(Book Review) Investory

Nothing more refreshing than reading a good book.

Saat ini kalian pasti dah pada kenal blogger yang selalu konsisten nulis soal keuangan ini, Diskartes. Blog diskartes.com rutin diupdate dengan pengetahuan – pengetahuan terkini dari stock market, reksadana, pengelolaan risiko sampe isu-isu sosial ekonomi terkini.

Gw beruntung dikasih kesempatan buat baca buku pertama karyanya. Investory.

Stick around a bit to know about the book.

Judul : Investory
Penulis : Andhika Diskartes, M.M.
Jumlah halaman : 164
Penerbit : Self publishingΒ 

Blurb of the Book

Investasi itu apa sih? Investasi bisa di mana aja? Kalo mau beli saham gimana? Apa saham selalu untung? Gimana analisa saham dan pasar sahamnya? Trus kalo reksadana itu apa bedanya ama saham? Apa mending investasi emas aja? Dan segudang pertanyaan lainnya yang mungkin ada di otak kita pas ada orang ngasih saran buat investasi.

Mencerna investasi itu apa dan gimana mulainya sudah pasti tantangan tersendiri yang harus dijawab. Berangkat dari situ lah si blogger ganteng (menurut ybs :P) ini bikin buku Investory ini.

Berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mengangtung di kepala banyak investor pemula, Kartes nulis buku yang bisa jadi pegangan banyak orang ketika mulai berinvestasi. Dengan bahasa yang membumi pilihan – pilihan investasi dibahas dengan cukup sederhana.

Topik pembahasan pun mulai dari emas sampai ke forex trading. Lengkap-kap-kap di satu buku.

Istimewanya Buku Ini

Bahasa yang Cukup Sederhana

Lengkap banget bukunya? Aduh pasti gue bakal pusing deh bacanya. Apalagi soal keuangan!

Kalo ada yang mikir gitu, salah banget Masbroh dan Mbaksis.

Kalo udah baca blognya belio, buku ini ibarat blog dalam bentuk buku. Bahasanya ringan dna ngajakin yang baca buat ngobrol. Gak ada bahasa ilmiah tingkat dewa.

Jadi keingetan blog ini kan, semuanya diobrolin santai gitu deh. πŸ˜€

Well, kecuali buat term-term yang emang kudu dijelaskan dengan bahasa keuangan ya. Ihik.

I enjoyed reading the book and I finished it within a day. Cuman ampun ya Masbroh Kartes, baru bisa nulis sekarang. πŸ™

So you can sit comfortably while reading the book and the next day bisa langsung ke perusahaan sekuritas buat buka akun dan mulai investasi. #eaaa

Get to Know the Writer

Satu lagi hal istimewa dari buku ini, Kartes mengungkapkan banyak sekali tentang dirinya. Hahaha. Call me lebay about it, tapi begitulah adanya.

Om Kartes seperti menebar jaring – jaring pesona yang tak terbantahkan. Gaya tulisannya cowok banget. Dan ini mungkin bakalan bisa bikin kaum hawa kelepek-kelepek. 😁

Gimana nggak, udahlah muda, ganteng (menurut ybs :P), dan pinter banget investasi. Dan dari beberapa kali ketemu, sholatnya gak pernah telat loh. Ihik.

Kalo diterusin bisa jadi ajang bio jodoh ini postingan nanti ya. Bahahahahaha.

Pelajaran yang Bisa Diambil dari Investory

Meskipun gue sendiri sudah mulai investasi di beberapa instrumen, baca buku Investory tulisan Kartes ini bikin gue belajar banyak hal.

Tentang investasi di pasar saham yang mengambil sebagian besar porsi buku ini misalnya. Kartes berangkat dari bagaimana saham itu bekerja. Mekanisme yang terjadi ketika kita berinvestasi di pasar saham dan kemudian dilanjutkan dengan strategi yang diperlukan buat investasi di saham.

Bagaimana analisa fundamental dan teknikal berkaitan dengan investasi saham dijelaskan panjang lebar dan mendetail.

Gue sendiri selalu menganggap seorang fundamentalis kalo ngomong soal investasi di pasar saham. Karena memang ngerasa belom punya waktu buat trading, jadi sekalian aja gue pilih perusahaan-perusahaan yang menurut gue bagus secara fundamental, beli dan tinggal.

Gue belajar banyak dari yang Kartes tulis mengenai analisa-analisa teknikal yang diperlukan kalo kita mau jadi seorang trader. Analisa fundamental dan teknikal ini bermanfaat banget buat yang memang kepingin incip-incip masuk ke pasar saham dan sekalian jadi trader.

Apa cuma itu? Nggak…

Datang dengan paket yang lumayan lengkap, Investory juga membahas investasi di reksadana. Bagaimana reksadana dibanding saham, bagaimana memilih reksadana yang baik dan analisa-analisa yang diperlukan ketika berinvestasi di instrumen yang satu ini.

Tidak cukup hanya reksadana, Kartes juga membagi pandangan tentang investasi di emas dan properti. Kurang lengkap apalagi kan yes?

Final Say

Buat para investor perorangan pemula, mencari sumber bacaan bisa jadi cukup menantang. Nothing can confirm your decision. Harus banyak-banyak belajar sendiri.

Meskipun sudah memutuskan buat sewa jasa perencanaan keuangan profesional, belajar sendiri tetep perlu terus-menerus. Karena gak ada yang bertanggung jawab sama keuangan kita selain diri sendiri.

Dan buku Investory ini bisa dijadikan awal yang baik untuk memulai. Dengan bahasa yang sederhana dan pembahasan cukup komprehensif, buku Investory ini bisa dijadikan teman ketika kita mulai petualangan kita sendiri di dunia investasi Indonesia yang menjanjikan.πŸ˜ŠπŸ‘ŒπŸ»

Dimana bisa beli buku Investory ini?

Silahkan langsung order ke penulisnya. Informasinya lengkap di websitenya beliau atau kontak twitternya @diskartes.

Advertisements

10 Comments

  1. Tulisan Blogger Indonesia by Febriyan

Psst... Rugi loh, habis baca gak komen. ;)

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: