Kategori
Blogging Things English Rants

Motivasi Belajar, Haruskah Didorong Dari Luar?

Untuk bisa semangat belajar sesuatu, gw selalu mencari keuntungan apa yang bisa langsung gw dapatkan ketika mempelajari sesuatu tersebut. Bahasa Inggris contohnya, gw bakalan bisa dapet keuntungan yang langsung bisa dipakai di blog dengan mempelajarinya. Efeknya? Banyak hal! Pun untuk mempelajari hal lainnya. Gw selalu cari apa keuntungan langsung yang bisa dirasakan. Ya gak? 😀

Credit Card

When you set something up, you will see the universe works with you to make it true.

Di awal tahun gw bilang kalo kata yang mau gw jalani tahun ini adalah belajar, akhirnya gw dikasih banyak kesempatan untuk belajar berbagai macam hal. Salah satunya belajar Bahasa Ingris lewat BEC dan juga belajar banyak hal lainnya, salah satunya adalah tentang blog ini sendiri.

Kalo ditanya apa sih yang memotivasi buat mempelajari sesuatu, jawaban gw sih dangkal banget bakalan. Murni karena pengen dapet keuntungan dari apa yang gw pelajari itu.

Dengan mikirin keuntungan apa yang bakalan gw dapet, bisa jadiin motivasi yang luar biasa. Contohnya aja Bahasa Inggris. Dengan sekarang sudah gak bekerja lagi di tempat dengan international exposure, BEC jadi sarana belajar yang efektif banget. Dari BEC pulalah gw belajar lebih jauh tentang Bahasa Inggris ini. Bagaimana menulis lebih baik dalam bahasa yang memang bukan bahasa ibu gw itu. Motivasinya? Ya biar kemampuan gw bertambah dan akhirnya bisa memperluas cakupan blog ini. Belom lagi kalo nanti dateng kesempatan interview sama perusahaan asing. Ato mau mulai usaha yang suppliernya orang asing?

Trus keputusan gw buat migrasi dari wordpress.com ke self hosted blog juga bikin gw belajar banyak banget. Mulai dari gimana ngelakuin migrasi sendiri sampe belajar-belajar tentang SEO dan segala macemnya. Mulai buka-buka webmaster dan gimana bisa represent blog di mesin pencarian.

Tapi satu hal yang gw gak pengen adalah bikin blog ini cuma berisi tips bla-bla-bla, sekian cara la-la-la. Meskipun di slug dan parameter yang diperlukan buat optimasi blog itu tetep gw isi, gw belajar gimana caranya untuk bisa tetep nulis konten yang berasal dari hati. Konten yang emang sesuai dengan apa yang gw alami dan orang bisa relate. Trus keuntungan apa yang bisa gw ambil dari situ?

Buanyak. Ilmu tentang blogging itu sendiri salah satunya. Selain itu, beberapa kesempatan juga dateng dari blogging ini. Ntar-ntar aja gw ceritanya.

Jadi sebenernya, kalo ada yang nanya motivasi belajar yang efektif apa ya gw balik lagi kasih pertanyaan apa yang kira-kira bisa lu dapatkan dari belajar sesuatu itu? Soal belajar Bahasa Inggris misalkan, gabung challengenya BEC ato nggak, aktif di grups whatsappnya ato nggak, ya tergantung kitanya sendiri apa yang mau didapatkan di sana kan ya. Kalo ngerasa gak mendapatkan manfaat apa-apa, why wasting time? Better find something else yang lebih mendatangkan manfaat. Yakan? Tapi kalo memang ngerasa ada yang bisa didapatkan, ya silahkan atur sendiri sejauh apa mau dapet manfaatnya.

Kalo buat gw itu sih tips semangat balajar Bahasa Inggris dan hal lainnya. Ada tips yang lain?

Postingannya Mbak Yo tentang Jangan Malu Belajar Bahasa Inggris dan postingannya Deny tentang Belajar Bahasa Asing ini mungkin bisa menambah inspirasi.

Related posts:

[display-posts category=”rants-fragment, blogging-things”]

42 tanggapan untuk “Motivasi Belajar, Haruskah Didorong Dari Luar?”

melihat kalimat bahwa mas dhan berhasil belajar pindah ke self hosting sendiri saya merasa iri. saya sebelumnya pernah coba pindah ke self host sendiri, saya belajar juga, belajar gamau lagi ke sana. rempong :))
oya, sudah tahu gerak gerik BEC, cuma belum berani gabung. kemampuan bahasa inggris yang masih plantat plintut.. malu :s

Ayok ah Van, ikutan gabung BEC. Kenapa sih malu? Kan belajar?
Huahaha. Self hosted itu simple banget Van. Mau nulis tutorialnya tapi ngerasa belom cukup ilmu euy..

Balas

setuju,nulis blog dari hati. saya maju mundur g karuan mau ikutan BEC dari dulu xixixixi,tapi entah setiap jum’at rasanya bener2 di dunia BEC,belajar bahas inggris lewat tulisan teman2..setidaknya paham 60 % xixixixi…nebeng komen disini,kolom komentarny g nampak mas 🙁

Yapp! Gue sepakat. Gue pun sama, lagi dalam tahap belajar bahasa inggris yang nyatanya kemampuan gue masih sangat sangat sangat payah 😀 Motivasinya? Keuntungan yang akan gue dapet dari apa yang gue bisa lakuin dengan berbahasa asing.

Dulu pernah nyoba self-hosted dan hijrah kembali ke pangkuan wp.com karena males ngurusin macam sekuritasnya. Sering kena phising.
Soal ‘motivasi belajar’, ini tema paling sering diangkat dalam skripsi temen nih. Ah skripsi sialan!

Pake self hosting jadi ndak bisa komen pake app ya mas? Ato saya salah subscribe blog nya kah?

Iya Om. Dikoneksikan dengan jetpack dan akun wp.com saya sebagai yg punya blog masih bisa pake sistem komen-komenan. Tapi orang lain yang susah. Huhuhu. Tapi masa balik lagi kan sih Om. 😛

Udah beres. Keluar 100-an yang mobile tapi pas dilihat yang udah di eresin kemaren. Terakhir google bot crawl tgl 10 Mei malem. Yng sebelumnya gak keluar lagi. Semoga terus gitu ya.

Balas

Komentar saya yang sebelumnya udah nongol belum yak? 😛 *Ngomong soal belajar sesuatu, kata dosen saya, semua hal yang menarik buatmu, selagi kamu sempat, pelajarilah, sewaktu-waktu pasti ada gunanya. 🙂

Daann, terharu kok namaku tiba-tiba nongol disini hahaha, ga nyangka diperhatikan sama tukang ngeblog *kan katanya masih belum nyaman ya menyebut dirinya blogger :D* yang pengalamannya sudah banyak.
Setuju Dan, kalau kita berbagi tips atau pengalaman yang memang kita sendiri yang mengalaminya akan lebih nginjak bumi, ga terlalu diawang-awang atau pakai bahasa yang indah-indah saja. Belajar memang musti ada tujuan dan manfaatnya. Kalau nggak, bukan belajar kan namanya 🙂 Semangaatt Dan buat belajar apapun itu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version