Quick Update: ORI 14 Diluncurkan, Segera Beli!

Okey, balik ngomongin duit lagi ya setelah kemaren habis review film horror Pengabdi Setan. Kali ini buat kalian yang demen investasi yang aman, obligasi ritel 14 sudah diluncurkan. Segera pesan ORI 14 di agen penjual terdekat ya!

Bahahaha. Kayak iklan obat sakit kepala aja ya, beli di toko terdekat. LoL.

Pas banget emang timingnya. Setelah kemarin pemerintah menurunkan suku bunga acuan BI untuk yang kesekian kalinya menjadi 4.25%, maka surat utang untuk ritel seri ke 14 pun diluncurkan. Baca postingan pengaruh turunnya suku bunga acuan BI ini dulu biar jelas apa hubungannya sama penerbitan ORI ke 14.

Makanya, mumpung ini masih periode pemesanan, segera cairkan deposito kalian buat pesen ORI 14!

Bagaimana cara Pesan ORI 14?

Semua tulisan gue ini sebenernya bisa kalian baca juga di website Kementrian Keuangan yang membicarakan tentang ORI. Gambar dan informasinya gue kepcher dari sana dan gue tulis dengan bahasa gue sendiri.

Jadi semua materi gue ambil dari website itu, kecuali dinyatakan lain ya.

Karakteristik ORI 14

Karakteristik yang perlu diketahui sebelum pesan ORI 14

Karakteristik yang perlu diketahui sebelum pesan ORI 14

Lihat karakteristik di atas kan? Ada yang kira-kira teman-teman masih bingung?

Jadi secara singkat, ORI 14 ini masih sama seperti sebelumnya. Minimum pesan ORI 14 ini Rp. 5 juta dan kelipatannya dengan jumlah maksimum pesanan Rp. 3 milyar. Jangka waktu 3 tahun sampai dengan 15 Oktober 2020. Setelah tiga tahun, dana akan langsung cair ke rekening.

Yang perlu gue garis bawahi di sini adalah Minimum Holding Period ORI 14 yang ditetapkan selama 2 kali periode pembayaran kupon. Jadi, di atas kan ada karakteristik bisa dijual di pasar sekunder yang artinya kalau butuh duit sewaktu-waktu ORI 14 ini bisa dijual lagi sebelum jatuh tempo. Tapi, untuk bisa dijual, minimum kalian harus pegang dulu selama 2 kali pembayaran kupon.

Setelah beli, pembayaran kupon pertama kan 15 November 2017 tuh ya. Kalo emang butuh duit dan kepepet banget ya ORI 14nya bisa dijual setelah kalian terima pembayaran kupon tanggal 15 Desember 2017. 

Jadi jangan lama-lama mikirnya, kalau cuma disimpen di tabungan dan deposito mah langsung aja cairin dan beli. Masa penawaran ORI14 ini cuma sampe tanggal 19 Oktober 2017.

Timeline Penerbitan Obligasi Retail Negara 14

 

Timeline Penerbitan ORI 14

Timeline Penerbitan ORI 14

Nah itutuh gambar lebih lengkap dari timeline penawaran ORI 14nya. Diluncurkan tanggal 29 September 2017 kemaren banget, kalian cuma bisa pesan ORI 14 sampai tanggal 19 Oktober 2017.

Jangan salah dan berpikir:

“Gue pikir-pikir dulu deh karena sayang depositonya, kan aman dan dijamin pemerintah. Toh masih lama ini”

ORI 14 ini pemerintah gak kasih jaminan karena Pemerintah SENDIRI yang keluarin. Jadi langsung pemerintah yang jualan. Kurang apa lagi? Trus dengan kupon juga 5,85% (dengan pajak 15% jadinya net 4,9725% dikasih ke investor), bandingin dengan deposito di Bank Mandiri misalkan:

Suku Bunga Deposito Bank Mandiri

Suku Bunga Deposito Bank Mandiri

Anggeplah asumsi duit kita di bawah semilyar (karena kalo lebih dari semilyar alokasinya sih mending gak di deposito doang), cuma dapet 4,75% setahun (pajak 20%; jadi terima bersih 0,8%). Gimana? Jauh kan bedanya?

Di penerbitan seri-seri sebelumnya sih jatah dari tiap agen penjual sudah habis gak sampe seminggu setelah mulai diluncurkan. Apalagi kalo agen penjualnya itu bank-bank besar. Percayalah, banyak yang mau kasih utang pemerintah, terutama orang-orang yang mau duitnya aman.

Setelah masa penawaran tutup, tanggal 23 Oktober 2017 kalian yang pesen akan dapat konfirmasi dapat berapa penjatahannya. Bisa jadi loh kalian pesen Rp. 300 juta dapet cuman seper-berapanya karena yang pesen membludak banget. Kalo emang pesenan orang membludak banget buat ORI14, pemerintah bisa naikin target hutangnya atau membatasi pesanan orang-orang.

Nah, duit kalian baru akan dipotong di tanggal 25 Oktober 2017 dan tanggal 15 November 2017 pembayaran kupon pertama akan diterima di rekening. Ini incomenya setiap bulan loh. Bulanan bayarnya.

Perbandingan ORI dengan Investasi Lain

Perbandingan ORI dengan investasi lain

Perbandingan ORI dengan investasi lain

Tuh, untuk lebih meyakinkan kalian pesan ORI 14, Kementrian Keuangan sudah kasih perbandingan ORI dengan instrumen investasi yang lain. Mulai dari jaminan negara sampai ke penjualan di pasar sekunder.

Potensi capital gain yang dimaksudkan di sini adalah keuntungan yang bisa kalian dapatkan kalau ORI dijual.

Jadi, kalau kalian yang beli ORI emang kepepet dan mau jual ORI-14nya ini setelah 2 kali masa pembayaran kupon, bisa jadi ORI yang kalian beli harganya akan naik. Jadi misalkan untuk ORI-14 ini kalian beli di harga Rp. 10 juta, empat bulan pas mau dijual harganya bisa naik jadi misalkan Rp. 11 juta. Karena memang ada pasar untuk jual belinya.

Dan percayalah, dengan kondisi trend suku bunga menurun, harga ORI akan cenderung naik.

Daftar Agen Penjual ORI 14

Daftar Agen Penjual untuk Pesan ORI 14

Daftar Agen Penjual untuk Pesan ORI 14

Gimana, ada bank atau sekuritas kesayangan kalian di gambar di atas? Kalo ada cuss datang langsung ke cabang terdekatnya.

Sekali lagi, ORI ini laris manis ngalahin kacang goreng ato jagung bakar di kala layar tancep masbroh dan mbaksis. Apalagi bank-bank gede kek Bank Mandiri, BNI, BRI, Danamon, BCA. Nasabah-nasabah gede yang langganan beli ORI udah pada tahu gak ada investasi yang aman dan bebas dari risiko yang kasih hasil lebih tinggi dibandingkan ORI.

Jadi, tunggu apa lagi? Buruan pesan ORI 14!

Apakah Gue Ikut Pesan ORI 14 dan Kesimpulan Postingan Ini

Kalo ada yang bertanya, apakah gue ikut pesan ORI 14 ini? Jawabannya tidak. *trus ditabokin seluruh pembaca blog.

Eits, bukan karena gue gak mau beli ya mantemans. Pas ORI 14 ini diluncurkan pas banget gue sama Bul akhirnya memutuskan buat investasi di instrumen lain. Jadi duit yang nganggurnya udah kepake. Dan sayangnya gajian masih lama. Hahahaha. Keburu masa penawaran ORInya habis deh ini. cry

Tapi sekali lagi gue sampaikan di sini, ORI 14 ini bisa jadi pilihan investasi yang menguntungkan dibandingkan kalian cuman simpen di deposito (lebih-lebih tabungan!) karena mengharapkan keamanan. Karena dua faktor utama tadi, keuntungan dan keamanan bisa dipenuhi lebih baik oleh ORI.

Apalagi dengan berinvestasi di ORI, kita akan ikut membantu pemerintah untuk membiayai pembangunan negara kita sendiri dan memperkecil hutang luar negeri.

Yuk segera pesan ORI 14 di agen-agen penjual terdekatnya! Negara memanggil kita. #eaaa

 

Advertisements

7 Comments

  1. Sally

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: