Pengalaman Berinternet dengan Smartfren 4G

Disclaimer:ini bukan postingan berbayar. Postingan ini berisi pengalaman gw setelah menggunakan jaringan 4G LTE dari Smartfren setelah gw beli gadgetnya. Halaman disclaimer memuat lebih lengkap disclaimer untuk blog ini. 

Jadi ya, sebelum gw pake smartfren, koneksi internet di rumah gw itu kacrut abis. Kecuali yang sudah pake internet yang emang sudah dibundling sama TV yang dijual juga oleh group perusahaan pemilik kompleks rumah gw. Kayaknya emang pembangunan BTS dan penyediaan akses buat operator dan penyedia jasa layanan komunikasi lain agak terlambat.

Ya sutralahya.

Sempet kapan itu dapet nyambung sama koneksinya B*** tapi lama-lama jadi bolot juga. Manalah itu modem kudu ditaroh di satu tempat tertentu kan. Geser sesenti aja bubar jalan deh koneksi internetnya. Amsyong bener. Gak bisa internetan, gak bisa update, gak bisa ngeblog.

andromax-4g-lteSampe beberapa hari lalu si Eda nyonya besar upload foto dia dapet handphone 4Gnya Smartfren eh trus gak lama kemudian si Smartfren ngetwit berkali-kali kalo mereka buka booth di ICE dan mereka gembar-gembor pake tagar #go4Gready dan #Smartfren ICE. FYI Smartfren ini juga satu grup perusahaan sama developer perumahan tempat kami tinggal.

Harapan gw melambung tinggi. banget. NGAREP BANGET kalo koneksi 4Gnya udah bisa masuk ke kompleks perumahan kami. Kenapa? Karena ICE itu lokasinya seberang-seberangan sama AEON dan AEON itu kan deket sama rumah kami. Hahahahaha. *biarin ajasik kesimpulannya maksa. *kalo belom tahu AEON dimana, baca petunjuk arah yang gw tulis ya. Huahahaha. 

Setelah melalui kegalauan ruar biasa karena gak ada yang bisa ngasih kepastian apakah sinyal 4Gnya Smartfren sudah masuk atau belom, akhirnya gw beli Andromax Ec 4G LTE seharga Rp. 999.000,- Yang paling murah dan biar kalo ternyata 4Gnya gak masup ya sutralah koneksi pake 3G aja karena mereka berani mastiin kalo koneksi 3G udah pasti lancar jaya di semua tempat di BSD.

Pulangnya gw jalan kaki dari ICE sampe rumah sambil ngetes kestabilan tanda 4G, apakah bakalan ilang ato nggak karena sungguhlah itu streaming salah satu episode Asian Next Top Model di ICE lantjar jaya tanpa kendala. Jadi pengen banget dan NGAREP BANGET itu bisa nyampe rumah gw. Tiap beberapa ratus meter gw bahkan berhenti ngecekin masih ada gak itu koneksi setelah gw keluar dari ICE.

Gw sempat posting video ke twitter tentang macetnya jalan masuk ke AEON dan juga upload foto ke instagram. Semuanya LUANCAR!!! *gaya won suroboyone metu *ben ne mantebh

Nyampe gerbang rumah masih dapet. Gw semakin deg-degan. Masuk lebih deket ke rumah, sinyal gak ada perubahan. Nyampe depan rumah pun masih ada sinyal. Gw takut semuanyah too good too be true. Di rumah, ada sinyal 4G dan koneksi internet kuenceng whus-whus! Hahahaha. Jadi harap-harap cemas sampe sejam kemudian dan ternyata Hamdalah! Stabil bok!

Setelah itu, gw penapsaran dong deh ya itu jaringannya 4G LTE punya Smartfren nyampe mana aja. Pas kebetulan juga mobil lagi dibengkel. Kamipun naik uber tiap pagi dan sore. Di situ gw pun nyobain coveragenya Smartfren. Gw bawa itu handphone sepanjang perjalanan dari rumah di BSD sampe kantor di daerah Mega Kuningan dengan jalur BSD-tol JORR-Pondok Indah-Terogong-Cipete Raya-Wijaaya-Tendean-Kuningan.

Semacam yang dilakukan blogger di Surabaya kemaren yang keliling Surabaya bareng Smartfren dan nyobain kecepatannya. *ihik *gakmaukalah

Amazingly dengan rute yang ge lewatin, cukup stabil meskipun sinyal 4G sempet hilang di beberapa daerah sepanjang tol JORR dan juga di sekitaran Jl. Wijaya – Tendean. Gak hilang terus sih, tapi sinyal 4Gnya gak stabil sepanjang masa kayak di BSD. Ada beberapa saat hilang dan aja. Well, ini wajar sih karena menurut orang smartfren yang gw temui di bootnya #SmartfrenICE, roll-out untuk seluruh Jakarta akan selesai di Q3 ato Q4 2015 ini. Jadi ya mungkin memang ada beberapa spot yang belom tercover atau sinyal belum stabil.

Kalo ditanya seberapa cepet, gw gak bisa kasih angka pastinya sih karena gak ngukur pake aps yang diceritain sama para blogger hits Surabaya itu. Tapi kenapa gw bisa bilang cepet karena streaming video Youtube gak ada putus sama sekali dan waktu browsing pun cepet. Cepet as in waktu buka halaman dari klik sebuah link hanya butuh waktu loading sekitar 1 detik untuk page yang isinya mostly tulisan. Semacam blog dan sejenisnya.

Terakhir kemaren gw pake buat update Windows ke Windows10 dimana ada harus downloan3.8GB. Total jenderal gw update cuma sekitar sejam. Mulai jam setengah 4 pagi sampe jam setengah 5 sebelum gw berangkat ngantor. Waktu downloadnya sendiri ada kali setengah jam an. Kali loh ya..

Jadi kalo misalkan ada yang nyari koneksi internet 4G, Smartfren ini bisa dijadikan alternatif karena emang kenceng dan stabil!

Sekian dan terima kalo ada lagi dan diundang ke peluncuran produk atau acara testingnya Smartfren #go4Gready yang dikasih handphonenya kayak temen-temen di Surabaya itu. Ihikkk! 😛

PS: lain kali keknya gw kudu bikin postingan kenapa pilih koneksi lewat HP gini daripada pasang internet kabel.  😀

Artikel lain tentang teknologi di blog ini:

[display-posts category=”technology-products”]

Advertisements

70 Comments

      • Anonim
  1. bemzkyyeye
  2. -n-
  3. Anonim
  4. Anonim
  5. Rizal
  6. Iman
  7. alim
  8. manap
  9. Jaka
  10. usep
  11. shindu angga
  12. alvian
  13. Denny
  14. sigit
  15. Ismaya
  16. Fachry
  17. noe

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Translate »
Ingin membaca artikel perencanaan keuangan lainnya? Buka
+
%d blogger menyukai ini: