{Advertorial} Beberapa Keuntungan Investasi Reksadana yang Perlu Diketahui Investor Pemula

Keuntungan Investasi Reksadana

Siapa di sini yang gak pengen masa depan cerah? Apalagi kalo soal keuangan. Tulisan ini mau kasih info tentang keuntungan investasi reksadana untuk pemula.

Beberapa orang mungkin sudah coba buat investasi, sementara banyak yang lainnya banyak yang masih takut-takut. Masih ragu menempatkan hartanya untuk investasi. 

Karena itulah, ada investasi reksadana yang cocok bagi investor pemula.

Bukan hanya karena bisa dilakukan melalui bank-bank yang jadi agen penjual reksa dana, tetapi juga modal awalnya yang cenderung lebih kecil daripada jenis investasi personal biasa.

Meskipun untuk pemula, investasi reksadana bukan berarti tanpa risiko, meskipun juga diimbangi dengan potensi keuntungan yang juga terhitung tinggi.

Keuntungan Investasi Reksadana

Gak seperti investasi saham langsung yang memerlukan dana relatif besar apabila memilih saham-saham bluechip, investasi reksadana membutuhkan modal yang relatif lebih kecil. Apalagi mengingat pemilihan instrumen investasi yang oleh Manajer Investasi (MI) profesional.

Investasi reksadana ini dilakukan dengan kumpulan dana dari para investor seperti teman-teman dan gue ini, dikelola oleh MI, dan kita sebagai investor tinggal menunggu hasilnya. Santai aja gitu dan yudadababay:

credit gambar: twitter @mememekanlirik

Beberapakeuntungan melakukan investasi ini adalah;

1. Biaya yang Sedikit Menghasilkan Keuntungan yang Cukup Besar

Kalo teman-teman investasi di saham blue chip atau emas, pasti butuh modal awal yang lumayan besar. Hal ini yang sering bikin orang-orang ragu mulai berinvestasi.

Belum lagi kalau dana yang lumayan gede tadi ternyata diinvestasikan pada pilihan saham yang salah misalkan dan kemudian berujung penurunan nilai saham yang signifikan. Akan ada potensi kerugian yang cukup signifikan.

Akan berbeda halnya dengan investasi di reksadana. Manteman gak perlu duit jutaan rupiah buat mulai.

Memang sih, tergantung produk yang dibeli, tapi ada loh yang hanya dengan Rp. 10.000 sudah bisa digunakan untuk modal awal investasi reksadana. Bayangin! Sepuluh-Ribu!

Selain itu, returnreksa dana juga ternyata lebih tinggi jika dibandingkan investasi jenis lain.Artinya, kemungkinan balik modalnya akan lebih besar.

2. Pengelolaan Investasi Reksadana Relatif Lebih Mudah

Salah satu alasan mengapa investasi reksadana disarankan untuk para pemula adalah karena pengelolahannya yang relatif lebih mudah. Lebih mudah dibandingkan apa? Dibandingkan investasi langsung ke berbagai instrumen investasi.

Salah satu keuntungan investasi reksadana ya ini. Manteman gak perlu mengelola investasi sendiri.  

Semua hal yang berkaitan dengan jual beli di pasar saham atau jenis investasi lain yang menjadi pembentuk reksadana, akan dilakukan sepenuhnya oleh MI. Gampang kan?

Titik krusialnya kemudian adalah bagaimana memilih perusahaan MI yang terjamin mutunya, terpercaya, dan berizinresmi. Kalau dari agen penjual, tinggal pilih saja reksadana yang dikehendaki dengan kinerja terbaik.

3. Transparansi Portofolio dalam Investasi Reksadana

Keuntungan investasi reksadana berikutnya adalah transparansi portfolio. Meskipun bukan kita sendiri yang kelola, informasi tentang reksadana yang kita miliki ada dimana-mana.

Mengikuti perkembangan teknologi yang ada, portofolio keuangan investasi reksadana kita dapat dilihat perkembangannya secara online. Manteman bisa memantau langsung bagaimana nasib portfolio investasi kita.

Faktanya, perusahaan MI punya kewajiban untuk membuat laporan keuangan reksadana yang mereka jual dan juga memberikan prospektus yang bisa manteman baca sebelum memutuskan membeli satu produk reksdana.

Semua informasi reksadana tersebut diharuskan terbuka dan bisa diakses siapa saja dan kapan saja.

4. Pembelian Produk Reksadaa Dapat Dilakukan Dimanapun, Bahkan Online!

Begitu banyak MI penjual reksadana saat ini. Dengan persaingan yang semakin ketat, MI pun berlomba-lomba untuk bisa memberikan fasilitas yang memudahkan nasabah dalam pembelian reksadana.

Tidak mau ketinggalan, beberapa bank juga menyediakan fasilitas untuk pembelian produk reksadana ini. Baik itu melalui pembelian di counter bank maupun melalui sistem mobile bankingnya.

Teman-teman sekalian bahkan kini bisa berinvestasi reksadana secara online. Membeli produk investasi reksadana dimana saja, harganya sama.

Salah satu tempat pembelian investasi reksadana secara online yang paling mudah adalah lewat mearketplace seperti Bukalapak.

Jadi, gak cuma belanja. Kalau selama ini manteman cuma beli-beli barang di Bukalapak, ternyata bisa juga berinvestasi. Gampang kok, cuma dengan daftar ke fitur Bukareksa.

Modal awalnyapun sangat kecil, hanya Rp. 10.000! Bahkan anak sekolahan pun dapat mulai berinvestasi dengan modal yang begitu minim.

Meskipun cara daftarnya mudah, jangan kuatir soal keterbukaan informasi dan keamanannya. Prospektusnya dapat dibaca sama manteman ketika mau beli produknya dengan sangat jelas. Selain itu, produk reksadana yang ditawarkan pun jenis yang paling kecil risikonya yaitu reksadana Pasar Uang.

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh