Masih Ada Duit THR? Ini Nih Pos yang Duluan Dibayar Sama Ibu-Ibu (dan Bapak-Bapak!) Biar Manfaatnya Maksimal!

Pssst! Buat yang uang THRnya belom habis, ternyata alternatif alokasi uang tunjangan hari raya banyak loh pilihannya!

Pas gw survey kecil-kecilan di Facebook kemaren, gak nyangka kalo bakalan banyak banget yang kasih respon. Makasih banyak ya mantemaaaan!

Apa?!! Ada yang bahkan hilal THRnya belom kelihatan? Buahahaha. Tapi tenang aja kok, menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 06 Tahun 2016 seharusnya tenaga kerja/buruh sudah berhak mendapatkan THR setelah 1 bulan bekerja.

Sebelum baca-baca apa aja sih alternatif yang dikasih sama temen-temen sebagai alternatif alokasi uang tunjangan hari raya, ini ada video dari Indonesia Morning Show:

Gimana, udah ngikutin saran perencana keuangan di videonya NetTV di atas? kalo belom, atau kalo dirasa videonya kelamaan, sok atuh disimak saran dari teman-teman di bawah ini. Bisa masuk ke dalam perencanaan keuangan keluarga juga loh usulan dari teman-teman yang akan gw tulis di bawah ini.

Alternatif Alokasi Uang Tunjangan Hari Raya dari Teman-Teman:

Zakat untuk Harta yang Berkah

Di antara harta kita ada hak orang lain Click To Tweet

Pasti sudah sering denger kan ya kutipan di atas? Bener banget kan kalo di harta (duniawi) kita ada sebagian hak orang lain? Makanya AMAT SANGAT DISARANKAN alternatif alokasi uang tunjangan hari raya yang pertama adalah buat bayar zakat.

Zakatnya ini tentu saja zakat buat uang THRnya sendiri, sama zakat harta benda yang sudah mencapai satu nishabnya. Coba cek ketentuan zakatnya ini di webnya Badan Pusat Amil Zakat Nasional. Jadi dikeluarkan itu 2.5%nya dulu sebelum dipake buat yang lain-lain biar lebih berkah.

Baca juga tentang Apa yang Bisa Dilakukan Dengan Duit 1 Milyar?

THR untuk Orang Lain

Setelah itu, kalo ada orang-orang yang bantuin kita yuk dibayar dulu THR buat mereka. Kayak asisten rumah tangga, office boy kantor dan siapa aja deh yang kerja di sektor informal dan gak mungkin dapet THR. Alternatif alokasi uang tunjangan hari raya yang ini bisa ngebantu mewujudkan kebahagiaan orang lain kan ya?

Yamasa mau bahagia sendiri kan?

Ada komen dari Maya yang menyentuh banget. Dia bilang dia lebih prefer mendapat THR pas lebaran meskipun dia gak ikut merayakan. Katanya:

“Iya. Kayaknya biar aku non muslim tapi lebih prefer dapet THR pas lebaran biar bs bagi2 rejeki 🙂.”

Bayar Uang Sekolah Anak

Alternatif alokasi uang tunjangan hari raya untuk uang sekolah anak

Alternatif alokasi uang tunjangan hari raya untuk uang sekolah anak

Jawaban terbanyak dari manteman di suvery Facebook buat alternatif alokasi uang tunjangan hari raya adalah buat bayar sekolah anak! Either bayar uang pangkal, atau bayar uang daftar ulang. Pas banget sih ya THR dibayarnya pas musim liburan sekolah gini.

Ya meskipun ada juga yang sudah nyiapin dana pendidikan anak lewat instrumen yang lain, bayar uang sekolah pake THR juga gak ada salahnya. Duit yang sudah diinvestasikan buat dana pendidikan di instrumen investasi sesuai pilihan itu bisa dibiarkan biar tetep berkembang.

Investasi di Instrumen Keuangan

Menghitung keuntungan investasi

Menghitung keuntungan investasi di instrumen keuangan sebagai salah satu alternatif alokasi uang tunjangan hari raya

Yep, Mbak Nenny ibunya Barra bilang:

“97,5% uang THR diinvestasikan ke instrumen reksadana”

Kok cuma 97,5%? Yakarena yang 2,5%nya kan buat zakat masbro dan mbaksis. Hihihi. Keren ya belio?

Kok bisa sih SEMUANYA diinvestasikan gitu? Lhaemang buat lebaran gak butuh duit? Penjelasan lanjutan dari Mbak Nenny bikin terkagum-kagum.

“kalau dana untuk mudik karena beberapa bulan terakhir jarang traveling kami ambil dari dana traveling 😊

Jadi istilahnya inimah dana buat lebaran sudah disiapkan jauh-jauh hari. Perencanaan keuangannya jalan. Jadi pas ada dana tambahan, alternatif alokasi uang tunjangan hari raya dengan mantabh ditujukan buat investasi ke reksadana.

Kalau mau tahu investasi di reksadana mana, coba baca postingan tentang Cara Memilih Reksadana yang Bagus.

Apalagi dengan momen kayak sekarang, dengan kondisi pasar yang belum pulih dan ada kejadian BREXIT, pasar modal kan turun lagi tuh. Punya dana lebih malah bisa jadi amunisi ampuh buat masuk dan beli investasi di harga rendah. Bukannya panik dan malah jual, malah bisa nambah belanja waktu harga turun.

Baca postingan Help Duitku Hilang! (Apa yang Harus Dilakukan Waktu Harga Saham dan Reksadana Jatuh)

Modal Usaha

Iyaaaa! Ada yang bilang alternatif alokasi uang tunjangan hari raya miliknya dipake buat modal usaha loh!

Gilingan ya emang jaman sekarang ini. Usaha gak perlu modal yang gede-gede banget. Di jaman Masyarakat Ekonomi ASEAN ini semuanya mungkin buat dilakukan! Daya juang dan kreativitas teman-teman semakin meningkat!

Apalagi didukung dengan koneksi internet 4G yang cepat sekarang ini, buka usaha gak perlu susah payah kayak jaman 5-10 tahunan lalu! Bermodal Smartphone 4G yang harganya sangat terjangkau pun buka toko baju pun jadilah.

Buka usaha jaman sekarang gak perlu modal gede. Kreativitas justru jadi modal paling krusial. Click To Tweet

Ditambah dengan kemampuan dasar membuat dan mengedit video, punya channel Youtube, uang THR pun bisa membuka lapangan usaha baru. Ada yang sudah coba buka usaha dengan modal uang THR? Share dong pengalamannya di kolom komentar! Please… 🙂

Berbagi Kebahagiaan dengan Keluarga Besar

Alternatif alokasi uang tunjangan hari raya untuk keluarga besar

Alternatif alokasi uang tunjangan hari raya untuk keluarga besar

Ada yang inget ponakan lihat foto di atas?

Pastinyalah kalo lebaran gak akan rame tanpa kehadiran keluarga besar. Termasuk nenek-kakek dan ponakan-ponakan. Apalagi buat ponakan ya. Pasti menyenangkan bagi-bagi duit baru yang masih kinyis-kinyis. Ekspresi mereka ituloh. Priceless!

Nah ini juga jawaban yang banyak dikasih sama teman-teman. Ditambah dengan nenek, kakek. Kalo orang tua pastilah dikasih kan? Nah kalo om-tante-pakdhe-budhe kayaknya gak termasuk karena mereka sendiri kan kemungkinan besar juga kerja ya. Hihihihi..

Buat Beli Baju Lebaran!

Alternatif alokasi uang tunjangan hari raya untuk beli baju

Alternatif alokasi uang tunjangan hari raya untuk beli baju

Oke, memang lebaran gak harus pake baju baru sih ya. Tapi gak ada salahnya kan beli baju baru pas dapet THR?

Alternatif alokasi uang tunjangan hari raya buat beli baju lebaran ini malah pas. Beli-beli baju atau outfit (yang mungkin juga bisa dipake kerja) jadi gak ganggu cashflow keuangan setiap bulan. Investasi lumayan gede di pakaian kerja toh ujungnya kan buat peningkatan kinerja toh? 😀

Atau kalo misalkan emang gak mau sampe menghabiskan banyak banget dana buat beli baju baru, bisa juga coba ke toko-toko baju hemar sisa ekspor. Di toko-toko baju sejenis ini, gw kemaren itu nemu baju bagus dengan harga yang sangat-sangat miring. Bahkan gak nyampe Rp. 100 rebu!

Jadi gak ada rasa bersalah kan waktu belanja bajunya?

Atau malah lebih baik? Ngebelanjain baju buat panti asuhan, atau belanja baju buat disumbanhkan ke panti-panti sosial misalkan? Bihihihik!

Bayar Biaya Kesehatan

Biaya Kesehatan Dibayar dengan Uang Tunjangan Hari Raya

Biaya Kesehatan Dibayar dengan Uang Tunjangan Hari Raya

Alternatif alokasi uang tunjangan hari raya yang ini kayaknya memang gak terlalu menyenangkan ya. Gak sesuai sama semangat lebarannya kan. Tapi yang namanya musibah kan kadang memang datang tanpa diinginkan.

Nah ini yang kejadian sama Mbak Echa. Uang THRnya harus dipakai buat membiayai anggota keluarga yang sakit.

Karena THR ini memang cuman diterima setahun sekali, jadi fungsinya bisa dipakai buat cover biaya-biaya tak terduga di luar yang sudah direncanakan. Salah satunya ya biaya pengobatan rumah sakit ini kalo misalkan memang tidak dicover sama asuransi kesehatan.

Selain itu, uang tunjangan hari raya bisa juga dipake buat ngebayarin pengeluaran-pengeluaran tidak rutin lainnya yang jumlahnya cukup signifikan kalo misalkan dikeluarkan dari income rutin tiap bulan. Biaya servis mobil misalkan.

Semoga anggota keluarga yang dirawat diberikan kesembuhan segera ya Mbak.

Membiayai Pengeluarahn Lebaran

Karena namanyapun sudah THR ya, jadi alternatif alokasi uang tunjangan hari raya yang paling mungkin ya buat bayar keperluan lebaran. Mulai dari beli tiket, sewa kendaraan selama di kampung halaman, sampai ke kasih duit sana-sini kan ya.

Nah kalo kek gini kan jelas ya namanya apa dipakai buat apa.

Ada orang-orang yang memang gak menyiapkan dana khusus buat lebaran. Lalu lintas dana selama 11 bulan yang lain gak terganggu dan perencanaan keuangan berjalan sebagaimana biasa tanpa ada disisihkan untuk lebaran.

Final Words tentang Alternatif

Gimana? Macem-macem kan ternyata alternatif alokasi uang tunjangan hari raya ini?

Ternyata gak cuman dipake buat biayain keperluan lebaran aja. Banyak yang bisa dipilih dan dilakukan sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing. Yang terpenting, dengan adanya uang tunjangan hari raya, semoga pada waktu pas lebarannya, gak ada beban pikiran yang bikin kita gak bisa menikmati momennya.

Yabisa aja memang dipake buat beli handphone baru dan hal semacam itu, tapi yang gw tulis di sini adalah penggunaan uang tunjangan hari raya sesuai keperluan, bukan keinginan. Kalau memang perlu beli handphone baru sih ya monggo. 😀

Silahkan buka kategori perencanaan keuangan buat baca postingan lainnya yang berhubungan sama duit. Hihihi. Dan kalo ada alternatif alokasi uang tunjangan hari raya lainnya, share di kolom komen ya! 😀

Advertisements

36 Comments

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Ingin membaca artikel perencanaan keuangan lainnya? Buka
+
%d blogger menyukai ini: