[MTM] Layakkah Beli Domain?

Ada yang pengen upgrade ke custom domain? Atau beli domain sendiri dan oprek-oprek blog?

Lirik Ryan sama Pungky.

Credit Card

Gw bingung mau masukin tema postingan ini ke Money Talk Monday atau ke Blogging Things. Ini soal keluarin duit buat ngeblog yang mana bisa masuk ke Money Talk, tapi yang dibahas blog. Jadi bagaimana? Yasudahlahya ditulis di marih aja. Hahaha

Kalo sudah ada yang niat tapi masih maju mundur *entah itu cantik, ganteng ato melambai, better pertimbangkan masak-masak dulu tujuannya mau apa dengan beli domain itu.

Beli domain di sini yang gw maksud bisa upgrade di WordPress.com atau beli domain di penyedia jasa hostingan sendiri dan ngoprek sendiri ya (termasuk untuk yang WordPress.org maupun untuk blog berbasis Blogspot).

Kalau untuk blog yang WordPress.org dan Blogspot, CMIIW ya, beli domainnya kan bisa di penyedia jasa hostingan dalam negeri,  jadi bayarnya bisa langsung aja pake transfer. Kalo yang mau upgrade di WorPress.com setahu gw si kudu pake kartu kredit ya?

Kalo gw kemaren upgrade biar brandingnya bisa dibikin lebih kuat dan menambah kredibilitas blog aja dan siapa tahu bisa jualan. Maka jadilah gw upgrade ke sini.

Trus kalo sekarang ditanya layak apa nggak beli domainnya? gw jawab sih layak. Sayang gak keluarin USD 18 setahun? Jawaban gw sih enggak ya. Malahan gw anggep investasi.

Tapi bisa jadi sayang banget emang, kalo bognya gak diapa-apain.

Blog ini setelah gw beli domainnya sempet vakum selama tengah tahun 2014 kemaren. Waktu itu gw pernah selama beberapa bulan hampir gak update blog sama sekali dan bikin nilai investasi gak berkembang sama sekali.

Tapi kemudian gw inget kalo tujuan gw beli domain kan emang mau mengembangkan blognya. Mengembangkan dalam hal konten dan sejauh mana blog ini bisa membawa menemui hal-hal baru.

Balik diseriusin, di tahun 2014 lah akhirnya beberapa permintaan untuk postingan berbayar gw terima. Alhamdulillah kalo dilakukan perhitungan meskipun jumlahnya kecil, gw masih bisa dapet untung. Jadi istilahnya ada yang bayarin domain gw ini.

Trus gimana 2015 setelah gw perpanjang domain?

Alhamdulillaah sudah ketutup juga. Selain itu, November 2014 tahun lalu gw dapet persetujuan untuk gabung ke program WordAds. Selama tiga bulan pertama sih gak banyak yang bisa gw generate tapi Alhamdulillaah udah deket sama biaya yang harus gw keluarin buat bayar hostingan. Nilainya pun semakin meningkat dari bulan ke bulan.

Akhir-akhir ini ada beberapa informasi yang bilang kalau WordAds sudah tidak bisa lagi menerima blog berbahasa Indonesia dan banyak yang di suspend kepesertaannya, cuma gw masih belom tahu kepastiannya. Gw sudah tanya ke WordAds.co cuma memang masih belom terima jawaban.

Jadi dengan upgrade domain (dan beli hosting dan domain sendiri untuk blog selain WordPress.com) gw yakin kok kalo kredibilitas blog bakalan bertambah dan bisa narik pengiklan. Meskipun beriklan di blog blah.wordpress.com atau blah.blogspot.com juga masih rame, tapi dengan nama blog blah.com aja pasti akan lebih narik minat orang.

Selain itu, kalo di blog WordPress.com bisa ikutan wordads dan program afiliasi, sedangkan di blog WordPress.org bisa lebih luas bentuk monetizing blognya. Kalo blog berbasis Blogspot mah udah bisa dimonetize dari awal. Bahkan dari sejak beralamat blah.blogspot.com.

Jadi layak gak upgrade domain? Banget!

 

Advertisements

100 Comments

  1. Ina Rakhmawati
  2. Gara
      • Gara
          • Gara
  3. Februari 25, 2015

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: