Udah Siapin Duit Buat Super Long Weekend?

Gimana-gimana, ada yang masih packing? Udah siapin duit buat super long weekend-nya belom? Jangan sampe ketinggalan loh ya karena jalan-jalan gak bawa duit mah ibarat ke restoran tapi gak bawa duit. *lah sama ajah toh yes? *trus dipeperin sambel. Gak bisa beli apa-apa dan gak bisa ngapa-ngapain toh ya. Jadi liburan long weekendnya jadi kurang berkesan kan kalo gak bisa beli oleh-oleh atau sekedar beli memory card cadangan kan (karena yang sebelumnya udah kepenuhan)?

Bahagia banget karena udah siapin duit buat super long weekend (image dari giphy.com)

Bahagia banget karena udah siapin duit buat super long weekend (image dari giphy.com)

Jangan sampe aja udah sebahagia itu eh lhadalah gak bisa bayar. Ini seriiing banget kejadian ama gw. Udah antri lamaaa banget di tol yang macet, eh giliran mampir ke rest area isi bensin, bahkan buat beli keripik sama kopi kalengan duitnya gak cukup kalo mau bayar isi bensin sekalian. Untung ada Bul yang selalu siap sedia. Ihikk!

Jadi apa aja sih yang gw lakukan pas siapin duit buat super long weekend?

1. Tarik Duit yang Cukup dari Mesin ATM

Iya, yang cukup aja. Hitung berapa banyak bayar-bayaran yang bakalan dilakukan dan tarik secukupnya. Jangan kebanyakan. Narik duit kebanyakan dan simpen di dompet bakalan bahaya. Bahaya karena risiko ilang jadi lebih gede dan bahaya karena bakalan lebih gampang tergoda buat belanja!

Kebanyakan narik duit dari ATM buat jaga-jaga malah berpotensi bikin boros dan bikin duit idle! Click To Tweet

Biar aman dan cukup sih bikin checklist apa aja yang bakalan dibayar tunai. Hitung yang pasti dulu kayak beli bensin, bayar tol, atau apakek yang tunai. Beli koran kali ya?  😛

2. Bayar Tagihan/Isi Ulang Duit Plastik

Sebagian besar transaksi perjalanan bisa menggunakan uang plastik, mulai dari isi bensin sampai… Click To Tweet

Yes, duit plastik yang gw maksud ini kartu kredit, atau kartu-kartu prabayar lainnya. Eh termasuk juga di dalamnya kartu debit sih ya. Nah, dibandingkan ambil duit tunai kayak di poin pertama, mending siapin baik-baik deh duit plastiknya.

hutang-debt-finance-credit-card

Kalo emang cuman pake kartu debit ya udah, duitnya yang mau dipake ditransfer dulu ke rekening yang ada kartu debit buat operasionalnya. Kalo pake kartu kredit, pastiin tagihan udah dibayar dan ada sisa limit yang bisa dipake. Ato kalo pake duit plastik yang berupa kartu prabayar macem BCA Flazz atau Mandiri e-money, ya isi ulang aja dulu di poin-poin pengisian yang ada.

Saran gw sih bakalan lebih gampang maintain duit-duit plastik dari satu bank penerbit. Inilah juga yang bisa jadi salah satu alasan selain pertimbangan lainnnya untuk buka rekening yang pernah gw tulis beberapa waktu lalu.

Pemakaian duit plastik dari bank yang berbeda-beda, paling gak bakalan bikin kantong jebol buat bayar biaya administrasi kalo mau bayar tagihan atau mau isi ulang saldonya. Dengan uang plastik, siapin duit buat super long weekend-nya gak perlu terlalu ribet. Dompet pun gak keliatan terlalu tebel dan gak jadi inceran.

Beli cemilan dan kopi pun sekarang bayarnya bisa pake duit plastik. Click To Tweet

3. Charge Penuh Gadget dan Pastikan ada Internet

Nah kalo mau lebih gak ribet lagi sih, siapin gadget seprima mungkin. Pastikan koneksi internet aktif dan pake jaringan yang cepet dan tetep bisa diandalkan di mana-mana. Coba baca tentang koneksi 4G dengan jangkauan yang luas yang gw pake, siapa tahu bisa jadi alternatif.

Mobile and internet banking untuk pertimbangan buka rekening bank

Mobile and internet banking untuk siapin duit menyambut super long weekend

Ini bukan ngiklan dan bukan postingan berbayar. Koneksi internet yang gw maksudkan di sini adalah buat cater transaksi kita lewat mobile banking dan juga lewat internet banking. Karena seringnya pas liburan gini, kadang suka aja ada tagihan yang tetep harus dibayar.

Misalkan mau bayar hotel in advance buat bisa dapetin diskon dengan transfer rekening. Atau cicilan apartemen yang jatuh tempo pas kita lagi liburan atau yang paling sederhananya aja beli pulsa handphone kita, istri ato anak. Kebayang kan kalo mau beli pulsa aja kudu mampir-mampir?

Mobile banking penting buat di jalan. Beli pulsa salah satunya. 😀 Click To Tweet

=======

Udah sih 3 itu doang yang kepikiran tengah malem gini buat siapin duit super long weekendnya ini. Jadi apa aja yang kira-kira perlu disiapin terkait duit sebelum jalan-jalan? Kalo cuma mau beli buku di pameran buku terbesar yang ada di deket rumah gw mah coba baca dulu apa aja yang perlu diketahui sebelum ke Big Bad Wolf Books di ICE BSD.

 

Advertisements

25 Comments

  1. adi
  2. Surya Hardhiyana

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: