Alhamdulillaah week-end kemaren gw produktif banget. Hari Sabtu gw dateng ke gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di bilangan Sudirman untuk dateng ke acara #InvestasiCerdasnya Mandiri Sekuritas (ManSek) bareng BEI yang berujung dapet rekening di ManSek dengan saldo Rp. 250.000,-.

Awalnya gw telat daftar di grup Fun Bloggingdan kuota penuh, jadi langsung aja cuss gw email panitia seperti sarannya Teh Ani. Lama tektoknya eh ujungnya gw dapet tempat. Acaranya sempet diundur juga sih emang dari September ke Oktober apa ya. Eh alhamdulillaahnya banyak yang cancel juga,  kesempatan menang lomba live tweet pun semakin besar dan gw pun dapet Rp. 500.000 voucher Metro.  Ihik.

Kalo ada yang penasaran tweet-tweet gw yang memang silahkeun dicekicek aku Twitter @danirachmat dengan hestek #InvestasiCerdas. Jangan lupa difollow yaaa.  *uhuuyy

Jadi ya,  kenapa gw tulis postingan ini adalah pas live tweet kemaren,  ada beberapa yang nanya,  gimana kalo mau mulai investasi di saham,  di mana belajarnya dan sebagainya.  Tentu saja jawaban gw adalah pelajari aja materi yang bertebaran di internet dan semuanya hratizzz!

Tapi oh tapi ternyata setelah gw googling, BEI sebagai badan penyelenggara pasar modal punya program edukasi buat masyarakat untuk belajar GRATIS pasar modal dan saham terutama buat yang domisilinya di Jakarta dan Surabaya. Bener-bener belajar di kelas dengan pengajar dan ada materinya kayak yang gw datengin kemaren.

Semua infonya bisa dibuka di web Investar.idx.co.id.  Di sana ada jadwal kapan kelasnya dimulai dan bagaimana kalo mau daftar.

Buat motivasi ini nih kata-katanya Warren Buffet:

Warren Buffet on Stock Investing

Materi

Kalo lihat dari websitenya,  materi yang memang diperuntukkan buat masyarakat awam ini mencakup sekolah pasar modal dan sekolah pasar modal syariah.  Masing-masing materinya dibagi jadi dua level.

Level 1 untuk masyarakat yang memang belom pernah tahu tentang apa itu pasar modal dan saham dan mau belajar dan mau mulai.  Jadi cucok menurut gw yang masih mikir kalo investasi di saham itu muahall dan butuh duit ratusan jeti dengan risiko yang ngerihhhh abwesh.  Padahalan kemaren kalo mau mulai buka rekening di ManSek cukup pake Rp.  2 juta (lumayan terjangkau kan?)  dan soal risiko dan rasa ngerinya ya gak segitunya.

Klise sih tapi tak kenal maka tak sayang kan?  Gimana bisa bilang investasi saham itu bahaya lalalili segala macem kalo belom pernah ngelaksanain sendiri kan yes?

Jadi hayo yang belom tahu investasi saham itu apa, cuss daftar kelas ini.  Sekali lagi.  HRATEIIZZZ a.k.a GRETONG a.k.a GRATIS-TIS!

Nah kalo level 2 nya juga gratis,  tapu dikheseskeun untuk para investor yang sudah punya kartu AKSES.  Kartu yang menandakan kalo seseorang sudah punya akum di satu sekuritas dan sudah aktif bertransaksi saham.

Jadwal

Nah soal jadwalnya sendiri,  kalo dari informasi di webnya,  kelas masing-masing level akan diadakan mulai dari jam 9 pagi sampe jam 4 sore.  Hampir seharian memang dan sayangnya diadakan di hari kerja. Tapi gw rasa worth a day leave lah ilmunya.

Jadwal terdekat dari gw tulis postingan ini adalah tanggal 27 Oktober 2015, kemudian berturut-turut di bulan November tanggal
4, 16, 18 dan 25 dan ada dua hari di bulan Desember.

Oiya, masing-masing kelas kuotanya 300 orang dan yang tanggal 27 Oktober besok itu masih 270an orang.  Masih banyak kesempatan buat upgrade diri dengan ilmu pasar modal ini.

=====

Gw sendiri berusaha sekuat tenaga buat posting tentang materi yang gw dapet dari Mandiri Sekuritas kemaren *secara ada lomba blognya ya bokk..  Hahaha. Dan kalo ada manteman yang mau belajar bareng soal saham persahaman ini hayuk loh.

Yamasa yang nerima untung dari pasar modal cuma para pemodal asing yang masih nguasain lebih dari 60% portfolio saham kita sementara kita rakyat Indonesia sendiri cuman bisa gonjang ganjing nyalahin peemrintah kalo dana asing rame-rame keluar,  pasar saham anjlok dan dollar berjaya perkasa… Dan ujungnya ekstra pengeluaran?  Gemes gak sih kalo gitu?

Cuss daptar trainingnya buruan!!  😀

Tulisan lain tentang personal finance:

[display-posts category=”finance”]

Published by dani

Seorang pencinta Bul dan A. Passionate tentang personal finance dan ngeblog. Asik jadi tempat curhat juga loh anaknya! ?

Join the Conversation

36 Comments

        1. Kemaren aih gampang banget kok dimengerti. Etapi itu levelnya basic banget Mand. Kalo Ibu udah sering transaksi mungkin malah dikira kerendahan levelnya nggak? 😀

          1. Kalo emang mudah dimengerti, aku ajak deh nanti kalo ada waktu. Ibuku pake pialang mas, tapi kayanya kurang ngerti basic nya soalnya belajar otodidak. Aslinya lulusan sekertaris, dapet gelar sarjana ekonomi dr ngurus rumah tangga doang haha :P. Mas dani, kalo misalnya ikut semua kelasnya termasuk SPM syariah dan seluruh levelnya beneran gapapa tuh?. Aku lumayan tertarik soalnya, frienemy banget sama pasar modal dr kuliah :((

            1. IKUT AJA. Hahaha. Kalo ada gretongan mengapa tidak dimanfaatkan kan? Semoga setelah ini dirimu malah ketagihan investasi di pasar modal ya. Waaah. Salut sama Ibumu Mand! 🙂

  1. Oke nanti ku ajak, semoga mau hehe, kan takut malu anak muda semua gitu hehe. Bukan karena aku anaknya yah, tapi emang Ibuku ini keuangan nya jago banget. Udah ngerti forex dari aku tk tahun 1996, kerjaanya nongkrong di money changer sambil nungguin aku pulang sekolah sampe kebeli mobil padahal dia ngga pernah kerja selepas nikah :). Temen-temenku yang sarjana ekonomi juga suka ke rumah cuma buat nanya opini ibuku, jadi menurutku nga ada salahnya dia nambah ilmu walaupun udah ngga muda haha.

      1. Tapi jangan bandingin sama aku, I’m bad with money and math haha. Makasih yah for the informative and generous answer 🙂

  2. Jadi apa neeh ilmu yg bisa dishare dari wiken kemarin?
    Aaahh jadi bete melihat koleksiku yg lagi jongkok itu.
    Oiya kenapa tiap mo komen sekarang kudu nulis data diri lagi yak?

  3. Mas Dani,
    Asikk yah juara live tweet nya..kemaren mantengin terus #investasicerdas.
    itu buka OLT 2 jt pas acara nya aja atau kalo datang ke mansek nya juga sama, dulu dulu sekitar 10 jt yah ?

  4. Halo Mas Dani, salam kenal saya silent reader blog ini baru pertama komen. Hehehe
    Mau nanya dong syarat apa aja buka rekening di Mandiri Sekuritas?
    Kebanyakan sekuritas mensyaratkan nasabahnya untuk memiliki NPWP sedangkan saya belum punya karena masih berstatus mahasiswa.
    Apakah mas Dani bisa bantu kasih info?
    Thanks 🙂

    1. Syart utamanya sih memang KTP dan NPWP Jessica. NPWP ini wajib karena ada pajak yang harus dihitung waktu transaksi terutama ketika transaksi jual. Selain itu sih tidak ada yang penting banget. eh uang setorannya kayaknya. Hehehehe..

  5. Ah aku kemarin ke skip tulisan Mas Dani yang ini.. baru baca dr link post terbaru sampeyan Mas. Makasih banyak lho senantiasa mengingatkan invest untuk menghadapi inflasi. Langsung daptar kelas ah yg November 😀

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *