Jangan Kaget Waktu Hitung Angpao Lebaran Anak! Ini Alternatif Pemakaiannya Buat Masa Depannya yang Cerah!

Ngelihat jumlah duit yang diterima A, gue langsung kepikiran gimana memanfaatkan angpao lebaran anak. Cuma di hari pertama lebaran udah berhasil ngumpulin hampir sejuta.

Buat yang baru punya anak atau anaknya masih kecil, mungkin bakalan terkejut betapa anak bisa jadi mesing pengumpul duit di lebaran ini. Atau buat yang merayakan Imlek, pasti juga ngerasain ini. Salah satu temen cerita, anaknya pas imlek bisa terima angpao dalam hitungan juta.

Jadi selain uang THR, lebaran ini juga ada uang dengan nominal lumayan besar yang kudu bijak alokasinya.

Buat anak kecil, selain baju baru, uang baru juga jadi yang ditunggu di momen lebaran. Click To Tweet

Pasti yang udah pengalaman jadi orang tua udah pada paham nih bagaimana memanfaatkan angpao lebaran anak yang diperoleh tiap tahun. Eh ato malah habis tak bersisa gitu aja? *Ihik!

Sebelum gue lanjut dengan artikel memanfaatkan angpao lebaran anak ini, coba deh disimak video cerdas 5 menit dari Manulife ini:

Gimana? Udah dilihat kan? Sama ternyata yang ada di pikiran gue sama isi videonya #eaaaaa. Yakali males baca tulisan gue, lihat aja video di atas.

Bagaimana Memanfaatkan Angpao Lebaran Anak untuk Masa Depannya?

Banyak banget alternatifnya sebenarnya buat pertanyaan di atas. Pilihan yang diambil pun tergantung usia anak. Apalagi sekarang ini pemerintah sudah punya Gerakan Indonesia Menabung,yang sudah dicanangkan dari tahun 2010, yang artinya pilihan tabungan untuk anak pun semakin banyak.

Tapi selain ditabung di Tabunganku, ini alternatif pilihan memanfaatkan angpao lebaran anak:

Buka Rekening Khusus Anak/Tabungan Rencana Atas Nama Orang Tua

Paling gampang yang dilakukan sama orang tua sih ini. Apalagi kalo anak masih terlalu kecil buat ngerti soal konsep duit. Gak usah pake bilang-bilang ke anak, duit angpao yang terkumpul langsung aja dibukain rekening.

Karena kerja di bank, di tempat kerja gue yang sekarang sih buka rekening yang programnya gak kena biaya dan karena karyawan dapet imbal hasil yang lumayan. Jadinya ya kami kumpulkan di situ.

Selain duit lebaran, tiap bulan kami transfer rutin dikit sih ke situ. Buat kumpulin duit buat A aja. Bukan duit dana pendidikan or whatsoever. Karena kalo buat dana pendidikannya kami kumpulinnya di reksadana dan saham. 😀 Ya kali nanti kalo udah lumayan jumlahnya bisa dipake buat yang lain (gue juga belom kebayang apaan dan sekarang udah kekumpul lumayan di rekening ini).

Satu yang harus diinget, kalo memang mau memanfaatkan angpao lebaran anak dengan buka tabungan, gak usah tergoda iming-iming hadiah tabungan ya. Buka saja yang memang sesuai dengan tujuan dan memberikan manfaat maksimal!

Buka TabunganKu Atas Nama Anak

Nah, kalau misalkan anak udah sekolah, punya kartu pelajar dan udah ngerti soal duit. Bisa loh memanfaatkan angpao lebaran anak dengan buka rekening atas nama mereka. Sejauh ini yang gue tahu kalo tabungan anak yang bisa dibuka bener-bener atas nama anak ya TabunganKu.

Bagian dari Gerakan Indonesia Menabung ini memungkinkan anak buka rekening tabungan dengan minimum setoran awal cuma Rp. 20 ribu dan tanpa biaya administrasi.

Dengan nabung uang yang mereka dapatkan di tabungan, kita bisa juga mulai ajarkan anak buat menunda keinginan. Menyisihkan duit yang mereka punya untuk dibelikan barang yang mereka inginkan di kemudian hari. Dengan begini, anak akan terbiasa buat merencanakan keuangannya.

Ada artikel menarik dari Business Insider yang bilang kalo delayed gratification adalah kunci dari kesuksesan finansial.

Buka Reksadana

<p>Ilustrasi Reksadana . KONTAN/Muradi/2014/08/12</p> sebagai salah satu cara memanfaatkan angpao lebaran anak

Ilustrasi Reksadana . KONTAN/Muradi/2014/08/12
sebagai salah satu cara memanfaatkan angpao lebaran anak

Nah-nah-nah. Kalo sampe sekarang ada yang masih ngerasa reksadana itu ngerih, penuh dengan mitos dan takut buka reksadana, coba deh ubek-ubek blog ini buat baca-baca tentang Reksadana.

Menurut gue, reksadana masih jadi salah satu alternatif investasi yang cukup  bagus kalau ingin merencanakan keuangan ke depan. Apalagi dengan memperhitungkan tingkat suku bunga perbankan dan juga inflasi.

Jumlah yang diterima anak-anak pas banget kalo misalkan manteman yang punya anak mau mulai memanfaatkan angpao lebaran anak buat buka reksadana. Kayak jumlah yang diterima A tadi dengan nominal hampir sejuta, sudah bisa dipake buat reksadana yang pembelian awalnya cuma Rp. 500 rebu.

Apalagi kalo misalkan masih takut banget buat masuk reksadana. Beli aja dulu reksadana pasar uang. Anggap aja uang angpao tadi sebagai percobaan. Gak usah ditambah-tambah tiap bulan. Sekali beli reksadana dengan memanfaatkn angpao lebaran anak, biarin aja dulu setahun buat lihat perkembangannya. Tahun depan kalau lihat dananya berkembang masa gak pengen nambah kan yes?

Nah kalo misalkan tahun depan dananya malah jatuh, gak perlu panik. Coba baca dulu artikel Help! Duitku Hilang? (Apa yang Perlu Dilakukan Kalau Nilai Reksadana Jatuh).

Buka Rekening di Sekuritas untuk Investasi Saham

Stock Market

Stock Market

Yup, kalo misalkan manteman punya profil risiko yang lebih agresif (coba klik buat cek profil risiko kalian), bisa loh memanfaakan uang angpao lebaran anak dengan buka rekening di sekuritas. Kayak duitnya A yang kekumpul di rekening seperti yang gue sebutkan tadi, jumlahnya sudah cukup buat buka rekening di sekuritas.

Nah setelah buka rekening, kalian bisa beli saham-saham yang memang bagus buat investasi jangka panjang. Gak usah mikir terlalu ribet buat investasi di saham ini. Ngikutin sarannya Warren Buffet: beli saham yang setelah kita beli, 30 tahun lagi perusahaannya masih bakalan ada di market.

Sederhananya sih itu ya. Bihihihik.

Gw nyobain kemaren beli sahamnya perusahaan Susu Ultra yang notabene tiap hari diminum sama A. Ya gw mikir kalo misalkan Indonesia populasinya masih kayak sekarang, pasti masih banyak yang akan minum susu. Eh bener, gak nyampe setahun harganya udah naik 15%an. Bihihik.

Ada beberapa tulisan di blog ini dengan kategori investasi saham. Sok dibaca-baca dulu kalo misalkan pengen tahu tentang investasi di saham buat memanfaatkan angpao lebaran anak.

Beli Emas

“Gak ah Dan, saran buat investasi di pasar modal gak masuk ke kamus kami!”

Kalo ada yang berpikir begitu dan lebih nyaman investasi di emas, sok atuh beli emas untuk memanfaatkan angpao lebaran anak. Apalagi kejadian Brexit sama beberapa kejadian sebelumnya kemarin udah bikin harga emas naik ya?

Investasi Emas

Investasi Emas

Ya mayan lah bisa dapet 5 gram emas logam mulia kan dari uang angpaonya anak?

Kalo dirasa kekecilan beli yang 5 gram, bisa juga duitnya dibukain rekening tabungan kayak di poin pertama tadi. Atau dibukain tabungan rencana dengan ditambahin dikit sama orang tuanya tiap bulan selama setahun. Setelah duitnya terkumpul baru dibeliin emas.

Nah, yang perlu diingat, sebaiknya teman-teman fully aware kalo emas bukanlah selalu instrumen investasi yang terbaik. Masih diperlukan penyimpanan dan ada risiko kehilangan dan juga risiko volatilitas dan harga yang belum tentu naik. Coba baca tulisan tentang apa saja yang gue pelajarin dari investasi emas.

Bayar Pendaftaran Les yang Disuka Sama Anak

Bayar les dengan memanfaatkan angpao lebaran anak

Bayar les dengan memanfaatkan angpao lebaran anak

Okedeh, semua investasi sudah ada posnya dan sudah terbayar trus anak pengen banget ikutan les. Entah itu les musik, les matematika atau les apapun itu. Bisa loh memanfaatkan angpao lebaran anak buat bayar biaya pendaftaran lesnya.

Kan jaman sekarang biaya les suka ajaib ya?

Nah saran gue sih, daftarin anak ke les yang emang dia suka. Ora usah kena peer pressure anaknya tetangga les ini anak harus les ini, temen sekolah les itu anak harus les itu. Usahakan les yang didaftar emang anak suka dan bikin dia bahagia.

Yakalik umur 3 tahun udah dilesin Bahasa Inggris dan Kumon biar gak kalah sama anak tetangga kan?

Biaya Wisata Keluarga (?)

wisata keluarga dengan memanfaatkan angpao lebaran anak

wisata keluarga dengan memanfaatkan angpao lebaran anak

SEMUANYA udah dibayar deh pokoknya dan keluarga jarang banget maen-maen atau jalan-jalan ramean ke suatu tempat. Nah-nah-nah, gimana? Kira-kira setuju gak buat memanfaatkan angpao lebaran anak buat bayarin biaya jalan-jalannya?

Yagapapa juga sih kalo misalkan memang mau dipakai untuk biaya jalan-jalan. Dengan begitu kan gak perlu mengganggu dana-dana lainnya. Jadi jalan-jalan setahun sekali sudah pasti posnya.

Dengan dana yang lumayan, uang angpao bisa dipakai buat beli bahan bakar mobil, beli tiket masuk dan konsumsi selama jalan. Yegak-yegak? 😀

Beli Mainan Dengan Harga yang Lumayan Mahal(?)

Okedeh, gak dipake jalan-jalan. Tapi anak pengen banget maenan yang mahal yang sudah dibayang-bayangin dari sejak setengah tahun lalu.

Harga mainan anak ini cukup mahal dan sayang aja dibelikan pake duit yang sehari-hari dikumpulkan sama ayah-bundanya. Mending beli reksadana buat biaya pendidikan kan daripada dipake buat beli mainan?

Nah ini kan anak yang dapet uangnya ya. Wajar gak kalo misalkan memanfaatkan angpao lebaran anak buat beli mainan idamannya? Nah ini bisa dijadikan kesempatan buat anak menunda keinginannya juga sebenernya.

beli mainan anak yang lumayan mahal dengan memanfaatkan angpao lebaran anak

beli mainan anak yang lumayan mahal dengan memanfaatkan angpao lebaran anak

Bisa ada dua alternatif ngejanjiin anak mainan dengan memanfaatkan angpao lebaran anak atau kasih alokasi bulanan biar disimpen sama si anaknya. Mana yang kira-kira kalian pilih?

Final Word tentang Memanfaatkan Angpao Lebaran Anak

Jadi ya, dengan semakin meningkatnya tingkat kesejahteraan dan meningkatnya kelas menengah seperti diberitakan Antara News, uang angpao yang diterima sama anak-anak kita sekarang kayaknya jauh melebihi yang gw sama lu pade terima jaman dulu. Apalagi kalo kita sendiri berasal dari keluarga keluarga dengan banyak sodara.

Dengan uang angpao berlimpah itu, kalo bisa sih jangan sampe salah dimanfaatkan. Jangan kejadian beli handphone baru dengan memanfaatkan angpao lebaran anak, atau malah beli yang emang gak ada hubungannya sama anak. Sebisa mungkin sih ya pakai uangnya buat masa depan anak. Buka rekening, beli reksadana, beli saham buat masa depan anak.

Gimana, ada tambahan gak gimana memanfaatkan angpao lebaran anak dari manteman semuanya?

 

Advertisements

41 Comments

  1. dey
  2. Sari Novita

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Ingin membaca artikel perencanaan keuangan lainnya? Buka
+
%d blogger menyukai ini: