Tips Belajar Berenang Otodidak

Biasakan dengan air - tips belajar berenang otodidak

Biasakan dengan air – tips belajar berenang otodidak

Sudah pada bisa berenang? Belom? Gw mau sok-sokan ngikutin tips SEO yang kapan hari diajarin Ryan. Belajar gak papa kan yes? Ihik. Mau nulis tips belajar berenang otodidak. <~ keyword di judul dan di isi tulisan. (dan ini adalah publish ulang tulisan lama gw yang banyak dicari orang)

Hahaha, tapi yang gw tulis ini beneran pengalaman pribadi kok. Pernah gw ceritain kan ya kalo gw bukan orang yang sporty. Jadi ya olahraga bukan sesuatu yang bisa gw lakukan secara alami. Bukan yang sekali nyoba langsung bisa. Kecuali lari, jalan, atau kegiatan olahraga lain yang memang gak butuh alat atau harus nyemplung ke air. Kalo yang pake bola, raket atau macem berenang, udah deh, kagok abis. Nah pas di Lampung dulu, karena kolam renang deket ama kosan dan bertebaran di mana-mana, jadinya mupeng pengen nyobain berenang. Eh kebetulan banget gw pernah semacam diajarin orang Β crash coursenya berenang.

Jadi apa aja sih Tips belajar berenang otodidak dari orang yang gak bisa olahraga macem gw ini?

Tips Belajar Berenang Otodidak #1: HARUS Berawal dari niat

Tips Belajar Berenang Otodidak #1: Niat

Tips Belajar Berenang Otodidak #1: Niat

eperti gw bilang tadi, waktu jaman di Bandar Lampung dulu gw mupeng abwesh pengen belajar berenang. Manalagi kan kalo Sabtu-Minggu bisa dibilang nganggur gak ada kerjaan, pake banget. Pacar kagak ada, keluarga jauh di Surabaya. Trus kepikiran mau olahraga apa yang bisa bikin badan seger tapi ora susah. Hahaha. Lari waktu itu malesin banget soalnya konturnya Bandar Lampung berbukit-bukit.Β Hawong pernah nyobain olahraga bersepeda aja gw sampe nangis, literally, karena ohyaampun, itu waktu jalanan turunnya seneng abis *gak perlu keluarin tenaga, tapi waktu jalan naiknya… Serasa mau buang aja sepedanya. Udah turun dari sepeda dan dituntun aja masih berat.

Pilihan lainnya ya berenang, enak, nyemplung ke air dan kecipak-kecipuk doang. Not!

Waktu itu jangankan meluncur, ngambang aja kagak bisa gw. Manalah cerita temen-temen ada yang tenggelem di sini, di sana dalem dan bahaya lalalalala. Tapi tetep dong, niat ada demi menjadi pria perkasa nan sehat jiwa raga. Hahahaha.

Akhirnya gwpun milih kolam renang deket kompleks perumahan dan sekolahan di daerah Pahoman tempat gw kos. Termodus banget sih emang. Banyak anak-anak SMA pada suka berenang di sana. Yesapa tahu bisa dapet kenalan kan. Sapa tahu ada anak gadis orang mau dipacarin. ihik!

Tapi beneran deh, niat awal gw karena waktu itu beneran pengen sehat dan gak ada lagi olahraga yang cukup ringan untuk dilakukan selain berenang. *campuran antara niat menggebu-gebu pengen olahraga tapi anaknya malas.

Jadi buat bisa bertahan yang paling penting dalam tips belajar berenang otodidak ini adalah niat. Temukan niat itu, karena kalo nggak ya bakalan susah. πŸ˜€

Tips Belajar Berenang Otodidak #2: Temukan Teman Belajar

Tips Belajar berenang otodidak #2: Find Buddies

Tips Belajar berenang otodidak #2: Find Buddies

etelah dua tiga kali ke kolam renang deket kos gw, kayaknya ada seorang bapak pelatih renang yang mulai ngelihat gw yang dateng ke kolam cuman berendem doang. Mencium potensi bisnis menjadi pelatih renang, mulailah si bapak ngedeketin gw. Basa-basi sih awalnya trus mulai deh komentar gitu soal cara gw berenang.

Pertemuan gw sama si bapak yang gwΒ bahkan gak tahu namanya itu adalah salah satu berkah terbesar penempatan kerja gw di Bandar Lampung.Β Si bapak itu bilang untuk bisa berenang, yang perlu diinget adalah:

  • Kudu berani dan gak takut di dalam air
  • Inget kalo manusia itu pasti bakalan ngapung di air selama gak kebanyakan air yang masuk
  • Selama kepala di dalem air tetep tenang dan biarkan gaya angkat air bekerja
  • Tahan napas

Dengan santainya si bapak nawarin buat latihan nahan nafas. Gw langsung diajak ke kolam berkedalaman 2 meter (tinggi gw 175anΒ cm). Jadi gak terlalu jauh lah bedanya ya. Cuma ya itu, serem bow kalo kenapa-kenapa.

Kata si bapak, gimana mau belajar berenang kalo beraninya cuma di kolam cetek. Langsung aja terjun di kolam yang dalem.Β Dia nawarin buat jagain gw di atas barangkali gwnya panik.Β Ternyata sama kayak investasi kan yes. Kalo maenannya di deposito muluk ya mana bisa dapet untungnya kan. Ihik. πŸ˜› (Karena sama kayak investasi, kenapa gak sekalian baca postingan gw soal investasi ini, gw pilihin alasan investasi di pasar modal deh buat kalian baca :D)

Nah inilah kenapa buat tips belajar berenang otodidak yang kedua saran gw adalah menemukan teman buat belajar berenang. Buat jagain kalo ada apa-apa pas kita mau latihan nahan nafas dan ngambang. Meskipun temen ini sama-sama gak bisa berenang, paling gak dia bisa manggilin orang kalo ada apa-apa.

Tips Belajar Berenang Otodidak #3: Be Brave dan Belajar Tahan Napas

Tips Belajar Berenang Otodidak #3: Beranilah dan belajar tahan nafas

Tips Belajar Berenang Otodidak #3: Beranilah dan belajar tahan nafas

Yes, kudu berani dan kudu belajar buat nahan nafas adalah saran si Bapak yang kemudian dia aplikasikan dengan ngajak gw yang belom bisa berenang sama sekali ini ke pinggir kolam. Cara dia ngelatih gw di tepian kolam waktu itu:

  • gak boleh pegangan, trus disuruh ambil nafas panjang sampe paru-paru gw penuh.
  • disuruh tenggelem sampe kaki menyentuh dasar kolam, trus disuruh rileks
  • tahan nafas selama mungkin
  • karena gw pake kacamata berenang, buka mata aja waktu di dalem kolamnya
  • lihat bakalan kejadian apa

Emejing! That was one of the most amazing feeling I have ever felt! Gw ngambang beneran loh. Tanpa harus berusaha ngapa-ngapain, kaki gw yang awalnya nyentuh dasar kolam mulai keangkat karena gw rileks. I just let it all go.

pas gw tanya kenapa gw dilatihnya di pinggir kolam, kata si Bapak buat jaga-jaga, biar kalo panik masih bisa langsung pegangan. Murid-muridnya dia (yang bayar) dilatihnya langsung di tengah kolam dengan penjagaannya dia.

As simple as that dengan catatan terpenting, GAK BOLEH PANIK. Menurut dia udah pas lah gw pake kacamata berenang, karena salah satu cara biar gak panik ya pake kacamata itubiar bisa buka mata di dalem air dan lihat bagaimana kondisi di dalem airnya.Β Dalam seharian itu gw ada tenggelamin diri dan nahan nafas sampe kurang lebih 20 kali-anΒ danΒ akhirnya gw mulai bisa meraba apa yang diperlukan untuk bisa ngambang beneran.

Di akhir sesi, si bapak sempet nanyain nomor telepon dan juga nama gw. Gw kasih sih, cuman mungkin si bapak ngira gw bakalan ke sana lagi dan mau dilatih dia. Dia kemudian sebut tarif. Hahaha. Cuma ya minggu depannya gw pindah kolam renang ke kampus UNILA. Lebih gede dan lebih asik buat berenang.

Keberanian dan rasa nyaman menahan hapas di dalem air adalah satu teknik dasar terpenting dalam tips belajar berenang otodidak versi gw.

Tips Belajar Berenang Otodidak #4: Sering-sering perhatikan orang lain

Satu lagi nih, buat belajar berenang gratisan, tips belajar berenang otodidak yang gak kalah pentingnya. Pilih hari berenang di mana waktu itu banyak sekolah renang lagi latihan.

Tips belajar berenang otodidak #4: Curi Ilmu

Tips belajar berenang otodidak #4: Curi Ilmu

Kalo kasus gw berenang di hari Sabtu dan Minggu di kolam renang umum memberikan banyak banget manfaat. Posisi yang gw ambil waktu berenang adalah di sekitar guru-guru berenang yang ngajarin murid-muridnya. Bahahahaha.

Iya gw nyuri denger waktu mereka ngelatih anak-anak yang belajar berenang. Trus tipsnya gw pake dan praktekin sendiri. Dari yang awalnya cuman bisa ngambang doang, gw akhirny mulai bisa meluncur dan lama-lama gw bisa berenang bolak-balik pake gaya dada di kolam renang berukuran standar buat perlombaan renang! Kalo gaya bebas gw bisa tapi gak sekuat dan secepat itu. Palingan berenang santai disambung dengan gaya dada.

Mayan menghemat biaya guru berenang. Wkwkwkwkw.

Jadi-jadi, semoga dengan membaca postingan tips belajar berenangΒ otodidak gw ini bisa bikin manteman semua berenang yaaa. Inget, berani aja! πŸ˜€

Postingan lain tentang kenangan-kenangan gw bisa dibaca di daftar di bawah:

[display-posts categroy=”fragment’]

Advertisements

99 Comments

  1. Ira
  2. bemzkyyeye
  3. Faris
  4. Gara
  5. brad.my.id
  6. Hicha Aquino
  7. Rusdy
  8. RohmaFAzha05
  9. alya zhra
  10. Kursus Selam Jakarta
  11. dina

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate Β»
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: