Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa Rantau

Tulisan Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa Rantau ini adalah postingan tamu dari teman blog gue yang baik banget orangnya, Christa, yang aktif nulis di ChristaBercerita.com. Cerita-ceritanya di blog sungguh enak dibaca dan pas banget belio mau nulis tentang tips menghemat uang ala mahasiswa rantau di sini. Pas banget!

Silahkan dinikmati! Terutama buat yang sedang bersiap-siap atau sedang menempuh studi di negeri orang! πŸ™‚

=========

Pada tahun 2009 – 2010 yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk merantau sambil kuliah ke Inggris Raya, tepatnya kota Bournemouth yang letaknya di selatan, sekitar 2 jam dari London.Β Cerita bagaimana kehidupan di sana dapat dibaca di postingan Life in Bournemouth di blog saya.

Kebetulan sebelum itu saya belum pernah sama sekali merantau, jadi sempat juga merasakan kaget ketika menyadari bahwa saya harus mengurus semuanya sendiri. Kekagetan yang saya alami terutama dalam hal mengatur keuangan pribadi selama disana.

Untungnya, setelah beberapa kali trial and error, akhirnya saya ketemu resep menghemat uang dan bisa survive selama 1 tahun kuliah di Inggris. Pada guest post di blog Dani kali ini, saya akan coba berbagi beberapa tips menghemat uang ala mahasiswa rantau versi saya, semoga relevan dan berguna πŸ™‚

Poin Penting Dalam Tips Menghemat Uang ala Mahasiswa Rantau

Tentukan Budget

Budget untuk Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa Rantau

Budget untuk Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa Rantau

Hal pertama yang saya lakukan waktu itu adalah menghitung semua biaya kebetuhan saya perbulan dan juga menentukan budgetnya. Budget saya waktu itu dibagi jadi 2; Fixed dan Variable.

Fixed budget itu maksudnya untuk hal – hal yang sudah saya ketahui pasti misalnya biaya sewa tempat tinggal. Sedangkan variable budget, seperti namanya, variable budget adalah budget untuk hal yang masih bisa saya atur sesuai kebutuhan dan lebih fleksibel. Misalnya budget hiburan dan senang – senang, atau makan.

Dengan membagi menjadi dua macam budget begitu, saya punya fleksibilitas untuk mengatur keuangan bulanan tanpa menghabiskan semua jatah biaya hidup saya.

dani’s note: baca postingan Financial Checkup dan download spreadsheet budget yang sudah gue siapkan sebelumnya.

Fleksibel dengan Variable Budget

Bagian ini sebenarnya hanya ilustrasinya bagaimana saya menggunakan kedua budget di atas:

Di suatu bulan, kebetulan pengeluaran saya sedikit berlebih, sehingga saya harus memotong budget tertentu supaya tetap cukup. Kategori yang pertama kali saya potong biasanya hiburan dan senang – senang. Kalau biasanya saya punya budget Β£20 untuk hiburan tiap minggunya, saya bisa alihkan uang itu untuk mencukupi kebutuhan lainnya.

Kalau benar – benar mendesak, saya potong lagi biaya lainnya. Paling parahnya, saya pernah β€œterpaksa” bertahan dengan indomie dan masakan frozen (yang harganya murah banget!) di suatu bulan! Kadang ada keperluan mendesak yang tidak kiraΒ  – kira dan tidak bisa ditunda kan?

Ah, kalau ingat masa itu, Indomie memang penyelamat anak rantau ya! πŸ˜‰

#MahasiswaHematDiRantau #1: Bagi dua budget menjadi fix & variable budget. by @christachi Click To Tweet

Masak Sendiri Makananmu

Iya, saya masukkan memasak sendiri dalam urutan kedua tips menghemat uang ala mahasiswa rantau ini. Sebelum merantau, saya tidak bisa masak. Tetapi selama di Inggris, saya mau tidak mau jadi belajar memasak untuk menyelamatkan budget, hehehe.

tips-menghemat-uang-ala-mahasiswa-rantau-memasak-sendiri

Pada tahun itu di Bournemouth yang merupakan kota kecil, biaya makan siang di kantin kampus bisa mencapai sekitar Β£5-10 per hari. Dihitung saja kalau kita ke kampus 5x seminggu… Bisa habis uang bulanan saya! hehehe…

Akhirnya saya memutuskan masak sendiri dan bawa bekal dari rumah. Disini juga saya belajar untuk makan apa adanya, tidak perlu masak makanan yang heboh ala restoran padang, asal tumis yang penting bisa dimakan. Otomatis bahan yang saya gunakan juga tidak banyak dan mahal.

Sebagai gambaran, pada tahun itu saya biasanya menghabiskan sekitar Β£25-Β£30 per 10 hari untuk belanja groceries (termasuk perlengkapan rumah tangga) bagi diri saya sendiri.

Oh ini ada tips menghemat uang ala mahasiswa rantau tambahan yang tidak perlu dibuatkan poin khusus tapi penting! Sebaiknya cari teman senasib ketika belanja, karena sering sekali supermarket disana punya promo buy 1 get 1 atau harga spesial kalau beli lebih banyak, sehingga kamu bisa patungan dan lebih hemat!

dani’s note: baca juga tulisan gw tentang masak-memasak: Saya Aja yang Masak!

#MahasiswaHematDiRantau rantau #2: masak sendiri makanan, cukup yang sederhana dan bergizi. By… Click To Tweet

Manfaatkan Kartu Pelajar

manfaatkan-kartu-mahasiswa-tips-menghemat-ala-mahasiswa-rantauMemanfaatkan kartu pelajar yang kita pegang masuk dalam urutan ketiga tips menghemat uang ala mahasiswa rantau karena fungsi kartu pelajar cukup penting. Di Inggris, sebagian besar universitas tergabung dengan organisasi yang namanya National Union of Students (NUS).

Jadi, kartu pelajar saya waktu itu sama dengan kartu anggota NUS, dan dengan adanya logo NUS, kartu pelajar saya jadi kayak kartu diskon! Hehehe. Asik banget ya! (dani’s note: coba di Indonesia sudah menggunakan sistem ini ya! πŸ˜›)

Salah satu diskon yang lumayan berguna bagi saya adalah diskon bus keliling kota. Kemanapun di kota Bournemouth menggunakan bus tipe M, saya bisa mendapatkan harga khusus. Selain itu, banyak juga toko dan restoran yang menawarkan diskon jika kita bisa menunjukkan kartu pelajar ketika melakukan transaksi.

Lumayan banget kan?! πŸ™‚

dani’s note: baca juga postingan bagaimana gue tergoda promo diskon

#MahasiswaHematDiRantau #3: Manfaatkan kartu pelajar untuk mendapatkan diskon! By @christachi Click To Tweet

Cari Kerja Paruh Waktu

Sebagai mahasiswa asing di Inggris, saya diperbolehkan kerja paruh waktu selama maksimum 20 jam per minggu. Jadi pastinya ini saya masukkan di urutan berikutnya untuk tips menghemat uang ala mahasiswa rantau dong ya πŸ™‚

Pada saat itu, karena masih mengutamakan kegiatan perkuliahan, saya hanya mengambil maksimal 10 jam kerja setiap minggunya. Siapa sangka, itupun ternyata sudah cukup memenuhi kebutuhan biaya hidup saya. Bahkan saya masih bisa liburan juga! Padahal, saya dibayar dengan upah per-jam minimum karena saya bekerja di restoran cepat saji!kerja-paruh-waktu-tips-menghemat-uang-ala-mahasiswa-rantau

#MahasiswaHematDiRantau #4: Cari kerja paruh waktu untuk tambahan uang. By @christachi Click To Tweet

Berdasarkan pengalaman teman – teman lainnya, bekerja paruh waktu di lingkungan kampus biasanya memberikan upah yang lebih besar dan pastinya lingkungan kerja yang lebih kondusif, misalnya di perpustakaan atau fasilitas kampus lainnya. Tapi, kalau ingin kerja di lingkungan kampus, saran saya cepat – cepat daftar ketika mulai kuliah ya, karena biasanya lowongannya sedikit dan yang mendaftar banyak sekali.

Jadi, kalau memang status visa dan dokumen kamu memperbolehkan, saya menyarankan untuk kerja paruh waktu, untuk menambah – nambah uang dan pastinya menambah pengalaman.

#MahasiswaHematDiRantau: kerja paruh waktu menambah uang dan pengalaman. By @christachi Click To Tweet

Sekian guest post saya kali ini, terima kasih untuk Dani atas kesempatannya dan terima kasih kepada teman – teman yang sudah membaca. Kalau ingin tahu cerita – cerita lainnya ketika saya merantau di Inggris, silakan kunjungi kategori belajar di luar negeri di blog saya ya πŸ™‚

Salam,

=================

Penutup dari Gue tentang Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa Rantau

Terimakasih banyak Christa! Tentu saja postingan ini bakalan sangat bermanfaat sekali buat teman-teman yang akan kuliah di luar negeri atau yang sekarang mungkin sedang belajar. Gue sendiri memang belum pernah kuliah di luar negeri tapi insyaAllah berguna kalo nanti dapet beasiswa juga. Amiiiin!

Silahkan buka kategori Dana Pendidikan buat baca-baca tentang bagaimana menyiapkan masa depan si buah hati.

Waktu cari-cari video tentang tips menghemat uang ala mahaiswa rantau, gue gak dapet. Tapi malah dapet video dari TV Kampusnya ITS tentang tips menghemat untuk mahasiswa secara umum (dan pastinya di dalam negeri). Siapa tahu berguna untuk teman-teman yang lain yang baru mulai kuliah:

Beberapa tips sama seperti masak sendiri, dan membuat budget. Toh mahasiswa di dalam negeri juga merantau meninggalkan kampung halamannya kan ya? πŸ˜€

Jadi teman-teman ada tips menghemat ala mahasiswa rantau yang lainkah? Atau kalau tertarik dengan tulisan Christa dan ingin baca lebih banyak, langsung saja klik dan main ke blognya Christa!

 

 

 

Advertisements

24 Comments

  1. fee

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Translate Β»
Kirim email ke halo@danirachmat.com buat jadi penulis tamu di blog iniBaca syaratnya
+
%d blogger menyukai ini: