#6 Film Pengubah Perspektif

Hari ke 6 gw putuskan untuk posting tantangan dari Tika -Swastika Nohara, penulis skenario film keren yang suka jalan-jalan mulu dan bikin mupeng buat kelilingin Indonesia ini. Tantangannya kek gini:

What movie that changed your thought or your perspective in life, and how did that happen?

Simple tapi cukup unik kan idenya? Total sih sudah ada lebih dari 35 ide yang masuk sampe hari ini, tapi ga otomatis semua ditampilkan, semakin unik semakin besar kesempatan buat gw tulis di year end wriitng challenge and giveaway gw di blog ini. Kalo yang belom tampil akan gw tampilkan di bulan-bulan berikutnya postingannya. Ayok, masih bisa kasih ide sampe tanggal 30 Desember 2014 ini loh.

Menjawab pertanyaan Tika, ada 3 sih sebenernya. Gapapa yah banyakan dikit?

The Matrix

Gambar diambil dari rottentomatoes.com

Film-film itu adalah The Matrix, Life is Beautiful dan The Usual Suspect.

Udah pada nonton filmnya? Hah? Yakin belom? *kemudian dijejelin popcorn.

Kenapa 3 film ini pengubah perspective?

Karena gw belajar banyak hal dari ketiga film ini. Bukan kok bukan dari segi spesial efek yang dipake di film yang mana di The Matrix pada jamannya emang top banget dan menang banyak penghargaan. Gila banget deh spesial efek di film itu.

Pertama The Matrix, gw nonton film ini duluan karena dua yang lain under radar sampe akhirnya gw browsing-browsing film apa yang wajib tonton. Kenapa The Matrix berpengaruh banget karena di film ini kasih pemikiran tentang gimana kalo hidup kamu bukan hidup kamu? What if your life is not your life? halah diterjemahin doang. Ngebayangin aja kalo ternyata hidup yang gw jalani ternyata hanya ada di dalam mimpi gw aja. Kalo sampe suatu saat Morpheus datang dan nawarin gw pil merah ama biru gw bakalan pilih yang mana ini bukan pil biru yang itu ya. Apakah gw akan milih tetep mimpi ataukah bangun? Gitudeh.

Selain itu yang lebih penting, kalopun misalkan gw ternyata ada di dalam “mimpi”, apakah gw sudah mengupayakan yang terbaik yang bisa gw lakukan dalam hidup ini? So, mimpi ato gak mimpi intinya kudu tetep berusaha yang terbaik.

Film berikutnya yang gw tonton adalah Life is Beautiful, film tahun 1997 tentang perjuangan seorang bapak yang bikin hidup anaknya sebuah permainan seru di camp konsentrasi Nazi. Life and death business turned into a game. Cinta banget ama film ini. Nangis-nangis terharu pas nonton filmnya. Pelajaran yang gw ambil dari sini dan membekas banget adalah gimana kita melihat hidup itu penting banget. Life is beautiful as it can be if we see it so.

The Usual Suspect, film tahun 1995 yang cerita tentang penjahat yang ketangkep polisi dan diinterogasi yang berujung dengan lolosnya dia dari semua jeratan cuman dengan memanfaatkan apapun yang ada di sekitarnya ini film terkeren berikutnya yang gw tahu. Ngajarin kalo sebagai manusia kudu bisa sefleksibel mungkin dimanapun berada memanfaatkan apapun yang ada. Ah gak seru deh kalo dijelasin di sini.

Tiga film itu sedikit banyak ikutan ngebentuk gw yang sekarang ini. Kalo ada yang belom lihat salah satunya ato ketiga-tiganya gw sangat menyarankan untuk lihat.

Kalo temen-temen film apa aja yang bisa mengubah perpektif dalam hidup kalian?

Advertisements

39 Comments

  1. Faris
  2. Swastika Nohara
      • Swastika Nohara
  3. yuni
      • yuni
  4. Dwi Puspita

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: