Dari postingan Cerita Menyiapkan Biaya Nikah kemaren, ada beberapa komen yang cerita kalo nilai investasi reksadananya turun. Turun jauh banget. Hal yang wajar kalo misalkan orang yang pegang portfolio pada panik ketika harga saham dan reksadana jatuh.

Tapi untungnya gw sih gak menangkap kepanikan dari komen-komen temen-temen itu. Tapi bisa jadi orang lain kan yang baca (dan gw yakin banyak banget yang punya pemikiran sama) berpikir kalo investasi di reksadana, saham atau produk pasar modal yang lain itu bahaya banget. Nilai investasinya yang bisa turun kemudian dibaca DUITNYA BISA HILANG!

Nah loh.  Udah mulai takut gak investasi di pasar modal kalo dibilang duitnya bisa hilang? *langsung pada batalin niat buka rekening di sekuritas.

Ngejawab the million dollar question… Beneran gak sih duit bisa ilang kalo dipake investasi di pasar modal? Iya, bisa.  Tapi… Ada tapinya kok…

Tapi apa Dan?  Hah?  Hah?  *langsung dijejelin cabe.

Gini deh,  berkali-kali gw bilang di tulisan kan ya kalo gw masuknya ke Pasar Modal Indonesia itu tujuannya buat investasi. Bukan buat trading, apalagi judi *amit-amit. Investasi ya. Gw sangat menghindari yang nyebut masuk ke saham ato reksadana itu maen. Maen-maen buat gw kan kesannya gak serius meskipun ya gw ngerti,  terms itu udah jamak dipake.

Beda lagi kalo emang niatnya buat trading,  ya gw nyebutnya trading saham.  Gak pake maen-maen.

Tapi gw percaya kalo attitude gw itu ditentukan sama apa yang gw ucapkan,  dengarkan dan kemudian gw proses di otak.  *tsaaaah!!  Udah kayak orang yes belom?

Niat Investasi

Balik lagi ke niatnya buat investasi,  di sini tujuan gw ya buat 5 tahun ke depan atau lebih jauh lagi.  Mau dipake buat biaya pendidikan,  biaya pensiun ato emang akumasi wealth ya. Jadi ya ga ada niatan buat dikutak katik lah dalam waktu dekat.  Dibeliin aja dulu dan ditimbun ke situ.  Beli terus dan terus.

Karena emang niatnya buat investasi yang gak kalah pentingnya ya direview berkala.  Diliatin tahun ini berapa nilainya.  Bukan karena kuatir kalo duitnya bakalan ilang ditengokin mulu,  tapi dilihat masih oke gak.  Oke gak nya dilihat dari mana?  Ya dibandingin sama kinerja bursa.  Kalo bergerak beriringan dan gak terlalu jauh beda ya udah diterusin.  Sama dilihat sama kebutuhan.  Kira-kira bisa nutup gak, kalo gak apa yang kurang dan bisa ditambahin,  apa produknya yang gak pas.

Jadi ya tenang aja. Woles.

Trus kalo nilainya turun kayak sekarang gimana?  Uang melayang dong!

Ini juga mungkin yang bikin orang pegang saham jantungan.  Beli saham di harga Rp.  1.500 per lembar.  Trus harganya turun ke Rp.  1.000 per lembar udah panik setengah mati.  Ya wajar sih,  kalo misalkan pegang 100 lot aja,  dari semula nilainya Rp.  15 juta turun jadi Rp. 10 juta.  5 juta melayang gitu aja?

Yang bikin orang kehilangan duitnya dan rugi sekian juta,  puluhan dan bahkan ratusan juta justru karena panik. Sadar duitnya turun sekian juta mereka langsung jual,  katanya biar gak rugi terlalu dalam.  Yabener sih gak terlalu dalam ruginya.  Tapi jadi beneran rugi kan.  Coba kalo gak dijual dan konsisten sama tujuan investasinya.  Apalagi kalo reksadana yang dipegang emang dari manajer investasi bagus dan saham yang dikoleksi emang perusahaan yang bagus.

Investasi di saham ini bisa dijadikan salah satu instrumen nyiapin dana pensiun masa tua kayak tulisan di Kontan Kantong Sehat Saat Tua ini.

Penyebab harga saham rontok kan beraneka rupa lalala.  Gak selalu harga turun harus dijual.  Okedeh ada konsep CUT LOSS,  tapi beneran perlu dipake ga? Cut loss ini efektif dilakukan kalo memang saham atau reksadana yang dipegang kinerjanya gak bagus.  Daripada dana ketahan dan gak bisa grab kesempatan di saham yang lain,  yaudah jual rugi aja dulu dan alihkan dana ke saham/reksadana lain yang potensi untungnya lebih gede.

Satu lagi,  kalo misalkan sukanya pegang emas,  apa bedanya emas sama saham selain kalo emas pegang fisiknya? Kalo harga emas turun ya apa gw mau panik trus lelarian ke toko emas buat jual?  Dih,  kagak!  Cuma bikin yang punya toko emasnya untung aja kalo gitu. Lha sama,  kalo lihat pasar saham ato reksadana anjlok trus panik dan jual rugi,  yang untung ya yang nungguin buat beli.  Yakan yakan yakan?

Apa yang dilakukan ketika harga saham dan reksadana jatuh?

Tergantung orangnya masing-masing sih ya.  Tapi paling gak,  selain langsung jual rugi ato cut loss (biar kedengeran lebih keren aja padahal mah sama aja,  rugi)  ada dua yang bisa dilakukan:

1. Tungguin aja

Kalo gak yakin sama portfolio yang dipegang sih kalo gw ya tunggu aja.  Biarin.  Gak akan gw apa-apain.  Toh kalo gw jual udah pasti rugi kan ya?

Jadi ya tunggu aja sampai suatu saat nanti balik lagi.  Tapi,  risikonya itu tadi,  pas harganya balik lagi dan jadi jauh lebih tinggi dari sekarang ya kita cuman dapet yang kita pegang.

Dapetnya segitu doang.

2. Belanja dan beli lagi

Kalo gw sih (kalo punya duit ya) bakalan beli lagi itu saham ato reksadana yang emang lagi gw koleksi.  Mumpung harganya turun kan?

Ibaratnya gini,  misalkan ada ibu-ibu suka banget shopping,  beli Zara,  Uniqlo ato Mothercare buat yang udah punya anak,  ya barang yang gitu-gitu deh.  Trus suatu saat itu toko-toko pasang papan pengumuman kalo mereka lagi sale.  Diskon up to sekian persen dipajang gede-gede.  Bakaln belanja ga ibu-ibu tadi?  Wong bapak-bpak aja juga bakalan ikutan belanja.

Nah sama juga ama pasar modal.  Apalagi barang yang dibeli macem saham dan reksadana harga barangnya bisa naik lagi.  Nah padahal barang yang di contoh sebelumnya harganya udah pasti turun dan gak bisa dijual lagi kan.

Baca dulu juga 5 alasan sederhana kenapa harus investsi saham.

Trus untungnya,  kalo saham ato reksadana itu kita beli lagi pas harganya turun,  bisa menurunkan rata-rata harga pembelian.  Kayak misalkan nih sekarang ada beli sahamnya TLKM 1 lot seharga Rp.  250.000 berarti selembarnya kan Rp.  2.500 ya.  Nah kalo kita beli lagi satu lot seharga Rp.  200.000 (selembar Rp.  2.000) kalo dirata-rata harga beli total keseluruhan saham jadi cuma Rp.  2.250. Kalo pas harganya naik dan kita jual 2 lot itu Rp.  600.000 kita jadinya untuk Rp.  750 per lembar saham. *kayaknya bisa jadi bahan postingan tersendiri nih.  Ihik.

====

Jadi-jadi-jadi (lagi) kalo ada yang masih takuuuut banget duitnya hilang mungkin poin ringkasan ini bisa ngebantu:
1. Inget lagi tujuan investasinya apa
2. Gak usah panik
3. Bener-bener rugi kalo beneran dijual
4. Kalo emang yakin saham / reksadananya bagus,  beli aja lagi
5. Review teratur

Semoga dengan melakukan semua itu bisa mendapatkan portfolio yang sehat ya. Jadi ga usah takut – takut lagi kan ketika harga saham dan reksadana jatuh? *wink Monggo loh kalo ada masukan ato pertanyaan. 😀

Postingan tentang personal finance yang lain di blog ini:

[display-posts category=”finance”]

Published by dani

Seorang pencinta Bul dan A. Passionate tentang personal finance dan ngeblog. Asik jadi tempat curhat juga loh anaknya! ?

Join the Conversation

69 Comments

    1. Gampang kok Lia, kalo baca history reksadana sih tinggal dibandingkan aja harga dari beberapa tahun sebelumnya dengan harga sekarang. Kemudian bandingkan dengan pergerakan indeks. Kalo Gak terlalu jauh bedanya berarti bagus. 😀

  1. Iya bener banget, dulu pernah nyemplung di forex dan ternyata saya gak kuat mental hahaha… Sekarang lagi mikir dan niat banget untuk reksadana, Udah ada belum ya tulisan mas soal pengalaman investasi reksadana? Kalau ada kirimin linknya ke email yo, soalnya jarang banget BW nih sekarang! Makasih loh sebelumnya! ^_^

  2. Daniiiii…meni kereen ini postingannyaaaah…. ;))

    gue juga sama mikir kayak lo deh…kalo lagi turun ya udin meneng ae..kalo bisa sih beli lagi kalo lagi ada dananya..soalnya gue yakin pasti harganya bakalan naik lagi (gue selalu liat kinerja RD di infovesta, jadi mudah2an sih emang bener spekulasi gue…tsaaaah spekulasiii, hihihihi )

  3. pola pikir gw hampir sama ama lo, menghindari menggunakan kata “maen” krn emg bagi gw bukan buat maenan sih. gw pernah nyoba trading tp kurang cocok krn harus cek rutin tiap hari, belom harus rutin blajar fundamental atopun teknikal nya. nyoba dagang ga cocok juga krn jiwa gw lebih ke mental pembeli sejati 😀

    akhirnya milih yang lebih santai kaya invest di reksadana ini. coba donk lo sharing cara nentuin performa RD yang baik dan benar. TIA

  4. Sebenarnya banyak faktor kali yang menyenbabkan ini. Pengetahuan yang kurang dan belum terbiasa.

  5. dan, saya mah udah gak nengokin gimana itu perkembangan reksadana saya, udah woles aja, daripada uangnya nganggur di tabungan

  6. Hihihihi…suka jantungan emang kalo pas ngecek trus turun ya, tapi iya sih, gw jg tujuannya buat dana pensiun, jadi woles ae lah pdhl tetep kebat kebit sih qiqiqiqi

  7. Iya beneeer.. Aku juga tenang2 wae kalo ada harga anjlok.. Cenderung gakbl peduli, absnya ga ngerti2 bener.. Pokoknya niatnya nabung, kalo uda jatoh tempo baru dibobol deh.. Biar kata dptnya sekian sekian.. Hahaha

  8. Mas Dani, kalo mau investasi saham itu harus bisa baca chart kaya candle stick gt ga si?
    Kalo saran Mas Dani untuk pemula kaya saya yg mau investasi mendingan reksadana saham dulu ato langsung investasi saham?
    Thanks

    1. Gak haruus kok. Kalau mau jadi trader itu yang harus.
      Kalau masih pemula bisa coba dulu reksadana saham. Tapi sayang sih kalau ga coba saham sekalian. Saham beli sekali-sekali aja kalau gak. Reksadana sahamnya yang rutin.

  9. Aku penasaran deh.. kalo saham2 yg biasa2 tuh (yg bukan bluechip) bisa ada kemungkinan saat krisis turun harga trus hilang di pasaran ngga sih? Kalo hilang brarti yawes amblas gt kah semua duit pemegang saham itu?

  10. I got the message, tenang saja dan ingat tujuan investasi. Kalau punya dana lebih, beli lagi. Kalau nggak ada dana, ya biarkan saja. Gitu kan?
    Pertanyaannya adalah gimana cara mereviewnya kalau nggak punya weath manager dan harus mereview sendiri?

    1. Tinggal catet aja awal beli berapa, tujuan akhir berapa dan pada saat direview berapa. Review periodiknya untuk melihat perkembangan dan menyesuaikan dengan jangka waktu yang tersisa. Kalo misalkan untuk 20 tahun dan review di tahun ke 3 perkembangan gak terlalu bagus, ya jangan buru-buru dijual. Wealth planner is doing the analysis exactly using the same method kok. 😀 karena kerjaan mereka akhirnya punya scope view lebih luas alternatif produk yang bisa dipake. Tapi kadang ada juga yang punya vested interest dapet komisi dari yang punya produk. *eh out of context itu ya. Hehehe..

  11. Alhamdulillah terinsipirasi buka 3 account RD saham dan 1 RD pasar uang awal bulan lalu dan supaya konsisten pakai autoinvest. Terimakasih mas dani 🙂
    Mau training dulu sebelum buka account sekuritas langsung . Salam sukses buat semua investor 🙂

  12. kalo buat jangka pendek pilih produk yang mana ya mas dani? pengen coba produknya manulife atau panin.

  13. gak usah dipikirin mau naik atau turun.. dirutinin aja tiap beli 1 lot anggap aja nabung, yg penting konsisten hhe

  14. Salam.. mas dani mohon ijin penjelasaanya tips dan tutorial apa yang harus dipahami buat berkecimpung (sebelum, setelah/memantau) reksa dana atau pasar saham.. saya baru ingin mencoba tapi belum tau apa2nya.. terima kasih sebelumnya

    1. Sebenarnya tidak ada tips dan tutorial khusus untuk masuk ke dalam reksa dana dan pasar saham. Hanya dibutuhkan kepekaan dan ketelatenan mengikuti berita berbagai macam informasi terkait ekonomi baik itu mikro maupun makro terutama yang terkait perusahaan dan industri perusahaan yang sahamnya kita miliki atau incar. Bacanya dari mana? Berbagai macam sumber, bisa dari media online yang membahas khusus tentang ekonomi atau kita ikuti saham-saham perusahaan tersebut di Google Finance dan sejenisnya 🙂

  15. Saya juga lagi coba berkecimpung di dunia reksadana. Tapi baru berani yang modal awalnya 10 ribuan mas. Emang sih sedikit, tapi bener kata mas, kembali ke niat awal dan tujuannya buat apa.

    NAB lagi jatoh? Ya beli dong wkwkwkw

  16. Saya ingin bertanya gan, bila nilai saham mengalami penurunan, apa dengan cara menunggu dan menahan dalam waktu yang tergolong panjang bisa “menjamin” tidak terjadinya kerugian ?

  17. Hallo mas Dani. Saya baru baca-baca ttg saham. Saya mau investasi saham, tapi bingung mulai darimana. Tolong pencerahannya dong mas Dani .

    1. Mulai dari mana ya? Hmm… Kalo menurut saya investasi saham itu bisa dimulai dengan buka rekening sekuritas. 😀
      Setelah itu bisa dilanjutkan dengan mulai rajin buka-buka websitenya idx.co.id

  18. mas dani, terima kasih atas artikelnya.

    reksadana yg sy beli (dan memang utk jangka panjang/planning utk 15-20 tahun ke depan) memang mengalami penurunan nilai NAB nya dlm 2 tahun ini. dan selama ini sy diamkan saja tp karena baca artikel nya mas, sy jd pengen beli lg karena emg bener, mumpung harga lg turun.
    yg sy mau tanyakan, ada beberapa artikel yg menulis pembelian (kembali) lot pada saat NAB turun sebenarnya adl kesempatan utk mengurangi angka (%) kerugian. tp di artikelnya tidak menjelaskan pemahaman tersebut. Itu maksudnya bagaimana ya mas? sy kurang paham.
    mohon penjelasannya.
    maklum sy hanya berinvestasi reksa dana tanpa ada backgroud ilmu ekonomi.
    makasi mas
    salam

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *