Review Buku Hobi Jadi Bisnis

Sudah ada yang baca buku Hobi Jadi Bisnis tulisannya Mbak Carolina Ratri? Kalo belom, ini review buku Hobi Jadi Bisnis dari gue.

Misalkan belom pada punya, buruan deh beli ke Gramedia, marketplace Tokopedia dan Shopee, dan atau pesan langsung ke Stiletto Book! Buku ini layak banget dibeli! 4.8 dari 5 bintang! 😀

Tentang apa sih bukunya?

Ya elah, masih juga nanya nih ya. Ya itu sesuai sama judulnya. Hobi jadi bisnis.

Bagaimana kita bisa mengubah hobi kita menjadi bisnis yang menguntungkan. Dan kemudian, menjalani apa yang kata orang “Living your passion”.

Seperti biasa, manteman bisa baca keseluruhan isi Review Buku Hobi Jadi Bisnis ini dari atas ke bawah. Atau bisa juga baca per bagian sesuai daftar isi di bawah ini:

Review Buku Hobi Jadi Bisnis

Kesimpulan: Buku Hobi Jadi Bisnis Harus Dibeli!

Review Buku Hobi Jadi Bisnis

Blurb of the Book

Review Buku Hobi Jadi Bisnis

Buku Hobi Jadi Bisnis ini adalah buku non fiksi berbahasa Indonesia pertama yang gue baca tahun ini. Terdiri atas 133 halaman, buku ini renyah banget dibaca.

Terbagi hanya ke dalam 4 Bab, buku ini dibuka dengan inspirasi dari para pebisnis. Dilanjutkan dengan sangat mengalir mengenai hobi dan kebahagiaan yang menyertainya.

Sampai kemudian dikemukakan kenapa sebaiknya kita memulai bisnis dari hobi yang kita tekuni.

Tidak hanya berhenti hanya di tataran inspirasi, buku ini langsung menarik kita ke bagaimana menyiapkan bisnis dari hobi tersebut. Hal-hal apa saja yang perlu disiapkan. Tak lupa juga bagaimana mengembangkan bisnis yang akhirnya kemudian berjalan.

Semoga review gue ini bisa memberikan gambara bagaimana bagus bukunya. Dan kemudian bisa membantu teman-teman memutuskan untuk membeli buku ini.

Because this book is that good!

kembali ke atas

Pembukaan yang Membumi dan Relatable

Gue awalnya mau mengategorikan buku ini sebagai buku self-help-so-that-i-can-feel-good-about-myself. Sampe kemudian gue baca bagian pertama dari buku ini.

Otoy sih emang ye akiks orangnya. Awalnya gue pikir this is just gonna be another trying to inspiring book yang ditutup dengan kisah orang-orang yang berhasil membangun bisnis dari hobinya. Eng-ing-eng!

Ternyata inspirasi ngebangun bisnis jadi hobi malah ditaroh depan. Bahahahaha.

Had I no known Mbak Carra aslinya, gue akan benar-benar ter-blown-away sama pembukaan bukunya yang cetar. Tapi yagimana ya.

Mbak Carra ini sudah dan selalu jadi inspirasi gue dalam bidang menulis dan cara berpikir.

Jadi pas baca pembukaannya yang beneran warbiyasak, gue pun mikir: I don’t expect less than this from you Mbak Carra. Great job!

Baca juga tulisan Tips Membaca untuk Orang yang Sibuk.

Dan jangan salah ya, kisah-kisah inspirasinya ini gak cuman si Mbak A senang hobi B dan dibisnisnin. Tapi lebih detail dengan menceritakan bagaimana jatuh bangun bisnisnya dan mengintip apa sih yang para pebisnis itu lakukan.

The opening hooked me good and got me curious about the rest of the book.

kembali ke atas

Hobi, Menciptakan Stress yang Membahagiakan

Setelah cerita inspirasi dari para pebisnis yang berasal dari ngebisnisin hobi, gue pun dibawa masuk ke bab 1. Bagian dimana Hobi membawa kebahagiaan.

Alus banget masuknya Mbak Carra di sini membicarakan gimana seseorang butuh hobi untuk mendapatkan kebahagian. Yang mana adalah dengan menciptakan stress baru.

Wait, what? Hobi malah menciptakan stress?

Di sini gue dikenalkan dengan yang namanya eustress. EUSTRESS.

Mengutip kutipan di bukunya:

Positive stress that promotes growth and accomplishments

~ eustress

Dengan overcome eustress ini, kita akan merasakan kebahagiaan dan sekaligus bertumbuh. Termotivasi untuk melakukan lagi dan lagi.

Perasaan ini gue dapatkan ketika gue ngeblog. Ketika berhasil mencapai sesuatu dalam ngeblog, gue bahagia. I feel ecstatic!

Dan inilah yang dirasakan orang ketika melakukan hobinya. Dan kenapa mereka terus menerus melakukannya.

Baca juga tulisan tamu di blog ini Kenapa Fotografi Bukan Hanya Sekedar Hobi.

Argumen inilah yang kemudian dipakai Mbak Carra untuk mengajukan pertanyaan, kenapa gak sekalian diduitin kan?

Eh emang mungkin?

kembali ke atas

Langkah Nyata yang Doable

Bab berikutnya, Mbak Carra memberikan step by step langkah yang diperlukan untuk mengubah hobi menjadi bisnis yang mendatangkan keuntungan. Gak cuman satu, beberapa hobi dia berika walkthroughnya.

Gue merasa yang dituliskan Mbak Carra ini memang langkah-langkah yang dia sendiri memang lakukan ketika mulai membangun bisnisnya. Atau kalaupun nggak, Mbak Carra tahu first-hand dari orang-orang yang diinterview di bagian pertama buku ini.

Mbak Carra membawa gue untuk menyelami lagi analisa SWOT, strength, weakness, opportunity dan threat dari bisnis yang mau dibangun. Kemudian memikirkan persiapan modal dan sampai ke time plannning.

Ide-ide bisnis yang Mbak Carra tulis untuk dikembangkan di sini bermula dari hobi-hobi yang sangat relatable. Banyak hobi yang diberikan panduan step-by-stepnya adalah hobi yang dimiliki orang kebanyakan.

Baca juga tulisan Tips Menulis Cepat dan Tetap Berkualitas.

Contohnya aja hobi memasak, menjahit, membuat aksesoris wanita, koleksi, traveling, olahraga, berkebun sampai ke hobi yang berhubungan dengan karya seni. Gue yakin salah satu hobi kalian dan gimana cara mengubahnya menjadi bisnis akan bisa ditemukan di buku ini.

kembali ke atas

Paling Penting dari Seorang Pelaku Bisnis

Ada satu bagian yang bikin gue ter-uwow banget pas baca buku ini dan gue sampe mikir: harus masuk dalam review buku Hobi Jadi Bisnis nih!

Mbak Carra ngebahas tentang hal terpenting yang harus dimiliki sama pengusaha. Terutama ketika mengajukan pembiayaan ke bank.

Sebagai orang (marketing) kredit bank, apa yang ditulis sama Mbak Carra di sini spot-on banget. Pas, tepat dan gak meleset sama sekali.

Baca juga tulisan Tips Menjaga Keamanan Data Saat Berinternet.

Karakter yang merupakan kunci bank mau memberikan kredit dibahas oleh Mbak Carra. Bahahahaha.

Lengkap banget kan bukunya?

kembali ke atas

Kesimpulan Review Buku Hobi Jadi Bisnis: Harus Dijadikan Panduan!

Gak usah panjang-panjang yes. Buku Hobi Jadi Bisnis tulisannya Mbak Carra ini bagus banget. Gue rasa setiap orang yang punya hobi dan mau ngebisnisin hobinya harus beli.

Buku ini bisa dijadikan panduan langkah demi langkah ketika membangun bisnis. Since doing it right away may be daunting for some people.

Sebelum memutuskan untuk mengontak konsultan bisnis yang mendampingi membangun bisnis, coba beli buku ini. Ikuti saran-saran yang diberikan Mbak Carra.

Buku Hobi Jadi Bisnis ini ditulis dengan semangat yang sama seperti blog ,[object Object], yang juga bisa dijadikan panduan dalam menulis. Ibaratnya, whatever coming from her, we can follow it through.

kembali ke atas

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh