Terimakasih – Postingan Penutup 2015

Hari terakhir di tahun 2015. Masih ngerjain transaksinya nasabah. Jadi ada yang masih di kantor gak? Hihihi. Sekalian aja gw bikin postingan penutup 2015 ya.  😀

Sebelum tahun ini berakhir, ijinkanlah sayah buat ngucapin terimakasih ke temen-temen yang sudah main ke blog ini, kenalan dan berinteraksi selama 2015 ini ya. Blog ini jadi hidup, bikin gw terus mikirin gimana baiknya ke depan dan aneka rupa juga karena temen-temen semua. *trus dibanjur kuah bakso *sok-iyes-abwesh

Etapi beneran loh. Tahun 2015 ini so far jadi tahun yang paling cetar membahana dalam dunia blogging gw.

Apa ajasih kejadiannya?

Dimulainya BEC

Poto Keren

Mulai dari Desember tahun lalu dari hasil postingan Perdagangan Bebas, seperti sudah diceritakan berkali-kali-kali-kali (saking banyak dan seringnya gw cerita :P), Nita, Ryan dan gw jadi intens mikir tentang blog buat belajar bahasa Inggris. Dari hasil ngobrol intens itu akhirnya keluarlah inisiatif bikiin Blog English Club.

Postingan BEC pertama yang kami publish sebagai bentuk tantangan di tiga blog berbeda milik masing-masing dari kami di blog ini bisa dicek di postingan pertama BEC. Sekarang update rutin masih terus dilakukan melalui tantangan-tantangan nulis Bahasa Inggris di blog English Friday.

Bikin-bikin tantangan nulis dalam Bahasa Inggris gitudeh. Awal niat sih buat kami bertiga biar rajin nulis Bahasa Inggris. Eh malah ternyata banyak banget yang mau ikutan. Bahkan kami sempat bikin gathering di tahun 2015 ini dan mendatangkan Ollie Salsabeela sebagai pembicara.

Banyak yang sudah dilewati dan tantangan pun sudah lebih dari 30 diluncurkan. Ada naik ada turun dan banyak warna yang gw rasakan di sini. Semoga tahun 2016 kami bisa belajar dengan lebih terstruktur dan banyak peningkatan-peningkatan yang bisa dilakukan di sistemnya BEC.

Buat yang masih bingung nyari-nyari tema buat update blognya bisa banget tuh mulai ikutan di tantangannya BEC ini karena dari peserta yang ikut akan dapet kesempatan buat direview oleh mentor yang keren-keren.

Fun Blogging

Blue Bird Existence

Bulan-bulan Maret-April adalah bulan paling exciting di tahun ini dalam hal komunitas blogging. Seolah menjawab kata yang gw pilih buat tahun ini yang ditulis di postingan berbahasa Inggris: my word for 2015 “Learn”,   gw pun berkenalan dengan tiga orang keren, Mbak Haya, Mbak Shintaries dan Teh Ani.

Dari para cikgu inilah gw mulai belajar tentang blogging yang lebih dalem lagi. Istilah kata lebih profesional.

Boleh emang ngbelog tentang curhat-curhit, tapi ya masa curhat-curhitnya itu gak ngebawa manfaat sama sekali buat yang baca. Yakan? Itu pesen kuat yang gw dapet setelah ngikutin acara Fun Blogging. Dari acara ini pulalah postingan gw tentang Blue Bird Taxi Mobile Reservation menang dan mendapatkan beberapa ratus ribu voucher taxi.

Mulailah gw berkenalan dengan yang namanya undangan event blog dan bermacam-macam blogger yang ada di group Fun Blogging. Dunia blogger itu beneran luas ya. *kemane aje lu Daaan? *ditimpa panci kuah bakso  *kuahnya udah dibanjurin tadi

Pindahan Rumah

Soal blognya sendiri, per April 2015 kemaren, blog gw pindahan dari yang dihostingin di WordPress.com ke self hosted blog. Postingan Pindahan Rumah adalah postingan pertama sebagai blog independen yang berdiri sendiri.

Kamar-Rumah-Pohon-Honje

Awalnya karena dipanasin Ryan yang udah pindahan duluan waktu itu, gw jadi penasaran banget apakah bisa pindahan rumah tanpa harus bikin gangguan di blog dan pembaca. Gw pun beli domain dan hostingan. Impulsif buyer banget sih emang. Sampe akhirnya kemudian gw begadang sampe jam 2 pagi mindahin registrasi dan segala macemnya.

Import export postingan gw lakukan siang waktu istirahat sholat Jum’at dan akhirnya hari Sabtu besokannya waktu servis mobil, postingan pertama di blog baru tadi kelar. Satu lagi pelajaran yang gw pelajari di tahun 2015. Ternyata bikin self hosted blog itu gampang. Gak perlu khawatir berlebihan meskipun dagdigdug tralala.

Traffic di rumah sebelumnya pindah mulus tanpa ada gangguan berarti. Mulailah petualangan baru di self hosted blog dimulai sampe kemudian di sekitaran bulan Juni-September badai kerjaan datang. Blognya sempat terbengkalai. Hahaha.

But so far so good. Gw lega pernah pindah rumah karena ternyata buanyakkk banget yang bisa dieksplore dengan self hosted blog ini. Mulai dari plugins-plugins kece sampe ke daftar Google Adsense dan juga gw bisa tahu struktur dalemannya sebuah blog WordPress itu seperti apa dengan masuk ke CPanel. I get a hold on the nasty stufs 😛

Semoga-semoga-semoga gw bisa semakin banyak eksplore tentang dalemannya self hosted blog ini. Biar jadi semakin ngerti kenapa begini dan kenapa begitu. Bagaimana ini dan bagaimana itu. Ujung-ujungnya, ilmu Teknik Informatika gw jadi kepake lagi. Dan entah kenapa ngelihat baris program PHP gw jadi excited lagi karena gw paham apa yang diomongin sama para pembuat baris program yang gw lihat itu.

Google Adsense dan Tema Blog

Akhirnya di tahun ini di bulan November gw dapet approval buat pasang Google Adsense!

Ini penting gak penting sih. Buat sebagian orang mungkin apaan sih, Google Adsense aja seneng. Tapi buat gw itu sebuah achievement yang wow. Hahaha. Padahalan duit yang digenerate juga gak banyak-banyak amat. Setelah 6x penolakan gw pun akhirnya di approve.

Beranda-Rumah-Pohon-Honje

Sungguhlah waktu mau apply itu banyak banget mitos bertebaran tentang Google Adsense ini. Sampai suatu hari gw ngobrol ama Ryan dan dia bilang buat fokusin konten gw ke satu topik aja paling gak selama 6 bulan. Gw pun lakukan itu. Dan fokus yang gw pilih adalah personal finance. Baru sekitar dua ato tiga bulanan, gw coba apply lagi, eh approve. Hamdalah! Jadi niche blog itu ngaruh juga ternyata ya. 😛 *ditampol tungku manasin kuah bakso

Nah kenapa akhirnya gw milih personal finance juga ada ceritanya.

Melihat banyak banget hal-hal tentang keuangan pribadi yang banyak orang belom tahu bikin gw pengen sharing tentang ini. Bahkan hal sesederhana tentang gimana buka reksadana di cabang bank pun banyak yang masih bingung dan akhirnya gw nulis postingan tentang Bagaimana Beli Reksadana di Bank.

Entah kenapa setiap kali ngomongin soal personal finance ini gw jadi semangat banget. Hayok kudu beli reksadana, hayok kudu coba beli saham, kudu ini, kudu itu. Apalagi dengan revelation yang gw dapet belakangan ini. *jiah revelation…

Banyak tema yang lebih menantang kayak komen di postingan beberapa hari lalu tentang gimana KPR untuk freelancer, trus prioritas yang perlu difokuskan buat single, orang yang menikah dan lain-lain dan lain-lain. Buanyaaakkk dehh!! Hihihi. Can’t wait to write about them! 😀

Ketemu Banyak Orang Baru dan Belajar Hal Baru

Good Friends

(iya potonya ditampilin lagi :P)

Di triwulan ke empat tahun ini, gw mencoba melakukan sesuatu yang bener-bener baru. Mengiyakan ajakan ketemuan temen blogger dengan orang yang sama sekali belom gw kenal *lirik Nik. Selama ini gw udah kopdar dengan banyak temen blogger lain. Banyak! Gak cuma personal, ada yang dateng ke rumah, ada yang pas ketemu gak sengaja di mall pas belanja ato pas ada event reramean.

Tapi ketemu dengan orang yang belom pernah gw kenal sebelomnya sih belom pernah. Sampe waktu Adelina ngajakin ketemuan kemaren. Dengan temennya yang gw sama sekali gak kenal.

Di pikiran gw: “Siapa sih Nik ini? Blogger mana?”. Tapi kemudian gw mikir “WTH, udahlah ketemuan aja. Rugi apa sih gw?”.

Gw pengen kenal banyak orang lain. Pengen keluar dari zona nyaman gw dan akhirnya ketemulah gw, Adel dan Nik. Eh lanjut ketemuan reramean sama yang lain-lain dan berujung sama belajar bareng soal SEO di Waroeng Mee kemaren itu. BEREMPATBELAS ORANG! Rame banget kan cuma dari awalnya gw mau ketemu sama orang yang gak gw kenal sebelumnya doang?

Beruntungnya gw jadi sedikit lebih ngerti tentang SEO. Bukan kalo gw mendewakan angka-angka, tapi dengan SEO yang semoga bener aplikasinya, jadi semakin banyak orang yang nemuin blog ini. Apakah kemudian angka traffic blog gw melonjak drastis? Yakagaklah. Mengutip perkataan Ryan (jie Ryan perkataannya udah dikutip orang *trus ditoyor ama Ryan):

“SEO bukan sesuatu yang instan, sekarang setting besok dapet ribuan. Sebuah proses yang bertahap yang diharapkan nantinya blog kita semakin mudah ditemukan karena relevansi isi dengan kebutuhan orang dengan bantuan search engine”

Nah gitu deh.

Traffice

Waktu sebelum migrasi dulu angka traffic gw hovering di atas angka 500an, setelah  migrasi naik perlahan ke angka 700an dan sekarang sudah rata-rata stabil di atas seribuan. Setelah apply ilmu SEO dari Ryan belom nembus 1.500 sehari sih tapi mendekati lah. Angka yang menurut gw fantastis karena mungkin isi blog gw yang fokus ke personal finance baru dikit dan yang dioptimasi kayak petunjuk yang gw dapet kemaren juga baru beberapa. Dulu gw gak pernah nyangka kalo angkanya bisa tembus serebu tiap hari. Makasih banyak ya manteman semuaaa 🙂

Semogaaaaa ke depannya blog ini bisa memberikan lebih banyak manfaat dan gw pun bisa terus menerus belajar. Dalam prosesnya semoga juga terus belajar dan jadi orang yang lebih baik dengan ngeblog.

============

Sekian postingan penutup 2015 dari saya. Sudah jam 8 malem dan anak istri dah nungguin di toko maenan. Semoga tahun 2015 penuh berkah untuk kita semua dan selamat menyambut 2016 yang semoga juga semakin penuh berkah buat kita masing-masing. Colek gw di twitter @danirachmat ya kalo ada yang mau diobrolin!

Happy New Year!

Yours truly!

Advertisements

88 Comments

  1. Ira
  2. Ira
  3. Gara
  4. fee
  5. eda
  6. evrinasp
  7. tejo
  8. jaka

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: