the 8th wonders

Post ini tidak ada hubungannya dengan program new 7 wonders of the world dan atau Komodo. ๐Ÿ™‚

Gw baru aja gabung kelas CFP (Certified Financial Planner) dan dihari pertama kami belajar soal compound interest. Keajaiban dunia ke 8.

Selama kerja di bank, sehari-hari gw emang berinteraksi dengan yang namanya compound interest. Perhitungan bunga tabungan, deposito dan gak ketinggalan kartu kredit.

Sebenernya gak ajaib yang bagaimana begitu sih, cuman hasil penghitungan pake compound interest ini yang bisa bikin menganga. Konsep compound interset ini adalah dengan menambahkan hasil perhitungan ke dalam principal awal untuk mendapatkan hasil periode perhitungan berikutnya.

Misalkan saja kita menempatkan Rp. 10 juta di sebuah instrumen investasi dengan return 15% untuk 30 tahun, hasil pekerjaan compound interest akan memberikan kita kurang lebih Rp. 660 an juta.

Nah kalo kita bisa nemu investasi dengan return 30% dengan nominal dan jangka waktu yang sama return yang bisa didapatkan sebesar kurang lebih Rp 22 an milyar!

Sayangnya konsep compound interest ini juga berlaku untuk inflasi! Jadi harga barang dan biaya hidup sudah pasti juga ikut ajaib. (Fiuuuhh!!). Untungnya nih, banyak instrumen investasi yang rata-rata returnya jauh lebih gede dari inflasi.

Kalo Ligwina Hananto bilang di bukunya “activate your money!”. Untuk melawan inflasi dengan investasi di instrumen yang returnnya lebih gede dari inflasi.

Jadi mikir banget nih udah invest dimana aja. Hmmmm..

(Garuk-garuk kepala, buka buku tabungan)
(Melotot)

Advertisements

6 Comments

  1. Surya
    • danirachmat
  2. Surya
    • danirachmat
  3. bintangtimur
    • danirachmat

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Translate ยป
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: