[Money Talk] Keuntungan Menggunakan e-Banking

Apaaaa???? Belom pake e-banking ato apapun semacamnya?? Seriuss?? *trus digaplok ama massa

Seriusan deh. Siapa di sini yang punya rekening bank, punya smartphone (dan mungkin modem mifi) dan selalu gak pernah kehabisan kuota tapi kalo isi pulsa masih sms langganan buat isiin ato di warung terdekat?

Ya ga ada salahanya jugak sih ya, bagi-bagi rejeki ya neik…

Cuman kalo misalkan semua-musa transaksi masih dilakukan manual kayatoh misalkan mau transfer uang pendaftaran workshop brush lettering (yang kalo gw bakalan ikut tanggal 20 ini sama si @besinikel) atau bayar tagihan kertu kredit dan atau bayar tagihan listrikΒ di cabang bankΒ sementara itu tadi, punya smartphone dan selalu ada kuota internet, gak sayang waktunya dan tahan ribetnya ceu?

*songong bin nyinyir banget gak sih pembukaan postingan gw ini.

Pas dari kemaren emang mau posting tentang ini kok baca di Kontan ama Kompas tentang transaksi e-banking yang semakinΒ membesar aja jumlahnya. Tahun 2014 jumlah transaksi e-banking mencapai Rp. 6.447 trilyun dan diprediksi bisa sampe Rp. 8.058 trilyun. Transaksi e-banking yang dimaksud di sini termasuk di dalamnya, ATM, mobile/sms banking dan internet banking.

Buat gw sih, nyaman-nyaman aja transaksi e-banking ini dan beberapa keuntungan yang gw sendiri rasakan:

1. Hemat waktu banget.

Ya iyalah ya, kalo semua yang kita lakukan gak perlu ngantri kayak dulu. Iyes, gw sempat merasakan antri berjam-jam cuman buat setor ato transfer. Dan gw pernah juga merasakan penderitaan ngatur orang yang antri berjam-jam di cabang.

Save your time, antri aja di ATM. Kalo bank yang kita pake cukup gede, biasanya gak terlalu berjauhan udah ada ATM lain kalo satu ATM antri. Lebih afdhol lagi kalo gak pake ngantri. Tinggal tekan tombol di smartphone.

2. Hemat biaya

Tahu gak sih, kalo bank itu ngitung loh biaya per orang yang transaksi di setiap channel mereka dan yes, biaya terbesar adalah orang yang transaksi di cabang. Makanya kan kalo ke cabang, setor duit sendiri pun sekarang sudah ada yang kenain biaya, CMIIW.

Makanya bank berame-rame mendorong nasabahnya buat transaksi di mesin-mesin yang ada karena biayanya jauh lebih murah. Lah, hemat biaya buat bank aja dong? Kagak! Buat kita juga.

Biasanya sih kita dikasih diskon-diskon biaya kalo transaksi lewat e-banking. Kayak misalkan biaya transfer kliring dan RTGS, kalo lewat aplikasi mobile bankig dan atau internet bankin, biasanya biaya per transaksinya lebih murah.

3. Bank pribadi 24 jam

Pernah ngerasain ada tiket promo yang buka tengah malem salenya dan konfirmasi ditunggu maksimal setengah jam kemudian? *well, gw belom pernah sih. Hahaha. Yang gw pernah alami adalah kudu beli pulsa karena paket internet habis masa berlakunya dan pernah juga harus transfer ke Bapak Ibuk malem-malem.

Apakah kemudian gw pergi ke luar nyetir ke ATM? Bokk, meskipun ATM juga salah satu e-banking, tapi kalo tengah malem kudu nyetir ke sana, ogeng deh.. πŸ˜€

Kagak dong ah. Cukup pencet beberapa kali, pulsa terisi dan Bapak Ibuk sudah tenang karena sudah ditransfer.

=======

Memang sih ada beberapa transaksi yang baru tersedia di channel ATM doang, tapi most of the daily transaction sekarang sudah ada dan bisa dilakukan di mobile banking dan internet banking. Bahkan ada yang yang sampe beli reksadana pun bisa dilakukan lewat internet banking.

Jadi kenapa gak memanfaatkan kemudahan yang bisa diperoleh dari e-banking dan menghemat waktu kita kan yes. Sudah pake channel e-banking apa aja nih? Sudah merasakan kan ya keuntungan menggunakan e-banking?

Postingan lain tentang keuangan:

[display-posts category=”finance”]

Advertisements

41 Comments

  1. scootzy
  2. bemzkyyeye
  3. kelana kembara
  4. Pembicara Internet Marketing

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate Β»
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: