Kredit Tanpa Jaminan, Solusi Mudah Keuangan Anda! Like, Really?

Siapa yang butuh kredit cepat cair dan tanpa agunan? Sudah pada pernah cobain pinjaman online gak?  

Akhir-akhir ini sering banget denger curhatan dan peringatan kehati-hatian soal pinjaman-pinjaman online ini. Banyak yang cerita seberapa menderitanya terjerat pinjaman online dan kredit tanpa jaminan yang ditawarkan langsung di perangkat seluler.

Kalo ada teman-teman yang mengalami, bagi ceritanya di kolom komen ya. 

Daftar isi untuk postingan ini:

1. Kredit Tanpa Jaminan: Bukan Solusi
2. Kredit itu Susah
3. Syarat Dapat Kredit
4. Kredit Mudah itu Mahal
5. Duit Siapa? Duit Investor
6. Pahami Syarat & Ketentuan
Kesimpulan

Kredit Tanpa Jaminan – Kredit Cepat Cair, Solusi Keuangan Kita Semua! Tapi, Ada Syaratnya!

Tons of Online Credit Apps!

Gallery di atas adalah screen capture aplikasi-aplikasi pinjaman online yang gue ambil dari Google Play Store. Banyak banget! Dan itu bahkan belum semua. Gue capturenya aja sampai capek tempo hari.

Dengan begitu banyaknya aplikasi pinjaman online untuk mendapatkan kredit tanpa jaminan, gak heran berbondong-bondong pula orang memanfaatkannya. Tapi banyak sekali yang gegabah memanfaatkan pasar baru yang mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman ini. 

Ujung-ujungnya pada kejebak pinjaman dan bunganya yang gak wajar besarnya.

Kenapa bisa begitu? Karena (seharusnya) tidak semua orang bisa mendapatkan pinjaman ke bank.

Kembali ke atas

Kredit Itu (Seharusnya) Susah

Ini aturan yang memang sudah baku. Kredit itu harus susah. Kenapa? karena urusan duitnya orang.

Sering denger kan, sodara kandung bubar jalan gara-gara urusan duit. Yang satu minjemin yang lain gak mau balikin. 

Duit lebih kental dari darah - kata orang Click To Tweet

Apalagi kalo di bank. Yang tugasnya menyalurkan duit yang disimpen sama masyarakat ke masyarakat lagi dalam bentuk utang. Beuhh!! Ribet!!

Urusannya hajat hidup orang mamen. Kalo yang punya duit sewaktu-waktu mau ngambil duitnya, bank kudu, harus dan wajib hukumnya buat langsung kembaliin. Gak bisa ditunda dijanjiin besoknya kan? 

Ada gak yang ke ATM trus mesinnya bilang kembali lagi besok? Pasti disuruh ke ATM lain kan kalo pas duitnya habis. 

Karena itulah kredit ora iso sembarangan dikasih. HARUS SUSAH emang. KUDU banyak syarat dan ketentuannya dan WAJIB dianalisa dan dihitung segala pertimbangan risikonya. 

Kembali ke atas

Syarat untuk Bisa Dapat Kredit

Sederhana banget sebenarnya syarat untuk bisa mendapatkan kredit dari bank:

Lu harus punya duit buat bisa dapat kredit dari bank! ~ public wisdom Click To Tweet

Yes, you read it just right. Buat bisa dapat kredit, lu kudu punya duit bok. Jangan pernah mengajukan kredit ke bank kalo lu gak punya duit. 

Loh? Kok bisa? Gak punya duit justru gak boleh minjem ke bank?

Gini mamen, balik lagi ke bagian pertama tadi, kredit itu seharusnya susah, duit yang dipinjemin sama bank itu kan duit orang ya. Jadi kalo mau kasih kredit, bank kudu mastiin duitnya balik. 

Nah mastiin duitnya balik gimana caranya? Ya dengan mastiin kalo yang dikasih kredit punya duit buat ngebalikin duit. 

Punya duit ini maksudnya ada kepastian pembayaran nanti ke depannya. Bukan yang suram gak tahu cicilan bakalan didapatkan dari mana. 

Makanya lebih gampang dapet kredit itu macem-macem pengabdi gajian yang tiap bulan udah pasti dapet duit. Selain itu, bank juga ada menyaratkan uang muka sekitar 30% kan?

Jadi misalkan kalo butuh beli rumah Rp. 100 juta, uang muka yang kudu disiapin ya sekitar Rp. 30 juta. Kudu punya duit. 

Trus, kok di bank ada Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang notabene lebih gampang dapetnya? Apalagi macem perusahaan-perusahaan fintech yang ada di Android kayak di poto-poto di awal tadi. 

Kembali ke atas

Kemudahan Sama Dengan Biaya Mahal

Jadi kebayang gak sih apa yang harus dibayar sama orang yang gak punya duit buat bisa dapat kredit? Para #SobatMiskin harus ngapain kalo emang mau minjem duit? 

Buat yang gak punya duit (buat bayar cicilan), siap-siap bayar lebih mahal di biaya dan bunga. Click To Tweet

Bunga KTA bisa 0,99% flat per bulan. Artinya 1,98% per bulan efektifnya! Setahun berapa persen tuh? Hampir 24%!

Inget ya itu bunga bank yang mana kalo emang mau ambil KTA, syarat-syaratnya bisa bejibun. Mulai dari KTP, NPWP, mutasi rekening (yang notabene bakalan disyaratkan punya rekening di bank bersangkutan. 

Kalo di bank aja semahal itu dan masih ribet, kebayang gak kalian apa jadinya pinjaman-pinjaman yang ada di aplikasi Android? Pernah dipikirin gak hal-hal ini sebelum mengajukan kredit melalui aplikasi:

  • Duitnya duit punya siapa?
  • Kenapa kok gampang banget bisa dapet kredit? (dalam hitungan jam?)
  • Kok gak ada syarat ribet sama sekali sih?
  • Trus gimana mereka (yang punya duit) bisa yakin kalo gue bisa balikin duit?
  • Apa yang harus gue korbankan buat dapet duit (kredit) gampang ini? 
Kembali ke atas

Duit Investor dan Ketelitian Sebelum Pinjam Duit

Duit di aplikasi kredit cepat itu punya investor dan investor bukan panti sosial. So, get real!Jan cengeng kalo pas tiba waktunya buat bayar. Click To Tweet

Jadi ya, kenapa di bank itu kalo mau kasih kredit ribet abis, karena duit yang mau dipinjamkan adalah duit dari masyarakat yang disimpen dalam bentuk rekenind tabungan, giro dan deposito. Ini kan fungsi utamanya bank sebagai lembaga intermediary. 

Sementara kalo pinjaman yang ditawarkan di aplikas-aplikasi kredit tanpa jaminan itu duitnya pemodal. Duitnya investor. Entahlah itu duit yang mereka kumpulkan dari investor-investor lain atau duit pribadi. 

Logikanya, kalo kita aja pake duit buat usaha, yang kita cari apa? Keuntungan kan. Nah para investor juga sama. 

Tapi keuntungan kan datang bukan tanpa risiko. Kalo dari sisi bank, untuk ngejagain risikonya dilakukan analisa mendalam dan menyeluruh. Lha kalo kredit tanpa jaminan yang pengajuannya tiga jam approve? Menurut manteman dari mana mereka ngejagain risiko duitnya gak balik? 

Dari biaya-biaya yang dikenakan dan dari bunga kreditnya yang memang sangat tinggi.

Yes, biaya dan bunga merupakan salah satu cara untuk memitigasi dan meminimalkan risiko. Bahkan di bank pun juga seperti itu. Kalo KTA di bank pun, bunganya juga lebih tinggi kan? Ya karena risiko yang dihadapi bank lebih tinggi. 

Dengan menggunakan logika tersebut, memang wajar kalau pinjaman tanpa jaminan mengenakan biaya dan bunga yang sangat mahal.

Kembali ke atas

Pahami Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Kalo manteman sudah memutuskan untuk pinjem duit melalui salah satu aplikasi kredit tanpa jaminan, baca baik-baik syarat dan ketentuannya.

Di sebuah aplikasi pasti ada akses-akses yang diminta ketika kita install di smartphone. Seperti akses ke lokasi, kontak yang ada di smartphone, history telepon atau bahkan mungkin akses ke file-file yang ada di smartphone kita.

Selain akses yang diberikan, pahami dengan baik juga bagaimana teknis pinjam-meminjam dan pengenaan biaya terkait transaksi yang dilakukan. 

Jangan sampai pemahaman cuma berhenti sampai berapa besar dana yang bisa dipinjam, biaya administrasi di awal, tanggal jatuh tempo dan berapa besar bunga pembayarannya. Pahami juga beberapa hal ini:

  • Bagaimana perhitungan bunganya. Apakah dihitung hanya berdasarkan pokok pinjaman yang kita dapatkan ataukah juga bunga juga dihitung atas biaya yang kita bayarkan.
  • Adakah potongan terhadap uang yang kita pinjam di awal yang dihitung sebagai pembayaran bunga di awal.
  • Berpa biaya administrasi yang dikenakan di awal?
  • Bagaimana mekanisme pembayarannya, apakah langsung debet rekening atau harus transfer ke rekening tertentu. 
  • Teknis pencatatan penerimaan pembayaran untuk menghindari keterlambatan pembayaran.
  • Jumlah denda yang harus dibayarkan apabila terjadi keterlambatan pembayaran.
  • Penghitungan bunga ketika terjadi keterlambatan karena umumnya bunga akan ditambahkan dengan persentase tertentu yang merupakan bagian dari denda. 

Ada lagi gak kira-kira? Banyak bok emang. Mestinya lebih banyak ya daripada syarat dan ketentuan yang berlaku di bank

Kok bisa gitu? Yakarena gampang banget dapet duit dari aplikasi kredit tanpa jamina ini mamen!

Makanya, kalo kalian sudah berani mengajukan aplikasi kredit lewat sistem aplikasi online ini, artinya kalian sudah menyatakan setuju sama terms and condition yang diajukan. Menurut gue nih ya, selama yang dilakukan sama penyedia jasa pinjaman ini sesuai dengan apa yang tertera di aplikasi, gak ada yang namanya penipuan.

Soal mereka melanggar privasi dengan menelepon orang-orang di daftar kontak kita sih memang masih bisa diperdebatkan. Tapi ketika melakukan pengajuan, aplikasinya sudah bertanya dan meminta persetujuan pengguna bukan?  

Kembali ke atas

Kesimpulan, Ambil Kredit Tanpa Jaminan Melalui Pinjaman Online?

Kalo gue pribadi sih sampe sekarang lebih menyarankan buat gak ngambil kredit tanpa jaminan melalui pinjaman online yang sekarang lagi marak ini ya manteman. Saran gue mending cari alternatif pinjaman dulu dari tempat lain. 

Kalopun sampe harus pinjem dari pinjaman online, pastikan dulu kalo kalian emang sudah punya duit buat bayarnya. *lah pegimana sih! Kalo punya duit ya gak pinjem malih!

Maksud gue, pastikan dulu kalo kalian sudah ada langkah buat nyari duit buat bayarnya. Inget, minjem duit di manapun itu kudu dibalikin. Itu punya orang. 

Kalo kalian dah mau minjem, berarti kudu siap sama segala konsekuensi yang datang bersama duit yang kalian pinjem itu. 

Ada pendapat manteman tentang kredit tanpa jaminan sekaligus pinjaman online ini? Share dong di kolom komen! Thengs!

Kembali ke atas

Advertisements

8 Comments

  1. etty similikitty

Psst... Rugi loh, habis baca gak komen. ;)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh