5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog (Tipe Iklan yang Bisa Dipasang di Blog)

Oke, gegara baca bales-balesannya beberapa blogger di timeline hari ini, jadi pengen nulis gimana sih caranya cari duit dari blog dan otak gw come up dengan 5 cara mendapatkan uang dari blog. Bahahaha. Gimana-gimana? Penasaran gak?

Tulisan ini yang isinya apa aja yang bisa dilakukan dan iklan yang bagaimana aja yang bisa dipasang di blog ini berdasarkan pengalaman gw pribadi ya. Udah lama kan yes gw gak nulis soal blog-blog an selain galau soal tema blog dan pamer kalo blog ini sudah kepasang adsense di postingan Tema Blog, Adsense dan Aplikasi Launcher Android kemaren.

Jadi mulai aja nih ya

Apa aja sih 5 cara mendapatkan uang dari blog?

(1) Jualan produk sendiri

Kalo ini sih buat yang emang niat mau dagang, jualan dan bikin bisnis sendiri dengan produknya sendiri. Tentu saja dengan cara ini kapanpun mau jualan bisa dilakukan. Udah masuk ke bikin online shop lah ya kalo ini, meskipun bisa aja ya buka blog memang untuk mengenalkan produknya aja sementara tokonya dikelola terpisah.

Ato kalo gak mau repot ngeblog tapi pengen jualan dari olshop yang sudah ada coba baca KUDO: Punya Toko Online Nyaris Tanpa Modal.

Numpang Nampang

(2) Terima postingan berbayar

Postingan berbayar ini sudah pastilah dari brand yang pengen mengenalkan produk mereka dari blog kita. Gimana sampe blog ditawarin buat postingan berbayar mah mungkin beda-beda antara blog yang satu dan yang lainnya. Yang pasti si blog itu kudu cukup dikenal dan punya reputasi yang bisa mewakili si brand dimaksud.

Tulisan gw tentang postingan berbayar ini pernah diterbitkan Mbak Carra di blognya dengan judul 4 Jenis Postingan Berbayar Dalam Blog Pribadi

(3) Ikutan WordAds di WordPress.com

Nah kalo pengen penghasilan dalam dollar, bisa juga ikutan WordAds dari WordPress.com buat yang sekarang ini masih ngeblog di WordPress.com. Tapi-tapi-tapi sayangnya, buat bisa pasang join WordAds, kudu beli custom domain ato kerennya Top Leve Domain lah. Gak ada lagi embel-embel blablabla.wordpress.com, harus sudah dalam bentuk blablabla.com.

Beberapa blogger ternama Indonesia kayaknya sih udah pada ikutan WordAds. Gw sendiripun waktu masih di WordPress.com udah ada terpasang dan dah dapet $24 an dalam kisaran delapan bulanan. Cuman trus gw migrasi ke WordPress.org. Hilang deh itu. Gakpapadeh karena target gw emang mau nyasar adsense.

Kalo bingung beda WordPress.com sama WordPress.org bisa baca postingan gw yang Pilih WordPress yang Mana?

Sayangnya lagi nih, gw sempet chat sama customer servicenya WordPress.com dan dapet info kalo mereka gak terima lagi pengajuan dari blog berbahasa Indonesia karena oh karena mereka nangkep banyak blog terpasang WordAds isinya copas. Semoga sih sekarang larangannya sudah dicabut ya,

(4) Ikut sistem afiliasi

Nah sistem ini, kita bisa daftar ke penyedia jasa afiliasi macem Tokopedia (bisa disebut afiliasi gak sih?), Access Trade, Amazon dan atau afiliasi-afiliasi yang lain yang sesuai dengan hati nurani. Banyak kok program afiliasi yang bisa menghasilkan banya uang buat blog.

Kalo gw sendiri Tokopedia belom dapet approval (dan jadi ngiri ama blogger yang di postingannya ada tiba-tiba link :P), trus pernah ikutan Access Trade dan Amazon dan masang iklannya tapi gak bertahan lama. Beberapa afiliasi yang gw ikuti akhirnya menguap gitu aja karena tujuan gw buat bisa daftar adsense. Hawong WordAdsnya dah gw tinggalin kan tadi buat Adsense.

Ohiya, buat bisa ikutan program afiliasi (termasuk masang iklan dalam bentuk banner) itu gak bisa dilakukan kalo masih hostingnya di WordPress.com meskipun udah custom domain. Blablabla.com gak bisa ikutan afiliasi kalo beli domainnya (dan hosting gratis) di WordPress.com

(5) Daftar Google Adsense

Google Adsense ini sistem afiliasinya Google (bisa gak sih disebut afiliasi?) yang mana blognya kalo blog WordPress harus custom domain dan gak di WordPress.com. Kalo buat blog yang blogspot sih mestinya bisa langsung daftar ke Adsense ya.

Google Adsense ini kerennya menurut gw, penempatan iklannya bisa disesuaikan sama si pemilik blog, trus isi iklannya bisa menyesuaikan. Otomatis. Gak kayak beberapa program afiliasi lain yang gw ikutin. Coba deh dibuka postingan gw tentant personal finance, iklan yang tampil pasti tentang finance juga. Gw sendiri baru banget di approve Google Adsense ini.

Tentang proses daftarnya ntar gw tulis tersendiri lah ya… *uhukk!

Nah kalo ada yang pernah denger Adwords, itu produknya Google buat perusahaan yang mau ngiklan di Google. Jadi kalo kalian lagi search, trus di nomor satu hasil pencarian ada link yang ada tulisan Ad, nah itu iklan AdWords.

Iklan Adwords

Kerennya nih ya, Google punya AdWords keyplanner yang sebenernya dipake buat para pemasang iklannya nyari keyword yang paling sering dipake orang. Nah kita juga bisa pake buat ngerencanain kira-kira keyword apa yang mau dipasang di postingan kita. Tapi gw sendiri masih bingung sih makenya. Bahahaha. Ntar kalo dah paham gw bikin lagi dah tulisannya.

=====

Jadi-jadi-jadi, sudah kebayang mau cari duit dari blognya dengan cara apa? Karena dari 5 cara mendapatkan uang dari blog ini, bisa dilakukan oleh siapapun kok. 🙂

Kalo ada yang mau didiskusikan, tanya ato apapun, colek aja gw di @danirachmat yaaaa 😀

Postingan lain tentang ngeblog di sini:

[display-posts category=”blogging-things”]

Advertisements

118 Comments

          • handi
  1. Sandrine
  2. eda
  3. De
  4. aan
  5. Evi
  6. mux
  7. Noe
  8. niee
  9. evrinasp
  10. Langit Amaravati

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: