[Reportase] Grand New Veloz dan Grand New Avanza Mobil Pilihan Keluarga

Tanggal 20 kemaren gw dateng ke hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show di ICE BSD. Ada satu yang bikin gw penasaran berat. Peluncuran Grand New Veloz dan Grand New Avanza. Sebagai orang yang kenal sama produknya Toyota dan tahu gimana handalnya Avanza, gw penasaran banget. Beruntung banget dapet undangan VIP buat dateng di hari pertama peluncuran kedua mobil pilihan pertama keluarga Indonesia ini.

Sebagai informasi, boothnya Toyota ada di hall 10, jadi saran gw kalo mau ke boothnya Toyota mending masuk di parkiran hall 8 ato sekalian parkir di outdoor parking lot deket hall 10. Paling ujung.  Begitu masuk langsung deh ketemu sama booth Toyota yang megah di sebelah kanan.

Stronger Branding

Satu yang gw langsung tangkap di sini, kalo dulu Veloz adalah salah satu variannya Avanza dengan kelas paling tinggi, di boothnya Toyota tahun ini gw lihat kedua produk dideferensiasikan dengan lebih jelas. Veloz dipisah dari Avanza dan jadi line product Toyota sendiri. Desain Grand New Veloz merah yang dipajang di atas rotating displaynya Toyota langsung menarik perhatian gw.

Toyota Grand New Veloz

Kalo dulu Veloz hadir cuma di kelas 1.500 cc dengan nama Toyota Avanza Veloz, sekarang Toyota Veloz tersedia mulai varian 1.300 cc sampai dengan 1.500 cc untuk tipe manual transmission maupun automatic transmission. Dengan kemasan sporty dan detail yang lebih cantik Toyota Grand New Veloz sekarang bersiap untuk memasuki pasar stylish multi purpose vehicle. Sementara Toyota Grand New Avanza akan terus memenuhi pangsa pasar utility Multi Purpose Vehicle.

 

Keliatan jauh lebih cantik kan ya kedua mobil ini dibanding generasi pendahulunya dari tampilan depannya?

Some of the reasons to choose

Beberapa peningkatan kualitas dari Grand New Veloz dan Grand New Avanza ini selain dari tampilannya, ada beberapa keunggulan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih Grand New Veloz atau Grand New Avanza. Antara lain:

Kebanjiran

Kebanjiran

Anti Banjir

Iya, sengaja pasang dua foto di atas karena oh karena kalo pake di Jakarta dan musim penghujan rasa-rasanya momok banget begitu lihat jalanan kosong tapi mulai ada genangan air. Tahun lalu gw beneran ngerasain itu di Tendean ada banjir setinggi ban motor. Gw pake Avanza tahun 2012. Gw paksain nerjang tuh banjir dan Alhamdulillaahnya lancar jaya.

Seri Toyota Grand New Veloz dan Grand New Avanza ini diklaim anti banjir karena engine hood dari seri ini ada di atas yang mana air sampai atas grill pun gak masalah. Kebayang gak sih bok, di bulan Januari waktu orang pada gak berani lewat Tendean yang kalo kering zuper macet itu, bisa melenggang dengan penuh gaya pake Grand New Veloz. Gak jauh beda, Grand New Avanza juga menerapkan desain yang sama. Mau yang mana aja aman dari banjir! *Sayah mauuh pak Direktur Toyota.. *Berikan sayah satuuh!!! *maksa

Improved Safety Features

Salah satu pertimbangan utama yang gw masukkan waktu cari mobil adalah fitur keamanannya. Dari penjelasan waktu gw lihat Toyota Grand New Veloz kemaren, ada empat fitur keamanan yang langsung menyita perhatian gw. Bukan, bukan adanya airbag, ABS (Anti Braking Lock System) dan front passenger seat belt warning  system karena semua ini sudah tersedia untuk semua tipe varian. Yang menyita perhatian gw adalah:

Pertama, adanya safety belt untuk semua penumpang yang mana Grand New Veloz didesain untuk tujuh penumpang dan safety belt hadir mengamankan semuanya. Bahka untuk penumpang di kursi tengah. Kabin kursi tengah pun ditambah dengan sandaran kepala untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpangnya.

Kedua adalah adanya immobilizer system untuk mematikan mesin kalo mobil coba dinyalakan pake kunci yang salah dan ini tersedia untuk semua tipe Grand New Veloz dan Grand New Avanza. Udah jelas lah ya kagak usah gw jelasin lebih detail lagi fungsinya.

Ketiga adanya side impact beam yang berupa batangan besi penahan yang ditanamkan di setiap pintu mobil untuk mencegah body mobil ringsek kedalam kalo ditabrak dari luar. Ini langsung ngingetin gw ama kejadian yang gw alamin beberapa waktu lalu pas mobil gw ditabrak dari samping sama orang yang mau nyerobot antrian tol. Padahal gak terlalu kenceng tapi kok ya penyoknya nemen. Gw sampe parno sendiri sekarang sama keselamatan penumpang di belakang (which are Bul dan A).  Huhuhu..  *beneran deh saya mau Grand New Veloz…
Eh jangan salah, Grand New Avanza juga dilengkapi fitur keselamatan yang sama.

Keempat adalah fitur Isofix yang diterapkan untuk kursi penumpang Grand New Veloz dan Avanza yang sungguhlah pas buat keluarga muda yang nyari mobil. Iye, gw juga baru tahu kalo ternyata fitur Isofix ini penting karena merupakan standar internasional untuk keamanan optimal pemasangan child seat. Gak ada lagi cerita car seat  oglak-oglek goyang sana sini pas dipasang di mobil kan.

Dari aspek ini aja udah cukup menyita perhatian gw.

Kenyamanan 

Lagi-lagi nih, buat keluarga muda kayak kami yang berangkat pagi buta menembus kemacetan Jakarta *100% curcol, fitur kenyamanan ini penting banget juga *semua aja penting kelleus Dan! :-P. Maksud gw gini, okelah gw sebagai pengemudi gak boleh ngantuk, tapi buat Bul ama A yang notabene penumpang dan bisa istirahat, fiturnya Grand New Veloz ama Grand New Avanza ini megang banget!

Cabin quitenessnya ditingkatkan yang mana (menurut informasi yang gw terima) jauh lebih kedap dibandingkan versi sebelumnya. Karena gw pernah pake versi Avanza sebelumnya, gw bisa bilang suara dari luar kalo kita tutup rapet pintu-jendela suara dari luar udah hampir gak kedengeran. Gak kebayang di Grand New Veloz ini kayak beneran di kamar kali ya, dan ini hadir di semua tipe. Apalagi untuk Grand New Veloz, interiornya hadir dengan All New Black Tone Dashboard Panel Design. Gaya banget deh kemaren. Sayang gw lupa moto saking terpesonanya. Tapi bisa deh buka halaman interiornya Grand New Veloz ini. Yang ini beda dengan Grand New Avanza yang desainnya mengusung tema warna coklat.

Selain itu, Grand New Veloz juga ditanami dengan Advanced Audio System dengan layar sentuh 6.1″ untuk player DVD, CD, AM/FM, USB AUX, Bluetooth dan iPod ready. Pasti surga bener deh buat nyetir ditemenin entertainment system model gini. Oiya, Advanced Audio System ini cuma ada di Grand New Avanza 1.5G.

Selain itu, suspensi yang disesuaikan dengan sistem suspensi MacPherson Strut dan suspensi per belakang dengan per koil meningkatkan stabilitas dan kenyamanan. Pemakaian dalam kota atau antar kota kayak Jakarta-Bandung sih gak perlu kuatir endut-endutan lah ya. Selain itu, buat kursi belakangnya, ada one touch tumble yang bikin gampang buka tutup passenger seat kalo ada keluarga mau naik turun ke kursi belakang. Kayak gw yang sering banget berangkat kondangan ato kemana-mana seromobongan semuanyah. Kursi paling belakang pun juga ada adjustment systemnya

Ini semua hadir di semua varian Grand New Veloz dan Grand New Avanza. Jadi gak usah kuatir kalo gak dapet salah satu fiturnya mau beli varian yang manapun.

Mesin Dual VVT-i

Dari tadi gak ngomongin mesin sih ya, sengaja kok. Ihikkk..

Semua varian Grand New Veloz dimotori sama mesin dual VVT-i yang hasil baca-baca dari berbagai sumber bisa menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Seinget gw dulu waktu pake Avanza tahun 2012 aja udah cukup irit. Jauh lebih irit dari mobil yang gw pake sekarang. Sisa satu bar bahan bakar bisa loh nyampe dari Bekasi ke Bandung dengan kondisi jalanan lancar dan jalan menanjak pun tak ada masalah. *meskipun gwnya kebat-kebit

Gak kebayang gimana tenaganya make Grand New Veloz ini… Eh Grand New Avanza juga pake mesin dual VVT-i kok. Hehehe.

=====

Jadi kemaren pas gw ke sana itu kan lagi hari pembukaan pertama kali ya, ketemu dong gw sama Pak JK (Wakil Presiden RI) yang waktu itu langsung mengunjungi boothnya Toyota sebagai booth pertama. *yah ketemunya sih beliau di atas panggung sama bodyguard yang bejibun sementara gw moto dari jauh. 

Selain Grand New Veloz dan Grand New Avanza ini, di boothnya Toyota ada juga concept car i-Road yang pas diluncurkan kemaren kelihatan keren banget, kendaran dengan penumpang tunggal yang futuristik. Selain itu juga dikenalin concept car Mirai yang aselik bikin ngiler!

Selain dua mobil konsep ini, kemaren gw juga sempet lihat game yang ada di Safety Zone. Sempet pengen main tapi karena dateng kepagian, teknisi dari Jepang masih memperbaiki mainan ini.

Safety Zone Game Toyota GIIAS 2015

Kalo mau bernostalgia dengan line-up mobil Toyota jaman dulu, bisa juga pepotoan di booth yang memajang barisan mobil-mobil dari jaman generasi pertama sampai generasi masa depan. Gw minjem potonya Mbak Haya ajah yah karena kemaren A udah minta gendong mulu. 😛

Gilingan, panjang ya postingan ini. Ya gimana lagi bok, meskipun reportase, gw sendiri juga suka sama produknya. Reportease jadinya ya.

Lomba blog

Oh iya, buat yang juga suka sama serinya Toyota Grand New Veloz dan Grand New Avanza ini, ada lomba blog yang berlangsung dari tanggal 20 Agustus 2015 sampe tanggal 20 Oktober 2015. Kalo mau ikutan buruan buka linknya dan daftar! Hadiahnya lebih dari Rp. 30 juta rupiah!

Demikian reportase peluncuran Toyota Grand New Veloz dan Grand New Avanza dari gw, semoga spesifikasi Toyota Grand New Veloz dan Grand New Avanza yang gw tulis bisa membantu keputusannya cari mobil dan terima kasih sudah membaca sampai habis.  🙂 *terima gratisan Grand New Veloz juga sik.. *ato paling gak diskon gede kalo mau beli… *ihik

 

Advertisements

94 Comments

  1. Riemikan
  2. Evi
  3. De
  4. Mux
      • Mux
  5. Shintaries Nijerinda
  6. aya
  7. kw
  8. dodo

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate »
Lihat kerjasama dengan brand lainBuka
+
%d blogger menyukai ini: