Belajar Bareng Financial Check-Up dan Prioritas Keuangan Yuk?

Bismillaaah…

Btw sebelum lanjut baca postingan yang bikin gw deg-degan ini,  baca review film The Revenant dulu aja… Sapa tahu mau nonton ntar malem (udah tayang kan ya?  ???). Hahahaha.  Hadeuh gimana ya ini mulainya..

Ini mungkin salah satu ide tergila yang gw sanggupin buat dilaksanakan. Ngadain acara belajar bareng financial check-up dan prioritas keuangan dengan gw yang ngomong dan bagi materinya. *tutup muka

Jadi-jadi-jadi sudah pada ngeh kan kalo akhir-akhir ini gw demen bikin postingan tentang tema keuangan, personal finance dan lain sebagainya dan lain-lainnya yang mungkin bikin orang males dateng ke sini ya.?? Kalo gak ngeh berarti anda beruntung tidak membaca postingan lama gw yang bikin bingung antara yang nulis ini pak bapak dan ato buibuk. ? Contohnya postingan Daddy Day Care ini deh.

Niat Berbagi Ilmu Perencanaan Keuangan dan Investasi

Kenapa akhirnya gw memutuskan banting setir ngebahas hal-hal yang ngebosenin itu tadi,  karena gw ngerasa kok rasanya sayang aja informasi dan apa yang gw tahu gak dibagiin.  

Di acara sebuah kantor

Di acara sebuah kantor

Gw pernah ikutan kursus Certified Financial Planner,  ikutan sertifikasinya dan lulus. Sempet pegang gelar Certified Financial Planner dari Financial Planning Standard Board (FPSB),  badan perencanaan keuangan internasional. Kenapa gw bilang sempet? Karena license ini harus diperbarui dengan memenuhi kredit tertentu setiap tahun dan harus bayar license.  Gw gak teruskan kejar kredit dan bayar licensenya karena emang dunia kerja gak di situ,  gak nyambung dan butuh extra effort to get there yang gw gak bisa lakukan waktu itu.  

Setelah itu gw pernah juga ikutan ujian Wakil Manajer Investasi dari Panitia Standar Profesi Pasar Modal untuk dapet sertifikatnya syang memang dikhususkan untuk standar memasuki dunia kerja di industri pasar modal dan investasi.  Ujiannya (yang katanya susah banget itupun) gw lulus,  tapi gak gw terusin ambil sertifikatnya karena lagi-lagi niat banting setir dari kerjaan waktu itu dibatalkan.  Susyah emang ya ninggalin zona nyaman. *Ihik.  

Ohiyes,  sekarang gw kerja di banking industry. Meskipun gak lagi di retail banking yang jualan produk untuk nasabah perseorangan yang nyambung dengan personal finance,  tapi gw pernah dua tahun di dunia itu.  Dua tahun dunia profesional gw dihabiskan sebagai customer service di cabang.  Jadi pretty much tahu produk-produk retail banking.

Nah gw ngerasa apa yang gw tahu bisa berguna dan ngebantu temen-temen. Karena berangkat dari pengalaman orang tua gw yang gak ngerti apapun soal ekonomi dan gak ngerti harus nyari tahu ke mana,  yaudah deh karen punya blog gw tulis aja di blog.  Siapa tahu bisa berguna kan.  Pernah nyoba nulis di blog terpisah (Celengansemar.wordpress.com)  bareng temen gw eh kemudian kudu di onhold karena temen gw ambil studi ke luar negeri.  Ihik.  Jadilah kemudian akhir tahun lalu gw putuskan buat lebih banyak nulis di blog yang awalnya campur baur ini.  Demi itu gw bikin lagi satu blog mendadakwp.com buat misahin tulisan khusus tentang ngeblog di WordPress (ditunggu kunjungannya ya kakaaaak…  Etapi alesan ajasih ini tapi sejak laptop gw rusak jadi belom kepegang *ihikk). 

Belajar Bareng Financial Check-Up dan Prioritas Keuangan

Nah,  gw kenal orang yang namanya Nik yang semangat berbaginya itu warbiyasak.  Orangnya tulus mampus yang positivity dan keinginannya memberikan yang terbaik untuk Indonesia kadang terasa menyesakkan (buat gw yang kadang bisa jadi orang ansos banget,  hihihi,  take it as a compliment Nik).  Dia ini ngajakin orang-orang buat berbagi apa yang mereka tahu (meskipun cuma sedikit).  Salah satunya ya pas kami belajar tentang SEO bareng Ryan akhir Desember tahun 2015 dan sesi pertama Ngobrol Santai tanggal 23 Januari 2016 kemarin. 

Setelah diskusi ama Nik, gw pun sepakat bikin acara semacam workshop buat belajar bareng soal Financial Check-up dan prioritas keuangan:

Ngobrol Santai Keuangan

Ngobrol Santai Keuangan

Jadi kali aja ada yang lagi lowong, trus pengen ngobrol-ngobrol tentang gimana sih cara ngecek keuangan pribadi kita udah sehat ato belum, trus gimana cara bikin catetan dan ngitung cashflow pribadi biar pemasukan lebih gede dari pengeluaran dan apa aja prioritas keuangan yang perlu didahulukan, boleh ikutan nanti ngobrol-ngobrol bareng. Kita belajar bareng.

Kalo misalkan ada pertanyaan ya akan gw jawab kalo bisa,  kalo gak bisa ya nanti kita cari jawabannya bareng-bareng. *senyum manis

Karena yang dibahas adalah tentang financial check-up dan cashflow,  amat sangat gw sarankan buat baca dulu postingan gw Financial Checkup dan Keuangan Sehat sama Cashflow dan Rasio Keuangan.

Dari dua postingan itulah yang akan kita obrolin nanti. Zemoga (iye sengaja pake Z :P) sih baca postingannya doang udah paham karena di postingan itu gw sertakan juga link untuk download tools yang bisa dipake buat ngecek kesehatan keuangan masing-masing.  Ditambah dengan prioritas keuangan apa sih yang perlu dipikirin?

Kapan,  Dimana dan Berapa Biayanya? 

Sama dengan acara ngobrol santai tentang ngeblog bareng Ryan kemaren, acara ini totally free. Duit Rp. 55.000 ini nantinya bakalan ditukerin snack buat teman-teman sekalian. Kenapa kami minta ditransfer dulu?  Untuk menghindari ribetnya tagih-menagih di tempat yang meskipun gw yakin Nik dengan suka hati menjalankan profesinya sebagai tukang tagih. *peace Nik!  ✌  

Acaranya kapan? Tanggal 20 Februari 2016 Jam 4 sore sampe jam 6 sore. Kalo ada yang nanya kenapa dibikin Sabtu sore?  Biar sekalian ghawul gitu lah habis acara.  Bahahaha.  Nanti bisa ngetes diri sendiri bisa apa kagak memegang teguh prioritas keuangan yang mau barusan dibahas?  *trus gw dijejelin kalkulator.

Tempatnya di mana?  Beezy Kaffee daerah  Wijaya.  Deket banget sama Pasar Santa. Ihik.

Beezy Kaffee Wijaya

Beezy Kaffee Wijaya

Nah begitulah semua ceritanya kenapa gw deg-degan banget mau bikin postingan ini tadinya.  Hihihi.

Kalik aja manteman tertarik buat ikutan cuss daftar ya ke temen gw Nik di nomor 081317616161. Colek aja dia lewat WhatsApp. Atau kalau misalkan tahu temen lain yang kira-kira bisa mendapatkan manfaat dari acara Belajar Bareng Financial Check-Up dan Prioritas Keuangan ini boleh loh postingannya ini dishare.  ?? Makasih banyak sebelumnya.

Yours truly,
@danirachmat (yang lagi gemeteran grogi)

Advertisements

44 Comments

  1. depz
    • da
  2. Evi
  3. evrinasp
  4. Langit Amaravati
  5. tejo

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: