TED: Ideas Worth Spreading

Episode kekatrokan gw yang lain nih.

Selain Suze Orman show yang didownload lewat PodCast di iPad mini, gw juga lagi keranjingan download dan nonton TED Talks. Buat ngerti apa itu TED buka aja kali ya linknya di TED.com. Sesuai sama slogannya, isinya worth spreading banget deh.

Dari beberapa podcast episodes yang gw tonton, ide yang dibicarakan menurut gw eye opening. Banyak yang gak biasa dan bisa jadi bahan renungan. Jiah, berat bener bahasanya.

Awal-awal gw lihat TED Talks ini berasa aneh aja sih, orang ngomong limabelas menitan gak ada iklan gak ada apa-apa. Etapi ternyata menurut gw sangat bermanfaat.

Salah satu contohnya yang diomongin sama Amy Cuddy: Your Body Language Shapes Who You Are.

Di episode ini, Amy (sok ikrib) ngomongin kalo keyakinan umum bahwasannya postur tubuh kita dipengaruhi oleh apa yang kita rasakan. Badan kita bakal ngebungkuk kalo kita merasa sedih atau kalah. Kita pasang pose juara kalo kita merasa berkuasa. And those such of things.

Tapi selain itu, menurut penelitian, sikap badan bisa mempengaruhi bagaimana pikiran dan perasaan kita. Itu juga yang pernah gw baca dari buku Tipping Pointnya Malcom Gladwell.  Feeling down? Not confident enough? Coba dulu pasang pose tubuh juara, senyum ato yang menurut Amy disebut Power Pose.

Dengan power pose ini selama 2 menit bakalan bisa meningkatkan hormon-hormon positif di dalem tubuh.

Awalnya gw pikir si Amy ngomong gini gampang aja karena dia orang yang sudah terbiasa pede, pinter dan cantik dari dulu, ternyata gw salah. Amy memang dulunya (menurut dia) orang yang pinter banget sampai dia mengalami kecelakaan mobil yang bikin IQnya dia turun pas masa-masa kecilnya dia.

Dengan berusaha keras dan menganut prinsip fake it till you make it, Amy berhasil sampai di posisinya sekarang. Dan dengan itu dia semakin percaya kalo kita kudu bisa memalsukan sesuatu sampai kita jadi sesuatu itu. Fake it till you become it.

Well, menurut gw ide yang disampaikan luar biasa sih.

Salah satu ide yang lain adalah tentang kepercayaan sebagai mata uang baru. Rachel Botsman:  The currency of the new economy is trust. Episode ini ngomongin segala macem hal berhubungan sama bagaimana ekonomi berubah setelah era internet. Orang gak butuh lagi kerja di perusahaan from 9 to 5, tapi cukup dengan kepercayaan bisa merubah segala macam hal.

Dari episode ini, paling ga gw udah melakukan satu kegiatan yang mengandalkan kepercayaan sama blogger lain. Tukar pinjam buku! Gw dah ketemu sama Kak Jul yang punya blog

Intinya, ide-ide di TED itu bagus-bagus dan inspiring dan banyak hal yang bisa dilakukan dengan teknologi (dalam kasus sayah ipad mini) selain main game Minion Rush dan Hay Day (yang sudah di uninstall for good). Hihihihi.

Eh iya, TED ini ada blognya juga loh. bolg.ted.com.

Btw kalo dah pada tahu TED ini yah mohon maap yah, gw  baru tahu dan menurut gw bagus banget buat disebarin ide-idenya.

Advertisements

45 Comments

  1. duniaely
  2. Awan
  3. Evi

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: