{Advertorial} Baladeva: Komik Indonesia dan Prospek Komik Online Anak Negeri

Sebenarnya ini semacam latepost begitu lah ya. Selasa tanggal 2 Februari 2016 lalu gw dateng ke acara kumpul-kumpulnya ICITY Indosat Ooredoo yang mengenalkan sebuah komik Indonesia yang dibuat 100% sama orang Indonesia. Acara itu sekaligus menggali potensi pengembangan komik online yang 100% dibuat oleh anak Indonesia sendiri.

Meskipun waktu berangkat gw gak ada gambaran sama sekali tentang acara ini bakalan ngapain, pas acaranya gw jadi terperangkap (((terperangkap))) sama keseruan isi yang dibahas. Kenapa oh kenapa? Karena all along, gw mengimpikan komik Indonesia berjaya juga di ranah online yang sekarang menjamur banget.

Baladeva - Komik Indonesia

Baladeva – Komik Indonesia

Komik Cetak VS Komik Online

Kalo ada yang belom tahu, gw ini pencinta komik. Perkenalan gw pertama kali dengan komik dimulai jauh sebelum negara api menyerang *halah *masih dipake jugak gw kenalan sama yang namanya personal finance *uhukk! Kelas satu SMP adalah masa di mana gw kenalan dengan para prajurit cantik Sailormoon. Yep, komik Jepang pertama yang gw baca adalah Sailormoon dapet minjem dari temen sekolah.

Sebelumnya memang udah baca komik lain, tapi gak ada yang sefenomenal Sailormoon sih ya. 😛

Dari situ gw mulai kenalan dengan beragam komik lain dan mulai beli komik.  Dragonball,  Pitcher,  Kungfu Boy,  Detektif Conan,  Topeng Kaca, Dunia Mimpi dan Harlem Beat adalah sebagian dari judul yang gw koleksi. Mulai dari harga yang Rp.3.600 per buku sampe terakhir kemarin gw beli di harga Rp. 21 ribu-an. Saking sukanya baca komik sampe mulai suka corat-coret ngegambar yang ceritanya sekilas pernah gw tulis di postingan candu baru.

Frekuensi dan volume pembelian komik di harga Rp. 21 ribua-an tadi cenchu sahaja tidak sebanyak dulu. Gw cuma beli judul-judul klasik yang ada nostalgianya sendiri. Kenapa? Karena banyaknya komik online dan juga komik scanlation yang memungkinkan gw baca dan download komik gratis!

Sebutlah judul komik Gantz, Tower of God, The Gamers, Sidekick, One Piece, Naruto sampe ke komik-komik bergenre thriller-horror. Mulai dari yang jamannya nyari scanlation di web-web underground yang akhirnya kemudian pada di block sampe sekarang muncul aplikasi Line Webtoon yang legal dan baca segala komik gratis di situ.

Karena sudah pasti jauh lebih murah, dapat diakses di mana aja, udah pasti dong gw lebih milih baca komik online. Apalagi duit beli komik cetaknya bisa dibeliin reksadana yang cara belinya gampang banget (bisa dibaca di postingan  cara beli reksadana di bank) *oke gw maksa 😛.

Komik Indonesia  dan Komik Online Anak Negeri

Baladeva by Tantraz Comic

Baladeva by Tantraz Comic

Nah tujuannya Indosat Oreedoo kemaren adalah ngumpulin beberapa blogger dan pencinta komik buat ngenalin satu judul buku komik berjudul Baladeva yang dibuat sama Tantraz Comic yang berlokasi di Bali (duh Baliii…) dan digawangi 100% oleh orang-orang Indonesia.

Awal lihat komiknya gw pikir ini komik bikinan penulis yang sama dengan yang bikin Tiger Wong, Tapak Sakti ato komik-komik sejenis jaman gw SD dulu. Meskipun judul yang gw sebut di paragraf sebelumnya komik Jepang semua, gw juga amat sangat menikmati komik dari negeri Tiongkok itu.

Ternyata ini buatan 100% anak Indonesia! Gw sampe terheran-heran dengan kualitas gambar dan pewarnaannya. BAGUS!

Selama ini yang gw tahu tentang komik yang mencoba mengangkat tema kepahlawanan/fantasi yang Indonesia banget either komiknya ceritanya ngebosenin ato gambarnya gak oke. Nah komik Baladeva kemaren ini meskipun gw gak baca ceritanya (karena bukunya cuma 1 dan digilir sama yang hadir) gw bisa melihat ada petualangan seru di sana kayak seperti yang gw dapatkan waktu baca Tapak Sakti jaman dulu, ditambah dengan gambar yang luar biasa bagus.

Dengan kertas yang cukup mewah, gak heran kalo komik Baladeva ini dibanderol di atas Rp. 50.000,- oleh Tantraz Comic.

Pertanyaan kemudian diajukan sama tim Indosat Oreedoo apakah akan ada pembeli yang mau membayar seharga itu? Dengan kualitas gambar yang diusung Baladeva, gw rasa komik ini punya kesempatan. Tentunya dengan penyesuaian harga untuk sebuah komik online.  Kalo dibandingkan dengan banyak komik online yang sudah banyak beredar, Baladeva memiliki banyak sekali kelebihan yang gw yakinbisa sangat menjual.

Dari komik online yang gw baca, jarang sekali gw baca yang judul asli buatan anak Indonesia. Terutama untuk yang dari aplikasi Webtoon. Baru-baru ini aja gw nemu yang memang buatan orang Indonesia yang judulnya Born from Death. Sementara yang rutin gw baca di luar itu baru Komik Faktap di Facebook.

Dengan dimulainya pengembangan komik online yang digagas sama Indosat Ooredoo ini, gw berharap bakalan banyak komikus-komikus Indonesia yang bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa showcasing karya mereka. Mbak Nessa dan Mas Lingga dari Indosat Ooredoo kemaren menjelaskan kalo saat ini mereka sedang menggali lebih dalam mengenai kemungkinan pengembangan komik online buatan anak Indonesia ini. Nantinya,

Kalo proyek yang di ujungnya gw bisa menikmati banyak komik buatan orang Indonesia. Hihihi 😀

Apa Saja yang Dibutuhkan Sebuah Komik/Komik On-line untuk Sukses?

Kalo ditanya apa aja yang dibutuhkan sebuah komik atau sebuah komik online untuk bisa sukses, menurut gw beberapa hal ini bakalan bikin gw ketagihan buat baca terus dan terus:

(1) Karakter yang berkembang

Dari semua komik yang bikin gw ketagihan baca, karakter utamanya berkembang seiring berjalannya waktu dan cerita. Mulai dari Naruto yang lame dan looser sampe jadi hokage, ke Son Goku yang cuma “anak monyet” gunung dan jadi pendekar hebat sepanjang masa.

Karakter yang berkembang gini bisa bikin gw masuk ke dalam cerita. Mengingatkan diri gw sendiri yang gak punya kekuatan apa-apa dan jadi attached ke karakter yang ada di cerita. Berjuang bersama dengan karakter itu buat bisa berjuang mendapatkan kekuatannya.

Atau kalau misalkan karakternya dari awal sudah kuat, bagaimana karakter tersebut bisa menghadapi konflik-konflik yang dihadapinya dan belajar dari konfliknya.

Karakter yang berkembang inilah yang bikin gw ketagihan buat terus menerus baca.

(2) Cerita yang relate-able meskipun itu fiksi

Cerita yang relatable ini bisa mengambil  latar belakang tokoh, kehidupan yang dijalani atau bahkan perjuangan yang harus ditempuh. Balik lagi, kalo misalkan gw ngerasa bisa merasakan apa yang tokohnya rasakan, gw akan terus menerus balik dan baca itu komiknya.

(3) Karakter pendukung yang beragam dan sama kuatnya

Nah ini nih, karakter pendukung bisa jadi amat sangat banyak kayak yang ada di Dargon Ball, ato kalo nggak ya seminimal mungkin kayak di komik Yumi’s Cell. Setiap karakter yang ada di komik, baik itu sedikit maupun banyak, setiap karakter punya kekuatan dan ciri khasnya masing-masing.

Tanpa ada karakter pendamping yang kuat, cerita gak akan bisa bikin ketagihan.

(4) Gambar yang superb

Gambar yang superb ini kayak yang dipunyai sama si Baladeva. Tapi gak semua komik punya gambar yang kompleks dan luar biasa pengerjaannya. Beberapa komik bahkan punya gambar yang luar biasa sederhana.

Ada beberapa komik yang bahkan hanya menggunakan satu warna sebagai backgroundnya. Jadi gambar yang superb di sini adalah gambar yang bisa menggambarkan dengan tepat apa yang mau disampaikan dengan dialog yang tepat.

=====

Jadi gak sabar buat baca komik Indonesia yang diusung sama ICITY Indosat Ooredoo. Gimana menurut kalian? Suka baca komik gak? Sukanya baca komik online apa komik cetak?

Advertisements

28 Comments

  1. Sandrine Tungka
  2. eggimaru

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: