Short Getaway di Honje Ecolodge

Warning: Postingan Short Getaway di Honje Ecolodge ini bakalan panjang dan banyak foto (padahal judulnya short.. hahahaha). Jadi jangan ditutup dulu, tunggu loadingnya selese aja ya 😛 Apalagi buat yang cari tempat liburan rame-rame yang gak terlalu jauh dari Jakarta. 

Jadi ya, Jeung Indah Lafamilledewijaya telah berhasil ngeracunin gw buat maen ke Honje Ecolodge (berikutnya gw sebut Honje aja ya)Ceritanya belio yang falinlaf sama si Honje beberapa waktu lalu ngebantu kasih ide buat salah satu hadiah ultahnya si Bul. Apaan sih hadiahnya?

Short Getaway di Honje Ecolodge

Proses Booking Short Getaway Honje di Honje Ecolodge

Rumah Pohon untuk Short Getaway di Honje Ecolodge

Rumah Pohon untuk Short Getaway di Honje Ecolodge

Waktu itu sebenernya kurang dari dua minggu buat book villa demi short getaway di Honje Ecolodge ini. Tapi udah pengen banget pergi ke sana pas week-end setelah lebaran haji. Pesimis duluan sebenernya karena itu musim liburan dan apalagi kami spesifik pengen di Rumah Pohon.

Di websitenya ada nomor handphone kontaknya.

Singkat cerita, gw kontak itu nomor, nanya-nanya kalau mau booking rumah pohon lalalili. Hamdalah itu rumah pohon masih kosong sedangkan semua villa/rumah lain sudah keisi. Kontak-kontakan cukup intens dan akhirnya gw pun diminta transfer separoh harga booking sebagai tanda jadi.

Indah juga cerita seperti itu sih, kalau memang mau booking harus transfer dulu separoh harga. Gak usah kuatir, ternyata nomornya yang dicantumkan emang bener dan confirm.Oiya, waktu proses booking buat short getaway di Honje Ecolodge ini jangan lupa minta petunjuk arah jalan ke lokasinya ya.

Jadi kalo pas weekend rame gitu, pesen paketnya harus minimal tiga hari dua malem. Jadi either cuti Jum’at atau Senin kalo memang bukan long weekend.

Harga paket weekend untuk rumah pohon waktu itu  Rp. 2,5 juta di luar makannya. Jadi kalo buat 3 hari dua malem sih sekita Rp. 1.250.ooo/per malam ya.  Makanannya harus bayar lagi terpisah…

Waktu itu gue gak kepikiran buat nawar sih. Maklum horangkayah! *dijejelinLembarTagihanCC 😛 Gak ding, kan sudah direncanakan dengan simpen dana liburan di investasi reksadana. Eh kalok kalian memang harus pakai kartu kredit, beneran pahamin ya gimana kartu kredit bekerja.

Rute Perjalanan Menuju Honje Ecolodge

Jadi ya Honje Ecolodge ini kan ada di Ujung Kulon dan itu lokasinya ternyata beneran di ujung ya pulau Jawa ya. Dan petunjuk pertama dan paling signifikan adalah menemukan PLTU Labuan.

PLTU Labuan, petunjuk paling signifikan buat short getaway di Honje Ecolodge

PLTU Labuan, petunjuk paling signifikan buat short getaway di Honje Ecolodge

Koprol aja literally udah nyemplung ke laut. Waktu tempuh ke sananya kalo dari Serang kurang lebih tiga jam setengah pake berhenti tanya sana dan sini…

Kalo sudah hapal daerah sana bisa kali ya dua setengah ato tiga jam. Ditambah perjalanan dari BSD sekitar setengah sampai satu jam-an. Kami cuss dari rumah jam 6 pagi lebih dikit, nyampe Honje sekitar jam sebelasan. Paling gampang sih, ikutin petunjuk arah ke Pulau Umang karena udah deket banget dari sana. Pas ada belokan arah ke Pulau Umang, arah Honje Ecolodgenya sendiri lempeng terussss. Hahaha..

Jalanannya sendiri kombinasi antara naik-turun gunung dan tepi pantai, gitu aja rauwis-uwis.

Saking jauh dan lamanya serunya Bul sama A beberapa kali bangun-tidur-bangun-tidur lagi. Pemandangan di sepanjang jalannya sih baguuus dan berhasil bikin gw melek selama nyetir. Jalanannya lumayan rapih. Cuma di beberapa spot aja yang lagi ada perbaikan dan syukurnya gak ada macet.

Bagaimana kalian tahu kalau sudah sampai di Honje Ecolodge? Kalau sudah menemukan kepala badak di pagernya! Begitu sampe di Honjenya, pagernya kayak gambar di bawah dan ada kepala badaknya.

The Lodge untuk Short Getaway di Honje Ecolodge

Rumah Warna-Warni di Honje Ecolodge

Jadi ya, di Honje ini total ada 4 Villa, Rumah Kuning (yang terbesar dengan 4 kamar dan kamar mandi di masing-masing kamar), Rumah Merah (4 kamar dan 2 kamar mandi), Rumah Biru (lupa berapa kamar) dan Rumah Pohon (satu kamar tidur besar dan satu kamar mandi).

Kami sendiri minep di Rumah Pohon.

Ternyata gambar Rumah Biru gak ada, termasuk file yang rusak pas dipindahin. 🙁

Jadi setelah memasuki gerbang yang tadi, akan ada beberapa villa yang tersebar yang lokasinya di pinggir pantai. Beberapa rumah aneka warna selain rumah pohon, akan berada agak jauh dari pantai. Tiap-tiap rumahnya dihubungkan dengan jalan setapak.

Mobil diparkirnya di bagian depan dan kita akan jalan masuk dengan jalan kaki. Palingan cuman 50 meter. Gak jauh kok. Kalo ternyata barang bawaan banyak, staf yang lagi bertugas helpful banget buat bantuin angkutin barang.

Nah Rumah Merah, Rumah Kuning dan Rumah Biru yang ada di bagian depan Honje Ecolodge ini bisa diisi sampe 8-10 orang dengan sekitar 2-4 kamar tidur dan beberapa toilet. Pas banget kalo misalkan mau short getaway di Honje Ecolodge bareng segrup temen.

Rumah Pohon Menawarkan Sensasi Berbeda

Selain rumah warna-warni tadi, ada juga Rumah Pohon yang kami inepin waktu itu. Kalo lokasi Rumah Pohon yang paling belakang dan paling deket pantai.

Sesuai namanya, rumah satu ini dibangun bener-bener di atas pohon hidup yang bernafas! Bukan pohon buatan gitu. Cusita lihat foto di bawah ini deh…

Lokasinya bener-bener di bagian paling belakang Honje Ecolodge dan deket sama laut. Kurang dari 50 meter gue rasa. Dan begitu lihat jendela dari kamar yang mengarah ke laut, cuman bisa lihat birunya laut dengan deburan ombaknya.

Kamarnya sendiri gak kalah sama kamar hotel berbintang. Cuss lihat nih:

Gimana, bagus kan kamarnya? Itu di belakang TV ada tirai yang kalo dibuka langsung pemandangan ke beranda dan tembus pemandangan ke laut. INDAH!!!

Sama dengan Indah, kami langsung FALINLAF! Fall.in.Love!!

Boooookkkkk, itu ya suara desau angin di dedaunan dari pohon yang kami tempati dan  literally ada di sekitar kami (kan di atas pohon ya), trus deburan ombak dari arah depan dan udara yang zwuegerr bikin kami betah ngendon di kamar aja. Apalagi kalo keluar ke beranda bisa memandang jauh ke lautan lepas.

Di bawah rumah pohon, ada area yang bisa dipake buat duduk-duduk santai kalo misalkan males ke pantai. Dihias kayak bagian dari rumah itu sendiri, bukan tempat kosong. Kami sendiri bebera kali makan di bagian bawah rumah ini.

Di fotonya ada kami lagi mau makan tuh. Saran gw sih mending beli makanan dari Honjenya sekalian. Upon booking, kita akan ditawarin mau sekalian pesen makan apa nggak. Klo sekalian pesen , setiap waktu makan, makanannya akan dimasakin fresh sama dapurnya. Kecuali emang bawa bahan masakan dan nginep di Rumah Kuning atau Rumah Merah yang ada dapurnya.

Pesen makanan keputusan tepat banget karena gak perlu ribet cari makanan karena tempat makan terdekat adalah warung milik warga yang ga jelas buka atau nggaknya pas kami kesana. Sementara Indomaret dan Alfamart terdekat gak terlihat di manapun. Toko warga juga gatahu jualan bahan makanan atau nggak.

Fasilitas yang Tersedia untuk Menikmati Short Getaway di Honje Ecolodge

Kalo ngomongin fasilitas di sini ini yang lengkap banget. Masa ya, di kamar Rumah Pohon kemaren itu ada Aqua galon di dispenser yang bisa panas dan dingin, ada TV kabel yang bahkan StarWorld pun nyambung dan juga ada vault serta berbagai macam colokan.

Kamar mandinya pun gak kalah. Luas, bersih dan ada air panas dan air dinginnya. Jadi waktu kemaren kami bawa mi instan siap seduh pun udah ada (saran kalik aja pengen nyemil, bawa dari rumah ya).

Ada juga pendopo yang bisa dimanfaatkan oleh para tamunya sebagai common room dan di sana pun ada berbagai macam buku dan DVD (bajakan sih ya) yang bisa dipinjem bebas! Kurang apa coba kan.

Selain itu, buat kegiatan di sekitar pantainya, Honje kasi satu sepeda buat tiap rumah. Kali aja ada yang pengen keliling ngiterin daerah sana kayak gw kemaren yang sampe ke perkampungan penduduk naik sepeda.

Cuma ya bokkk, namapun udah berumur, kalo jaman dulu kan bisa naik sepeda dari pagi sampe malem, kemaren bentar doang udah ngos-ngosan. Apalagi harus genjot sepedanya di pasir 🙁 Kalo suka olahraga air pun Honje nyediain kano buat dipake di pantai legkap sama pelampungnya. Ada juga sekop dan ember plastik buat anak-anak maen pasir.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Ketika Short Getaway di Honje Ecolodge

BUANYAAKKK!!

Tapi bersosial media bukan salah satunya karena sinyal handphone pada HILANG pas kami ke sana. Hahaha. Gak bisa update sama sekali kemaren. Pas bisa itu juga hari pertama karena udara cerah dan ada sinyal cuma satu bar.

Bahkan Bul yang pake operator paling luas jangkauannya pun gak dapet sinyal sama sekali. Hahahaha. Lha terus ngapain aja? Yang pasti sih bisa menikmati waktu di kamar doang sambil denger suara angin dan ombak tadi.

Maen air dan pasir

Kalo nggak baca buku ato nonton tipi ya maen di tepi pantai aja. Pasirnya lembuuuuuuuut. Bukan tipe pasir kasar yang bikin sakit dan suka masuk merangsek ke dalam pakaian gitu. Begitu kena air laut pasirnya langsung jadi kayak lumpur. A seneng maen di sini. Sampe baru mau udahan kalo udah beneran gelap.

Selain itu pantainya bisa dipake lari-larian kayak di film-film yang tokoh utamanya olahraga lari gitu. pepotoan gaya juga bisa kok.

Ato kalo nggak ya maen kano dan berenang di pantai pakai pelampung yang udah disiapin sama Honjenya dan itu semua HRATIZ! Air lautnya gak butek sama sekali. Beniiiing deh. Gw cuman maenan air di sini doang sampe beneran jatuh cinta banget.

Ato kalo udah puas maenan di pantai yang udah kayak private beach ini (karena akses cuma dari villa dan cuma ada 2 villa lain selain Honje Ecolodge, kalian juga bisa…

Nyebrang ke Pulau Mangir

Nyberang ke Pulau Mangir yang cuman 10 menit dari Honje ini dihargain Rp. 350.000 sekalian buat kelilingin ini pulau dan tempat-tempat terdekatnya. Jangan lupa bawa peralatan snorkeling ato kalo gak nyewa @Rp. 50.000.

Booookkkkkkkk… Pantai di pulaunya ini lebih bening lagi airnya. Beneran bisa lihat dasarnya yang banyak terumbu karang dan ikan-ikan kecilnya.

Pertama kalinya dalam hidup gw nyemplung ke laut, berenang danlihat-lihat di dalam laut itu begimana! Dan tahu gak siiih. Gw panik ajaloh begitu lihat itu terumbu karang. Beneran kayak lihat sesuatu yang hidup dan siap nyerang gw! Ini mungkin gw harus lebih sering piknik ke pantai dan kenalan sama alam bawah laut aja ya.

Satu lagi, sinyal XL kenceng banget di pulau tak berpenghuni ini, sementara Telkomsel juga ada tapi gak sampe 3G. Gw kemaren tethering ke Bul.

=====

Kalo ditanya apakah kami akan kembali ke sini? Definitely!

Jadi-jadi-jadi ada yang penasaran sama daerah ini? Tips kalo mau short getaway at Honje Ecolodge ini:

Jangan lupa nawar harga nginepnya dan sekalian makanannya
> Berangkat sepagi mungkin dari rumah
> Bawa cemilan favorit
> Jangan lupa bawa peralatan snorkeling dan baju renang
> Charger buat gadget biar puas foto-foto
> Kasih tahu temen dan keluarga kalo kalian bakalan susah dihubungi selama di sini

Baca juga postingan tentang short getaway dengan Glamping di Ciwidey.

SHORT GETAWAY di HONJE ECOLODGE

Jl. Pasir Panjang, Sumur, Banten, Ujung Kulon
http://honjeecolodge.com
085780066198
twitter: @honjeecolodge
facebook: Honje Ecolodge

PS: Semua foto di postingan short getaway di Honje Ecolodge ini gak diedit dan gak pake filter apapun

Advertisements

45 Comments

  1. evrinasp
  2. Deny

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Translate »
Ingin membaca artikel perencanaan keuangan lainnya? Buka
+
%d blogger menyukai ini: