Review Coolpad Sky 3: Smartphone dengan Camera Selfie Mumpuni!

Kalo di postingan review Coolpad Sky 3 ini gue kasih tahu ada smartphone dengan camera selfie mumpuni, brand terkenal dengan harga yang masuk akal, kalian bakalan beli gak?

Mblegedhes kalo nggak, apalagi buat yang hobi banget foto selfie tapi punyanya cuman smartphone yang hasil pepotoan selfienya gak jelas antara cahaya bayangan dengan kulit mukanya. Bahahahaha 😛 Yaorang di timeline facebook atau IG itu namanya orang selfie adaaa aja minimal satu setiap hari.

Coolpad Sky 3: Smartphone dengan camera Selfie yang Mumpuni

Review Coolpad Sky 3: Smartphone dengan camera Selfie yang Mumpuni

Beruntungnya gue dikasih kesempatan buat nyobain Coolpad Sky 3, smartphone dengan camera selfie sebesar 8 MP! sama dengan rear cameranya!

Wait what? Coolpad? Ah elu mah kalo belom tahu Coolpad berarti gak setia baca blog ini. *sini bayar lima rebu *lah…jaditukangmalak

Baca reportase peluncuran Coolpad Dual Space beberapa bulan lalu.

Waktu itu gue yang baru kenalan sama Coolpad terpesona sama inovasi dual on dalam satu handphone. Nah terus gue sekarang dikasih kesempatan buat

Wait, You Gotta Get to Know The Brand!

Buat yang belom tahu tentang Coolpad, brand ini adalah salah satu brand smartphone terbesar di China. Menurut info yang gue dapatkan waktu pertama kali kenalan dan browsing tentang perusahaan ini, gue mendapatkan informasi bahwasannya mereka pegang lebih dari 6,000 hak paten di dunia telekomunikasi seluler.

Tahu gak apa yang paling populer? Dual on SIM Card yang jaman sekarang kayaknya semua pada pake.

Selain itu Coolpad juga udah masuk ke pasar Amrik sejak 2012 dengan smartphone 4G mereka. Coolpad termasuk dalam salah satu dari top 10 Global Smartphone Brand dan barengan sama 14 merek lain, Coolpad adalah salah satu pemenang 2015-2016 Global Smart Connected Devices Brands Top 15. 

Buat kasih tahu kalo Coolpad ini brand yang kece, dia masuk ke Forbes Asia top 50 di 2015. Jadi buat yang belum kenal dan cari smartphone berkualitas, you have this Coolppad.

Hasil Review Coolpad Sky 3, Smartphone dengan Camera Selfie 8 MP

Unboxing Experience Coolpad Sky 3

Gue kasih lihat videonya dulu yes:

sekalian subscribe channel Youtubekuh ya Kakaaaaaa… 😀

Packaging

Packaging Coolpad Sky 3: Smartphone dengan camera selfie 8 MP

Packaging review Coolpad Sky 3: Smartphone dengan camera selfie 8 MP

Jadi kayak yang bisa dilihat di video di atas. Packaging produknya sendiri bagus dan mewah. Terdiri dari dua lapis case. Lapisan luar yang berupa case kertas berkeliling berwarna kombinasi putih dan biru toska bikin kesan adem.

Setelah dikeluarkan dari pembungkus luarnya, kotak tempat container smartphonenya sendiri berwarn putih dengan tulisan Coolpad di tengah-tengahnya. Sederhana dan berkesan mewah. Gak cuman sekedar kotak bergambar smartphonenya yang begitu dibuka yaudahlah beli handphone.

Menurut gue, sebuah smartphone adalah sebuah produk yang gak murah. Jadi gue sangat menghargai kalo produknya dari saat membukanya aja sudah kasih pengalaman beda.

Di dalamnya, meskipun smartphonenya sendiri berwarna emas, tapi semua peripheral pendampingnya berwarna putih.

Kelengkapan Package

Smartphone yang dibungkus dengan plastik tipis ditempatkan di bagian paling atas. Di bawahnya terdapat kotak kertas putih berisi buku petunjuk dan kartu garansi. Uniknya, di bagian depan kotak itu ada pin yang dipergunakan untuk membuka slot SIM card. Satu hal yang kasih tahu kalo smartphone Coolpad Sky 3 ini hadir dengan non-removable battery aka unibody.

Seperti standar yang dibawa oleh sebagian besar brand smartphone lain, di bagian kompartemen bawah gue temukan charger head dan kabel USB berwarna putih dan headset berwarna putih.

Dari sisi unboxing experiencenya gue kasih nilai 9 karena packaging mewah dan kelihatan bersih.

Review Coolpad Sky 3: Spesifikasi

Spesifikasi Coolpad Sky 3 (diambil dari website resmi coolpadindonesia.co.id)

Spesifikasi Coolpad Sky 3 (diambil dari website resmi coolpadindonesia.co.id)

Kalo lihat spesifikasi processor dan RAMnya, gue menilai kalau Coolpad Sky 3 ini sudah cukup mumpuni. Apalagi didukung dengan Android 6 Marshmallow.

Gue juga gak sabaran pengen nyobain CoolUI 8.0 yang pernah gue coba sekilas doang sebelumnya. Penasaran gimana Cool UI ini bisa jalan dan kasih pengalaman berbeda dalam pemakaian sehari-hari.

Satu yang langsung menyita perhatian pas ngerjain review Coolpad Sky 3 Ini adalah kapasitas storage dan baterenya.

Pertama soal storage, dengan 16 GB terus terang ini buat gue agak kekecilan, apalagi dengan kegiatan sekarang yang dikit-dikit potrat-potret dan juga bikin video. *ihik. Siapa bilang bikin video harus di komputer? Gue udah sering bikin lewat smartphone dan sekali bikin bisa 600MB-an ukuran filenya. Belom file mentahnya kan. Untungnya Coolpad Sky 3 ini bisa ditambahin eksternal memory sampai dengan 64GB. Alangkah lebih leganya kalau bisa sampe 256 additional external memory cardnya. 😛 Kan gak perlu sering pindahin ke laptop.

Baca postingan tentang ilmu dasar videografi kalau mau mulai belajar jadi videografer.

Nah soal baterenya. dengan “hanya” 2,500 mAH rasanya kurang nendang. Jaman sekarang yes, kalo perlu tancepin batere segede power bank. Hahahaha. Sempat gue pakai dengan aktif semua media sosial dari facebook, instagram, twitter, path dan whatsapp, baterai bertahan cukup sampai setelah makan siang setela di charge penuh jam 6 pagi sebelum ngantor. Tapi untungnya charger yang disertakan bisa mencharge cukup cepat. Apalagi kalo pake fast charger yang sudah disupport sama Coolpad Sky 3.

Untuk konektivitas, Coolpad Sky 3 ini hadir dengan koneksi 3G. Informasinya sih Sudah 4G ready. Selama gue pakai cukup puas dengan koneksi XL.

Review Coolpad Sky 3

Review Coolpad Sky 3

Kalau dari tampilan fisiknya, dengan desain sleek, meskipun layarnya cukup lebar, Coolpad Sky 3 cukup tipis untuk dikantongi dan gak kerasa bulky. Warna emasnya pun kasih kesan mewah dengan rounded corner glassnya. Kelihatan mewah Dan kece Kalau finale buat gaul.

Review Coolpad Sky 3: Smartphone dengan Camera Selfie Mumpuni untuk Videografi dan Fotografi

Yep, dari sekian banyak fitur yang dibenamkan di smartphone ini, salah satu yang diunggulkan adalah fitur kamera depannya yang sebesar 8 MP! Sama dengan kamera belakangnya. Untuk review Coolpad Sky 3 ini, guepun bawa smartphonenya ke berbagai tempat. Foto-foto dan coba bikin video.

Bahkan gue pakai smartphone dengan camera selfie besar ini sebagai kamera utama gue di event Indonesia Knowledge Forum V 2016nya BCA kemaren. Gue langsung aja kasih lihat hasil-hasilnya ya

Pengambilan video

Untuk ambil video, setting maksimal adalah HD 720P. Cukupan sih buat gue yang kadang juga upload ke channel YouTube di resolusi yang sama.

Kondisi low-light dan dari jarak jauh dengan fitur kamera standar: BCA IKF V 2016

Seluruh video dan suara diambil menggunakan Coolpad Sky 3. Di bagian awal gue pakai suara dari earphone. trus pas bagian performance gue pake perekam standar (earphone gw copot). Suaranya cukup jelas sedangkan gambar terlihat agak edgy. Gue gak pake penerangan tambahan pun fitur low light yang ada di kameranya.

Kondisi indoor malam hari dengan fitur kamera standar: Hario Coffee Factory AEON Mall BSD

Nah tugas agak berat buat kamera belakang yang dipake di kondisi malam hari, tanpa fitur low light diaktifkan dan tanpa cahaya flash tambahan. Apalagi ditambah kondisi waktu itu gue ambil gambarnya sambil jalan. Jadi fokus kameranya yang sempat berpindah butuh beberapa waktu buat menyesuaikan.

Terlepas dari gambarnya yang beberapa kali blurry, gue jadi suka sama hasilnya karena nunjukin dinamisme rekaman gambarnya.

Kondisi outdoor pagi hari dan diambil ketika sedang berjalan: Beraktivitas Fisik Menghindari Diabetes

Maafkan kalau pusing lihat gerakan kamera yang gak stabil. Ini niatnya sih mau bikin video buat post lomba blog salah satu perusahaan asuransi yang beberapa waktu lalu ngadain acara tentang #LawanDiabetes. Jadi gue terinspirasi kenapa gak ambil video waktu jalan pagi dan nunjukin Jakarta waktu pagi sekalian kan?

Hasil videonya sih bagus menurut gue. Gambar fokus dan bisa nangkep objek yang emang mau gue tangkep. Termasuk sinar cahaya matahari pagi. Ditambah dengan earphone piece yang cukup membantu nangkep suara dan juga storage capacity yang masih terbilang lumayan lega dengan tambahan memori eksternal kan.

Phone Fotografi

Well, meskipun gue bukan pengguna instagram yang aktif banget, tapi bisa dipastikan kalo gue ini orangnya seneng banget sama yang namanya foto bagus di instagram. Dan foto-foto bagus cuman bisa dihasilkan sama selera dan tentunya kamera yang bagus kan.

8MP rear camera yang dipunya sama Coolpad Sky 3 ini menurut gue mumpuni untuk bisa menghasilkan fot0-foto ciamik. Langsung aja kali ya ini beberapa hasil jepretan gue menggunakan kamera Coolpad Sky 3.

Foto di galeri atas gue ambil dengan mode kamera biasa. Foto pertama diambil di atas sebuah jembatan penyeberangan. Sedangkan dua foto lainnya diambil dari atas lantai 22 di dalam ruangan ketika mendung. Gambar yang dihasilkan cukup tajam.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kok fotonya sama semua Dan? Iya, ini buat nunjukin berbagai macam foto menggunakan opsi kamera professional yang dibenamkan di Coolpad Sky 3 yang gue pakai. Di opsi ini, gue bisa ngatur white balance, ISO, exposure, Ma Focus yang ada opsi untuk fotografi macro sampe ke saturasi dari gambar yang akan dihasilkan.

Mau gambar hasil jepretan bokeh kece? tinggal atur-atur aja fitur pro-nya. Seru kan? Kalik aja mau ngerasain motret pakai kamera professional, Coolpad Sky 3 ini bisa dijadikan ajang belajarnya.

Trus mana fungsi smartphone dengan camera selfie yang kecenya Dan?!

Camera Selfie 8 MP untuk Bergaya

Behold! Brace yourself for the picture you are about to see!

Coolpad Sky 3: Smartphone dengan camera selfie

Coolpad Sky 3: Smartphone dengan camera selfie

Huahahahahahahaha. Iyaaaaaa, gue pajang lagi di marih! Biar puwassss! Postingan selfie gue di facebook kemaren cukup mendapatkan sambutan yang meriah. Meriah karena pada mau muntah by the way kalo belom tahu. Hahahahahaha.

Garis bawah dari fitur beauty pas kita ambil foto di front kamera adalah ada 6 tingkatan beautify yang bisa gue lakukan untuk muka. Mulai dari 0 yang si Coolpad gak kerja apa-apa sampe ke 5 yang rasanya sudah bisa bikin gue cakep (banget) tanpa harus senyum. Semua fotonya diambil berbeda-beda, jadi bukan hasil editan satu foto yang sama. Diambil di lantai foodcourt Plaza Semanggi berjarak 5 meter dari jendela.

Buat yang suka selfie? Pilihan yang tepat gue rasa.

GIF Camera

Ini sih gue yang mungkin ketinggalan jaman ya, tapi dua smartphone terdahulu gue gak ada fitur ini. Apa tuh? bisa ngambil gambar buat sekalian dijadika gif yang cakep. Hahahahaha

Kadang ya kan suka bingung postingan maunya diisi sama gambar gif yang lucu gitu kan. Cuma tau sendiri susah amat kan kadang nemu gif yang cucok buat dipakai di postingan. Jadi pas tahu kalo bisa rekam gif juga kan jadi seru mbayangin bikin image gif macem-macem. Ini nih contohnya:

Para pemirsa pun muntah berjamaah

Para pemirsa pun muntah berjamaah

Fitur Dual App Coolpad Sky 3

img_0951Jadi ceritanya pas ubek-ubek ini smartphone ini, gue nemu satu fitur uniknya. Ternyata mengadaptasi konsep Coolpad Dual Space, di Coolpad Sky 3 ini gue bisa aktifkan fitur dual Facebook and Whatsapp account. Kalo di sini dinamai dengan dual app.

Gue sendiri terus terang ga nyobain fitur ini karena akun pun cuman punya 1. Kalau misalkan ada yang punya dua akun Facebook dan nomor whatsapp, bisa langsung dipakai ini.

Yakali teman-teman pada handle lebih dari satu account facebook kan ya, atau punya lebih dari satu nomor whatsapp yang aktif. Daripada pake dua handphone yang berbeda, pake satu Coolpad Sky 3 ini aja udah cukup kan.

CoolUI 8.0 & Cool Manager

Terakhir nih yang mau gue highlight di review, tampilan dan juga manajemen memori.

Mengusung CoolUI 8.0, tampilan antar muka Coolpad Sky 3 menurut gue cantik. Ada beberapa theme yang bisa langsung didownload gratis selain theme default yang bisa langsung dipakai. Dari beberapa yang gue sudah coba, CoolUI 8.0 ini kasih pengalaman yang baru dan cukup memuaskan.

Selain itu, satu hal yang biasanya jadi issue di smartphone android adalah memory management. Coolpad Sky 3 dengan cerdasnya langsung memberikan Cool Manager yang bisa berfungsi buat cleaning up trash files dan freeing up memory untuk menghindari crash dan error.

Ini gue juga buat videonya:

Daripada baca doang gak kebayang gimana kan ya? Mending tonton langsung videonya! 😀

Penutup Review Coolpad Sky 3

Dengan segala macam fitur yang udah gue bahas di postingan ini, dan kemudian tahu kalau smartphone ini dijual di kisaran harga Rp. 2 jutaan, gue bilang kalau smartphone ini worth the money. Buat yang cari-cari smartphone untuk selfie-selfie, atau bikin-bikin video buat diupload ke channel youtubenya dan terlihat gaya, gak salah pilih kalau cobain Coolpad Sky 3 ini.

Smartphone dengan camera selfie sebesar 8 MP ini bisa jadi handphone yang bisa memenuhi semua kebutuhan kok. Dipake gaul kelihatan gaya dan gak kalah sama smartphone keluaran terbaru. 😀

Jadi kalo lagi cari smartphone dengan camera selfie yang mumpuni, langsung aja pilih Coolpad Sky 3! 😀

 

Powered by WP Review
About these ads

58 Comments

  1. De

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Lihat kerjasama dengan brand lainBuka
+
%d blogger menyukai ini: