Siap Jadi Banker untuk Diri Sendiri? Jenius!

Manajemen keuangan pribadi adalah satu hal yang bisa kalian lakukan sendiri. Berkali-kali gue tekankan tentang hal itu di blog ini. Sekarang gue mau bahas mengenai salah satu toolsnya. Manajemen keuangan pribadi dengan Jenius!

Memang susah sih ngelakuin sendiri manajemen keuangan pribadi kalo misalkan belom ada toolnya yang oke, pasti bakalan ribet aplikasinya.

Gini deh, coba baca tulisan tentangย Perencanaan Keuangan Pribadi yang pernah gue publish sebelumnya.

Nah, kebayang kan buat ngatur itu semua kalo gak ada tools yang bisa dipake? Dan pas tahu BTPN ngeluncurin Jenius dengan fitur X-Cardnya, gue langsung kepikiran: Mungkin ini yang bisa dipakai banyak orang buat manajemen keuangan pribadinya.

Disclaimer: Postingan ini adalah kerjasama blog ini dengan Jenius, tapi semua pendapat dan review murni dari gue sebagai penulis blog danirachmat.com;

Jenius sendiri adalah salah satu produk BTPN yang memungkinkan kita sebagai pemilik smartphone, buka rekening langsung di gadget kita setelah download aplikasinya. Dengan mengikuti langkah di aplikasi dan kemudian aktivasi oleh officer Jenius sebagai langkah terakhir, rekening Jenius akan aktif tanpa harus repot datang ke bank BTPN.

Officer Jeniusnya ini bisa kita temukan di beberapa mall di penjuru Jakarta. Jadi aktivasinya bisa sekalian ngemall pas weekend.

Gue sendiri sudah mencoba dan pake fitur-fitur Jenius dari BTPN selama beberapa bulan. Pendapat gue? You definitely have to try Jenius!

Manajemen Keuangan Pribadi dengan Jenius dan Jadi Bank Buat Dirimu Sendiri!

Manajemen Keuangan Pribadi dengan Jenius

Manajemen Keuangan Pribadi dengan Jenius

Setelah beberapa bulan gue pake, keleluasaan ngelola keuangan beneran gue dapatkan. Mulai dari manajemen tagihan bulanan sampai alokasi anggaran.

Pasti sudah banyak yang tahu kalo alokasi anggaran adalah salah satu tantangan paling berat di manajemen keuangan pribadi.

Sudah denger penggunaan amplop-amplop atau pakai rekening beda-beda buat alokasi anggaran ini? Ada yang pernah coba dan berhasil?

Coba deh pake Jenius dan X-Cardnya.

X-Card Jenius Sebagai Pengganti Amplop dan Bejibun Rekening

X Card untuk manajemen keuangan pribadi dengan Jenius

X Card untuk manajemen keuangan pribadi dengan Jenius

Di Jenius, ada fitur yang memungkinkan gue buat bisa bikin kartu ATM tambahan di luar kartu utama yang bisa dipake buat pengganti amplop-amplop.

Jadi, selain m-card, kartu ATM utama rekening Jenius yang didapatkan pas buka rekening, kita bisa bikin e-card buat transaksi-transaksi elektronik.

Selain itu, gue bisa buat sendiri 3 kartu tambahan X-Card Jenius.

Di X-Card, kita bisa alokasikan sejumlah tertentu duit. Kayak nentuin limit yang bisa dipake di masing-masing kartu. Cocok banget buat budgeting.

Kayak yang gue buat di atas contohnya, dinamain Cash Card. Kartu ini jadi kartu yang cuman dipake buat narik tunai dalam sebulan.

Kalian bisa bebas kasih nama kartunya. Kartu Cash, Kartu Transport, Kartu Belanja Bulanan, Kartu Beli Buku, Kartu Beli CD. APAPUN!

Pusing kasih belanja ke Mbak di rumah? Bikinin aja satu kartu dan kasih ke dia. Tinggal transfer aja duit sesuai kebutuhan sebulan. Sisa saldo bisa dipantau dan dikontrol dari aplikasi Jenius di smartphone.

Lengkapnya soal X-Card, silahkah dibaca tentang X-Card Jenius!

Kalo di akhir bulan ada lebih, sisa duitnya bisa ditranster balik ke rekening utama ato dimasukin ke Flexi Saver. Flexi Saver ini highlight kedua dari Jenius buat gue!

Flexi Saver, Tabungan dengan Bunga Kompetitif untuk Dana Daruratmu!

Flexi Saver, tabungan dengan bunga tinggi untuk manajemen keuangan pribadi dengan Jenius

Flexi Saver

Kalo pengeluaran sudah diatur sesuai kebutuhan, langkah berikutnya adalah ngatur investasi! Paling gak buat kebutuhan dana darurat kita.

Dana darurat sebaiknya ada di instrument yang gimana manteman? Yes! yang bisa diambil kapan saja! Sementara kalau investasi, di instrument yang returnnya lebih tinggi atau minimal sama dengan nilai inflasi.

Deposito jelas gak masuk kategori ini. Kenapa? Baca perbandingan antara Deposito, Sukri dan Reksadana ini.

Dengan inflasi 3.02% menurut data BPS, Jenius bisa jadi solusi untuk nyimpen dana darurat menawarkan. Flexi Saver yang kasih bunga 5% (net pajak 4%), kalian bisa nyimpen duit dengan fleksibilitas yang kalian butuhkan dan return yang tinggi.

Bisa diambil kapan aja sementara dapet return net lebih tinggi dari inflasi! Gimana itu? Menggoda gak?

Minimum dana di Flexi Savernya Jenius ini bisa mulai dari Rp. 1! Deposito aja minimal Rp. 1 juta klo kalian simpennya lewat e-banking kan?

Gak cukup dengan Flexi Savernya, Jenius juga menghadirkan Dream Saver.

Minimum dana di Flexi Savernya Jenius ini bisa mulai dari Rp. 1! Deposito aja minimal Rp. 1 juta klo kalian simpennya lewat e-banking kan?

Gak cukup dengan Flexi Savernya, Jenius juga menghadirkan Dream Saver

Dream Saver untuk manajemen keuangan pribadi dengan Jenius

Dream Saver

Kalo di bank lain, disebut dengan tabungan rencana atau sejenisnya. Pernah denger?

Dream saver ini spesifik buat nabung mewujudkan impian. Contohnya nih, gue pengen smartphone baru dengan harga Rp.9,5 juta. Tapi gak punya duit

Pake Dream Saver, gue bisa tentukan target jangka waktu untuk belinya dan dream Savernya Jenius bakalan ngitung otomatis. Apa saja yang dihitung?

Jumlah hari sampe target yang direncanakan dan jumlah tabungan harian yang perlu kalian kumpulkan. Yes, harian!

Duit tabungannya akan akan diambil dari rekening utama dan dikumpulkan di Dream Saver ini.

Jangka waktu yang bisa kita buat bisa sampe maksimal 2 tahun! Mau jalan-jalan ke Jepang, beli HP atau kamera baru? Langsung pasang target di Dream Saver!

Okedeh, masih belom puas juga? Berarti kalian emang kudu buka deposito lewat Jenius buat bisa dapet imbal hasil paling maksimal. Cobain Maxi Savernya deh!

Maxi Saver, Deposito dengan Imbal Hasil Maksimal Langsung Lewat Handphone

Maxi Saver

Maxi Saver

Kalo dulu, sebelum Jenius buka deposito bisa gue lakukan lewat internet banking ato Mobile banking, tapi imbal hasilnya gak seberapa menarik. Kekurangan ini rupanya ditangkap sama Jenius.

Dengan fitur Maxi Saver, Jenius menawarkan 6,25% interest (sampai dengan 30 September 2017) atau kalau sudah memerhitungkan pajak 20% jadinya sekitar 5% nett. Bandingkan sama reksadana pasar uang yang di kisaran 5%-7% per tahun.

Buat yang di rekening gaji suka banyak sisa duit gak kepake dan ribet kalo mau jauh-jauh ke bank buat buka deposito, Jenius dan Maxi Savernya bisa jadi solusi yang oke banget.

Kalo mau tahu ketentuan-ketentuan lainnya soal Maxi Saver dan juga jenis simpanan-simpanan di Jenius, silahkan dibuka fitur Save-It Jenius di halaman resminya.

 

Fitur Lain Jenius yang Menjadikan Kita Punya Bank di Genggaman Jari

Trus apa lagi Dan? Masa cuma tiga fitur utama tadi?

Maaan, dibilang kan kalo pake Jenius, bakalan punya bank di genggaman tangan? Gak dibayar pun gue tetep akan bilang hal yang sama. Jadi emang beneran kok kalo mereka pake tagline banking reinvented.

Jenius! ๐Ÿ˜€

Split Bills, Tagih dan Bayar Orang

Misalkan kalian lagi makan bareng temen seangkatan, trus habis itu mau bayar sendiri-sendiri. Ribet banget kan bagi-bagi billnya?

Nah kalo pada pake Jenius, langsung aja split billnya lewat aplikasi.

Selain itu kita bisa nagih hutang temen kita buat dibayar lewat rekening Jenius kita. Gak perlu rempong nagihin manual.

Pun sebaliknya kalo misalkan kita punya utang ke orang, bisa langsung ditagih ke Jenius kita. Cukup tap-tap dan voila! Sangkut paut tagihan dan hutang menghutang sama temen bisa beres!

In & Out Duit

Semua transaksi keluar masuk dari dank e rekening kita tercatat di fitur ini.

Gak perlu susah payah buat dateng ke bank buat nyetak rekening koran ato mutasi rekening. This can be a real pain in the a**.

Gue sendiri pake aplikasi mobile banking dari beberapa bank dan maksimal mutasi rekening yang bisa dilihat di aplikasi cuma 5 yang terakhir. Kalo transaksinya banyak? Ya mau ga mau kudu dateng ke bank lah.

Di Jenius, gue bisa telusuri keluar masupnya duit sampe jauh! Hahaha. Ga usah ribet buang waktu antri di CS.

$CashTag

Gampangnya gini: inget aja cashtagmu di Jenius, gak perlu inget nomor rekening kalo mau transfer2an sesama pengguna rekening Jenius.

Gue pake cashtag $dani074. Gak perlu repot ngapalin nomor rekening gue ya kalo mau transfer dari Jenius lu. Hahahaha.

Trus kalo ada yang daftar Jenius dan pake Cashtag kita sebagai referensi, kita bakalan dapet 50 rebu. Real money to your real account.

Fitur-fitur lain selayaknya mobile banking perbankan umum lain yang ada di Indonesia? Ada! Bayar tagihan? Beli Pulsa? Ada! Gak usah kuatir.

Kesimpulan, Manajemen Keuangan Pribadi dengan Jenius? Harus!

Kalo ditanya apakah kudu coba Jenius? Menurut pendapat gue sih kalian harus banget coba Jenius.

Paling gak untuk fitur-fitur pengelolaan keuangan pribadi yang gue sebutkan tadi.

Dengan fasilitas X-Card, jelas mengurangi kerempongan kalian. Bayangin aja kalo pake amplop. Masih ada yang pake amplop ato lebih dari satu rekening bank?

Di samping itu, dengan bunga yang kompetitif, menjadikan fitur tabungan Flexi Saver, Dream Saver dan Maxi Save jadi pilihan yang gak bisa ditolak. Fleksibel dan masih tetep ngalahin inflasi!

Satu lagi yang kalian gak boleh lupa: kalo mau aktifkan Jenius, jangan lupa masukin cashtag $dani074 manteman!

Manajemen keuangan pribadi dengan Jenius? HARUS! ๐Ÿ˜€

Advertisements

13 Comments

  1. Tulisan Blogger Indonesia by Febriyan
  2. Didik

Psst... Rugi loh, habis baca gak komen. ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh