Perhatikan! Perubahan Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan!

Halah-halah Daaaan! Bikin judul ora usah bombastis gitulah, hawong cuman mau nulis perubahan tiket masuk Kebun Binatang Ragunan doang aja kok yah! 😀

Postingannya ini ditulis malem hari setelah siang tadi puwas yalan-yalan sama A berdua aja. Anaknya udah pules bobok, sementara bapaknya masih bingung gimana nyelesein pe er postingan blog eh malah dapet ide buat posting jalan-jalan siang tadi.

Masih inget kan sama postingan gw tentang jalan-jalan ke Kebun Binatang Ragunan bareng keluarga Kwek-Kwek tahun lalu?

Jalan-Jalan Seru ke Ragunan

Nah, karena hari ini hari pertama dari super long weekend, Bul lagi gak di rumah dan bingung nyari kegiatan ama bareng A, karena teringat indahnya masa-masa tahun lalu itu, akhirnya gw pun mengusulkan ke Kebun Binatang Ragunan ke A. Dan anaknya pun menyambut dengan antusias!

Perubahan Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan

Penggunaan Uang Plastik Kartu JakCard dari Bank DKI

Penggunaan JakCard sebagai perubahan tiket masuk Kebun Binatang Ragunan

Penggunaan JakCard sebagai perubahan tiket masuk Kebun Binatang Ragunan

Jadi apa perubahannya? Yep, per tanggal 27 April 2016, buat masuk ke Kebun Binatang Ragunan semua pembayaran menggunakan JakCard dari Bank DKI. JakCard ini semacem Flazznya BCA atau e-toll cardnya Mandiri.

Berwarna oranye terang, JakCard ini harus dipake di Kebun Binatang Ragunan buat pembayaran parkir, tiket masuk, pembelian makanan di Pujasera, masuk ke Children Zoo, Pusat Primata Schmutzer dan beberapa hal lain-lainnya.

Tap masuk setelah perubahan tiket masuk kebun binatang Ragunan

Tap masuk setelah perubahan tiket masuk kebun binatang Ragunan

Begitu dateng kalo belom punya kartu JakCard ini, kita diwajibkan beli dengan dua pilihan kartu, yang berharga Rp. 60.000 (Saldo kartu Rp. 50.000,-)  atau yang berharga Rp. 30.000,- (saldo kartu Rp. 20.000). Kebetulan pas gw dateng, yang ada cuma kartu yang harganya Rp. 30.00,-.

Dengan tarif parkir Rp. 15.000,- praktis yang tersisa di kartu gw cuman Rp. 5.000,-. Sementara harga tiket masuk ke Ragunan adalah sebesar Rp. 4.000,- untuk dewasa dan Rp. 3.000,- untuk anak-anak (umur 3-12 tahun). Mestinya gw kudu top-up ke loket karena gw kurang Rp. 2.000,- tapi kemudian dibolehin langsung masuk sama bapak penjaganya.

Oiya, top-up isi saldo JakCard ini bisa dilakukan langsung di booth yang dulu jualan tiket masuk ke Ragunan yang sekarang dialihfungsikan jadi tempat top-up JakCard aja. Harga masuk diturunkan Rp. 500,- dari pas gw dateng dulu karena mungkin sekarang jauh lebih gampang kelola duitnya.

Sinergi Bagus dan (Seharusnya Diikuti) Peningkatan Layanan Kebun Binatang Ragunan

Ngelihat kondisi itu, gw angkat jempol buat inisiatif yang diambil ama PemProv DKI buat menggunakan Bank DKI sebagai penyedia lalu lintas pembayaran di kawasan Kebun Binatang Ragunan ini. Sebuah sinergi yang gw pikirkan pas pertama kali dateng dulu. Kenapa gak dibikin cash-less aja sih transaksinya kan?

Merokok di dalam Kebun Binatang Ragunan? *sad*

Merokok di dalam Kebun Binatang Ragunan? *sad* Lihat tangannya! Pegang Rokok!

Sayangnya, peningkatan yang gw rasakan ya cuman di cara pembayaran ini aja. Meskipun staf yang bertugas gw lihat sama banyaknya dengan pas gw ke sini setahun lalu, suasana kedodoran di Kebun Binatang Ragunan jauh lebih kerasa apalagi karena gw ke sininya pas emang udah siang menjelang tutup. Sambah berserakan dimana-mana dan yang lebih parahnya, sayangnya orang-orang dengan SANGAT BEBAS merokok di Kebun Binatang Ragunan ini. Bahkan di beberapa tempat gw lihat petugasnya sendiri yang merokok!

Betapa bencinya gw sama asap rokok pernah beberapa kali gw tulis di postingan tentang Beda Prioritas dan What’s So Good in Smoking?

Jam Terbaik Berangkat ke Kebun Binatang Ragunan

Kami berangkat jam 13.44 dari rumah, iyes siang banget! Karena paginya kami jalan pagi atas usulan A ke AEON Mall dengan berjalan kaki, akhirnya bapaknya yang gak pernah olahraga inipun bablas ketiduran sementara A masih asik loncat-loncat.

Kolam Pelikan Kebun Binatang Ragunan

Kolam Pelikan Kebun Binatang Ragunan

Ternyata berangkat jam segitu adalah keputusan tepat meskipun agak kesendat macet di lampu merah Giant BSD -Eka Hospital sini. Tapi perjalanan menuju ke Kebun Binatang Ragunannya lancar abish. Begitu sampe di daerah Mampang-Ragunan, arah yang keluar dari Kebun Binatang Ragunan kelihatan macet panjang! Orang-orang yang dateng dari pagi udah pulang jam 2-an.

Kamipun dapet parkir gak terlalu lama tapi sayang di dalemnya emang agak padet. Karena Kebun Binatang Ragunan tutup jam 5, jam 4 pun kami sudah keluar dan itu udah lowong parkiran. Jalanan balik? Lancaarrr!! Hahahaha.

Jadi lain kali kalo mau ke Kebun Binatang ragunan ini berangkat agak siangan aja biar gak macet pas berangkat dan pulangnya.

Gw kasih video gw sama A di sana nih, gak yang penting banget sih videonya, tapi mayan buat dilihat bareng A ntar-an. Hihihi..

Feed Reader danirachmat.com

Kolam Pelikan Kebun Binatang Ragunan

Kolam Pelikan Kebun Binatang Ragunan

Ohiya, tambahan nih manteman, buat yang udah subscribe blog ini via feedly, WordPress reader dan sebagainya, mohon maaf kalo udah beberapa waktu gak ke update ya di feed kalian. Gw udah kontak ke perusahaan penyedia theme dan juga hostingannya, cuman karena belom sempet ngecek sendiri masih belom ketemu nih.

Gw kemaren coba subscribe sendiri ke feedly pake alamat feed burner yang ini: http://feeds.feedburner.com/danirachmat

Beberapa kali gw bikin postingan dan di feedly keupdate. Jadi kalo kalian berkenan, mohon disubscribe sekali lagi di feedlynya dengan alamat di atas atau kalo nggak bisa juga langsung klik tombol feedly ini follow us in feedly.

Jadi semoga setelah postingan Perubahan Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan ini lancar semua dapet update-an dari blog ini. 🙂 Makasih banyak yaaa!

 

Advertisements

24 Comments

  1. Cirebon
  2. Lulu
  3. jarwadi
  4. Inayah
  5. Tofan

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: