.  

Buat gw komen adalah salah satu bahan bakar pendorong terbesar untuk selalu ngeblog.

Blog walk

Nah proses ngeblog gak mungkin tanpa blogwalk kan ya.  Proses blogwalk ini sendiri gw lakukan lewat feedly yang sekarang cukup powerful untuk bisa baca dan langsung komen tanpa harus buka browser.

Jadi ya gw simpen alamat mentemen semua di feedly dan dalam sehari bisa ada sekitar seratusan apdet.  Jadi ya gitu lah ya.  Gw usahakan buat bisa visit atu-atu ke blognya temen-temen semuah.  

====

Begitulah kira-kira proses ngeblog gw. Padahal gitu doang tapi bisa jadi panjang ya tulisannya?  Hahahaha. 

Tantangan lain terkait postingan ini:

>> Hari #1 Alasan Mulai Ngeblog
>> Hari #2 Pentingnya Nama Blog Ini

36 tanggapan untuk “Proses Ngeblog – Tantangan Introspeksi Blog Hari #3”

Stat-nya kereeen, hahaha 😆 .
Haha, ide buat blog memang bisa datang dari mana aja ya. Dan untuk aku kadang waktunya nggak tentu. Kadang dalam waktu satu jam bisa dapat ide buat 2 atau 3 posting. Eh berikutnya dalam beberapa hari ga ada ide sama sekali, haha. Kalau ada ide, aku langsung tulis keyword-nya di posting draft biar gak lupa. Trus ditulis deh ntar-ntar kalau ada waktu 😛

Hahaha. Keren apanya Ko. Itu sudha turun juga akhir-akhir ini. Dipajang yang rame aja kan. Hahaha. Samaa. Kalo pas dapet ide langsung ditulis di bagian judul aja. Hihihi. Makasih Ko. 🙂

Balas

widiiiiihhh stat-nyaaaa… widiiiihhhhh lagi ah biar makin maksimal
mas dani ini satu dari sedikit blogger yang aku salut loooh, setiap pagi.. iyes setiap hari dan setiap pagi pasti selalu ada postingan baru dari blognya mas Danii..
juwaraak dan warbiyasaaak sekaliiiikk!! (plokeplok keplok)

Haiyaaaaah. Apaan sih mbak Dewiii. Ini karena ada ide buat ditulis dan statsnya kenapa siih? Hahaha. Saya lupaa sisi statsnya apaan. Tadi asal pasang aja dari gambar beberala bulan lalu. Makasih ya Mbak.

Balas

Dani hebaatt…terencana banget kalo nulis ya Dan, pantas isinya banyak yang bermutu pujian tulus lho ini
Kalo aku yg paling berat sekarang tuh blogwalk sama balesin komen Dan….ya iyalah ya, bisa nulis aja udah syukuuurr banget dalam kondisi kayak gini 😀

Salut lah sama produktivitas mas Dani. Kalo dapet ide random di jalan biasanya mau disimpen di mana dulu mas? Apa didiemin dulu di kepala baru ntar kalo mau nulis diubek-ubek lagi?

Biasanya kalo sempet ditulis jadi judul di draft Mam, tapi kalo kagak ya direkam di recorder. Kalo nggak ya kepikiran terus dan muter-muter di kepala..

Balas

wiiihhh stat perdays nyaa wow banget masss 0_0
setuju nih gue mas sama pernyataan lo “Kalo misalkan ada perasaan khusus yang menggerakkan hati, gw akan inget-inget intinya apa sih yang sampe menyentuh banget buat gw. Dari situlah berangkatnya ide-ide ngeblog gw”
hahaha

Fotonya keren… saya pengin banget bisa ambil foto bagus seperti itu. Dan, 45 menit? Wow kalau saya kadang bisa berminggu-minggu… bahkan ada yang sampai beberapa bulan ngendon di draft karena saya belum mendapat waktu yang tepata buat posting :haha. Terima kasih sudah berbagi, Mas, salut deh dengan dirimu :)). Ide memang ada di mana saja, tergantung kesediaan dan kesiapan kita buat menangkapnya. Jadi alasan “kehabisan ide” itu menurut saya lebih ke kitanya yang kadang jenuh dan malas, sih (as happened to me :haha). Soal BW atau balas komen… kita sudah pernah diskusi soal ini, jadi saya juga tidak terlalu ngoyo sih, kan yang penting dinikmati :hehe.

Wakakak sama mas, kalau saya yang ada itu udah banyak ide tapi pas mau nulis idenya bercampur jadi tulisannya nggak bisa satu topik.

Maap ya Gaaar baru dibalessss. Kalo gw seminggu kemaren gak update sih karena lagi gak enak badan dan iyes males. Hahahaha.. Jadi ga ada cerita mestinya kehabisan ide ya. 😀

Balas

Iya kadang males Mas kendala utama :hehe. Kadang juga gagal bagi waktu soalnya terlalu banyak kesibukan :)).

Hihihi..seru juga baca proses nge blog nya. Berhubung aku pemula, jd biasanya aku nulis, kalo punya foto, baru deh bisa cerita. Krn emang aku nge blog, tujuannya supaya aku ndak lupa tempat2 yg pernah aku kunjungin, syukur syukur kalo ada yg mau baca blog ku hehehe

Balesin komentar memang paling berat dan lumayan makan waktu juga, kadang kalau lagi gak sanggup balesin, ya aku tutup aja komentar-nya 😀 [ Terimakasih tips-nya Dan, menginspirasi lihat statistik kamu 🙂

Bener banget Mbak Indah. Paling berat memang jawab komentar. Harus dibaca kesesuaian dengan isi, kemudian mikirin hubungan personal dengan pemberi komen dan kasih jawaban yang gak asal aja gitu ya Mbak..

Balas

Setiap post yang gw komenin pasti gw baca dulu Fe. Dulu pernah langsung komen langsung disemprot karena gak nyambung. Hahaha.. Jadi kalo emang gak mau baca ya gw kagak komen. Cuman banyak juga sih blog temen yang gw baca cuman gak komen. 😀

Balas

Btw hebat banget tuh bisa bikin postingan cuman 45 menit. Emang dah kalau udah banyak ide semua tinggal ngetik ajah. Terus juga stat-nya ngerti tuh, hehehe nggak kepikiran buat masang iklan gitu kah mas? Kan lumayan itung-itung bisa nambah penghasilan.

Halo Jef, salam kenal ya! Itu rata-rata. Ngetiknya sih bisa langsung cabcus. Hihihi…
Iklan sudah ada beberapa tapi belom ditindaklanjuti lebih jauh sih memang. Hehehehe..
Blognya sudah disave yaaa.. Bagus desainnya. 😀

Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version