Kemaren sempet rungsing, nyariin kartu ATM Mandiri kemana-mana dan gak ketemu. Akhirnya nelepon call center 14000 dan minta diblokir dulu. Pernah gak ngalamin kartu ATM Mandiri hilang dan terblokir?

Kalo dulu sih gw bakalan panik banget kalo sampe kartu ATM Mandirinya hilang karena satu-satunya rekening yang gw punya (baca di sini pertimbangkan 6 hal ini buat buka rekening biar duit kita optimal!). Untung sekarang dana operasional gak di sana. Rungsingnya lebih karena mau narik duit. Kan gak mungkin ya bok, narik duit pake mobile banking. Di Indomaret apa Alfamart aja kalo mau tarik tunai kudu bayar pake debitnya dulu kan.

[five_sixth_last] [/five_sixth_last]

Disclaimer: Postingan ini bukan postingan berbayar. Buka halaman disclaimer untuk selengkapnya.

Trus gimana dong kalo kemudian pas nyari-nyari dimana-mana gak ada itu kartu ATM Mandirinya?

Apa yang Harus Dilakukan Waktu Kartu ATM Mandiri Hilang dan Terblokir?

Telepon ke Call Mandiri 14000 atau Cabang (Mana yang Lebih Diinget)

Call Center 14000 untuk blokir kartu ATM Mandiri hilang
Call Center 14000 untuk blokir kartu ATM Mandiri hilang

Iya, begitu tahu dan yakin kalo kartu ATM Mandiri hilang, buruan telepon ke 14000 atau ke cabang tempat biasa transaksi (kalo pas jam kerja) dan minta diblokir. Pas gw kerja di sana, semua transaksi sebelum adanya laporan hilang dianggap transaksi yang sah dan gak bisa dikomplen ke bank. Jadi gak bisa dituntut balik.

Beberapa kali kejadian nih ada nasabah datang ke meja waktu gw Kerja di Bank Mandiri dulu dan minta duitnya dibalikin karena mereka ngaku kartu ATM Mandiri hilang dan terblokir tapi dananya berkurang. Ketahuan waktu cetak buku tabungan. Ternyata setelah diinvestigasi *halah, ternyata hilangnya bareng seisi dompet. Orang yang nemu jadi bisa coba-coba kartu ATM Mandirinya dengan PIN tanggal lahir yang ada di KTP dan si nasabah telat lapor. Nunggu ke bank dulu buat laporan.

Dan iyes, teleponnya untuk kartu ATM Mandiri hilang ke 14000, call center Mandiri yang gampil banget diinget. Tapi banyak juga sih nasabah yang ngerasa kesulitan dan lebih milih nelepon ke cabang karena response Interactive Voice Response (IVR) yang jawab kadang kerasa berbelit-belit. Tapi mestinya kalo untuk pelaporan kartu hilang sekarang sudah ada menu khususnya yang lebih cepat.

[five_sixth_last] [/five_sixth_last]

Ato kalo males nyari, menu IVR Call Center Mandiri 14000 buat blokir kartu ATM Mandiri hilang begitu tersambung ke 14000 adalah tekan 1 (Bahasa Indonesia) –> tekan 1 untuk pemblokiran kartu –> tekan 1 untuk Kartu ATM Mandiri debit. Informasi resmi monggi dibuka situs resminya bank ini.

Buat Laporan Kehilangan dari Kepolisian untuk Kartu ATM Mandiri Hilang dan Dateng ke Cabang

Kalo emang kartunya beneran hilang, cuss bikin laporan kartu ATM Mandiri hilang ke pos polisi terdekat. Laporan ini sangat-sangat dibutuhkan. Inget ya, bikinnya di pos polisi terdekat.

Mestinya sih gak ada biaya ya. Tapi yagitu, pernah nanya ke nasabah gw yang pernah bikin surat kehilangan gitu pada sebutin sejumlah nilai yang gak standar. Ada yang Rp. 25.000,- ada yang gratis dan bahkan ada yang Rp. 100.000,-. Mungkin ada teman-teman yang tahu berapa standarnya bikin surat kehilangan kepolisian ini?

Jadi mending cari baik-baik kartu ATMnya setelah diblokir, daripada ribet bikin surat kehilangan kepolisian kan?

Baca juga Cerita Sedih Tilang Slip Biru.

Habis surat kehilangan jadi, datang deh ke cabang Bank Mandiri terdekat untuk ngurus ganti kartu ATM Mandiri hilang itu.

Prosedur Penggantian Kartu ATM Mandiri Hilang

Kalo sudah dapet surat kehilangan kepolisian tadi, dateng ke cabang Bank Mandiri terdekat buat ganti Kartu ATM Mandiri hilang dengan membawa syarat-syarat berikut:

1. Surat kehilangan kepolisian
2. Kartu identitas yang masih berlaku (lebih baik KTP, kalo gak ada SIM bisa juga dijadikan pengganti atau passport)
3. Buku tabungan Mandiri

Kalo bawa ketiga syarat di atas, mestinya melakukan penggantian kartu ATM MAndiri hilang bisa di cabang Bank Mandiri mana saja karena sistemnya sudah online. Penggantian kartu ATM Mandiri hilang ini dikenakan biaya Rp. 15.000,-

Kalo ternyata buku tabungan Mandirinya gak tahu kemana, bisa bawa surat kehilangan kepolisian dan kartu identitasnya ke cabang Bank Mandiri tempat buka rekeningnya. Biayanya sih sama RP. 15.000,-

[bctt tweet=”Tanpa buku tabungan, penggantian Kartu ATM Mandiri hilang cuma bisa dilakukan di cabang pembuka rekening, info dari 14000″ username=”@danirachmat”]

Nah kalo misalkan dicari buku tabungannya juga hilang dan gak bisa ditemukan, dibuat aja sekalian surat buat buku tabungan dan kartu ATM Mandiri hilang. Dengan membawa surat dan kartu identitas, datang ke cabang penerbit minta untuk sekalian diganti dua-duanya.

[bctt tweet=”Biaya penggantian buku tabungan dan kartu ATM Mandiri hilang masing-masing Rp. 15.000,-” username=”@danirachmat”]

E-banking dan Internet Banking Mandiri Ketika Kartu ATM Mandiri Hilang dan Diblokir

ebanking untuk alternatif ketika Kartu ATM Mandiri Hilang
ebanking untuk alternatif ketika Kartu ATM Mandiri Hilang

Karena di bank lain ada yang memberlakukan ketika kartu ATM hilang dan diblokir maka transaksi lewat e-bankingnya gak bisa dijalankan, gw tanya lah ke call center Mandiri. Mobile banking dan internet banking jadi keblokir juga apa nggak kalo kartu ATM Mandiri hilang dan diblokir? Jawabannya enggak.

Jadi kalo misalkan emang sadar kartu ATM Mandiri hilang, sudah call 14000, waktu kartu ATM Mandiri hilang dan diblokir, kita masih bisa kok transaksi di rekening Bank Mandiri lewat mobile banking dan internet banking.

[bctt tweet=”Mobile banking dan internet banking adalah dua hal yang bisa memudahkan hidup kita. Yegaksih?” username=”@danirachmat”]

Kalo jaman lima tahun yang lalu transaksi yang bisa dilakukan lewat mobile bankingnya Mandiri cukup terbatas, sekarang mah udah banyak buwanget! Gak usah bingung. Bahkan transfer real time pun bisa ke bank lain. Jadi kalo misalkan gw yang kehilangan kartu ATM dan males ngurusnya, gw blokir aja kartu ATMnya, trus dananya gw transfer ke bank lain yang masih bisa gw akses. Atau kalo mau bayar-bayar, bisa deh lewat mobile bankingnya.

Semoga sih gak ada ya yang pake rekening Bank Mandiri dan ngalamin Kartu ATM Mandiri hilang. Biar aman damai sejahtera. Tapi kalopun ada, semoga sudah pake mobile banking dan internet bankingnya. Baca Tiga Hal yang Membuat Keuangan Lebih Sehat ini deh kalo masih gak mau nyobain mobile banking.

 

Published by dani

Seorang pencinta Bul dan A. Passionate tentang personal finance dan ngeblog. Asik jadi tempat curhat juga loh anaknya! ?

Join the Conversation

70 Comments

  1. Aku juga pernah ilang ATM Mandiri. Ilangnya entah dimana, kayaknya aku lupa ngambil lagi pas baru ambil duit. Sepertinya ilang di Bandung dan baru nyadar di Jakarta. Akhirnya bikin surat kehilangan di pospol dekat kosan di Jatinegara Kaum dulu dan mulus tanpa biaya karena dulu pas bikin pakai seragam kantor. Trus bikin di ATM di Mandiri Kawasan Industri Pulogadung, sementara dulu buka tabungannya di Kutoarjo. Waktu itu agak lama prosesnya karena harus konfirmasi ke Mandiri Kutoarjo dulu. Yang pasti nggak sehari jadi.

    1. Tergantung cabang yang mengonfirmasi dan dikonfirmasi Mbak Ratna. Kalo emang kelewat bisa lebih dari sehari. Tapi saya dulu proses (sebagai pegawai) banyak yang bisa sehari jadi Mbak. Cuma ga tahu kalo ada update policy dari Mandirinya. Kalik ada pegawai Mandiri yang baca monggo ditambahkan kalo ada yang kelewat yaaa. ???

  2. Baru kemarin ilang kartu mandiri, langsung bikin surat bayar 15 ribu buat kartunya di mandiri..

    bahkan m banking masih aktif dan tetep transaksi, nekat juga sih..

    mas aku tadi ditelpon axa ada program asuransi gratis 3 bulan, aku iyain aja kasih alamat email. duh mana takut penipuan lgai. gimana ya mas? ngadepin gitu 🙁

    1. Asuransi axanya ini yang apa Mas? Unitlink atau yang manakah? Better kalo sudah agree, telp ke call centwrnya Axa minta penjelasan lebih lanjut. Tanyain apa bisa ditanyakan ke cabang axa mandiri. Kalo rmang programnya axa life tanya dapat data dari mana. Huehehehe. Kalo khawatir callback ke call center nya Mas Wahyu.
      Perkara blokir atm dan rekening ini emang dilema sih. Kalo mobile dan internet banking diblokir juga bisa repot. Kalo ga diblokir takut data kehack dari atm memang ya Mas.

    1. Iya. jangan sampai hilang memang ya Gung. Semoga bermanfaat tipsnya. Eh semoga gak akan pernah memanfaatkan tips di postingan ini yaaa 😀

  3. Aduuuuh kalo udah kartu hilang, apalagi ATM ini paling males ya proses ngurus surat kehilangannya.
    Wajah si pak Po itu loh, sungkan2 piyeee gt [sungguh2 mengharapkan].
    Amit2 deh ilang.

    1. Karena pakai name tag kali ya Bang makanya bisa langsung proses. Untuk Mandiri beberapa instansi yang bekerja sama juga menyaratkan hal yang sama dulu.. 😀

  4. Pernah deh kayaknya aku ngalamin, langsung ke kantor polisi dan minta ganti ke cabang tempat bikinnya. Yang susah, gimana caranya kalo duit di ATM habis. Kasih tau dong Dan…hihihi

  5. Yang pernah narik uang di atm, uangnya ga keluar tapi saldonya terpotong. Deg2an banget. Takut hilang duitnya. Tapi Alhamdulillah balik aja uangnya 😀
    Kalau atm belum pernah hilang, semoga aja ga kejadian. Aamiiiin…

    1. Kalo kesalahan ATM (yang mungkin karena uangnya habis) gitu biasanya bakalan otomatis dibalikin Mbak Yanti. Hihihi. Saya pernah in charge buat ATM cabang selama dua tahun 😀

  6. pernah ilang kartu ATM mandiri, karna males mesti bikin surat kehilangan di kantor polisi alias ogah bayar hihihihi medit. jadi ngakunya atm ketelen pas ngambil duit kan kalo atm ketelen ga dimintain surat kehilangan hehehehhehehe tp sebelumnya minta diblokir lewat 14000 .

  7. surat kehilangan gratis kok…atau saya aja yang mujur ya…dulu dapat polisi baik hati..XD

  8. ih pas bangettt!!! (kupikir) ATM ku ketelen di masin ATM, udah sibuk blokir & berhasil. eh taunya ada di dompet loh, ishhh, susah kalo ambil duit 2 M, ngitungnya ribet sampe keder, kartu nya udah masuk dompet ternyata hahaha. this is a super useful one Dani 🙂

  9. wow artikelnya mantep banget nih mas, kebetulan kayakny kejadian kartu atm hilang ini agak sering nih jdi sangat membantu buat kedepanya insya Allah, terima kasih m,as dn salam kenal ya

  10. Om. Klo atm saya keblokir..terus mau ngambil ke bank syarat2nya apa aja ya…Sayangnya ktp tidak ada??
    Mohon infonya

  11. Dan masalahnya adalah, ketika kartu kita ilang di sebuah store dan ketika iseng nanya petugas. Ada yang nemuin kartu ATM kita. Nah darimana kita tau kartu entu punya kita? Sedangkan yang tertera di ATM cuma nomor kartu aja. Gimana cara cek nomor kartu punya kita. Di buku tabungan kagak ada nih.

  12. kalau hilangnya karna lupa ngambil kartu atm karna habis narik di atm apa perlu surat keterangan kepolisiaan?

    1. Kalau dulu jaman saya di cabang sih tidak. Cukup dilaporkan di ATM mana dengan membawa buku tabungan dan ATM. Tapi coba dikonfirmasi ulang ya Mas ke cabang banknya.

  13. Kartu saya hilang dan sudah minta di blokir, pas nyari2 ketemu dijalanan apakah bisa dibuka lagi di mandiri call

    1. Kalau sudah diblokir sepertinya tidak akan bisa dibuka lagi deh Mas. Paling tidak itu dulu SOP waktu saya masih kerja di Bank Mandiri. Kalau sudah diblokir, harus bikin kartu baru.

  14. Kartu atm hilang mungkin lupa ngambil pas di atm dan buku tabungan pun juga ilang padahal ini atm dari perusahaan gan.. saya bingung katanya kalau mandiri hilang dua”nya harus ganti nomer rekening berarti harus ke perusahaan dong kasih nomer rekening baru atau udah di urus pihak mandiri?

    1. As fas as I know, kalo sampe buku tabungan hilang, harus diganti nomor rekening sih. Etapi coba dulu saja bikin laporan kehilangan kepolisian dan pihak berwenang dari perusahaan datang untuk ngurus sambil bawa surat keterangan tadi itu. Siapa tahu berhasil.

  15. Kalo yg blokir rekening orgtua bisa gak?? Ato ada syaratnya u/ orgtua blokir rekening anak?? Terimakasih

    1. Seharusnya kalau rekening sudah atas nama anak, orang tua juga tidak boleh memblokir. Kecuali rekeningnya masih atas nama orang tua qq anak. CMIIW.

  16. Wkt telfon call centernya kan disuruh masukin nomor kartu, nah kan kartunya udah ilang Gimana cara kita tau nomor kartu tanpa ada kartunya? Atau bisa diketik nomor rekeningnya sj? Tks kak

  17. Dari kantor saya kata nya uang THR sudah ditransfer tapi pas saya cek saldo nya nol,apakah norek saya masih aktif atau tidak?

    1. Kalau di Bank Mandiri, peraturannya selama 3 bulan berturut-turut apabila tidak ada transaksi sama sekali maka akan dianggap pasif dan jadi dormant. Kalau seperti itu, dana yang masuk tidak akan bisa diproses.

  18. Permisi mau tanya, kan kartu atm saya hilang, saya nggk sempet telpon call centernya nah saya langsung ke polsek bikin surat kehilangan, terus langsung ke banknya bawa surat kehilangan + buku tabungan + ktp.. kira” itu udh keblokir nggk ?

    1. Dari pihak bank selama tidak ada laporan ke banknya tidak ada pemblokiran. Kalau langsung data ke bank membawa surat kehilangan, butab dan KTP baru akan diblokir ketika Mbak Hanifah melaporkan kehilangan kartunya. Baru setelah itu akan diblokir. 🙂

      Seharusnya ketika sadar ATM hilang langsung telepon call centernya dan blokir karena pihak bank tidak bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi sampai diterima laporan kartu hilang dan minta diblokir.

  19. Mau tanya, Kartu atm atas nama anak hilang, tetapi di rekening tertera atas nama orang tua. Apakah anak dapat melakukan pemblokiran nomor rekening tsb?

    1. Setahu saya, yang bisa melakukan pemblokiran adalah orang yang namanya tercantum di rekening. Ketika akan melakukan pemblokiran akan ditanyakan detail ketika pembukaan rekening.

  20. Mau tanya kalo kita sudah telpon call center mandiri karena atm hilang dan sudah diblokir kan disuruh bawa surat ket kepolisian. Nah karna polisi deket rumah saya pada jauh. Saya mau langsung ke bank mandiri aja bilangnya ketelen biar gapakai surat ket hilang dr polisi itu kira kira kedetek gak ya keterangam hilangnya?

    1. Gak akan ketahuan kok ketelan dimana kartu ATMnya. Tapi kadang ada cabang yang kebijakannya meskipun ketelan tetap meminta surat kehilangan. 🙂

  21. Kartu mandiri saya hilang dan sudah coba minta di blokir, waktu minta di blokir itu belum selesai telpon ke 14000 udah terputus ..pas nyari2 ketemu dijalanan apakah atm saya sudah otomatis terblokir saat itu?? misal sudah apa bisa dibuka lagi di mandiri call.

    1. Kalau ketika menelepon sudah berhasil verifikasi dan menyebutkan nama, nomor kartu dan atau nomor rekening pasti akan langsung diblokir dan kalau begitu harus ditutup dan bikin kartu baru lagi

  22. Saya kehilangan kartu atm mandiri, dan saya menghubungi call center 14000 diminta masukkan 16 digit no debit. Tau no debitnya dari mana ya? D buku rekening juga tidak tertera. Mohon infonya. Terimakasih

    1. Pilih menunya yang laporan kehilangan kartu dan blokir kartu ATM. Seharusnya gak diminta kartu. Kalau memang skr prosedurnya begitu, lebih baik datang ke cabangnya saja.

  23. Ka kalo mau ganti kartu debit mndiri, apakah no krtu atm, dan kode ccvasih sama atau berubah?
    Dan bagaimna jika ada seorang yang tau no pd atm debit mandiri dan mngetajui kode ccv?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *