Kategori
Blogging Things Di Balik Blog Fragment Try Out

Tantangan Introspeksi Blog Hari #1 – Alasan Memulai Blog

Waktunya challenge lagi! Alasan memulai blog adalah tantangan postingan pertama dari tantangan 15 hari ngeblog. Semoga bisa konsisten ya.

Udah lama gak nulis tentang blog ini sampe akhirnya kemaren baca postingannya Mbak Nurul bundanya Sidqi tentang tantangan 15 hari ngeblog. Dengan jadwal tayang postingan yang hampir tiap hari, rasanya tantangan ini bagus juga buat mikirin lagi tentang apa sih blog ini maunya.

Seperti sudah seriiiing banget gw bilang di postingan-postingan sebelumnya, gw bikin blog ini dari tahun 2007, trus gw tinggalin aja setelah dapet beberapa postingan. Gw ngebloglah di Note Facebook dan blogdetik sampe akhirnya tahun 2009 akhir berbarengan dengan gw semakin sibuk di kantor setelah balik ke Jakarta gw balik ngeblog di sini dengan memindahkan semua postingan blog detik ke blog ini.

Jadi-jadi-jadi tantangannya apa aja sih buat 15 hari?

15 Days Blog Introspection Challenge (dari blognya Mbak Nurul)
Alasan Memulai Blog

Kalo ditanya alasan memulai blog sih yang pasti awalnya pengen curhat curhit menumpahkan segala keresahan hati.

Tahun 2007 adalah masa-masa friendster sudah mati sedangkan facebook belom booming. Twitter dan IG apalagi, belom ada social media apapun mamen yang ngehits! Jagad internet pun sepi. Waktu itu gw inget banget, setelah beberapa hari nyampe Lampung karena penempatan Bank Mandiri di sana, gw merasa kesepian! KESEPIAN! Hahahaha.

Orang baru di Bandar Lampung, belom punya temen, nelangsa, apa lagi kalo bukan curhat enaknya kan. Curhat ke orang tua gak mungkin kan ya, uudahlah anaknya jauh malah curhat, bisa gak tenang mereka di Surabaya sana. Yaudin deh akhirnya bikinlah gw itu blog.

Etapi ternyata emang dari dulu gw bukan tipikal pencurhat yang baper sih ya. Ya masa postingan awal gw meskipun niatnya mau curhat malah tentang temen yang meninggal karena serangan jantung, pengisian ATM dan juga Tugas Akhir kuliah yang sampe sekarang gw inget judulnya tapi gak ngerti kalo disuruh bikin programnya lagi.

Setelah 2009 akhir gw akhirnya balik lagi ke blog danirachmat ini pun gw jarang banget (kalo gak boleh dibilang gak ada) bikin postingan curhat yang baper banget. Adanya malah cerita soal keluarga, rumah, kerjaan lalalili sampe akhirnya terima postingan berbayar. Ihikkk..

Nah kalo ditanya sekarang alasan ngeblognya apa, pastilah ya jawabannya hobi dan kalo bisa sharing hal yang (mungkin) bisa bermanfaat buat orang lain, menjalin pergaulan dan teman seluas-luasnya dan dalam perjalanannya kalo bisa cari duit. Satu hal yang signifikan banget gw rasakan ngeblog sekarang dengan ngeblog di tahun 2007 atau 2009-2010 dulu adalah ngeblog sekarang jadi rame BANGET.

It was quite lonely days back then. Dari segi bloggernya maupun dari segi kontennya. Tapi sekarang ya seperti yang kita semua tahu.

Semoga gw bisa konsisten ngeblog ya for many years to come. 😀

Postingan lain tentang ngeblog dan challenge di sini:

[display-posts category=”blogging-things,try-out,behind-my-blog”]

35 tanggapan untuk “Tantangan Introspeksi Blog Hari #1 – Alasan Memulai Blog”

Komen lagi, Dan 🙂
Tingkyuuu ya udah di-link back
**fakir link-back, hahahaha
Aku baru ngerjain yang nomor satu.
Kemarin mau nggarap yang nomor dua, lah kok ada undangan dari Mbak Avy
Semoga hari ini bisa updating lagi aah
Dengan sibuk berinstropeksi, insyaAllah bisa menghindarkan kita (*KITA??? Lo aja keleus) dari nyinyir, ghibah, gossip, dstnya di kancah blogosphere yak.
SELAMAT IDUL ADHA 🙂

jiaaaahhh.. kesepian membawa berkah dong ya 😛
tapi beneran deh, kirain cuma mamak-mamak doang yang doyan tsurhat dan bawel di blog soal segala kerempongan harian.. ternyata bapak-bapak juga ada yahhhh.. dan seru-seru pulak ceritanya.. haha… sampe sekarang baru 2 bapak-bapak yang saya follow blognya… Koh Arman dan dirimuh, Dan… yeaaaayyyy :)))
apakah ada bapak-bapak lain yang sama serunya??

Ngomongin postingan berbayar, asik dan seneng emang ya dan kalo dapet orderan. Tp terus terang kadang suka gerah juga kalo lg bw trus Blog Blog lain pada isinya posting berbayar semua. Hahaha. Ya itu tandanya Blogger semakin laku skrg tp gak asik buat yg bw hehehe

Whooaaa kamu udah seniooor. Aku baru mulai ngeblog tahun 2009. Sempet vakum bentar awal 2010 tapi trus akhir tahun itu mulai ngeblog lagi.
Anw alasan kamu ngeblog cool ya 🙂 Kalo aku sih ngeblog karena buang sumpek aja awalnya. Hahaha. Trus sekarang-sekarang ini biar jadi pengingat. Lucu kalo beberapa waktu kemudian dibaca lagi

Dulu waktu awal ngeblog, waktu saya nulis sendiri baca sendiri dan komentarin postingan sendiri *hahah . Sering juga curhat di blog menumpahkan segala keresahan hati. Setelah pembacanya makin banyak ko ya malu klo buka aib sendiri atau aib pasangan di blog, malu krn banyak yg baca hahah.. Jadinya ya makin selektif memilih tema buat ngeblog 😀 .

Kadang kalau kita sedang jenuh atau malas ngeblog, terus mengingat kembali tentang apa sebab yang awal banget menyebabkan kita ngeblog, bisa jadi penyemangat yang jitu ya Mas :hehe. All the best for you, semoga bisa terus menginspirasi :)). Yah, dari kesepian sekarang bisa jadi banyak teman dan memberi banyak manfaat bagi sekitar, bagus banget kan yah namanya? :hehe.

Asyik sebenere yo Dan lek ada tantangan kayak gini. Menantang diri sendiri tentang konsistensi. Tapi lek aku dadah2 ke kamera duluan. Seminggu bisa nulis dua kali ae wes berkah. Bukan sibuk tapi males yang bikin sibuk haha.

Aduuuuh seru ya tantangannya masdan, ikutan aaah.
Kalo aku dulu awal bikin blog pas awal kuliah isinya tsurhat yang ala ala abege, lah sampe sekarang juga ding malah jadi sering tsurhat hahaha.
Tapi asli sih emang seru ngeblog, setidaknya punya media untuk mengekspresikan diri ya Masdan 😀

Daaaan…
Sepertinya samar2 aku masih inget postingan pertama Dani yang aku komentarin deh…
Kalo gak salah post ttg Dani & Bul periksa ke dokter kandungan…Dani nanya apaan gitu trus dokternya jawab gak nyambung gitu dan jadinya malahan lucu dialognya hehehe….
Duh…udah lama juga kita temenan yaaaah :))

Dan,
Hebat ikut tantangan ini! Aku tahun lalu ikut tantangan tentang film sebulan teler nulisnya 🙂
Akan aku baca dan ikuti posnya 15 hari kedepan ini, well 13 hari kedepan ini. Sukses ya Dan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *