Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

7 Tips Hemat Uang Belanja Tanpa Nyiksa

Meski sering kali sudah bikin anggaran untuk belanja harian atau bulanan, sikap konsumtif kita kalau lagi belanja di supermarket memang sulit dihindari. Terus gimana dong ya? Apa yang harus kita lakukan untuk menepis kebiasan itu? Karena itu, kamu butuh tips hemat uang yang dapat diterapkan saat kamu belanja.

Pasalnya, gaji yang pas-pasan, pastinya ingin kamu gunakan tak hanya untuk kebutuhan harian saja. Kamu juga perlu menabung, berinvestasi, atau sekadar memberikan self reward untuk diri sendiri.

Ya, kayak saya saja, mesti berhemat dan bertahan bekerja demi bisa tetap berlangganan Netflix dan Cookpad, gitu loh.

Yep, semua itu bisa kamu lakukan jika kamu dapat mengatur keuangan terutama dalam aktivitas belanja pokok.

Jika dengan gaji yang kamu dapat sulit untuk menyisihkan sedikit, maka mau tak mau kamu harus mencari cara atau sekadar tips hemat uang belanja. Namun, upaya menghemat uang ini tak selalu berarti menyiksa diri dan menurunkan anggaran belanja secara drastis, loh.

Loh, terus gimana caranya? Yuk, simak cus!

Tips Hemat Uang Belanja Tanpa Nyiksa

Jangan khawatir, berikut ini merupakan daftar tips hemat uang belanja yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa cara ini pas untuk kamu yang masih sendiri atau sudah berkeluarga.

Misalnya ada yang kurang sesuai dengan kondisi, ya silakan disesuaikan saja masing-masing. Ingat, because personal finance is just personal.

Buat daftar kebutuhan

Saat pergi berbelanja—baik itu ke supermarket atau ke pasar tradisional, atau bahkan ke warung sebelah saja—tanpa daftar, maka kamu dapat dengan mudah mengambil barang-barang yang tidak diperlukan. Belanja tanpa rencana atau daftar berpotensi membuat kamu jadi lebih boros.

Bahkan terkadang sudah memiliki daftar pun masih sulit untuk mengikutinya, terutama jika kamu membawa anak-anak atau berbelanja dengan perut kosong. Daftar kebutuhan ini sangat efektif jika kamu mematuhinya dengan benar.

Daftar ini juga membantu kamu untuk mengingat barang apa yang kamu perlukan. Mengandalkan ingatan saja rasanya tidak cukup. Selain itu, kamu jadi tidak akan lupa dan harus keluar rumah lagi untuk membeli sesuatu.

Rencanakan hidangan yang lebih sederhana

Ketika berbelanja bahan makanan dengan anggaran terbatas, kesederhanaan adalah kunci dari tips hemat uang belanja. Memilih untuk membuat resep yang rumit dapat dengan mudah menghabiskan anggaran satu minggu hanya karena jumlah bahan yang dibutuhkan.

Jika kamu ingin mulai menghemat uang untuk membeli bahan makanan, pilihlah beberapa resep sederhana namun lezat yang kamu sukai yang hanya membutuhkan maksimal lima bahan.

Lebih baik lagi, jika memilih makanan yang ingin kamu buat untuk minggu depan, pilihlah resep yang memiliki beberapa bahan yang sama. Ini akan menghemat uang dalam jangka panjang, karena membeli dalam jumlah besar biasanya lebih murah.

Kembali ke atas

Beli barang obral atau diskon

Kalau kamu suka belanja di supermarket, maka kamu pasti akrab dengan segala macam bentuk promosi.

Sebenarnya, promosi ini bisa banget bikin dompet jebol, tapi bisa juga bisa jadi tips hemat uang belanja, mulai dari kebutuhan pokok, seperti susu dan telur, hingga permen, seperti es krim dan kue.

Pertimbangkan untuk membeli barang yang diobral bila memungkinkan, terutama jika biayanya dapat menekan pengeluaran. Barang obral sering dipajang di lokasi yang menonjol di seluruh toko, seperti di pintu masuk.

Namun, penting untuk diingat. Meskipun barang diskon, hindari sikap konsumtif pada barang yang tidak kamu butuhkan. Terlebih jika barang tersebut tidak memberikan manfaat.

Bandingkan harga

Tips hemat uang belanja lain yang dapat kamu lakukan yaitu membandingkan harga. Meski barang sama, terkadang perbedaan merek barang atau beda supermarket punya harga jual yang berbeda. Jangan malas untuk mengecek harga-harga barang agar kamu bisa menghemat meski hanya sedikit.

Misalnya harga gula di warung lebih murah di supermarket. Meski perbedaannya sedikit, jika hal itu terjadi di beberapa barang, kamu bisa lebih menekan pengeluaran. Tak hanya di supermarket, lakukan trik ini di toko online agar upaya berhemat lebih maksimal.

Kembali ke atas

Belanja online

Belanja langsung ke supermarket atau pasar tradisional bisa jadi hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan barang-barang yang kita butuhkan. Tapi, akan ada saatnya juga untuk lebih baik belanja online. Terlebih jika tempat tinggal kamu cukup berjauhan dengan tempat belanja.

Kemunculan toko online saat ini sangat membantu untuk berhemat transportasi sekaligus memberi kemudahan untuk kamu. Tak perlu khawatir karena biasanya ada diskon juga yang ditawarkan secara online.

Sharing bahan makanan

Buat para perantau dan yang punya teman sekamar, anggota keluarga, atau teman yang tinggal di dekat kamu, pertimbangkan untuk membeli barang-barang yang perlu dimiliki tetapi bisa dipakai bersama-sama. Kamu bisa membeli barang tersebut dan patungan dengan yang lain.

Tips hemat uang belanja ini dapat sangat membantu untuk rempah-rempah dan barang-barang lain yang dijual dalam jumlah besar. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat anggaran.

Kembali ke atas

Budidaya sayur dan ternak sendiri

Kamu punya sedikit lahan di rumah? Gunakan untuk bercocok tanam di sebagian lahan. Ini sangat membantu kamu untuk berhemat, misalnya dengan menanam sayuran seperti bayam, cabai, bawang, dan lainnya. Selain hemat, kamu tidak perlu susah payah pergi belanja dan tinggal memetik jika butuh.

Terlebih, jika panen melimpah kamu bisa menjual hasil panen sehingga kamu mendapatkan penghasilan tambahan untuk ditabung atau membiayai keperluan dapur lainnya. Tidak ada salahnya untuk mulai mencoba cocok tanam di rumah sendiri dengan modal yang murah meriah.

Demikian tips hemat uang yang dapat dilakukan untuk memangkas pengeluaran belanja. Mari berhemat dan lakukan tips di atas ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *