Kategori
Investasi Saham

Cara Trading Saham Pemula yang Bijak dan Menguntungkan

Mau coba trading saham tapi masih pemula dan bingung bagaimana cara mulainya? Ingat, sebelum kamu tahu cara main trading saham pemula, kamu wajib memahami konsep dari trading dan saham itu sendiri.

Saham bagi pemula merupakan salah satu instrumen investasi yang paling menggiurkan. Jika kamu ingin meningkatkan kekayaan untuk jangka waktu panjang, investasi saham adalah pilihan tepat.

Begitupun trading yang masih serupa dalam konsep membeli saham. Bedanya, tujuan trading saham adalah menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya dalam jangka waktu singkat dari transaksi jual beli saham.

Namun, sama halnya dengan berinvestasi saham yang bersifat high risk high return, trading juga memiliki sifat yang sama; keuntungan yang tinggi akan bersanding dengan risiko yang juga tinggi. Kunci terpenting adalah mencari saham yang baik di perusahaan yang baik juga.

Bagaimana kita bisa mengetahui saham perusahaan yang kita beli adalah yang terbaik? Tentunya dengan memahami tips investasi saham pemula yang tepat dan bijak. Sebagai investor atau trader saham pemula, kamu dapat memastikan kredibilitas saham perusahaan melalui Bursa Efek Indonesia.

Apakah trading saham pemula itu susah? Memang butuh waktu dan wawasan yang luas untuk mempelajarinya. Trading saham cukup berbeda dengan investasi saham jangka waktu panjang. Jadi, luangkan dulu waktumu untuk mendalami trading saham pemula.

Cara Main Trading Saham Pemula yang Bijak

Tidak ada kata terlambat untuk belajar trading. Trader saham pemula dapat mencoba cara mendapatkan keuntungan ini jika sudah mempersiapkan diri dengan belajar analisis teknikal hingga memahami pola dan kondisi pasar modal.

Cara main saham dengan trading ini cocok bagi kamu yang memiliki dana lebih dan berani ambil risiko. Penting untuk selalu diingat—apalagi untuk trader saham pemula, belilah saham pada perusahaan yang fundamentalnya bagus dan jelas. Carilah perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang sehat, dan cermati detail catatan terkait pendapatan, liabilitas, keuntungan, maupun kerugian lengkap tertera.

Kembali ke atas

Tentukan Jenis Trading yang Sesuai

Untuk memulai, tentukan jenis trading yang akan kamu gunakan agar tujuan atau target kamu tercapai. Ada dua jenis utama trading yaitu trading aktif dan trading harian.

Umumnya, trading aktif dilakukan trader sebanyak 10 atau lebih transaksi dalam satu bulan. Strategi untuk trading aktif ditentukan dengan pengaturan waktu pasar, misalnya dengan memanfaatkan satu peristiwa dalam jangka pendek demi menciptakan keuntungan untuk beberapa minggu atau bulan ke depan.

Sementara itu, trading harian adalah strategi yang dilakukan trader untuk menghasilkan keuntungan dalam beberapa menit, jam, atau hari esok yang didasarkan pada fluktuasi harga saham harian. Biasanya trader aktif bermain saham dengan cara membeli, menjual dan menutup posisi mereka dari saham yang sama dalam satu hari dalam perdagangan tunggal.

Kembali ke atas

Tentukan Indeks Saham yang Tepat

Indeks saham adalah ukuran statistik yang menggambarkan secara keseluruhan pergerakan harga sejumlah saham yang dipilih dengan kriteria dan metodologi tertentu. Di Bursa Efek Indonesia (BEI), setidaknya tercatat 22 jenis indeks saham.

Sebelum membeli saham, investor saham pemula wajib mengenali jenis-jenis yang umum digunakan pemain saham. Misalnya indeks saham LQ45 atau IDX30 yang terdiri atas berbagai jenis saham yang memiliki tingkat likuiditas tinggi dengan kapitalisasi pasar yang besar, terlebih kualitas fundamental perusahaan baik dan tepercaya.

Tingkat likuiditas yang tinggi, artinya kamu memiliki kesempatan untuk dapat menjual saham dengan cepat sekaligus memiliki perkembangan yang dapat diprediksi. Sebagai informasi, LQ45 ini sendiri merupakan indeks pasar saham yang terdiri dari 45 perusahaan, sementara IDX30 adalah 30 saham dengan likuiditas tertinggi.

Kembali ke atas

Pilihlah Sekuritas Terpercaya

Untuk melakukan jual beli saham, kamu akan menggunakan jasa keuangan seperti perusahaan sekuritas atau broker saham agar dapat melakukan transaksi. Ini hal mendasar yang harus dilakukan investor saham pemula, menemukan perusahaan sekuritas yang baik dan terpercaya.

Pilihlah perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi rendah dari jumlah pembelian. Hal ini sangat penting agar kamu mendapatkan keuntungan optimal dan berada di tempat yang aman sehingga dapat meminimalkan kerugian.

Kembali ke atas

Lakukan dengan Kesabaran

Main trading saham harus diiringi dengan kesabaran agar lebih efektif. Sebagai trader saham pemula, sebaiknya kamu menyesuaikan dengan modal yang ada di awal. Kamu bisa mulai dulu dengan modal kecil, dan kemudian meningkatkan jumlah modal seiring perkembangan pemahaman kamu.

Jika menghadapi kerugian, hadapi dengan tenang dan belilah saham prospek tinggi yang nilainya sedang turun. Kamu bisa mendapatkan keuntungan ketika kondisi pasar modal stabil. Semua ini bisa kamu peroleh jika berhasil mengelola emosi dan kesabaran kamu.

Kembali ke atas

Beli saham saat nilai turun

Cara main saham pemula juga harus dilakukan dengan bijak, yaitu dengan menjaga kondisi finansial berada di posisi yang aman. Nah, untuk membeli saham pertama kali, sebaiknya mulai ketika saham incaran kamu sedang turun harganya. Dengan demikian, kamu mengeluarkan modal yang rendah, dengan begitu perasaan dan kondisimu masih aman.

Kenapa harus harga saham yang sedang turun? Saham yang baik tentunya memiliki potensi peningkatan harga meski ada kalanya juga mengalami penurunan. Inilah pentingnya menganalisis saham terbaik yang memiliki prospek cerah. Tips ini bisa digunakan juga jika kamu ingin menggunakan skema investasi jangka panjang.

Kembali ke atas

Batasi Nilai Harga Terendah

Selain kesabaran dan sikap tenang meski harga saham yang dibeli menurun, kamu perlu mengelola emosi terutama ketika fluktuasi harga saham melonjak. Selama perusahaan yang kamu beli sahamnya itu baik dan bagus fundamentalnya, harga saham tersebut (hampir) pasti akan kembali seperti semula, bahkan dapat meningkat.

Melihat portofolio merah memang membuat khawatir, tapi cobalah lakukan peninjauan terhadap perusahaan tersebut. Apakah menurun akibat faktor fundamental keuangan? Tentukan stop loss atau nilai batasan minimum harga saham sehingga kamu bisa membatasi kerugian. Jika kerugian saham melewati nilai batasan tersebut, kamu bisa memilih untuk melepas dan menjual saham meski rugi.

Kembali ke atas

Bagaimana, sudah siap untuk mencoba trading saham pemula? Jika masih awam dan bingung, trader saham pemula dapat mencoba demo atau simulasi trading saham gratis agar dapat lebih memahami cara kerjanya.

Sebagai awal dan sebelum kamu benar-benar terjun untuk trading saham, penting untuk menyehatkan dulu kondisi finansialmu. Apakah arus kas kamu sudah positif? Sudah punya dana darurat? Bagaimana dengan budgeting?

Ebook Kemerdekaan Finansial Level #1: Arus Kas Positif & Budgeting, termasuk alat cek kesehatan keuangan & budgeting + contoh pengisian. Hanya Rp47.770, cara belinya tinggal klik saja button di bawah ini, dan ikuti petunjuk berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version