Kategori
Business Investasi

5 Sektor Bisnis yang Akan Moncer di Tahun 2021

Dampak dari pandemi COVID-19 yang terjadi di tahun 2020 menyebabkan berbagai sektor bisnis di Indonesia semakin mengalami kemunduran dan penurunan. Namun, di kuartal IV tahun 2020 kemarin, alhamduillah, kita sudah bisa melihat sinyal perekonomian semakin membaik walaupun pandemi masih belum bisa dikendalikan secara penuh.

Pemulihan ini akhirnya juga berdampak pada sektor bisnis yang sedikit demi sedikit bergerak bangkit, dan mengalami kenaikan dan survive.
Dan kini, di tahun 2021, kita dapat melihat berbagai bisnis telah menggeliat kembali, berupaya untuk benar-benar bangkit dari keterpurukan. Bahkan, ada yang cukup moncer, hingga dapat diprediksi akan berjaya di tahun 2021.

Yuk, kita lihat satu per satu. Ini dia daftar isinya ya.

Sektor Bisnis Apa Saja yang Akan Moncer di Tahun 2021?

Bisnis Kuliner dengan Konsep Take Away

Kamu tahu enggak? Peluang bisnis yang sukses besar saat ini berasal dari bisnis kuliner. Peluangnya akan sangat besar, loh! Yes, memang bener deh, bisnis kuliner nggak ada matinya. Bahkan ketika semua sektor tiarap di Q2 2020 kemarin, bisnis kuliner tetap menemukan jalan ninjanya sendiri untuk survive.

Jika kamu ingin mulai berbisnis kuliner di tahun 2021, ini adalah peluang yang pantas untuk diambil. Namun, konsep yang kamu jalankan di bisnis kulinermu haruslah menggunakan sistem take away.

Kamu bisa juga menjalankan bisnis kulinermu secara online. Pasarkan semua produk kulinermu secara online. Di samping didorong oleh adanya anjuran social distancing, eventually, orang juga akan tetap lebih suka memesan makanan melalui online ketimbang harus jalan sendiri ke warung, kedai, atau resto. Lebih praktis. So, meski pandemi sudah usai nanti, misalnya nih, bisnis kuliner yang menyediakan fitur layanan antar atau bisa dipesan secara online, akan lebih mampu bertahan.

Inilah waktu yang tepat untuk kamu memulai bisnis kuliner dengan memasarkannya secara online dan juga menggunakan sistem take away.

Kamu bisa bekerja sama dengan aplikasi pemesanan seperti Gojek dan Grab untuk online delivery. Dua aplikasi tersebut juga menawarkan opsi pickup, artinya pelanggan juga bisa datang ke geraimu untuk membeli. Tetapi dengan memesannya lebih dulu, tentunya pelayananmu pun bisa lebih cepat nantinya. Pelanggan tinggal datang dan ambil, nggak perlu menunggu terlalu lama.

Praktis banget ya. Mudah, dan pasti dapat meningkatkan omzet bisnismu, bukan?

Kembali ke atas

Bisnis Pengiriman atau Logistic

Sektor bisnis lain yang juga akan moncer di tahun 2021 adalah bisnis pengiriman atau logistic.

Akibat dari pandemi ini banyak orang yang malas atau takut ke luar rumah, apalagi ke tempat yang berpeluang orang untuk berkerumun. Karenanya, saat ini, banyak orang yang lebih suka berbelanja berbagai kebutuhan hanya lewat online.

Semakin meningkatnya pembelian lewat online, maka semakin menguntungkan untuk bisnis pengiriman. Apalagi jika kamu bekerja sama dengan beberapa online shop yang akan menjadi langgananmu, pasti hasilnya akan menguntungkan.

Kembali ke atas

Bisnis Menjual Produk Kebutuhan Rumah Tangga Online

Kebutuhan rumah tangga memang sangat penting untuk dipenuhi setiap orang, jadi enggak ada salahnya kalau kamu mempunyai bisnis dengan menjual barang kebutuhan rumah tangga. Kamu bisa menjualnya di marketplace atau via media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Jika kamu mau menjual barang di marketplace, kamu bisa menggunakan beberapa fitur marketplace tersebut dalam memasarkan barang daganganmu.

Banyak orang suka belanja online, mulai dari marketplace, Instagram, Facebook, dan aplikasi lain, lantaran sistemnya yang sangat mudah dan praktis. Ya, gimana enggak mudah sih? Tinggal pakai smartphone, klik barang yang dibutuhkan, lalu checkout barangnya dan lakukan payment.
Jika customer menggunakan jasa ekspedisi same day (1 hari sampai atau beberapa jam sudah sampai) maka dalam hitungan jam barang akan lebih cepat sampai ke tujuan. Pasti customermu akan lebih memilih cara yang paling mudah daripada harus ribet datang ke toko langsung, bukan?

Kembali ke atas

Bisnis Produk Herbal dan Produk Kesehatan

Bisnis produk herbal dan menjual produk kesehatan merupakan sektor bisnis berikutnya yang moncer di tahun 2021.

Kesehatan memang jadi fokus semua orang di saat pandemi, hingga nanti setelah pandemi usai. Orang akan lebih concern terhadap isu-isu kesehatan, sehingga akan lebih selektif dalam menjalankan gaya hidup setiap harinya dengan mengonsumsi vitamin dan obat kesehatan.

So, if you want to start a business, this is a really good opportunity. Jadi, jika kamu memulai bisnis kesehatan ini, sekarang pasarmu sudah terbentuk dengan baik. Kamu tinggal mencari kesesuaian antara kebutuhan orang banyak dan supply yang bisa kamu sediakan untuk mereka.
Kamu dapat memulainya sesegera mungkin, loh!

Kembali ke atas

Bimbingan Belajar Online

Pandemi ini juga memberi dampak signifikan di dunia pendidikan. Sekarang semua kegiatan belajar mengajar harus dapat dijalankan dengan sistem daring (dalam jaringan). Pastinya banyak siswa yang membutuhkan bimbingan belajar. Hal ini dikarenakan kurang intensnya belajar secara daring jarak jauh antara siswa dan guru.

Orang tua? Wah, jangan diharapkan sepenuhnya. Bukan berarti meremehkan sih, tetapi tidak setiap orang tua berkompeten untuk mengajarkan materi pendidikan akademis ini pada anaknya. Kita harus realistis tentang ini. Memang pendidikan dimulai dari rumah—tetapi bukan yang akademis. Orang tua hanya dapat mendampingi: jadi satpam, tukang bangunin, juru ngingetin, dan sekaligus koki masak.

Maka untuk kamu yang mempunyai ilmu pendidikan untuk mengajar siswa, bisa banget masuk ke ranah bisnis dengan memanfaatkan celah ini. Bukalah usaha bimbingan belajar secara online!

Bimbingan belajar online ini akan membantu para siswa dalam memahami pelajaran sekolahnya dan membantu mengerjakan tugas. Prospek bisnis ini akan berkembang pesat di saat pandemi sampai nanti pandemi telah usai.

Kembali ke atas

Penutup

Nah, gimana? Udah ada gambaran untuk kamu yang pengin memanfaatkan peluang bisnis di tahun 2021 nanti? Semoga sektor bisnis di atas dapat membantumu menemukan ide bisnis sehingga bisa meningkatkan pendapatan pribadimu.

Jika semua sektor bisnis di atas mengalami peningkatan, maka ekonomi di Indonesia juga akan mengalami pertumbuhan yang positif. Jadi kamu juga dapat membantu negara kita dalam menumbuhkan perekonomian. Yeay!

Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *