Kategori
Kamus Keuangan

Mengenal Sistem Internet Banking: Cara Pakai, Kelebihan, dan Kelemahan

Hari gini, emang ada yang belum pakai internet banking?

Yah, enggak mau menghakimi sih, tetapi mungkin memang ada pertimbangan tertentu ya. Nggak, nggak salah kok, kalau memang nggak mau memanfaatkan internet banking. Semua kan kembali ke kebutuhan masing-masing, yekan?

Tapi, di zaman serbadigital seperti sekarang, internet banking menjadi salah satu fasilitas layanan pokok dari bank yang memang ditujukan untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Hampir semua bank di Indonesia menyediakan fasilitas ini. Dengan adanya internet banking, kita semua dapat melakukan cek saldo, transfer dana (baik sesama bank atau antar bank), isi ulang pulsa, bayar listrik, maupun bayar telepon, tanpa antre lagi.

Bagi sebagian orang apalagi seorang pebisnis, internet banking juga pasti sudah nggak asing lagi. Internet banking biasanya disebut juga E-Banking. Meski begitu, nggak sedikit pula orang yang belum mengenal fasilitas ini.

So, mari kita bahas dalam artikel kali ini ya. Memang ini basic banget, dan kelen para pembaca blog danirachmat yang sudah sering main ke sini, pasti kepikiran juga. Apa si nih? Basic amat? Tapi ya, nyatanya, pertanyaan “cara memakai E-banking” ini banyak banget diajukan di mesin pencari, Gaes. Jadi, nggak salah lah ya, kalau bikin artikel untuk menjawab pertanyaan netijen ini.

So, kelen bisa lihat per daftar isi berikut, atau langsung baca aja semuanya yah.

Cara Memakai Internet Banking

Jika kamu ingin menikmati manfaat sekaligus keuntungan dalam menggunakan internet banking, yang pertama harus dilakukan adalah mendaftar E-banking baik melalui ATM maupun langsung melalui bank yang bersangkutan.

Iya, kalau mau tahu cara memakai internet banking ini, kamu perlu daftar dulu, Gaes.

Kamu bisa mendaftar melalui ATM. Caranya:

  • Masukkan kartu debitmu ke mesin ATM lalu input pin.
  • Buka menu pilihan internet banking dan lakukan sesuai yang ada di panduan mesin ATM tersebut.
  • Setelah kamu selesai mendaftar, aktivasi akun melalui login ke situs bank
  • Ikuti saja panduan yang ada di situs tersebut.

Sampai di tahap ini, status kamu masih hanya sebatas cek transaksi saja loh ya.

Jika kamu ingin melakukan transaksi perbankan, kamu bisa datang ke customer service untuk mendapatkan token atau OTP (One Time Password). Jika kamu memilih menggunakan token, proses transaksinya pun sangatlah mudah. Caranya:

  • Kunjungi situs bank yang bersangkutan.
  • Pilih layanan internet banking.
  • Masukkan user ID dan password
  • Pilih menu yang diinginkan, dan ikuti perintah yang tertera di menu

Cara ini juga dilakukan ketika kamu hendak mengaktifkan token untuk pertama kalinya.

Jika sudah selesai bertransaksi, maka nanti akan ada email masuk terkait transaksi yang sudah kamu lakukan. Ini merupakan pemberitahuan bahwa transaksi berhasil.

Kembali ke atas

Kelebihan Internet Banking

Kamu dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dengan memakai fasilitas E-banking. Berikut berikut ini kelebihan menggunakannya:

1. Melakukan Transfer Uang Nontunai

Adanya fasilitas internet banking, kamu enggak perlu repot-repot pergi ke ATM atau bank jika ingin transfer uang.

2. Mengecek Saldo dan Mutasi Rekening

Kamu dapat melihat mutasi rekening atau data transaksi keuanganmu dalam hatungan hari, minggu atau satu bulan terakhir.

3. Membayar Tagihan Bulanan

Semua pembayaran tagihan bulanan seperti PAM, PLN, Telepon, Pajak, dan lain-lain, bisa kamu lakukan dengan menggunakan E-banking tanpa harus keluar rumah ke tempat pembayaran biasanya. Sangat efisien, bukan?

4. Isi Ulang Pulsa Elektrik

Pembelian pulsa elektrik untuk listrik, ponsel, ataupun modem juga sudah dapat dibeli dengan menggunakan internet banking.

5. Informasi Kartu Kredit

Kamu juga dapat mengetahui tagihan kartu kredit kamu sesuai dengan bank yang menerbitkannya dengan menggunakan fasilitas E-banking.

Kembali ke atas

Kelemahan Internet Banking

Selain kelebihan, pasti suatu fasilitas juga mempunyai kelemahan. Berikut kelemahan E-banking:

1. Adanya Kejahatan Cyber oleh Hacker

Kelemahan yang paling utama dari internet banking jika kamu sebagai nasabah kurang waspada. Kamu sangat perlu berhati-hati jika datamu dicuri oleh hacker, kadang kalau lagi apes, ya mereka dapat menyusup ke sistem pengaman internetmu.

Metode yang paling umum, pencurian data oleh hacker ini menggunakan teknik skimming atau modus penipuan. Maka dari itu, kamu diwajibkan mematuhi semua prosedur penggunaan E-banking sehingga keamanan dana lebih terjamin.

2. Ketidaknyamanan untuk Kamu yang Mobilitasnya Tinggi

Saat ini nih, semua akses internet bisa diakses melalui smartphone dengan mudah.

Tetapi tetap saja bagi kamu yang mempunyai mobilitas tinggi, butuh penyesuaian fitur dalam mengakses E-banking melalui smartphone. Tentunya tidak bisa senyaman saat menggunakan laptop atau PC.

Kembali ke atas

Keamanan Internet Banking

Pasti kita juga mau enggak mau harus selalu mengikuti kemajuan zaman jika enggak mau ketinggalan. Zaman sekarang ini semuanya serba cepat karena teknologi sudah maju dengan sangat pesat.

Setelah kamu mengetahui semua kelebihan dan kukurangan di atas, langkah yang harus kamu lakukan untuk memastikan keamanan dalam berinternet banking. Ini harus kamu lakukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan, bukan?

Berikut tip keamanan internet banking dalam bertransaksi:

  1. Jangan pernah memberikan nomer token/PIN kepada siapa pun. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  2. Pastikan situs yang kamu kunjungi adalah situs bank terkait, jangan sampai nih kamu login ke web phising alias palsu.
  3. Sebelum kamu menggunakan atau mengakses E-banking, kamu harus memastikan gadget ataupun PC kamu tidak terinfeksi virus.
  4. Jika kamu mendaptkan email yang mengatakan bahwa rekening kamu diblokir atau hal apapun, laporlah ke bank secepatnya.
  5. Gunakan password/PIN yang kuat dan ganti secara berkala, ya. Sebenarnya, hal ini berlaku untuk semua akun yang berhubungan dengan intenet sih, ya termasuk E-banking kamu.
  6. Hapuslah history di PC atau gadget kamu setelah melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan E-banking. Terutama jika kamu menggunakan E-banking memakai komputer umuum di kantor, warnet, dan lain-lain. Jangan lupa logout ya!
  7. 7.Jangan pernah menggunakan wifi di tempat umum ketika kamu mengakses internet banking. Ini rawan sekali akan adanya kejahatan cyber. Akan lebih aman, kalau kamu tethering saja dari smartphone. Lebih aman.

Kembali ke atas

Nah, kamu sudah memahami fasilitas layanan internet banking, bukan? Kamu dapat mengoptimalkan penggunaannya, loh. Selain itu, ada juga beberapa tip yang harus kamu lakukan agar akun E-banking kamu aman.

Jika kamu sudah memahami fasilitas ini, maka tentu saja dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, ya kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *