#17 Pencarian Ide

Light bulbs

 

Sudah masuk ke salah satu angka favorit gw nih. 17. Gw putuskan untuk mengangkat tema proses pencarian ide untuk ditulis di blog ini. Tantangan ini dari Bang Burhan yang kayaknya kaya banget pengalaman hidupnya.

Begini tantangan yang diberikan tepatnya:

gimana kalau idenya tentang proses pencarian ide untuk memperkaya ide menulis

Berita Terkini

Berita terbaru yang lagi hot sudah pasti bisa jadi sumber ide yang paling gampang. Bahkan bisa jadi menghasilkan traffic yang lumayan besar. Misalkan saja waktu Bu Susi cuek merokok di depan media, postingan tentang itu bisa jadi paling dicari orang. Yatapi jangan copy paste ajadong. Blog ini sih ga nulis tentang hal itu ya. Seringnya yang kekinian malah tentang film.

Ato kalo misalkan memang cari traffic bisa coba manfaatkan Google Trends. Di situ kejembreng tuh apa aja yang jadi pencarian paling banyak. Mulai dari berita seleb sampe krisis kemanusiaan. Tapi gw jarang juga pake info dari sini. Syarat tulisan yang harus dipenuhi untuk dipublish adalah gw harus ngerti isinya. Jadi kali ambil topik dari Google Trends ya gw harus baca dan thoroughly understand. Malu kalo ada yang komen dan gw gabisa respond dengan bertanggung jawab.

Amati Sekitar

Kalo lagi sok-sokan jadi pengamat sosial, perkara tukang ojek ngerokok kebal-kebul sambil duduk nyantai aja bisa loh jadi bahan postingan. Insiden kecil di jalanan ato malah spanduk yang berisi berita pembukaan jalur tol baru.

Kalo ide yang datang dari pengamatan sekitar sih lebih bebas nulisnya. Ga ada yang tahu apa yang gw lihat dan gw berhak seratus persen nulis apa yang gw rasakan tentang hal itu kan? Kayak sekarang waktu angkot yang gw naikin seenaknya nyerobot antrian macet, bisa jadi satu bahan postingan tentang double standardnya gw yang benci sama penyela antrian sementara gw ada di dalem angkot yang notabene diuntungkan dengan nyela antriannya. Sungguh gw rela sebenernya kalo si bapak angkot antri aja. Yakalo gw ingetin si bapak buat antri apa kejadian ama gw kira-kira?

Orang Terdekat

Anak, istri, orang tua, temen kerja, tetangga ato malah diri sendiri. Mereka dan kita (diri sendiri) bisa jadi bahan postingan yang luar biasa dahsyat. Kalo nulis soal diri sendiri apalagi, ga perlu takut dikritik ato salah kasih informasi (selama emang ga niat bohong ya). As long as I write honestly, doesn’t matter what people say. Malah kalo mau jujur nulis tentang diri sendiri, blog bisa jadi sarana perbaikan diri yang efektif karena gw ga mau bohong sama diri sendiri.

Kalo tentang orang lain ya pastinya gw berusaha untuk ga melanggar hak-hak privasi orang itu. Cari hal prinsipil yang mau gw tulis tentang orang itu. Gak perlulah disclose informasi personal yang melanggar ruang pribadinya dia. Internet kan ruangan tanpa hak privasi ya. Once I put it on the light forever it will be searchable.

Banyak banget postingan yang berasal dari percakapan telepon gw ama Bapak dan Ibuk ato anak dan istri.

Baca (Buku dan Blog -atau Internet)

Gak hobi baca? Aduuuh sayang bangeeettt. Banyak banget loh topik menarik disajikan ama temen-temen blogger atau internet secara keseluruhan. Sering pas lagi blogwalking tetiba ada yang ngomongin topik nyeleneh tapi asik kayak waktu itu Mba Noni ngomongin soal celana dalem cowok yang sukses bikin gw posting soal kolor. Hahaha.

Aro berita di media online. Well kalo ini sih kudu pinter-pinter milahnya ya karena gw gak percaya ada media yang netral. Everyone is taking side. Jangan telan mentah-mentah semuanya lah. Cekicek dari kedua sisi. Kalo gw sih sebisa mungkin ga mau ya blog atau media online gw jadi ajang penghasutan buat membenci seseorang atau satu pihak.

Perkembangan Dunia Hiburan

Nonton film, denger lagu terbaru, nonton infotainment atau lihat acara TV bisa jadi sumber ide tulisan. Minimal bikin review film/musik/acara tv lah.

Untuk review yang diposting di sini gw selalu berupaya untuk lihat filmnya di bioskop. Gak enak lah ya udah donwload ato bajakan eh ditulis di blog buat generate traffic. 😀

Kalo musik ya CD/kaset/mp3nya yang gw beli di toko ato di itunes. Bukan hasil download dari kickass. Mihihihi.

Buku? Meskipun gw seneng baca buku di Kobo, tapi baca buku asli juga masih manteb kalo dibawa ke toilet. Hihihi. Jadi ya. Bisa banyak banget bahan postingan dari update dunia hiburan ini.

Kira-kira begitu sih pencarian ide yang gw lakukan untuk isi postingan-postingan di blog ini. Buat temen-temen yang follow blog ini pasti ngeh kan dari dua bulan yang lalu gw mulai post a day. Posting tiap hari. Gw usahakan postingan yang gw upload juga bukan yang asal upload. Semoga sih ga pada bosen baca postingannya ya.

Oiyaaaaaa. Ada yang ketinggalan, tau gak apalagi yang bisa generate ide posting? Bikin tantangan menulis yang bisa juga dijadikan giveaway. Kayak blog ini yang dipostingan link kalimat sebelumnya. Udah ikutan belom? Kalo belom buruan kasih sumbangan ide. Siapa tahu terpilih dan bisa menang hadiahnya. Alhamdulillaah selama 31 hari sudah ada simpenan ide buat diposting. Mihihihi.

Published by dani

Seorang pencinta Bul dan A. Passionate tentang personal finance dan ngeblog. Asik jadi tempat curhat juga loh anaknya! ?

Join the Conversation

68 Comments

  1. Makanya perintah pertama tuh Iqra (baca) ya. Karena emang di mana-mana tuh bisa ‘dibaca’ dan dijadikan ide menulis =)) Rajinnya one post one day hihihi!

  2. Kalo aku karena isi blog cuma cerita hari2 kayak diary, jadi ya gak perlu susah2 cari ide karena sebenarnya hampir tiap hari kan ada cerita yang terjadi, cuma ya itu kadang waktu buat nulisin aja yang terbatas 😀

    1. Hihihi. Iya Lis dari kejadian sehari-hari benernya emang ada cerita. Ga usah bingung cari ide emang. Kalo waktu mah emang kadang bisaaa aja tetiba gedabruk! Dateng semua kesibukan. Huehehehe

  3. Ide ya? Ya kayak lo skrg juga ok Dan. Bikin giveaway minta ide dari yang lain. Tapi kalau follower setianya dikit sih juga berasa ya.

    Dan gw masih menantikan fiksi nih!!! *i want fiction*

    Sepakat sih ide2nya. Dari pengamatan sendiri, review buku or film or teknologi, dll. Banyaklah. Opini pribadi juga kan boleh terhadap suatu kejadian yang ada.

  4. dari bangun tidur sampai tidur lagi kan kita minimal “mikir”… satu kata saja yang kepikir, bisa jadi bahan tulisan tuh… hehehe… sebenernya kebanyakan orang sudah bisa menuliskan idenya melalui tulisan setiap hari (mungkin lebih) kok… liat saja itu di socmed (fb, twitter, dan kawan-kawannya)… selalu adaaa saja status update… dan banyak yg ga “ngeh” kalo yg spt itu juga ngeblog namanya… ngeblog simpel, microblogging via socmed 😀

  5. cerita keseharian juga sebenernya udah salah satu ide untuk ditulis sihh…cumannnn kann sekarang banyak pandangan miring yaa ( baca : ke kepo an ), jadiii harus pilih2 juga mana yang mau disharing…hahahha

  6. aq gak hobi baca buku(cerita).. hobinya baca diktat, ensiklopedi, komik, ama majalah :v
    kalo ide bisa apa aja.. pas enak2 nulis, trus dibaca ulang, sering kali mbatin “ah gak pantes dipublish.. terlalu personal” gitchu degh 😛 blogku ae tak schedule tiap 2 hari, dan 😛

      1. hahahaha.. banyak temen2ku yang tanya “kok betah sih baca buku diktat ato ensiklopedi tebel2 begitu?” ya tak jawab “kamu juga knapa betah baca novel tebel2 begitu?” XD

        kurasa minat masing2 yang berbeda itulah yang membuat betah baca apaan 😛 tapi jujur lho dan.. mbaca novel itu pasti halaman kelima langsung tepar .____. padahal eikeh termasuk orang yang imajinatif…

  7. sumber ide ku buat nge blog sih selalu anak anak lah Daaaan…
    Biasanya suka kurang tertarik untuk posting sesuatu yang lagi nge trend kecuali kalo lagi ikutan kontes…bhuahaha…

  8. Ide sebenere banyak yaa..tapi nulisnya kadang…beuuhh malesnya kumat ! GAmu ini termasuk tantangan berat lho, tapi dikau sukses menantang diri sendiri untuk 0ne day one post ! Keren !

  9. Kalau untuk blog personal memang banyak dan bisa dari mana aja ya idenya. Tapi kalau untuk blog niche (pasar tertarget) banyak juga yang kesulitan menentukan topik.

  10. Dani kan suka lukis, hasil lukis atau sketsanya yg lagi sendu, atau lagi terpana cewek cakep berbuah sketsa, gurih banget tuh dijadikan bahan tulisan sambil ngayal *ini juga bisa masuk tambahan ide nih*. Asal Bul jangan sampai mencak-mencak ya 😀

    1. Huehehehe. Saya jarang Mba Y mensketsa langsung orang dan terpana sama orang. Palingan kalo ngayalngayal aja hasil sketsanya. Hihihu. Oke mba. Dicatet idenya. Makasih yaaa.

  11. Saya setuju dengan semua sumber ide itu Mas, tapi jika saya pribadi lebih banyak dari pengalaman pribadi dan curhatan teman… *semoag teman2 saya ga baca komen ini takut mereka tidak curhat lagi… heheheheh

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *