Kalo Anak Demam

Fever is Functional
milis sehat –  Yayasan Orang Tua Peduli

Demam itu berguna, itu yang dibilang di artikelnya milis sehat.

Dari hasil baca-baca di situ, demam disebabkan adanya infeksi yang masuk ke badan yang mana pada bayi dan anak kecil pada umumnya yang kejadian adalah infeksi virus. Karena adanya virus di dalam tubuh, reaksi alami adalah Hypothalamus di otak memerintahkan badan untuk mengeluarkan pirogen – zat yang meningkatkan panas tubuh.

Kenapa inveksi virus direspon oleh tubuh dengan meningkatnya suhu tubuh yang berujung ke demam? karena virus gak bisa tahan di suhu tinggi. Jadi demam adalah respon alami tubuh untuk melawan infeksi virus.

Demam bukan sakit.

Terus gimana kalo anak demam tinggi? Sebagai orang tua pasti kita nggak tega ngelihat suhu badan anak meningkat tinggi. Kalo anak masih ceria ya ga usah diapa-apain. Bahkan kalo panas tinggi banget pun cukup dikompres dan diperbanyak minum untuk mencegah dehidrasi dan berkurangnya cairan. Bahkan lagi, kalo perlu ajakin anak main air, mandiin/rendem anak di air anget.

Takut anak kejang dan ngaruh ke kerusakan otak? sebagai orang tua kudu tega dan telaten mengamati kejang anak. Berapa usia anak ketika kejang demam, berapa lama durasinya dan bagian tubuh apakah yang kejang pertama kali.

Intinya demam adalah teman. Demam bukan penyakit. Demam sedikit sekali yang sampai pengaruh ke otak dan kecerdasan anak di kemudian hari.

Dan bahkan kalo anak demam trus dikasih penurun panas menurut penelitian malah lebih gampang kena sakit lanjutan dan sembuh sakit awalnya lebih lama. Kenapa? karena mekanisme tubuh alami untuk mengatasi komponen pengganggunya dihentikan paksa.

Last but not least,  batuk pilek, common cold atawa flu dan atau kadang batuk sampe radang mostly disebabkan oleh virus dan virus gak mati dengan antibiotik. Antibiotik buat ngebunuh bakteri dan untuk menentukan penyebab sakit bakteri diperlukan uji lab. Jadi jangan gampang-gampang ngasih antibiotik ke anak.

Yuk jadi smart parents! (yeah ajakan ini lebih ke gw sih) dan jadi konsumen kesehatan yang cerdas. :”)

PS: Gw bukan dokter, jadi kalo lu mau debat abis-abisan gw mungkin ga akan bisa jawab. Tapi yang gw tulis di sini adalah apa yang gw yakini dan menurut gw harus dilakukan sebagai orang tua.

Beberapa sumber bacaan bisa dibaca di sini:

Ato buka aja dan ubek-ubek milis sehat  langsung buat baca aneka macem artikel kesehatan.

Advertisements

69 Comments

  1. yeye
    • utie89
    • 'Ne
  2. utie89
  3. ongakudewi
    • yeye
  4. Bunda Riyang
  5. Bunda Riyang
  6. Ely Meyer
  7. 'Ne
  8. applausr
  9. bintangtimur
  10. obat tradisional penyakit

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: