[Kamis Buku] Aplikasi e-Book Favorit

My Reading Apps

Ada yang suka baca e-Book?

Selain e-Book PDF yang bisa langsung dibuka, paling suka bacanya pake apa? Akhir-akhir ini gw lagi seneng-senengnya baca e-book. Praktis! Kalo dibandingkan buku cetak, e-book itu enteng, bisa dibaca kapan aja dan dimana aja dan gak pake ribet meskipun emang punya efek buruk bikin mata cepet lelah.

Selama ini gw pake Kobo buat baca buku-buku e-Book. Trus nih ya, gw kan beli Samsung Galaxy Note 4 kemaren itu kan pre-order, ternyata ada aplikasi-aplikasi yang premium versionnya itu gratis dan salah satunya sih Kindle for Samsung (gw sebut Kindle aja ya biar singkat) yang ternyata punya Samsung Book Deal. Ntar deh gw ceritain.

Nah, karena ini hari Kamis, jadi ya nulis yang berhubungan sama bebukuan ato baca-bacaan ya. Karena Kobo dan Kindle ini ya buat baca buku gapapa dong ya gw tulis tentang dua apps ini sekarang (padahal buku yang selese dibaca dan bisa dibikin reviewnya dah lumayan banyak).

Reading Experience

Gallery di atas isinya screen capture dari kedua aplikasi untuk fitur utamanya. Dari segi daftar buku yang kita punya, Kobo menampilkan dengan cara tradisional, dijembrengin satu-satu gitu. dari atas ke bawah dimulai dari buku yang lagi kita baca ke buku-buku yang sebelumnya kita baca tapi belom selesai. Sering kan ya gitu, baca satu buku, ada yang lain yang lebih menarik, kita tinggalin deh buat baca yang lain. Nah urutannya kurang lebih kek begitu. Agak berbeda dengan Kobo, Kindle tampilannya lebih rapih. Dia langsung aja kasih lihat buku yang sekarang lagi kita baca dan buku lain tersembunyi di belakangnya. Kalo mau lihat buku lain di library tinggal geser aja, dan akan kelihatan buku lainnya setelah kita swipe. Swivel view gitu deh.

Nah kalo daftar isi sih gak jauh beda lah ya antara Kobo ama Kindle, bisa langsung kelihatan list chapter-chapternya dan kita lagi ada di chapter mana. Kalo mau pergi ke chapter tertentu tinggal tap aja.

Untuk reading pagenya pas kita baca bukunya nih. Kindle punya kenyamanan dalam hal baca, menurut gw desain huruf dan displaynya enak banget. Nyaman lah buat baca. Tapi sayangnya brightness screen langsung otomatis aja paling terang, sampe sekarang gw belom nemu buat bisa at least ngurangin brightnessnya. Ada yang tahu gak?

Untuk Kobo, meskipun gak terlalu bagus desain huruf dan pemotongan kalimatnya, tapi Kobo ini gampang banget diatur brightness sesuai kebutuhan. Bahkan ada night mode! Latar belakang jadi hitam dan brightness bisa dikurangi. Lebih nyaman buat mata.

Kindle Dictionary & Other Feature

Kamus dan Fitur Lainnya

Kalo baca buku berbahasa Inggris kan paling penting kamus ya, kedua aplikasi ini punya kamus kayak screenshoot di samping punya Kindle ini. Sayangnya punya Kobo gw gak bisa ambil screenshootnya. Pas mau dicapture eh gambarnya ilang.

Fitur ini yang bikin gw milih baca ebook karena bisa langsung nambah kosakata. Apalagi buku yang lagi gw baca sekarang berat-berat in terms of kata yang dipake. Di Kindle gw lagi baca cerita She Who Remembers, tentang suku Indian beratus tahun lalu yang mana banyak kosakatanya baru gw tahu, sedangkan di Kobo lagi baca Freakonomics yang gilingan seru abis tapi kadang istilah teknis ekonominya belom tahu.

Selain dictionary, fitur tambahan buat nyari di Wikipedia ato di web itu bisa dipake untuk memperluas view tentang satu terms. Jadi tahu begimana-begimananya lebih jauh kan? *well to be honest belom pernah pake sih gw fitur ini.

Kalo buku cetak boro-boro ngecek wikipedia kan? Buka kamus aja kalo gak males udah syukur. Eh ini gw sih yang emang males buka-buka kamus.

Ketersediaan Buku

Kobo Import Menu

Nah kalo ketersediaan buku ini, gw belom eksplor lebih jauh di Kindle, kalo di Kobo gw bisa import e-book berformat epub yang tersimpan di handphone/device gw. Kadang ada nemu kan epub-epub bagus di internet yang bisa di download. Fitur ini lumayan banget buat nambah perbendaharaan buku.

Kalo di Kindle gw belom nemu fitur ini, tapi gw baru tahu ada Samsung Book Deals di situ. Lewat fitur ini tiap bulan bisa milih satu dari 4 buku hrateisss. Gak perlu bayar sama sekali *yaiyalaaah gratis kan namanya. Bodohnya gw, beli hape dari September tapi baru tahu fitur ini Februari kemaren. Huhuhu. KEZELL, ada berapa buku tuh kelewatan? Hiks!! Nah, kalo sudah pilih satu buku, tiga buku yan lainnya bisa dibeli dengan diskon yang lumayan banget. Bisa cuma sampe sedolaran.

Cuma ya, meskipun sama-sama kudu terhubung ke internet, kalo si Kindle ini kudu masuk ke webnya Amazon buat beli bukunya meskipun yang gratisan, sementara kalo Kobo buat browse librarynya bisa langsung di appnya. Jadi ya gak bolak-balik gitu sih.

Kalo soal buku gratisan mah di kedua apps ini buanyaakkkk buangettt.. Tahun lalu gw berhasil menyelesaikan Importance of Being Earnest, Dracula dan Frankenstein. Buku-buku klasik sih emang, tapi gak kalah seru sama buku jaman sekarang. Malah keren-keren baca gaya nulis sastrawan klasik. Pas baca Dracula gw sampe merinding bangettt. Film jaman sekarang ato buku Twilight series mah lewaaaatt.

Kalo mau di list daftar bacaan gw sekarang yang belom beres dan kemungkinan akan nambah lagi di masing-masing apps sih ini:

Kobo:

  • Freakonomics (currently reading)
  • The Hound of the Baskervilles (currently reading)
  • Shopaholic to the Stars
  • After The Rain
  • Bringing Up Bebe
  • 7 Habits of Highly Effective People (haha, iyeee gw niatin baca)
  • The Da Vinci Code (penasaran ama versi aslinya)
  • Anna Karenina
  • The Silmarillion
  • Life of Pi (penasaran ama versi aslinya)
  • The Count of Monte Cristo

Kindle:

  • She Who Remembers (currently reading)
  • Allan Quatermain
  • Tale of Two Cities
  • English Fairy Tales
  • Romulus Buckle

Ada yang udah pernah baca judul di atas dan ada yang menyarankan baca yang mana dulu setelah yang currently reading selesai?

Sampe sekarang sih gw baru bisa menyelesaikan 9 buku dari 50 buku yang gw set tantangannya buat tahun ini. Huhuhuhu. Baru 18%!

Postingan tentang buku-buku yang pernah gw baca dan yang berhubungan dengan buku lainnya:
[display-posts category=”books-2″]

Advertisements

86 Comments

  1. bemzkyyeye
  2. Ninda Frisky
  3. -n-
      • -n-
  4. DigitIcon

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: