Kategori
Investasi Perencanaan Keuangan Saham

Mengambil Peluang Investasi Saham Didampingi ARO RHB TradeSmart

Ingin trading saham online yang sederhana? Trading saham online menggunakan fitur ARO RHB TradeSmart akan sangat membantu bagi pemula!

Gue beberapa minggu terakhir ini aktif mengambil peluang trading saham online modal kecil menggunakan aplikasi RHB Tradesmart. Masih inget kan postingan gue bulan lalu pas gue ikutan eventnya RHB Sekuritas Indonesia bareng Andre Taulany dan Merry Riana?

Baca juga: Jadi Sultan dengan Memanfaatkan Peluang Investasi Saham

Dari sejak tulisan itu, gue pun aktif mengulik fitur-fitur yang ada di akun RHB Tradesmart. Pembukaan akunnya full online dan setoran awalnya cuma Rp 100.000!

Makanya gue bilang di depan kalo gue memanfaatkan peluang trading saham online dengan modal kecil kan. Gue tulis ini berdasarkan pengalaman gue setelah pake aplikasinya selama beberapa minggu.

Yes, belom semua fiturnya gue coba, tapi gue udah merasa puas sama aplikasinya. Gue tulis seperti ini bukan Cuma karena dibayar. Tapi beneran karena sesuai pengalaman gue pake.

Makanya gue tulis belum semua fiturnya gue coba.

Seperti biasa, teman-teman bisa baca tulisan ini dari awal sampai akhir. Atau bisa juga baca sesuai daftar isi di bawah ini:

Investasi Saham Online Menggunakan ARO RHB TradeSmart

Mengambil Peluang Trading Saham Online Modal Kecil Menggunakan RHB TradeSmart

1. Mulai Mengambil Peluang Trading Saham Menggunakan RHB TradeSmart dengan Modal Kecil

Gue sendiri sekarang ini aktif bekerja jadi #PengabdiGajian. Salah satu kendala gue buat bisa trading adalah kesibukan kantor. Beberapa aplikasi sekuritas yang gue pake sebelumnya cukup kompleks dan berat.

Apalagi dengan adanya syarat minimum dana kelolaan sekian ratus juta untuk bisa mendapatkan online price. Sementara dana modal gue yang bisa untuk trading cuma beberapa juta. Yes, dana gue sebagian besar adalah untuk investasi. Bukan untuk trading.

Kalo harus trading dengan modal kecil, data harga gak update ya sama juga bohong. Ya masa kan gue mau beli atau jual pake harga yang udah gak update selama beberapa menit. Bihihik.

Nah dari opening account yang Rp 100.000 tadi kalau menggunakan RHB Tradesmart gue bisa langsung mulai trading saham. Dan amazingly dapat harga paling update semua.

Bahahaha. Kusuka-kusuka! Dan ya, melalui aplikasi smartphonenya RHB TradeSmart bisa mengakses semua fitur.

Kembali ke atas

2. Mobile App RHB TradeSmart untuk Trading Saham Kapan Saja dan Dimana Saja

Pasti pertanyaan kalian adalah aman gak sih semuanya bisa akses lewat smartphone? Trus gampang apa nggak? Berat gak koneksinya?

Kalo soal keamanan, gue bisa bilang: aman! Selama kalian gak bagi-bagi ke semua orang itu username, password dan PIN. Wkwkwkwk.

Iya, ada dua langkah buat bisa akses ke system trading dan juga manajemen RDInya. Pertama, untuk masuk aplikasinya ada username dan password yang bisa kalian simpen rapet-rapet sendiri ya.

Login trading saham online RHB TradeSmart

Ketika sudah masuk dan manteman mau akses ke system trading maupun RDI, kita harus memasukkan PIN yang seharusnyalah hanya kalian yang tahu.

Yakaaaan…

Login Pin trading saham online RHB TradeSmart

Dan kalo mau lebih aman lagi, setiap kali selesai pake aplikasinya, kalian bisa langsung keluar. Ada tombol exitnya yang akan membawa kalian ke halaman awal login. Jadi kalo parnoan inget-inget ya. Seaman apapun system bikin, kalo kitanya teledor ya ga ada gunanya.

Pilihan Logout Trading Saham Online RHB TradeSmart

Trus koneksinya gimana? Berat gak? Gampang gak makenya?

Soal koneksi nih. Gak berat kok.

Gue certain kondisi operator yang gue pake ya. Sehari-hari kan gue ngantor dari lantai 33 dan 37. Meskipun lokasi kantor pusat operator gue sama, seriiing banget gue kehilangan sinyal. Wkwkwkwk.

Tapi kalo pas dapet sinyal, transaksi pake RHB Tradesmart gak pernah ngalamin kendala.

Mau order jual ato beli kalo match harganya ya jalan. Gak pernah tiba-tiba keputus di tengah jalan trus ketinggalan harga. Paling ya gue nunggu beberapa detik pas ganti ticker waktu mau ngecek chartnya sih. Cuma gak sampe yang lama banget sampe gue ketinggalan harga gitu. Gak ngerti, karena koneksi operator gue juga kali ya.

Buat gue oke sih. Masih jauh lebih mending daripada aplikasi yang tiba-tiba ilang koneksi, harus tutup aplikasi dan buka lagi. Wkwkwkwk.

Trus gampang gak makenya?

Kembali ke atas

3. Fitur ARO signal & ARO

Buat investor saham pemula paling susah adalah menentukan masuk ketika harga berapa? Trus saham ini piye ya kondisinya, lagi naik apalagi turun. Trus harus bagaimana?

Kalo buat investor yang buy and hold mungkin pertanyaan cuma masuk kapan. Tapi buat yang mau trading bakalan pusing kan yes. Gue pernah ngerasain ini kok.

Makanya pas kemaren ikut acara Talkshow bareng Andre Taulany dan Merry Riana, gue langsung penasaran sama fitur AROnya RHB Sekuritas ini. ARO yang kependekan dari Assisted Robo Optimization ini fiturnya RHB TradeSmart yang ngebantuin kita buat ngambil keputusan.

ARO ngasih tahu saham-saham mana yang harganya lagi naik, lagi turun dan atau rekomendasi HOLD buat tahan dan pegang dulu aja. Listnya jalan terus live.

Jadi kalo manteman mau beli saham yang harganya mulai naikan, bisa pilih yang sinyalnya Bull. Atau kalo udah pegang saham dan naik tinggi, sinyalnya berubah jadi bear, bisa tuh lepas dulu dan jual untuk bisa ambil profit.

Kalo dah pegang satu saham, trus sinyalnya HOLD, yabisa pegang aja dulu. Kek gini nih bentukannya:

ARO Signal Trading Saham Online RHB Sekuritas

Trus apa cuma sampe situ?

Kagak jeh! Ada lagi tambahan fitur yang berguna buat kita sebagai investor buat ambil keputusan. Detail teknikal, data support dan resistance dari satu emiten.

Misalkan aja nih TLKM. ARO Signalnya lagi BULL. Kek begini nih:

Menurut ARO, saat itu harga TLKM adalah Rp 3.000 per lembar saham. Support level Rp 3.002,90; Rp 2,995 dan Rp 2.980 itu adalah harga-harga terendah dari pergerakan saham yang TLKM mungkin bisa sentuh.

Sementara Resistance level Rp 3.017; Rp 3.025 dan Rp 3.040 adalah harga tertinggi yang TLKM mungkin bisa capai oleh TLKM. ARO menghitung dan menyajikan semuanya.

Jadi, kalo mau masuk bisa kalian cek tuh level harganya berapa. Area resistance bisa jadi target kita, sementara area support bisa jadi harga masuk kita.

Etapi kalo harganya TLKM ini kan kalian butuh Rp 300.000an ya manteman. Nah gue ada satu contoh lagi buat kalian yang duitnya gak sebanyak itu.

4. Memilih Saham Dengan Harga Terjangkau

Gimana kalo habis buka rekening dan setoran Rp 100.000 trus mau langsung beli saham? Ada gak sih yang saham bagus dengan harga satu lotnya cukup pake duit Rp 100.000 doang?

Udah pernah dengar PT Pembangunan Perumahan (PT PP) nggak? Ini salah satu perusahaan bagus yang harganya masih terjangkau banget karena selembarnya masih sekitar Rp. 1.010 per lembar saham.

Dengan target harga Rp 1.200 per lembar saham aja udah naik 20% kan targetnya.

Cocok buat manteman cobain investasi saham.

Apalagi Pak Jokowi kemaren juga sempet singgung fokus pemerintah untuk terus melanjutkan proyek infrastruktur demi Indonesia Maju.

Ini screen capture transaksi beli gue buat saham PTPP ini.

Grafiknya pun menunjukkan tahap awal mulai kenaikan dan kita bisa cek ringkasan data fundamental perusahaan langsung di aplikasi RHB Tradesmartnya ini.

Jadi, meskipun setoran awal cuma Rp 100.000,- ya paling nambah dikit lah buat beli PTPP satu lot dan manteman bisa mulai investasi saham.

Gue beberapa minggu terakhir trading cuma modal ini doang. Dari beberapa saham yang gue masuk cuma satu yang loss. Yang lain gue berhasil gain.

Modal berapa? Rp 5 juta. Dari total gain dan loss gue masih loss Rp 15.000. So overall gak jelek-jelek amat lah hasil tradingnya. Kenapa kok bisa loss? Karena gue gak disiplin.

Sebenernya yang bikin loss kemaren itu udah sempat gain. Tapi ya itu tadi, guenya lagi hectic di kantor. Eh tahu-tahu market tutup. Posisi dah gain.

Besokannya bukannya langsung jual, gue masih ngarep harganya naik lagi. Njuk malah turun. Padahal udah dapet target yang gue pengen dari awal. Wkwkwkwkwk. Emang orang serakah itu gak berkah kok ya. Akhirnya gue pun cut loss karena sinyal emitennya sudah berbalik arah.

It won’t be the wisest decision to catch the falling knife, will it? Next time pake fitur jual beli otomatis aja yes biar portfolio bisa tumbuh terus. Wkwkwkwk.

Kembali ke atas

5. News & Research untuk Update Berita

Salah satu senjata utama ketika trading adalah mengetahui update market. Berita-berita apa saja yang sedang hangat dan juga bagaimana emiten menurut para analis.

RHB TradeSmart juga menyediakan itu di sistemnya. Kalo mau kita bisa langsung baca tanpa harus keluar dari aplikasinya.

Ini contoh capture screen yang berita:

Kalo ini contoh capture screen yang research:

Ini aja belom semua fiturnya gue ubek-ubek loh gaes. Hahahaha. Gue jadi semakin semangat deh tradingnya. #hasyekkk

Kembali ke atas

Penutup: Pandemi & Market Koreksi Tetap Bisa Menangkap Peluang Investasi

Kalo gue bilang berkali-kali kan, market koreksi ini bisa jadi kesempatan bagus buat masuk ke market saham dan menangkap peluang investasi di pasar modal Indonesia. Tapi apakah kondisi ini juga berlaku sama untuk trading?

Gue bisa bilang iya!

Karena market bergerak cukup dinamis. Pasti selalu ada jual beli di market. Dan selama kita bisa disiplin untuk beli murah dan jual mahal, ya pasti portfolio kita bisa bertumbuh.

Dan keputusan jual beli sangat dibantu dengan menggunakan RHB TradeSmart dari RHB Sekuritas Indonesia. Fitur ARO yang udah gue rasakan dan gue coba sangat membantu. Gue jadi gak  harus terlalu detail ngeliatin chartnya, meskipun gue sendiri tetap lihat chart untuk konfirmasi. Hahaha.

Tapi intinya, mau dalam kondisi pandemi dan market koreksi sekalipun, trading dan investasi saham masih bisa dilakukan. Dan trading saham pemula yang membutuhkan tools untuk membantu memutuskan akan sangat terbantu dengan fitur dari RHB tradesmart ini.

#InvestSmarterInvestNow #SahamIsEasy #TradeEasier

Tulisan-tulisan terbaru di blog ini:

  • Kenalan dengan Investasi Bodong: Rugi Tapi Pelajaran Besar Saya Terima
    Circa tahun 2000-an memang belum ada platform fintech semacam P2P Lending, tetapi saya sempat “belajar” mengenai peminjaman modal. The hard way, but. Saya (dan keluarga) terjebak investasi bodong. Mari ikuti perjalanan saya berkenalan dengan investasi bodong. Disclaimer: Artikel ini bukan ditulis oleh Bang Mamat. Kenalan dengan Skema Penanaman Modal Bisnis Di circa tahun 2000-an, saya […]
  • Dana Darurat Sudah Dipakai Buat Apa Saja?
    Sudah baca ya, gimana awal perkenalan saya dengan dana darurat, dan juga cara mengumpulkan dana darurat? Terus ada nanya, disimpen mulu, kapan dipakainya? Yah, punya dana darurat seperti ini tuh sebenernya berharap nggak perlu dipakai sih. Karena itu artinya hidup kita lancar-lancar aja, nggak ada masalah yang terlalu besar. Ya kan? Tapi kan, sayang duit […]
  • Perjalanan Mengumpulkan Dana Darurat Seorang Freelancer
    Saya sebenarnya sudah memulai pekerjaan sebagai freelancer sejak tahun 2011, tapi baru benar-benar full time freelancer di tahun 2021 ini. Dan dana darurat merupakan hal yang bisa bawa saya survive sampai sekarang. Saya nggak ada rencana untuk menjadi seorang freelancer sebelumnya, tbh. Tapi akhirnya kondisi juga yang menuntun jalannya. Sebenarnya, menjadi seorang freelancer itu kurang […]
  • Cara Menghitung Dana Darurat: Berdasarkan Pengeluaran Atau Penghasilan?
    Gimana sih cara menghitung dana darurat? Apa rumusan yang paling pas buat dana darurat ideal ini? Sudah baca kan, tulisan Penulis Konten gimana dana darurat adalah pelajaran pertama yang didapat dari ibunya? Karena gue adalah orang yang paling seneng sesuatu yang pas dan nyaman sama diri sendiri, gue gak pernah bisa jawab pertanyaan itu dengan […]
  • Dana Darurat: Pelajaran Keuangan Pertama dari Ibuk
    Dana darurat adalah pelajaran keuangan pertama saya. Siapa lagi yang mau mengenalkannya, kalau bukan Ibuk? Saya memang telat muluk dah, apa-apanya. Ya tapi nggak masalah sih. Kan, katanya setiap orang punya jalurnya sendiri-sendiri ya kan? Yastralah ya, masih untung saya ngerti sekarang. Perkenalan saya dengan dana darurat juga kayaknya “telat”. Saya sempat “kena” dulu, baru […]

Kalo misalkan ada yang mau disampaikan, silahkan langsung disampaikan di kolom komen atau bisa juga kirim email ke halo@danirachmat.com!

Atau bisa juga colek gue di instagram @danirachmat! 😀

Kembali ke atas

4 tanggapan untuk “Mengambil Peluang Investasi Saham Didampingi ARO RHB TradeSmart”

Pengen nyoba investasi reksadana tapi ga ngerti ka cara mulainya gmn?trus pilih yg ga rugi tuh yg mana?

Kalo reksadana tinggal pilih aja Kak agen penjualnya yang mana. Mau lewat bank atau lewat aplikasi aperd online. 🙂
Kalo yang jaminan gak rugi gak ada. Pasti tetap ada risiko.

Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *