Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Tips Hemat Ngopi di Starbucks

Tips hemat ngopi di Starbucks yang bisa dilakukan untuk menghemat keuangan meski sering ngopi di Starbucks! Terutama untuk menyelamatkan tagihan kartu kredit!

Sudah bertahun-tahun sejak gue nulis Tips Hemat Ngopi di Starbucks ini. Dan gak nyangka ini jadi salah satu postingan paling rame! Jadi sekalian aja diupdate yes!

——

Jadi ya, tips hemat ngopi di Starbucks ini bakalan berguna buat yang suka nongkrong dan bokek mulu. Yang tiap bulan gak jelas duit gajinya kemana saking seringnya nongkrong di Starbucks!

Pas nulis update-an posting ini ini, gue udah gak pernah lagi nongkrong gaya bareng para banker Jakarta. Padahal dulu mah kayak hampir setiap selesai makan siang *gaya doang duit kaga gablek juga *eh itu gue doang sih *beneran curhat.  *Pas bener kan sekalian posting tentang tips hemat ngopi di Starbucks. *bisaaa aja alesannya

Kalo dipikir-pikir, nongkrong ngopi di Starbucks ini gak murah. Sama sekali gak murah!

Minimal kalo setiap nongkrong belinya brewed coffee dengan ukuran short aja, minimal kudu keluarin Rp 23 ribu per cup (update di tengah pandemi Corona, satu cup brewed coffe gak cukup 20 ribu rupiah!!).

Bok, itu kalo gue bikin pake kopi sachet Lampung yang beli di marketplace udah bisa dipake buat ngopi setengah bulan! Di Starbucks cuma dipake buat ngopi sekali!

Preambule: Godaan Gaya Hidup Kelas Menengah

Cuman ya gitu deh ya, siapa sih yang bisa menolak godaan terlihat kece dan gaya, duduk di Starbucks. Pegang cup gambar kopi duyung trus ketawa kece ato sibuk sama gadget  kelihatan sok serius.

Jadi ya demi bisa dianggap gaya, gue ada sedikit riset kecil-kecilan buat bisa tetep hemat tapi bisa nongkrong di Starbucks. Tapi tetep dengan keluarin modal ya dan gak malu-maluin.

*Okedeh postingan ini bisa jadi gak penting banget buat sebagian (besar) orang, tapi kali aja yakan mau keliatan gaul tapi tetep mau hemat. 😛

Mungkin tips yang gu kasih ini beberapa di borderline etis dilakukan ya dan tahu ada orang yang anti banget ngelakuinnya. Apa aja sik?

Silahkan dibaca dari atas sampai bawah sampai habis. Manteman juga bisa baca ngikutin table of content di bawah ini:

Tips Hemat Ngopi di Starbucks

Apa aja sih Tips Hemat Ngopi di Starbucks ala dani? *Grin*

1. Pake Starbucks Card (SC)

Tips pertama gue tentu saja adalah menyarankan kalian semua yang baca buat pake Starbucks Card. Kenapa? Karena kalo pake Starbucks Card kan dapet poin nih ya dan setiap sekian poin bisa ditukarkan minuman apapun berukuran Grande.

Kalo kalian emang penggemar kopi, setiap ke Starbucks belinya yang paling murah aja. Bisa brewed coffeenya dia atau paling banter Americano.

Tips hemat ngopi di Starbucks: perhatikan menu harganya! (sumber: zomato)

Baca juga: Arah ke AEON Mall BSD Tangerang

Kayak temen gue yang selalu beli ice Americano ukuran tall (paling kecil) seharga Rp 26.000 (waktu tulisan ini dibuat beberapa tahun lalu) dan dia bayar pake Starbucks Cardnya dia. Setelah mendapatkan bintang, dia tukarkan itu reward dengan 1 minuman Grande paling mahal.

Ya kalian bisa pilih Caramel Macchiatonya atau Asian Dolce Latter yang harganya bisa sampe lebih dari Rp 60 ribu. Tapi buat gue sekarang, minuman kopi fancy kek gitu udah gak cocok di lidah gue.

Ujung-ujungnya palingan gue tukerin sama Americano lagi. Bahahaha. Karena selain gak suka manis, gue juga gak bisa lagi minum susu.

Gimana? Modal banget kan tips hemat ngopi di Starbucks yang pertama ini. Dan fakta secangkir Americano sampe Rp 26.000 aja udah mahal banget buat gw. Huhuyyy!

Tapi demi gaya, gak ada yang kemahalan kan? *dapet salam dari lembar tagihan kartu kredit.

Kembali ke atas

2. Pesen Brewed Coffee

Udah sempat gue sebut di tips pertama. Pesen brewed cofee karena yang paling murah. Brewed coffee ini bahkan lebih murah dibanding Americano.

Buat yang ngerti kopi, CMIIW ya! Kalo Americano, espresso yang ditambahkan air panas kan ya? Sementara brewed coffee, house blendnya Starbucks yang emang di brew hari itu dalam kapasitas yang banyak. Jadi begitu beli brewed coffee bakalan dituang dari container gede gitu.

Unlike Americano yang dibrew untuk setiap cangkir yang dipesan.

Pesan brewed coffee agar lebih hemat ngopi di Starbucks

Baca juga: Resolusi Keuangan Bebasa Rasa Bersalah

Kalo dilihat menu di bagian 1, brewed coffee ukuran tallnya Starbucks ini harganya sekarang sudah Rp 23.000. Bandingkan dengan Americano ukuran tall di harga Rp 34.000! Lumayan menghemat kan?

Setelah beli brewed coffee, kalian tinggal tambah sendiri creamer dan gula yang sudah disediakan sama Starbucksnya. Not bad kan?

Kalo gue sih beli brewed coffee gak bakalan gue kasih apa-apa. Yakarena gue emang suka kopi item pait gaes.

Buat yang demen kopi sih ya bakalan kerasa bedanya emang. Cuman kalo tujuannya biar bisa ngopi dan hemat, ya mayan kan. Cuma buat gue, secangkir kopi item seharga itu udah kemahalan banget sih. Bahahaha!

Kembali ke atas

3. Minta ukuran short

Jadi inget beberapa tahun lalu Mbak Mikan kasih tahu kalo ternyata ada ukuran short buat hot beveragesnya Starbucks yang emang gak di display di menu. Mbak Mikan ini senior gue pas kerja di salah satu bank Jepang di Indonesia dulu. Dia pernah kerja jadi barista di Starbucks US.

Kopi berukuran short hanya untuk kopi panas dan harga lebih murah

Baca juga: Memilih Antara Deposito, Obligas Ritel dan Reksa Dana Pasar Uang

Kalo balik lagi ke menu di poin 1, perhatikan deh. Display menunya cuma ada ukuran tall, grande dan venti. Setiap ukuran beda harganya lumayan, Rp 3.000. Semakin gede semakin mahal.

Jadi, kalo misalkan manteman beli brewed coffee ukuran short, akan cuma seharga Rp 20.000,-

Ukuran serving cupnya si Starbucks sendiri bisa dilihat di halaman penjelasan website resmi Starbucks. Jadi gak mengada-ada nih gue.

Ohiya, ukuran short ini cuma available buat minuman yang panas ya. Kalo minuman dingin paling kecilnya tetep tall.

Tambahan lagi, kalo klean pesen kopinya pake ukuran short, kelihatan gape banget kan? Kayak dah ahli gitu ngopi di Starbucksnya. Ehehehehe. 😀

Kembali ke atas

4. Beli Cake/Pastry dan Minta Air Putih

Selain kopi, Starbucks kan juga jualan makanan ya. Ada cake dan beberapa pastry.

Nah temen gue yang emang langganan ngopi di sana pagi-pagi nyaranin, kalo emang mau gaya dan tetep ngirit beli aja satu croissant ato makanan yang paling murah. Habis itu duduk, kasih jedalah beberapa lama trus minta air panas.

Baca juga: Cek Profil Risiko Sebelum Mulai Investasi

Like seriously, harga makanan jauh lebih murah dari harga kopinya kan? Paling gak ketika tulisan ini dulu dibikin. Bahahahaha.

Udah deh, modal Rp. 8.500 dapet cup Starbucks. People don’t need to know what you are drinking right? As long as you still holding a Starbucks cup. 😛

Kalo gue pernah mengaplikasikan ini. Beli makanannya aja, tapi kemudian terus nongkrong. Gak beli minuman dan di depan meja gue cuma ada piring sama satu butter croissant. Pokoknya beli dan gak minta-minta sih gue ya. Hahahahaha.

Kembali ke atas

5. Beli Tumblr Starbucks untuk Diskon 50%

Nah kalo ini pengalaman gue sih. Kalo dulu Starbucks selalu rutin kasih diskon di tanggal 22 dengan BYOT. Bring Your Own Tumbler! Bawa tumbler kamu sendiri. Lebih keren BYOT sih ya dibanding BTKS. Ihik.

Tumbler untuk ngopi hemat di Starbucks

Baca juga: 6 Alasan Kuat Investasi Saham

Di tanggal itu, kalo lu pade beli pake tumblernya Starbucks, bakalan dapet diskon 50%. Nah kalo sekarang-sekarang ini, event BYOT gak cuma diadakan di tanggal 22. Suka-sukanya Starbucks aja deh tiap tanggal berapa mereka bikin event ini.

Kalo memang tiba-tiba ada event BYOT, ya tinggal datang bawa tumbler. Apalagi kalo belinya Americano yang Rp 26 ribu segelas ukuran tall. Pas event ini jadi cuma Rp 13 ribu! Bahahahaha.

Tapi palingan yang jadi investasi beli tumblernya sih agak mahalan. Kalo memang mau yang thermal dan bisa simpen panas/dingin sih bisa sampai Rp 300 ribuan atau lebih. Kalo mau yang murah sih tumbler yang biasa aja.

Tapi menurut gue invetasinya ini worth it! Worth the money! Ada momen-momen gue bawa minuman panas/dingin dari rumah dan dibawa pake tumbler Starbucks ini bisa beneran tahan lama. Apalagi anti bocor dan awet barangnya.

Kalo mau lebih hemat lagi sih ya minta sama temen/sodara/keluarga buat dikadoin pas ulang tahun aja yes. Gak usah beli sendiri. Hahahaha.

Kembali ke atas

6. Manfaatkan Promo Gofood, Grabfood, Line dan Sejenisnya

Di masa serba online ini, Gofood dan Grabfood sudah jadi bagian penting dalam kehidupan #halah! Bahkan, order Starbucks pun bisa lewat Gofood dan Grabfood. Selain itu, banyak brand sekarang juga punya official account di Line, termasuk Starbucks.

Promo Gopay dan Ovo untuk ngopi hemat di Starbucks

Gak jarang Gofood, Grabfood dan akun resmi di line bagi-bagi kode promo potongan harga sekian persen buat ngopi di Starbucks ini. Manfaatkan potongan-potongan harga ini, jangan sampai ketinggalan.

Lumayan banget kan kalo bisa dapet diskon 40% dari harga secangkir kopi Starbucks ini .

Kalau misalkan tidak ada promo pesan melalui aplikasi-aplikasi tranportasi online ini, coba cek juga dari cara pembayarannya. Ovo dan Gopay sering kasih promo untuk pembelian Starbucks.

Bahkan, yang pernah gue lakukan adalah memanfaatkan Starbucks tumbler day dan promo pembayaran Gopay. Sudah dapat diskon 50% ditambah lagi diskon dari Gopay! Murah banget!

Kembali ke atas

7. Ikut Teman Nongkrong atau Beli Kopi Secangkir Berdua

Nah kalo tips hemat ngopi di starbucks yang ini, gak perlu keluar duit sama sekali. Kalo ada temen yang nongkrong di sana, muke tebel aje. Ikutan nongkrong.

Gaya dan gak keluar duit babarblas. Yacuman itu sih, siap-siap aja dilihatin ama temen-temen lu dan kuatin aja batin dari godaan rasa malu :D.

Beli Starbucks ukuran venti dan bagi dua dengan teman agar hemat

Baca juga: Takeover KPR ketika Suku Bunga Naik

Atau, bisa juga nih ajakin temen yang suka nongkrong di Starbucks dan suka ngopi buat beli minuman ukuran Venti dan bagi dua. Apalagi pas musim-musim BYOT atau ada diskon 50% menggunakan metode pembayaran tertentu!

Gue sendiri melakukan yang beli bareng temen dan kemudian dibagi dua ini. Kayak misalkan Americano yang secangkir ventinya Rp 39 ribu. Kami akan beli di tanggal-tanggal promo BYOT. Secangkir Rp 19.500 dan kemudian kopinya akan kami bagi dua.

Karena minum secangkir kopi ukuran venti terlalu besar bukan? Ihik!

Kembali ke atas

8. Kombinasikan Tips Hemat Ngopi di Starbucks

Nah kalo kreatif sih lu bisa mengombinasikan beberapa opsi tips hemat ngopi di Starbucks yang sudah ditulis di atas. Mix and match untuk bisa mendapatkan harga termurah. Bahahaha.

Kombinasikan cara hemat ngopi di starbucks

Baca juga: 8 Poin Investasi Di Masa Pandemi

Misalkan aja nih ya, ikutan nongkrong ama temen dan gak pesen minum apapun. Pas haus langsung minta aer panas aja. Gak keluar duit tapi tetep loh bawa cupnya starbucks.

Kalo yang gue lakukan sih seringnya bawa tumbler yang gue punya pas temen mau nongkrong. Kalo lagi ada duit ya beli kopinya, tapi kalo gak, ya udindeh ya.

Gue isi itu tumbler pake air putih, teh anget ato beli kopi sachet dan bikin dari kantor. Hahahahaha. Cuman ya memang rada kurang etis. Bahahahaha.

Kembali ke atas

Penutup: Ngopi di Starbucks, Mahal Tapi Memang Layak Dibayar

Ngopi di Starbucks memang mahal, tapi sepertinya harga yang dipatok memang sepadan. Karena banyak hal yang bisa didapatkan dari Starbucks. Gaya hidup, kopi dan experience.

Lihat kata kuncinya, gaya hidup. 😀

Tapi memang Starbucks menyediakan tempat yang bisa dimanfaatkan untuk banyak sekali tujuan. Baik itu meeting kantor, ketemu potential client dan atau dipakai tempat untuk melipir sebentar dari kejenuhan.

Nah balik lagi kalo emang tujuannya buat hemat ya, pinter-pinter atur ajalah pengeluarannya. Jangan sampe karena cuman pengen nongkrong gaya, utang kartu kredit gak lunas-lunas karena kebanyakan dipake buat beli Starbucks.

Sekian tips hemat ngopi di Starbucks dari gue setelah diupdate di tengah pandemi Corona. Ada yang mau nambahin?

Tulisan-tulisan terbaru di blog danirachmat.com:

  • 3 + 3 Tipe Investor Saham: Kalian Termasuk yang Mana?
    Setiap orang memiliki tujuan yang beragam dalam berinvestasi saham. Seperti menginginkan imbal hasil hingga mengembangkan aset sebagai dana pensiun nanti. Dari sana kamu bisa melihat, bahwa ada beberapa tipe investor saham yang mempunyai gaya investasi berbeda dalam berinvestasi. Lalu, gimana dengan kelen? Sebenarnya sih, pengategorian ini juga nggak ada maksud apa-apa sih. Mau tipe investor […]
  • Mau Mulai Investasi, Hindari Kesalahan Investor Sepanjang Masa Ini!
    Ada kesalahan yang harus dihindari lebih dulu, apabila kamu ingin mulai investasi. Kalau orang Jawa bilang, ini semacam “ngerti sakdurunge winarah”. Tsah. Kek dewa. Tapi, ya ini perlu. Memang konon katanya, belajarlah dari kesalahan. Tapi, tak perlu kita sendiri yang melakukan kesalahan itu. Biar orang lain saja yang melakukan kesalahan, kita nggak perlu. Ha! Bener […]
  • Mengenal Istilah Pasar Modal: Santa Rally, Window Dressing, dan January Effect
    Akhir dan awal tahun begini, kamu pasti sering lihat beberapa istilah pasar modal, seperti Santa Rally, Window Dressing, dan January Effect wira-wiri, baik di media sosial maupun di berita-berita dari media massa. Ya, di dunia pasar modal memang ada istilah Santa Rally, Window Dressing, dan January Effect ini. Istilah pasar modal tersebut memang hampir selalu […]
  • 5 Sektor Bisnis yang Akan Moncer di Tahun 2021
    Dampak dari pandemi COVID-19 yang terjadi di tahun 2020 menyebabkan berbagai sektor bisnis di Indonesia semakin mengalami kemunduran dan penurunan. Namun, di kuartal IV tahun 2020 kemarin, alhamduillah, kita sudah bisa melihat sinyal perekonomian semakin membaik walaupun pandemi masih belum bisa dikendalikan secara penuh. Pemulihan ini akhirnya juga berdampak pada sektor bisnis yang sedikit demi […]
  • Fintech Indonesia: Sejarah dan Jenisnya
    Financial technology, atau lebih sering disebut fintech Indonesia, mulai berkembang dan semakin dikenal akhir-akhir ini. Banyak orang semakin familier, dan menjadikannya sebagai bagian dari hidup masing-masing.Apakah kamu juga merupakan pengguna fintech? Jenis fintech apa yang kamu gunakan sekarang? Jenis fintech Indonesia yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan adalah Peer to Peer (P2P) Lending, dibandingkan beberapa […]

Kalo misalkan mau nambahin silahkan ditulis di kolom komen ya. Kalo mau lebih panjang bisa juga tulis ke halo@danirachmat.com.

Atau colek juga gue di Instagram @danirachmat dan atau ke twitter @danirachmat.

Kembali ke atas

111 tanggapan untuk “Tips Hemat Ngopi di Starbucks”

Saya dong! Nomer 5.. hahahaha.. teMen yg keluar negeri kadang kupalakin tumbler sbux, walopun hanya ukuran tall.. lumayan lho! Aq punya osaka ama tokyo. Sayang tumbler osakaku pecah.. huhuhu

Huwaaaa. Sayang banget Chan itu pecaaaah 🙁
Gw gak pernah kepikiran sebelumnya loh nitip ke temen yang lagi jalan keluar… Good idea Chan.. Makasih yaaa

Balas

Aih tqu inponya. Suka nongkrong di starbck sejak ada starbck di bandara husen yg imut. Punya starbck card. Malah punya3. Tp ndak tau fungsinya. Sekedar buat koleksi. Typical mamak mamak ya…hehehe. Dan ndak tau bedanya americano dan brew… Pokoknya selalu pesan caffe latte hehehe

Nomor 6 nih juara! Since gw juga ga bisa minum kopi karna ga tahan caffein dan mo minum yang laen juga mahal, ya palingan ke sana pas temen ngajak nongkrong di sana. So far slama ditawarin minuman dan gw tolak, temen gw jadi kasian gitu liat gw n akhirnya nawarin pesen pastry aja. Dan dia yang bayar! Kayaknya slaen kasian mungkin biar gak malu juga nongkrong sama temen gak modal macem gw lah.. Ahahahha…

Di sini juga muahal banget..tapi biasanya jarang yang nongkrong di Starbuck lama-lama..Starbuck di sini kebanyakan di stasiun kereta sama di pom bensin 😀 bukan tempat gaul…hahahaha..tapi suka banget ide bawa your own tumbler, kalau aja Starbuck di pom bensin langganan-ku bisa seperti itu… 🙂

Kalo di sini adanya di mall-mall gede nan kece gitu Mbak Indah. Jadinya ya orang betah banget banget nongkrong. Hihihihi… Ternyata mahalnya sama aja ya. 😀

Balas

Gak ush nongkrong di Starbucks Dan klo mo hemat wkwkwk. Btw klo americano – espressonya dl dibuat baru dicampur air, dikocok. Jd dibuat pas ada yg mesen.
Klo yg brew of the day, udh dibuat di coffee makernya mereka dan itu on standby. Jd klo ada yg pesan lgsg tuang azaa. Masih yaaa ternyata nongkrong di ono tuh buat image di Indo ?

haa…ha….ha…ha.. ha..keren tips nya mas,,
emang kantong kempes minum di starbucks,,
kalau janjian meeting suka di starbucks,,
biasa pesen latte atau ice chocolate yang tall itu lumayan 40.000
bisa beli nasi padang dua bungkus 😀

Kemaren beli kado temen tumblr starbuck cuma 140rb. trus dapet minuman gratis. Hahahaha. Besok-besok kasih kado tumblr yang murce aja aaah 😀
Aku sih gak suka kopi mas. Perutnya langsung mules. Mau beli chocolate juga kok ya rasanya masih enakan milo anget 😛

Hihihihi kerjaan aku tuh mas Dani kalau lagi deadline, duduk di starbucks dr pagi ampe sore, terus cuma beli kopi yang tall, sisanya minta air mineral 😆 . Dan ternyata jarang banget ya orang yan gtahu kalau kita bisa minta air mineral secara cuma cuma di sana 😀

Gue baca postingan ini waktu tadi ngantre di Starbucks. Jujur, ngga pernah berhasil irit, karena menggiurkan semuanya. Apalagi…. gue koleksi semua kartu Starbucks, yang mana saldo kartu sebelumnya masih ada :)))

Saya sudah cukup sering melakukan tips nomor empat! Tapi itu duluuu. Haha.. Ini juga idenya teman. Ada masa dimana saya suka minta teman beliin tumbler Starbucks ketika mereka ke LN. Tapi saya belum pernah pakai tumblernya habisnya sayang. Haha.. Untuk LINE belum pernah muncul menu favorit saya caramel frappucino without whipped cream! Jadi belum pernah coba aplikasi LINE itu.

Dan… emangnya kerennya nongkrong di Starbucks itu apa ya? Perasaan kaga ada keren2nya. Hahaha.
Kopinya juga paling ga enak dibanding the real deal di tempat lain. Mendingan ke tempat lain daripada ke Starbucks. Ya kecuali emang mau nonkrong aja sih tujuannya (which I still don’t get knp nongkrong di Starbucks).

Kalo aku kayak e bakalan mikir belipat-lipat buat nongkrong di starbucks. Pernah coba beli teh waktu kerasa masuk angin di bandara soeta. England morning tea kena 30ribu. Tehnya rasanya sebelas dua belas sama cemceamn teh e simbah. Teh puait rego telung puluh ewu!

Baru sekali nongki di sbux, itupun ngikut doang, sambil jagain kurcaci2.. nyruput dikit greentea pesanan istri.. Harganya wow, tiga kali makan siang saya.. Rasanya nongki di sbux gmanaaa gitu, berasa orang terkayah di dunia untuk beberapa menit, walopun ndak beli…

Mau lebih gila lagi ngga ngiritnya?
Lo bawa tumbler Starbuck trus duduk aja gitu pajangin tumblernya.
Sampe pulang ngga bakal diusir atau ditanyain wkwkwk
Ini serius, gue ama temen gue ngelakuin dan ngga beli apapun di situ. Dapet kan gaulnya wkwkwk

Gw punya temen yg tipe no.6 dan suka banget icip2 minuman kita hahahahaha.. Lama2 mls trs klo dia ikut, kita udahan.. Bubar2 :p

Pernah beberapa kali ngupi ngupi di Starbuck tapi karena meeting dan dibayarin, Dan. :)) Kayaknya masih belum rela keluar hepeng buat nongkrong di sana. dasar inang-inang polit Tapi bolehlah dicoba beberapa tipnya ini. 😀

Tips-tipsnya keren banget. Baru kepikiran dan baru tau juga kalo bisa dpt diskon asal bawa tambler sendiri. Selain hemat, kita bisa aplikasiin zerowaste lifestyle kaaan. Kereeen.

Cuma beberapa kali mampir ke sini, itu pun karena urusan sesuatu dengan orang lain. Belum pernah dengan sengaja duduk cantik di sini, masih sayang dengan uangnya hehehe…. tapi tips hematnya bolehlah dicoba

Ah, untunglah gw ga merasa harus nongkrong gaya di starbak Dan hahahaha. Tapi lumayan sering sih janji ketemuan di sono, dan biasanya gw jadi nomor 6 aja, dg alasan di rumah udah ngopi jd ga boleh ngopi lg qiqiqiqi

Gw suka bgt ngopi tapi dirumah aja,mau nongki2 ama krucil malah ribet bgt, tapi sekali tempo pernah ngopi juga disana, pastinya ditraktir temen,haha.. Beberapa kartu kredit ada promo diskon ngopi starbuck juga lho.

Hehehehe boleh juga.
Kalau saya ajak vendor lah.
Vendor yang bayar
*draculamodeon

Hahaha. Bisa juga dicobain tuh. Aku belum pernah ke Sbucks sih, nongkrongnya di warung kopi de

Kaget sampe ada yg bikin ini. Lucu jg. Jujur, ngetik di Starbucks lbh cpt pny ide. Ga th ini sugesti atau apa. Pilih salah satu tips di atas, nyalain laptop, tutup telinga dgn earphone. Selamat mengetik.

lebih enak dan hemat ngopi di STARLING (STARbucks keliLING) alias ngopi sama abang-abang penjual kopi di gerobak/sepeda.. wakakakak

Kalo sy ngumpulin poin sbux card buat ntar dipake di sbux bandara (biasanya harganya lbh mahal drpd yg ada di mall). Kan lumayan bs menghemat apalagi kl kepingin minum minuman yg rada mahal 🙂

hahaha.. saya jg dapet hadiah tumbler n untungnya skrg lagi ada tumbler amnesty 50% disc setiap beli pk tumbler 😀 bner2 kado di saat yg tepat.. dlu biasanya kl ga dibeliin org, ya minta air aja.. air biasa jg bisa kok mas gausa air panas… ;D blg aja mau kumur kemanisan minuman starbaknya,, air dikasi dgn tampang bersalah si barista (pdhl manis2 dikit nyoba dr punya tmen)

Btw kita bisa juga hemat kalo pesen yang tea.. tips hemat di sbucks
Dan ada menu2 minuman enak coba aja bilang yang 25k ntar diracikin sendiri biasanya sama baristanya

Gak tahu kalau bisa minta air panas atau air mineral.
Kalau minta, tempat airnya dikasih juga atau di tumbler bawaan kita?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *