Kategori
Produk Teknologi Review

Pengalaman Berinternet dengan Smartfren 4G

Setelah bertahun-tahun gak punya koneksi internet yang mumpuni yang bisa dijadikan tumpuan untuk ngeblog *halah*, akhirnya gw bisa ngerasakan nikmatnya berinternet lancar tanpa kendala pake koneksi 4Gnya Smartfren yang amazingly stabil di lingkungan rumah gw. Mau ngerasain? Beli aja handphone Andromax atau router Wifinya.

Disclaimer:ini bukan postingan berbayar. Postingan ini berisi pengalaman gw setelah menggunakan jaringan 4G LTE dari Smartfren setelah gw beli gadgetnya. Halaman disclaimer memuat lebih lengkap disclaimer untuk blog ini. 

Jadi ya, sebelum gw pake smartfren, koneksi internet di rumah gw itu kacrut abis. Kecuali yang sudah pake internet yang emang sudah dibundling sama TV yang dijual juga oleh group perusahaan pemilik kompleks rumah gw. Kayaknya emang pembangunan BTS dan penyediaan akses buat operator dan penyedia jasa layanan komunikasi lain agak terlambat.

Ya sutralahya.

Sempet kapan itu dapet nyambung sama koneksinya B*** tapi lama-lama jadi bolot juga. Manalah itu modem kudu ditaroh di satu tempat tertentu kan. Geser sesenti aja bubar jalan deh koneksi internetnya. Amsyong bener. Gak bisa internetan, gak bisa update, gak bisa ngeblog.

Sampe beberapa hari lalu si Eda nyonya besar upload foto dia dapet handphone 4Gnya Smartfren eh trus gak lama kemudian si Smartfren ngetwit berkali-kali kalo mereka buka booth di ICE dan mereka gembar-gembor pake tagar #go4Gready dan #Smartfren ICE. FYI Smartfren ini juga satu grup perusahaan sama developer perumahan tempat kami tinggal.

Harapan gw melambung tinggi. banget. NGAREP BANGET kalo koneksi 4Gnya udah bisa masuk ke kompleks perumahan kami. Kenapa? Karena ICE itu lokasinya seberang-seberangan sama AEON dan AEON itu kan deket sama rumah kami. Hahahahaha. *biarin ajasik kesimpulannya maksa. *kalo belom tahu AEON dimana, baca petunjuk arah yang gw tulis ya. Huahahaha. 

Setelah melalui kegalauan ruar biasa karena gak ada yang bisa ngasih kepastian apakah sinyal 4Gnya Smartfren sudah masuk atau belom, akhirnya gw beli Andromax Ec 4G LTE seharga Rp. 999.000,- Yang paling murah dan biar kalo ternyata 4Gnya gak masup ya sutralah koneksi pake 3G aja karena mereka berani mastiin kalo koneksi 3G udah pasti lancar jaya di semua tempat di BSD.

Pulangnya gw jalan kaki dari ICE sampe rumah sambil ngetes kestabilan tanda 4G, apakah bakalan ilang ato nggak karena sungguhlah itu streaming salah satu episode Asian Next Top Model di ICE lantjar jaya tanpa kendala. Jadi pengen banget dan NGAREP BANGET itu bisa nyampe rumah gw. Tiap beberapa ratus meter gw bahkan berhenti ngecekin masih ada gak itu koneksi setelah gw keluar dari ICE.

[five_sixth_last] [/five_sixth_last]

Gw sempat posting video ke twitter tentang macetnya jalan masuk ke AEON dan juga upload foto ke instagram. Semuanya LUANCAR!!! *gaya won suroboyone metu *ben ne mantebh

Nyampe gerbang rumah masih dapet. Gw semakin deg-degan. Masuk lebih deket ke rumah, sinyal gak ada perubahan. Nyampe depan rumah pun masih ada sinyal. Gw takut semuanyah too good too be true. Di rumah, ada sinyal 4G dan koneksi internet kuenceng whus-whus! Hahahaha. Jadi harap-harap cemas sampe sejam kemudian dan ternyata Hamdalah! Stabil bok!

Setelah itu, gw penapsaran dong deh ya itu jaringannya 4G LTE punya Smartfren nyampe mana aja. Pas kebetulan juga mobil lagi dibengkel. Kamipun naik uber tiap pagi dan sore. Di situ gw pun nyobain coveragenya Smartfren. Gw bawa itu handphone sepanjang perjalanan dari rumah di BSD sampe kantor di daerah Mega Kuningan dengan jalur BSD-tol JORR-Pondok Indah-Terogong-Cipete Raya-Wijaaya-Tendean-Kuningan.

[one_half] [/one_half]

Semacam yang dilakukan blogger di Surabaya kemaren yang keliling Surabaya bareng Smartfren dan nyobain kecepatannya. *ihik *gakmaukalah

Amazingly dengan rute yang ge lewatin, cukup stabil meskipun sinyal 4G sempet hilang di beberapa daerah sepanjang tol JORR dan juga di sekitaran Jl. Wijaya – Tendean. Gak hilang terus sih, tapi sinyal 4Gnya gak stabil sepanjang masa kayak di BSD. Ada beberapa saat hilang dan aja. Well, ini wajar sih karena menurut orang smartfren yang gw temui di bootnya #SmartfrenICE, roll-out untuk seluruh Jakarta akan selesai di Q3 ato Q4 2015 ini. Jadi ya mungkin memang ada beberapa spot yang belom tercover atau sinyal belum stabil.

Kalo ditanya seberapa cepet, gw gak bisa kasih angka pastinya sih karena gak ngukur pake aps yang diceritain sama para blogger hits Surabaya itu. Tapi kenapa gw bisa bilang cepet karena streaming video Youtube gak ada putus sama sekali dan waktu browsing pun cepet. Cepet as in waktu buka halaman dari klik sebuah link hanya butuh waktu loading sekitar 1 detik untuk page yang isinya mostly tulisan. Semacam blog dan sejenisnya.

Terakhir kemaren gw pake buat update Windows ke Windows10 dimana ada harus downloan3.8GB. Total jenderal gw update cuma sekitar sejam. Mulai jam setengah 4 pagi sampe jam setengah 5 sebelum gw berangkat ngantor. Waktu downloadnya sendiri ada kali setengah jam an. Kali loh ya..

Jadi kalo misalkan ada yang nyari koneksi internet 4G, Smartfren ini bisa dijadikan alternatif karena emang kenceng dan stabil!

Sekian dan terima kalo ada lagi dan diundang ke peluncuran produk atau acara testingnya Smartfren #go4Gready yang dikasih handphonenya kayak temen-temen di Surabaya itu. Ihikkk! 😛

PS: lain kali keknya gw kudu bikin postingan kenapa pilih koneksi lewat HP gini daripada pasang internet kabel.  😀

Artikel lain tentang teknologi di blog ini:

[display-posts category=”technology-products”]

71 tanggapan untuk “Pengalaman Berinternet dengan Smartfren 4G”

Benerrrrr iki Dan
Jadi, lucunya, aku kan pake HP lenovo ya. Buat internetan pake 3,lambreta bingits
Nah, pas aku coba, Lenovo-nya aku jadiin tethering gitu
Trus, aku pake Andromax utk nangkep signal WiFi dari Lenovo, lah kok lantjaaaarrrr
Bisa jadi, faktor Andromax plus SmartFren-nya emang mantap surantap lah

Biaya berlangganan bulanannya bagaimana, Bang? Tapi ini cuma via smartphone ya, bukan standalone modem seperti smartfren yang sebelum-sebelumnya? Perhitungan paketnya pun macam mana Mas? Sekarang sih saya masih pakai si B yang sinyalnya alakazam di tempatmu itu, cuma sekarang-sekarang ini perhitungan paketnya mulai pintar mencekik pelanggan menengah ke bawah seperti saya, jadi alternatif yang murah tentu sangat dinanti (maunya yang murah doang mah sayanya :haha).

Perhitungan paketnya sih mirip-mirip Gar. Gw pake 150 rebu sama seperti gw beli paketnya bolt dan gw langsung jadiin paket data (ga bisa dipake nelepon) dan itu dapet 9 giga dengan bonus 12 giga. Karena standar untuk ngeblog jadi ya cukup aja.

Balas

Lombi dong kmrn wa gw trs blg klo dia dpt hape 4G nya sister company kantornya dia (eaaaa nyebut merk aja susah bgt gw). Kan tiap kary dpt gitu. Ih KZL deh dgrnya, krn gw ga dikasih yg itu, gw cuma dikasih lungsuran hape dr sister company nya itu yg lama -___- *mengandung curhat 100%* hahahahahaha

Dirumah malah signal tlp yg byar pet… jd kehidupan komunikasi bergantung pada wifi. Dulu sempat make smart yg di bundling dengan hp htc, sayang nya si htc ini jd lelet, jd terpaksa dipensiunkan, ,,,,btw untuk yg 4G ini gadget nya harus khusus ya?

buatku, emang tak ada yg bisa ngalahin koneksinya smartfren kok hehehe.. bukan promosi.. orang pake koneksi evdo rev a (lom rev b) di area surabaya coret ini (kau tau lah dimana ya, bok) lancar jaya. lebih lancar ketimbang koneksi gsm. terlebih ketika hape smartfren gw ilang, wah berdarah2 diriku ketika harus menerima pil pahit kalo harus beli hape gsm.. hiks hiks.. apa ya, ecchan suka ama kestabilan koneksinya. itu lebih penting daripada koneksi cepet tapi di jam2 tertentu. it sucks, man!

Gw dulu sebenernya juga pake smartfren Chan waktu pake Rev-b, tapi datanglah b*** dan waktu itu masih dapet sinyal. Semakin kesini semakin hahay babay deh itu b***. Genggeus abisan. Huehehehe.

Balas

Smartfren 4G ini emang bagus untuk the Icon dan sekitar, sayang saya hanya pakai 4 hari karena MyRepublic udah keburu dipasang:)

Saya kemarin sempat mau pasang My Republic ini, cuma akhirnya memutuskan untuk pakai Smartfren saja. Hehehe. 😀
Memang kenceng dan unlimited ya Pak? 😀

Balas

Sejauh ini masih kenceng (banget). Ini smartfren mau saya tutup, mayan sebulan 270rb soalnya:)

Ambil yang paket 270 ribu ya Pak. Saya masih mikir-mikir nih. Mungkin satu atau dua bulan lagi kalau lancar. Ini di kompleks saya baru akan dipasang kabelnfiber opticnya.

Balas

Halah om om…
Kalo urusan teknologi jangan suka gatelan cari yang terbaru. Indonesia raya itu sukanya heboh duluan tapi ga dikutin pelayanan yang memuaskan. Di Jogja aja ada provider yang bilang komplek rumah udah terjangkau 4G. Nyatanya sinyal loncat loncat lebih sering parkir di EDGE. Dipaksa pake seting 3G only pun sering drop…
Kepiye jal..?

Gan klo ane pake galaxy j2 yg udh bisa 4G smartfren,klo terhalang beton sinyalnya ilang…tapi klo di tempat terbuka sinyalnya baru ada…

Daerah ane yg termasuk pelosok aja udah support smartpret gan…
Liat speed di IDM rata2 1,5 MBps (megaByte y,bkn megaBit)…
Malah pernah download file 6MB langsung kelar tanpa loading (via IDM) 😀
Klo untuk paket nya sih lumayan lah, 60rebu dpt 4GB full 4G 24jam

Pertama beli andromax EC,muncul sinyal 4G,,nyampe rumah ilang sinyalnya..kenapa?
Padahal keponakan pake andromax ES,stabil 4G nya,,aneh,???
Beri donk solusinya???

Waduh Gan Manap, sayah kurang tahu nih kalo misalkan tentang trouble shooting teknisnya karena saya tidak bekerja di Smartfren. Coba Agan kontak ke twitter @smartfrenworld dan @smartfrencare

Balas

wah jd ke pngen nih mas…
sxalian mo tnya di lengkong gudang barat blkng ocean park dh stabil blm ya 4g lte nya mas?
ciz lg dpt vchr olshop nih yg rncana na mo beli yg m2s mas..
please saran n masukn ya coz ane baru di sini..
n mskin intrnet..smua oprtor dh di coba… tp ngawur kabeh mas rugi ane… mlh yg ad smrtphone ane tonjok2in kesel bgt cari info mbah google ajj lm loading na..
tnggl dr smrtfrn ajj nih yg blm nyoba

Ane pake andromax r dengan pake paket true unlimited cuman 75 rebu gan,nonton youtube terus no buffer temen2 pada heran dan nanya cepat bgt tuh jaringan,apa kuota gk abiz?

Gan punya ku andromax e2. Emangnya kalau broesing hrus sinyal 4g ya. Ktanya support sinyal evdo . so ktika ngga ada sinyal 4g kan masih ada sinyal evdo.. Harusnya bsa kan evdo juga di pakai internet. Soalnya ane ada c3 yg pke sinyal evdo lncaar. . . naH ini msalh ada d handphone atau emang d setting dinyal 4g

Waduh… Saya juga tidak tahu Om Alvian kalau begitu. Mungkin lebih baik kalau ditanyakan ke @Smartfrencare nya ya…. Punya saya jarang kehilangan sinyal banget. Ada EVDOpun masih jalan internetnya…

Balas

Penasaraaaan… lagi butuh modem banget nih, tadi liat si andromax ini di counter harganya menggoda cuma si abang penjual ga bisa menjamin koneksinya (maksudnya dia ga tau gitu). Cuma di Bekasi udah bagus belum ya? Kali aja pembacanya Mas Dani yang ngeheits ini ada yang bisa bantu 😀

mas Dani, kebetulan lokasi kita deket nih mas.
mau nanya dong, kalo sekarang sinyal 4g smartfren di cisauk bagus om?
rumah saya di perum suradita. jadi kira2 masih bagus gak ya mas pake smart?
thx sebelumnya.

Pengen tes nih di Buni Asih, Lembang. Gw baru pindah ke sini, kekok banget belum ada penyedia fiber optic masuk sini ( termasuk IndiHome ).
Biasa di rumah ( Reni Jaya, Depok ) pake Supernova MyRepublic, eh sekarang di sini cuma mengandalkan Kartu Halo, bener-bener mati gaya, takut tagihan kebobolan.
Pengen tes smartfren, pengen beli takutnya malah jelek di sini. #HAHA

Mas dani,,suhu 4G,,mau tanya menurut mas,lebih baik mana handphone nya atau modem mifi nya smartfren.., saya wilayah pinggiran bintaro-bsd..
-salam

semar sampe kapanpun lambat terus karena memang miskin bandwith
modelnya isp caching
cache terkumpul di server bikin berat
ditambah lagi user makin banyak otomatis cache juga makin banyak
hebat lemotnya hemat bandwithnya

Wah, kalau komplain silahkan langsung disampaikan ke channel media sosial brandnya ya Mas karena saya sendiri bukan pegawai Smartfren. Tapi kalau ngomongnya Semar tokoh wayang saya memang kurang paham.. 😀

Balas

Halo mas Dani..
Saya juga pakai Smartfren 4G dari bulan Januari 2016. Dulunya sih iya kenceng, tp makin kesini makin nggak stabil & lambat..
Menurut pengalaman pribadi, semua profider layanan internet dari dulu begitu, cuma manis di awal doang. Haha..
Lucunya, kalau saya ganti kartu baru kecepatan internetnya jadi cepet lagi & kira2 sekitar 2 bulan pasti akan melambat lagi begitu seterusnya. Jadi saya sekarang sering ganti-ganti kartu aja..
Saya merasa semua profider cuma pandai mencari pengguna baru tapi tidak bisa mempertahankan pelanggan setia. Gimana mau setia, wong makin lama layanannya semakin nggak bagus..?
Ini cuma menurut pengalaman pribadi saya loh mas, dan ini berlaku bukan cuma buat smarfrenn tp semua operator yang pernah saya coba.. 🙂

4G belum siap di Indonesia, zz .. liat berita dikompas
bikin kecewa aja,. dikatakan disitu jaringan 2G harus dihilangkan, padahal itu cuman akal-akalan aja,.
coba bayangkan 4G lagi boming diseluruh dunia,. pasti dari beberapa pihak sudah memberi support lebih., TEKNOLOGI BROO, sudah tau Indonesia lagi demam kebarat-baratan..
seharusnya Copy paste aja lah, bagaimana pengaturan luar negeri yang sudah alot 4Gnya., masalah dana, jangan disimpan mulu .. Indonesia baik, pasti ada feed back .. uang kembali,.

Yah namanya juga perusahaan yang beriorientasi bisnis bro. Tapi menurut gue sih koneksi 4G masih cepet juga kok. Kebetulan juga pake koneksi operator-operator lain.

Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *