6 Hal Penting untuk Pertimbangan Buka Rekening Bank

Beberapa minggu terakhir ini gw sedang dideketin marketing sebuah bank. Dari percakapan-percakapan kamilah akhirnya kepikiran juga pertimbangan buka rekening bank itu apa aja. Ternyata lumayan juga yang sebenernya kudu diperhatiin dalam buka rekening bank. Etapi btw udah ikutan giveaway gw belom? Sederhana dan gampang banget loh! Hahaha.

Balik maning ya! Rekening-rekening bank yang gw pake sekarang sebagian besar dari bank tempat gw kerja, cuma dua yang dibuka karena memang murni kebutuhan. Apa aja sih kalo di list? Bank Mandiri, BCA, BII (yang sekarang berubah jadi Maybank), CommBank, Danamon. Itu semua rekening yang gw pake. Bisa tebak gak yang mana rekening bank yang gw buka bukan karena proses rekruitmen kerja?

Bisa aja sebenernya pake rekening bank yang lain meskipun gw kerja di bank yang lain, tapi bakalan kena biaya transfer dan bakalan jadi preseden waktu proses rekruitmen karyawan kan ya. ๐Ÿ˜›

Apa Saja Pertimbangan Buka Rekening Bank?

Tergantung kebutuhan. Bisa jadi kebutuhan satu orang dan orang lainnya gak sama. Yang dicari kan macem-macem ya. Ada yang cari kemudahan transaksi, ada yang cari biaya administrasi yang murah dan ada yang cari kemudahan investasi di reksadana karena banknya sudah jadi wakil agen penjual reksadana yang banyak kerjasama dengan Manajer Investasi.

Ohiya, postingan ini bukan postingan berbayar dan disclaimer penuh untukย blog ini bisa baca di halaman disclaimer.

1. Saldo awal pembukaan rekening dan saldo minimum rekening

Saldo awal dan saldo minimum sebagai pertimbangan buka rekening bank

Saldo awal dan saldo minimum sebagai pertimbangan buka rekening bank

Yes, saldo awal pembukaan rekening dan saldo minimum rekening ini bisa jadi pertimbangan awal buka rekening di satu bank. Karena di beberapa bank yang gw tahu,ย kalo rekening cuma punya saldo minimal selama beberapa bulan dan gak ada transaksi, akan otomatis ditutup.

Okelah kalo misalkan ada duit buat buka rekeningnya, tapi kalo kemudian duit yang kita punya gak sebanyak itu, cuman saldo minimal doang dan gak ada trasaksi ya sayang aja kan kalo akhirnya rekening itu ditutup.

Buat gw, saldo minimum rekening itu satu ketentuan yang gak bisa dianggap remeh dalam pertimbangan buka rekening bank karena yang namanya saldo minimum, berarti duit yang ada di rekening itu gak bisa dipake. Nilai wajar sebuah saldo minimum ini menurut gw maksimum Rp. 50ribu. Kalo ada yang menyaratkan lebih tinggi dari itu bisa jadi batal gw buka rekening di sana.

Beberapa bank bahkan bisa saldonya sampe Rp. 0 dan kita bisa pakai transaksi semua saldo kita dan itu bisaย dijadikan bahan pertimbangan buak rekening bank.

2. Biaya Administrasi Rekening dan Kartu ATM

Pricing sebagai pertimbangan buka rekening bank

Pricing sebagai pertimbangan buka rekening bank

Yup, pertimbangan buka rekening bank berikutnya adalah biaya administrasi rekening dan kartu ATM. Dari bank yang gw pake, ada yang mengenakan biaya administrasi rekening dan biaya administrasi kartu ATM terpisah. Administrasi kartu ATM terpisah ini karena di banknya sendiri ada beberapa jenis pilihan kartu yang bisa dipakai, mulai dari silver, gold sampe ke platinum. Iya, kartu ATM pun ada jenisnya. Beda kartu, beda limit transaksi harian.

Kalo buat gw pribadi, kartu ATM paling standar aja cukup, gak perlulah itu sampe platinum dan kalo bisa biaya administrasi rekening semurah mungkin.

Tapi buat bank yang memang biaya administrasinya mahal, akan tetep gw pakai kalau misalkan bank itu menyediakan one stop service yang apapun transaksinya bisa dilakukan di jaringan ATM atau layanan e-banking mereka yang lain. Jangan udah mahal biaya administrasinya eh transaksinya limited juga. Bener-bener penting buat jadi bahan pertimbangan buka rekening bank.

3. Ketersediaan Cabang dan Jaringan ATM

Pernah ngerasain susah transaksi karena gak bisa nemu jaringan ATM atau cabang bank? Bahan pertimbangan buka rekening bank berikutnya adalah kemudahan akses. Gak bisa dipungkiri memang, biaya buka cabang dan bikin ATM itu emang mahal, tapi bukan urusan gw sebagai customer dong deh ya?

Adanya jaringan cabang yang bisa sewaktu-waktu diakses ini penting banget kalo misalkan kita sewaktu-waktu kehilangan kartu ATM dan harus ganti saat itu juga karena mau ada transaksi. Ato kalo misalkan jadi korban penipuan, kita bisa langsung lapor ke cabang buat ngeblokir rekening tujuan transfer kita. . Kalo soal urusan blokir kartu ATM kita yang hilang sih bisa langsung lewat call center ya.

Nah kalo ATM ini mau gak mau syarat mutlak kalo misalkan kita mau tarik tunai. Tapi dengan udah terintegrasinya jaringan ATM yang ada, sekarang gak masalah mau narik duit dari rekening bank apa di ATM bank apa. Ya cuman, bayar biaya ajasih. Nah ini nih, biaya tarik tunai dari rekening bank lain adalah satu pertimbangan buka rekening bank yang juga penting dan perlu diperhatiin.

4. Mobile Banking dan Internet Banking

Mobile and internet banking untuk pertimbangan buka rekening bank

Mobile and internet banking untuk pertimbangan buka rekening bank

Pertimbangan buka rekening bank berikutnya? Ketersedaian Mobile Banking dan Internet Banking. Jaman sekarang, kalo banknya gak punya dua fasilitas itu, buat gw mending gak usah buka di sana.ย Kenapa? Dengan kedua layanan ini, gw bisa melakukan transaksi keuangan gw dimanapun dan kapanpun. Selama ada jaringan seluler provider yang gw pake dan atau jaringan internet untuk bisa gw melakukan koneksi. Eh iya, ditambah layanan phone banking deh sekalian.

Gak aman? yah namapun juga manusia dan kemauannya untuk untung gede dalam waktu singkat ya, ada ajalah pasti yang akanย berusahan ngebobol rekening dengan cara apapun meskipun seaman apapun bank yang menyediakan jasa mobile banking dan internet banking ini.

Semakin ke sini kedua layanan ini semakin diandalkan sama perbankan buat jadi ujung tombak pelayanan mereka ke nasabah. Jadi, selalu inget-inget untuk memasukkan kedua hal ini dalam pertimbangan buka rekening di bank.

Baca juga postingan postingan tentang tiga hal untuk kesehatan finansial (dalam bahasa Inggris).

5. Pilihan Pembayaran Tagihan dan Macam Transaksi

Nah kalau ini sih, pertimbangan buka rekening bank yang memang harus dipenuhi, ketersediaan pilihan-pilihan pembayaran dan macam transaksi yang bisa mereka layani. Salah satu rekening bank yang gw pake alasannya murni karena banyaknya transaksi yang bisa dilayani dari mesin ATM dan juga dari channel e-bankingnya.

Yamasa, dari satu bank aja bisa bayar tagihan rekening iuran layanan kompleks perumahan yang kalo ga di bank itu, cuma di bank yang segrup sama developer. Trus bisa beli pulsa listrik, bayar kartu kredit, bayar ina, inu, ini. Ya udahlah gw bayar biaya administrasi lebih mahal gakpapa yang penting kalo mau transaksi gak bingung.

Adaaa bank yang kasih gratis biaya tarik tunai, gak ada biaya administrasi ini, itu tapi gak bisa transaksi karena gak ada pilihannya. KZL deh dulu waktu pake bank model begindang. Jadi-jadi-jadi… Kalo misalkan sedang nyari pertimbangan buka rekening bank, jangan pernah lupakan transaksi apa aja yang bisa dihandle sama e-channel bank itu. Jangan sampe udah kadung buka rekening, ternyata untuk bayar listrik aja harus ke bank lain dulu.

6. Kemudahan Pembelian Reksadana

Stock Market

kemudahan beli reksadana sebagai pertimbangan buka rekening bank

Nah ini nih yang paling penting sekarang. kemudahan beli reksadana di bank itu.ย Sayangnya sih bank yang menang untuk transaksi tadi itu belom ada kemudahan buat beli reksadana.

So far, hasil dari pengamatan penggunaan beberapa rekening bank yang gw sebut tadi, ada bank yang sudah jualan reksadana, tapi sistemnya belom memungkinkan untuk pembelian online melalui internet banking sehingga kalo mau beli reksadana ya mau gak mau harus datang ke cabang. Tetapi, bank ini juga memungkinkan kita sebagai nasabah buat beli reksadana dengan cara regular autodebet.

Ada juga bank yang sistemnya sudah memungkinkan untuk melakukan pembelian dan penjualan reksadana melalui sistem internet bankingnya. Kita sebagai nasabah cuma perlu datang ke cabang bank apabila mau beli reksadana untuk pertama kalinya. Di bank ini juga dimungkinkan untuk regular autodebet btw.

Dengan gampangnya beli reksadana, bikin investasi untuk perencanaan keuangan ke depan jadi jauh lebih gampang kan? Jadi gak salah dong kalo gw sebut kalo kemudahan beli reksadana ini jadi salah satu pertimbangan buka rekening bank?

Baca juga postingan cara beli reksadana di bank.

Kenapa Program Undian dan Bunga Bukan Pertimbangan Buka Rekening Bank?

Nah, kalau misalkan ada yang nanya kok cuman itu doang? Trus kenapa gak masukin program undian dan bunga tabungan jadi salah satu atau salah duaย yang lain untuk pertimbangan buka rekening bank? Berarti belom lama baca blog ini dong ya? Hahahaha *trus dicekek.

Seriusan deh, coba baca postingan tentang kenapa seharusnya kita gak tergoda program undian dan hadiah di bank. Selain itu, kalo ngarepin bunga tabungan mah gak akan kemana-mana dana yang kita simpen. Yang ada malah kalah sama inflasi.

Jadi kesimpulannya, pertimbangan buka rekening bank adalah lebih kepada funsionalitas dan fasilitas yang bisa kita manfaatkan ketika kita butuh untuk melakukan transaksi keuangan.

Advertisements

34 Comments

  1. lies
  2. Fee

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: