Optimasi SEO Melalui Permalinks

Tsaaah!!!! Optimasi SEO melalui permalinks cobak judulnya! Bahahahaha. Padahalan mah postingan ini isinya tsurhat! 100% poll tsurhatnya! ๐Ÿ˜€

Ini kemaren gw diajarin soal optimasi SEO sama Mas Chocky dan Ko Ryan. Mas Chocky yang kasih tau gw kalo postingan sebaiknya pake format permalinks yang http://namablog/judul-postingan/ kayak begini:

Permalink yang benar

Iya, permalinks ituย formatnya alamat blog yangย kita pake. Kalo gw gak salah, defaultnya wordpress itu pake yang begini: http://namablog/tahun/bulan/tanggal/judul-postingan. ย Gw sendiri sempat ganti ke

Permalink gw sebelumnya

Tanggal udah dihilangin gitu deh. Tinggalย tahun dan bulan. Ternyata format permalinks itu masih belom cukup baik buat blog ini bisa masuk ke dalam hasil pencarian.ย Dan gw teteup keras kepala dong gak mau ganti dari bulan April 2015 kemaren pas gw migrasi.

Gw gak tahu apa pentingnya permalinks itu sebelumnya!

Optimasi SEO melalui permalinks

Kenapa harus dioptimasi?ย 

Biarย kalo dicari di search engine blog gw ini bisa keluar, ujungnya biar banyak yang baca. Iyes, traffic ujungnya.

Buat apa sih Dan traffic? Ngeblog mbok ya dari hati, yang ikhlas, ngeblog yang asik aja. Gak usah mikirin traffic. Bahahahaa. Ada yang mikir gitu? Gw juga suka mikir gitu kok kalo ada yang ngomongin optimasi SEO dan bagaimana blog bisa ditemukan search engine, hasil pencarian blablabla. Dulu.

Tapi sekarang, gw kan niatnya mau share tentangย perencanaan keuangan pribadi dan hal lainnya. Nah kalo semakin banyak yang bisa nemuin blog ini dan semakin banyak yang baca, berarti apa yang mau gw katakan bisa tersampaikan dengan lebih luas.

Ujungnya? (Semoga) Semakin banyak orang yang bisa mendapatkan manfaat dari blog ini. Semakin banyak orang yang awalnya bingung duitnya mau diapain, pelan-pelan mulai investasi sesuai profil risikonya (coba baca tentang pentingnya tahu profil risiko). Ujungnya semakin kuatlah perekonomian yang baca dan semoga Indonesia juga semakin kuat ๐Ÿ˜€ *muluk banget yes? ๐Ÿ˜›

Nulis buat mesin?

Jadi sekarang lu nulis buat mesin Dan? Kagaaak. Sama sekali nggak.

Justru dari yang gw baca di blognya Yoast, konsep dasarnya SEO adalah, meaint pencari itu kerjanya ya ngikutin gimana kalo orang nyari berita ato informasi. Orang pasti scanning kan info apa yang mereka cari dan ya yang paling mungkin dibaca ya dari judulnya habis itu baru beberapa kata pertama di isinya. Gak mungkin kan kalo misalkeun gw nyari info soal reksadana gw baca seluruh isi post dari tiap hasil pencarian.

Gitu konsep dan logikanya.

Trus kalo sama bentuk permalink apa? Dari yang gw baca, kalo permalink mengandung tahun, bulan dan tanggal berarti kan nunjukin postingan itu seberapa relevan sama waktu ketika kita nyari kan. Misalkan postingan tentang kerja di bank yang udah gw publish beberapa tahun lalu, meskipun isi infonya tetep nyambung dan berguna buat dibaca sekarang (tsaaaah!!), karena ada tahun, bulan (dan dulunya tanggal) bikin mesin pencari gak memasukkan postingan itu waktu ada yang nyari tentang kerja di bank karena dianggap sudah kelamaan.

Gw sendiri sih kalo nyari artikel pasti nyari yang terbaru kan karena biar lebih relevan aja ama kondisi yang menyebabkan gw nyari artikel itu. Logika aja kan ya?

Efekย ganti permalink

Tentang cara ganti permalinknya sendirj cukup gampang. Buat pengguna WordPress masuk aja ke menu Setting –> Permalinks dan pilih kayak di bawha ini gambarnya:

Pilihan Permalinks

Trus bagian curhatnya mana Dan? Yang ini niiih. Karena ganti permalinks kan ngeganti struktur alamat ya, jadinya traffic gw turun drastisss! Dari yang sebelumnya sebesar se… *ilang sinyal……balik lagi*…itu jadi cuman separohnya!

Ini karena gw sebelumnya sudah submit ke Google Webmaster (kalo belom tahu apa itu, pernah gw tulis juga postingan kalo mau ikrib sama Google Webmaster) buat diindex pake struktur link yang lama, dengan permalink baru gw jadinya itu error semuah. Ada kali serebu tujuhratusan error! Maaaaakk!!!

Trus semua artikel yang pernah gw share di facebook, twitter, lalalili jadi error semuah! Broken link kan yes.

Kalo baca tutorial dan forum sih ada nambahin satu baris tertentu di file .htaccess dan Mas Chocky udah kasih ke gw kapan itu. Tapi kok yo gak iso sakses jalan toh yoooo. Solusinya ya mau gak mau gw kudu perbaikin lewat redirection broken link itu. Dari pluginnya yang gw install kemaren tahu gak ada berapa baris broken link pas gw export ke excel? DUABELASRIBUH!

Untungnya sih banyak yang nilai linknya emang sama. Jadi tinggal beresin satu, works for others. Kemaren gw baru dapet 2.500an baris. Jadi ya gitu deh. Gapapa sekalian belajar satu-satu dari paling dasarnya tentang SEO. Urusan keyword density, setting meta lalalala urusan ntar ajalah yes, soon tapinyah.

Tsurhat ginih kali aja ada yang tahu gimana perbaikin itu broken link dari ganti permalink yang lebih cepet selain dari yang gw lakukan. Kalo ada yang kasih tahu dan berhasil kalo cowok gw jadiin guru dan kalo cewek ya sama, fw jadiin guru juga. Mihihihi.

Kalo pengen tahu tentang SEO coba baca blognya Yoast yang udah terkenal sebagai salah satu penyedia plugin SEO paling okeย di Yoast WordPress SEO tutorial. Gw juga makasih sama Mas Chocky dan Ryan yang sudah ngajarinย pentingnya permalinks dan basic SEO ini.

Eniwe gw sih semangat pake BANGET belajar soal SEO inih. Dan ilmu apa aja yang gw dapet insyaAllah gw share lah langsung biar bisa temen-temen cobain juga. Ya postingan tentang optimasi SEO melalui permalinks ini contohnya. *padahalan mah isinya tsurhat. ย Jadi postingan ini jangan dianggap tips ber SEO ya, anggep aja curhatan nyubi yang baru tahu gitu.

UPDATE:

Semuwah masalah gw udah beres karena pake permalink change tool by Yoast, tools yang disediakan oleh Yoast di blognya mereka dan copy satu baris kode ke file .htaccess blog gw.

Kalo ada yang mau disampaikan ato diobrolin selain lewat komen bisa colek twitter gw di @danirachmat

[display-posts category=”blogging-things”]

Advertisements

78 Comments

    • Bobby Ertanto
  1. eda
  2. Gara
  3. Vita
  4. lieshadie
  5. fee
  6. Jefry Dewangga
  7. Irwin Andriyanto
  8. jaka

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: