Kategori
Buku Fragment Review

Review Buku Bulan: Petualangan Ke Dunia Paralel Negeri Matahari

Review Buku Bulan karangan Tere Liye yang bercerita tentang petualangan di dunia paralel negeri Matahari. Ada yang sudah pernah baca? Seru loh bukunya!

Kamis buku udah lama banget vakum ya, jadi hari ini gw tulis aja review buku Bulan dan semoga bisa bikin gw rajin bikin review lagi ke depannya. Mihihihi.

Udah ada yang pernah baca buku Bulan ini?

Judul: Bulan
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Gramedia Pustaka Tama
Halaman: 400
Genre: Fiksi, Fantasi, Petualangan

Premis Cerita: 

Raib, Ali dan Seli akhirnya harus menyesuaikan diri dengan kehidupan di bumi kembali setelah mengetahui identitas mereka yang sebenarnya. Seli yang keturunan klan Matahari, Raib yang keturunan klan Bulan dan Ali yang keturunan manusia klan Bumi pun harus menjalani hidup seperti biasa. Pertanyaan-pertanyaan yang bergejolak di pikiran mereka pun harus diredam. Sampai kemudian Miss Selena kembali ke sekolah mereka dan mengajak mereka berlibur selama dua minggu ke negeri Matahari!

Segala persiapan pun mereka lakukan untuk ikut Miss Selena menemui orang-orang yang dapat membantu mereka mengungkapkan rencana-rencana jahat terselubung yang harus mereka hadapi. Akan tetapi, tanpa diduga, Ali, Seli dan Raib bersama Ily, teman mereka dari Klan Bulan, harus menjadi peserta ke sepuluh untuk menemukan Bunga Matahari yang pertama mekar. Sebuah turnamen berbahaya yang bahkan bisa merenggut nyawa. Tapi di balik itu semua, dengan mekarnya Bunga Matahari pertama di negeri matahari tahun itu, sebuah rahasia yang terpendam selama 400 tahun akan terbuka.

Review Buku Bulan

Buku ini menurut gw:

Menghibur dan bikin gw penasaran gimana filmnya! *well gak ada

Gw baca Bulan ini bahkan sebelum baca Bumi yang mestinya seri pertama dari buku petualangan ketiga anak Indonesia, Ali, Raib dan Seli di dunia paralel. Baca bukunya gratis hasil pinjem di aplikasi iJakarta dan berhasil gw selesaikan dalam 3 jam. Disambi nonton, tidur dan segala macemnya.

Kalo mau tahu gimana bisa baca buku gratis, coba baca deh postingan Buku Gratis Buat Warga Jakarta di iJakarta ini.

Meskipun belom baca buku pertamanya, Tere Liye berhasil bikin pengenalan yang tidak terlalu bertele-tele tapi cukup menjelaskan latar belakang ketiga tokoh utamanya sambil menceritakan maju alur cerita. Khas Tere Liye. Gw yang baru baca buku inipun langsung bisa menghubungkan kira-kira gimana buku pertamanya.

Karena sudah baca banyak buku petualangan anak lainnya, mau gak mau gw ngebayangin Harry Potter, Narnia dan film kartu Aang The Last Air Bender. Gw angkat topi ama versatilitas Tere Liye dalam nulis buku dan masuk ke dalam dunia yang dia ciptakan. Gw membayangkan dunia yang sama sekali baru pas baca buku ini. Feel yang gw dapet sih Indonesia banget.

Negeri matahari dengan kota-kota di atas tebing dan gunungnya, penyebutan hewan-hewan dengan nama khas Indonesia, berhasil bikin gw menjelajahi kenangan gw akan pedesaan Indonesia di atas harimau putih yang gw tunggangi dan merasakan hembusan angin pedesaan dengan keramahan orang Indonesia di sana sini.

Andaikan bisa ditingkatkan

Karena ini buku petualangan, mau gak mau gw jadi membayangkan bagaimana kelanjutan cerita di setiap bab yang gw baca. Siapa musuh besarnya dan bagaimana konflik diselesaikan. Entah gw yang kebanyak baca buku *humble brag 😛  atau emang plot yang dibangun kurang kuat, gw bisa mereka-reka siapa aja temen-temen yang berperan banget nantinya dan siapa musuh terbesarnya.

Satu yang paling bikin gw mikir “tuuuh kaan” adalah waktu mulai memasuki bagian puncak cerita, pertempuran terakhir, gw udah mikir bakalan begini begitu dengan tokoh yang ini dan yang itu, eh ternyata beneran gitu. Huehehehe.

Tapi overall, untuk buku petualangan anak Indonesia, gw suka sama Bulan ini. Tere Liye berhasil banget lah membangun negeri-negeri paralel yang saling berhubungan dengan memanfaatkan keterikatan Bumi-Bulan dan Matahari. Aih sukak deh. Kayak imajinasi jaman gw SD-SMP dulu diwujudkan gitu sama ceritanya si Tere Liye ini.

Kelanjutannya? 

Kalo lihat Bumi yang ternyata isinya petualangan di Bulan, trus Bulan yang ternyata petualangan di negeri Matahari, apakah nantinya Matahari bakalan ngambil setting cerita di Bumi? Ihikk..

Buat review buku Bulan ini gw kasih nilai 3.8 dari 5 lah. Sayangnya sih gw cari buku Bumi di iJakarta kok ya gak ada. Padahal kan mau baca yang seru-seru aja buat bisa nyelesein tantangan membaca buku tahun ini. 😛 Ada yang mau  minjemin gw buku Bumi? Atau ada yang sudah baca Bulan? ?

Review buku lain di blog ini:

[display-posts category=”books-review”]

28 tanggapan untuk “Review Buku Bulan: Petualangan Ke Dunia Paralel Negeri Matahari”

Mas Dani, ini blog-nya ga bisa dikomen via reader kah?
Saya punya nih buku Bumi, belum selesai tak baca tapi malah ditinggal di rumah… hahaha…
Baru baca seperempatnya dan menurut saya Tere-Liye lebih cocok bikin kisah keluarga dengan latar belakang pedesaan deh… Soalnya entah kenapa berasa ngambang gitu… etapi, itu IMO sih ya… kalau saya yang disuruh bikin cerita kayak gini kualitasnya 0.01% (iyah, udah nol koma dalam persen lagi… wkwkkwwk) pun belum bisa. Hahaha…

Iya Mbak Hicha. Maapkeun ya karena saya sudah migrasi ke blog self hosted. Jadinya gak bisa dikomen di aplikasi reader wp. :'(
Btw kalo soal lebih cocok nulis cerita genre apa, sayah setujuh seratus persen kalo Tere Liye lebih cocok nulis cerita keluarga dengan latar belakang pedesaan. Hihihi.

Gw baca Bumi , Dan, dapet hadiah itu juga, dan kurang suka ups hahaha.
entah ya, mungkin karena emang dr dulu ga terlalu ngeklik sm karya2nya Tere Liye, buat gw kyk berusaha ngikutin Harry POtter bgt gitulah siap-siap dibully fannya 😀.

Bahahahaha. Gw sih santai Rin. Bukan fans berat, bukunya ini cukup menghibur buat gw. Tentang ngikutin Harry Potter mah ada lah perasaan itu nagging on the back of my mind. Tapi yawda aja gw.

Balas

Belm pernah baca buku kayak gini yg penulisnya orang indonesia. Tapi lihat reviewnya mudah ketebak kan jadi males ?

Wah… emang deh buku-buku tere liye selalu penuh kejutan dan tak terpaku sama satu genre. Jarang yang bisa seperti beliau 🙂
Ohya kalo mau beli buku-buku tere bisa mampir ke web kami ya..
Bursabukuberkualitas.com
trims sebelumnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *