Terlalu Sibuk Buat Baca Buku? Baca Ini Dulu!

Yuk Ikutan giveaway for Book Lovers nya Mbak Anne dulu yuuukkkss! Ambil tema tips membaca buku untuk orang sibuk deh gw… ๐Ÿ˜€

Yaabwesh gimana, giveawaynya Mbak Anne ini beneran pas banget ama kondisi gw sekarang. Saking sibuknya gw sampe seminggu penuh gak posting di blog setelah postingan yang sebenernya gw males bikin kemaren itu!ย Pakabar trefik ya? Wkwkwkwk. Eh di tengah kesibukan yang mendera ini Mbak Anne publish giveawaynya yang buat penghobi baca dan salah satunya ya itu tadi, tips membaca buku untuk orang sibuk. Wkwkwkwkwk. Yaudinlah gw ambil aja kan.

Nah sebelum baca lebih lanjut apa aja sih tips membaca buku untuk orang sibuk yang bakalan gw tulis, demi Mbak Anne gw bikin video tentang tipsnya ini. Bermodalkan handphone dan pencahayaan jam 2 pagi, jadilah video tips membaca untuk orang sibuk ini (gak usah protes muka modelnya ya. Gak bisa diapa-apain cuy):

Jadi gimana? Pengen muntah ga lihatnya? Ato pengen nimpuk monitor? ๐Ÿ˜€ Gw jembrengin di marih ya apa aja yang ada di dalem videonya ๐Ÿ˜€

Tips Membaca Buku untuk Orang Sibuk

1. Pilih Buku yang Benar-Benar Disukai

Tips Membaca Buku untuk Orang Sibuk

Tips Membaca Buku untuk Orang Sibuk

Tips membaca buku untuk orang sibuk yang pertama adalah memilih buku yang benar-benar sangat disukai. Yaiyalah kan? Masa beli buku yang gak suka?

Etapi sering kan ya kejadian, pas ke toko buku, ada beli buku apa, bisa dapet gratis buku apaaa gitu. Pun kalo pas pameran-pameran buku macem The Big Bad Wolf 2016 yang buka 24 kemaren di mana buku dengan harga ratusan ribu dijual cuma seharga puluhan ribu. Siapa yang gak kalap kan?

Godaan Gunung Buku di Big Bad Wolf 2016

Godaan Gunung Buku di Big Bad Wolf 2016

Nah kalo udah gitu seringnya kalap dan asal ambil aja tanpa benar-benar lihatin apa bukunya suka apa nggak. Kalo gini kan repot yes. Udah kadung kalap, eh nyampe rumah ternyata bukunya gak bikin semangat baca. Karena itu, kalo misalkan pergi ke toko buku ada beberapaย panduan belanja buku biar setelah belanja tetep semangat bacanya yang HARUS gw ikutin:

  • Bukunya banyak diomongin orang, dan dapet rating bagus (ini cek di Goodreads sih. Nah kan keuntungan pake Goodreads!)
  • Ditulis sama penulis favorit, kayak misalkan Mitch Albom, Dewi Lestari (yang buku terakhirnya Intelegensi Embun Pagi), Eka Kurniawan atau penulis-penulis legenda macam Pramoedya Ananta Toer yang nulis Bumi Manusia. Kalo pas sale dan ada buku mereka, udah hampir pasti bakalan keangkut.

    Inteligensi Embun Pagi by Dee Lestari

    Inteligensi Embun Pagi by Dee Lestari

  • Bukunya menang, atau dinominasikan buat menang penghargaan nasional dan internasional. Contohnya kayak bukunya Eka Kurniawan Lelaki Harimau yang masuk ke nominasi Man Booker Prize. Pas Big Bad Wolf kemaren juga gw angkut tuh buku yang gw nemu ada tulisan Long Listed for Man Booker Prize 20xx, atau Winner of Nobel Prize in Literature. Hihihi… Yamasa buku kek gitu gak bagus? Meskipun kalo pada akhirnya pas baca gw gak ngarti juga.
  • Tema yang dibahas tema unik dan dibahas dengan seru! Kayak misalkan Pound Foolish yang gw pake contoh di video. Ngomongin soal duniaย perencanaan keuangan/personal finance, tapi dari sisi yang gw belom pernah tahu sebelumnya. Gimana kenyataan yanga da di baliknya. Kalo udah kek gini temanya mah udahlah, angkoottt!! Contoh lainnya kayak The Post American World yang juga udah gw tulis reviewnya itu.
  • Gak terlalu bagus tapi harganya beneran murah. Hahahaha. Kalo ini gw bakalan digaplok kalo sampe nulis nama-nama penulisnya dan atau judul bukunya. (>.<)/ Tapi ya gitu deh, buat yang kenal gw mungkin udah tahu buku apa aja ya. Nah buku-buku itu kalo ada diskon dengan harga Rp. 5.000 – 10.000 per buku. Bakalan gw beli. Ya biar tahu aja sih kek gimana bukunya. ๐Ÿ˜›

2. Temukan Waktu dan Tempat Paling Pas Buat Baca Buku

Membaca di gadget juga bisa dimasukkan ke tips membaca buku untuk orang sibuk

Membaca di gadget juga bisa dimasukkan ke tips membaca buku untuk orang sibuk

Tips membaca buku untuk orang sibuk yang ke dua adalah menemukan waktu dan tempat yang paling pas buat baca buku. Iye, kalo dari videonya tadi gw hampir pasti bakalan baca buku pas bangun tidur dan nogkrong di toilet!

Hahahahahaha… Gak peduli gimana ngantuknya, baca di toilet selalu bisa bikin seger mata. Kayak misalkan tidur jam 3 di weekend, pas bangun dan kebelet, gw pasti cari-cari buku dulu sambil ngantuk-ngantuk… Kalo perlu nahan segala kebelet sampe bukunya ditemukan.

Untungnya rumah kami ini seuprit ya. Jadinya ya naroh buku juga cuman di kabinet yang selangkah dari pintu kamar mandi. Malahan gw uring-uringan kalo sampe buku gw diberesin dan dirapihin ke rak buku. ๐Ÿ˜€

Karena dengan waktu dan tempat yang paling pas ini, sekali baca gw bisa habisin satu bab. Minimal 7-10 halaman buku berbahasa Indonesia atau 3-4 halaman buku berbahasa Inggris.ย Yagakharus di toilet sih ya. Mungkin ada yang seneng banget baca sebelum tidur, atau pas lagi commuting di jalan atau apapun lah. Tiap orang kan beda-beda ya.

Oiya, gw selalu baca buku cetak kalo pas nongkrong tadi itu, tapi kalo pas lagi di jalan, nunggu atao yang gw lagi kondisi idle pas mobile, gw bacanya ebook dan pake aplikasi Kindle atau Kobo. Baca juga postingan Aplikasi E-book Favorit untuk perbandingan aplikasi ebook Kindle dan Kobo.

3. Manajemen Kuantitas Bacaan dengan Efektif

Tips membaca buku untuk orang sibuk dengan memanfaatkan pembatas buku

Tips membaca buku untuk orang sibuk dengan memanfaatkan pembatas buku

Orang kadang Gw selalu males kalo baca buku yang tebel banget. Rasanya kok ra uwis-uwis gitu ya. Jadi banyak deh tumpukan buku tak terjamah. Ehlhadalah kok ya pas BBW kemaren gw kalap ambil buku yang tebelnya gak kira-kira.

Pas baca Pound Foolish, gw dapet ide cemerlang banget dengan nekuk jadi dua pembatas buku yang biasanya gw jelujurin lurus aja ngebatasin bukunya kan. Tekuk jadi dua buat apa?

Buat ngebatesin bagian yang sedang gw baca dengan bagian akhir bab yang lagi dibaca itu. Bisa kan yes dimasukin sebagai salah satu dari tips membaca buku untuk orang sibuk?

Ternyata bacanya jadi jauh lebih cepet! Karena gw tahu akhirnya gak terlalu jauh. Paling banter 20 halaman kan. Nah gitu deh akhirnya yang akan gw terapkan buat proyek-proyek baca yang lain.

Rasa males dan rasa berat kan ada di otak ya? Gimana kita bisa ngakalin otak aja biar kerasanya beban yang dihadapi jauh lebih ringan dan kita jadi gak males. Pasti ada yang udah pake tips ini kan ya? Atau ada tips lain? ๐Ÿ˜€

4. Gunakan Media Sosial untuk Membaca Buku

Tips membaca buku untuk orang sibuk yang terakhir adalah pakai media sosial! Iya, pakai media sosial buat baca.

Blog as an asset

Blog as an asset

Yes, daritadi udah gw sebut-sebut itu media sosialnya. Goodreads.com. Ada appsnya di Android, versi web dan (mungkin) apps di iOS ya?

Kenapa pake Goodreads bisa meningkatkan semangat baca dan jadi salah satu tips membaca buku untuk orang sibuk? Karena orang sibuk jaman sekarang most likely juga punya akun media sosial yang lain. Dan media sosial ini dipake buat pengalihan sejenak dari kesibukan. Tak iyes?

Nah kenapa gak pake media sosial buat share kegiatan baca? Di Goodreads ini ada beberapa hal yang bisa gw lakukan yang nambah dan ngeboost banget semangat buat baca. Apa ajasih?

  • Bisa update progress buku, lihat rating, baca review dan pamerin buku yang sedang dibaca dan buku apa aja yang udah beres bacanya.ย 
    Hahahaha! Iya kan? Fungsinya media sosial bukannya memang buat pamer? Jadi daripada membaca dalam sunyi, mending sekalian aja dipamerin. Siapa tahu banyak yang kemudian terinspirasi buat ikutan baca buku yang sama.ย Temen kita bisa lihat buku aoa saja yang lagi kita baca, sudah selesai dibaca dan tau pengen dibaca. Jadi pamernya paripurna lah.
    Selain itu, di sini kita bisa update sampe halaman berapa bacanya, quote apa aja yang menarik dan lihat rating dan review orang-orang akan sebuah buku. Kalo gw mau baca buku sekarang gw lihat ratingnya dulu di Goodreads. Ihik.
  • Dapet rekomendasi buku dan ikutan challenge baca.
    Iya, beberpa buku bagus yang gw baca dapet rekomendasi dari pemenang Goodreads Choice Awards. Kayak misalkan The Martian yang gw baca jauh sebelum difilmkan dulu. Dapet rekomendasinya ya dari sini. Dan selain itu, ada Reading Challenge tiap tahun yang gw bisa set sendiri berapa banyak buku yang gw targetkan buat baca.
    Setiap kali gw udpate buku apa aja yang udah gw baca, otomatis bakalan update juga berapa jauh gw dari target buku yang gw baca itu. Tahun ini masih kurang banyak banget sih. LeSigh.
  • Ikutanย giveaway dan rekomendasikan buku ke temen.
    Yep, di Goodreads ini banyak banget giveaway buku-buku dari luar negeri (belom pernah lihat yang dari Indonesia sih). Bagi-bagi bukunya ini kadang terbuka buat Indonesia juga. Jadi kalo misalkan emang mau dapet buku gretongan kan ya mayan. Etapi giveawaynya suka sadis sih. Yamasa satu copy buku diperebutkan 1.000-an orang!
    Selain itu, kalo kita baca buku yang bagus, kita bisa loh kasih rekomendasi ke temen-temen kita di Goodreads. Jadi tinggal klik aja recommend. Ini berguna banget kalo misalkan ada temen yang baru nulis bukunya, trus kita mau bantuin jadi buzzernya, habis baca kalo emang bagus dan mau bantuin temen, tinggal klik aja recommend ke temen yang kira-kira bakalan tertarik bacanya.

Jadi kalo emang seneng baca, kalian HARUS WAJIB punya akun Goodreads. Ntar add gw yaaa ๐Ÿ˜€

Masih Bilang Terlalu Sibuk buat Baca Buku?

Nah dengan tips membaca buku untuk orang sibuk tadi masih alesan aja kalo gak bisa/gak ada waktu/gak sempat baca?

Kalo itu sih menurut gw udah bukan lagi gak sempat atau gak punya waktu baca ya. Hawong orang-orang sibuk dan sukses macem presiden Obama aja masih rajin baca dan bawa buku ke mana-mana kok. Yamasa orang macem kitaย gak ada waktu buat baca? Kalo udah kayak gitu diakuin aja kalo emang gak hobi dan gak demen baca. Yagapapa juga, siapa tahu hobinya dengerin audiobook. ๐Ÿ˜€

Coba deh diterapkan tips membaca buku untuk orang sibuk yang gw tulis di postingan dan juga gw obrolin di videonya. Siapa tahu jadi keranjingan baca habis ini. Dan kalau bisa sih, mesej Mbak Anne buat menangin gw di giveawaynya ya! XD

Advertisements

47 Comments

  1. April Hamsa
  2. Na

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate ยป
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: