Makan Murah Tetep Gaya

Siapa yang pengen gegayaan di mall tapi sayang banget kalo harus keluarin duit Rp. 50 rebuan sekali makan? *Tunjuk tangan paling tinggi. Ada gak sih tips makan murah di mall Jakarta? LoL!

Disclaimer:postingan ini berdasarkan pengalaman mengunjungi mall di Jakarta dan belum dilakukan pengecekan untuk mall di kota lain.

Serius deh, semakin ke sini makan di mall semakin mahal gak sih? Semakin gak masuk akal.

Definisi masuk akal di sini adalah makan nasi uduk+ayam+tempe+tahu habis Rp. 20 rebu. Maksimal. Okelah kalo sekarang Rp. 30 rebuan – gue naikin dikit…

Coba kalo makan di mall, pasti sekitaran Rp. 50 rebu. Dan itupun palingan cuman 1 lauk. Balom lagi kalo tambah masakan sayur ama satu lauk lagi. Ditambah minum? Parah gilak mahalnya!

Masuk beberapa mall di Jakarta ketemunya kalo gak Pizza Marzano, Pad Thai, Sushi Tei, Ramen Ippudo dan jaringan-jaringan restoran terkenal lainnya. Di restoran-restoran yang ditemuin di mall itu, begitu lihat harganya udah langsung kebayang berapa lama harus puasa buat sekali makan gak sih? Hahahaha.

Tips Makan Murah di Mall Jakarta

Makan di Mall Sebagai Salah Satu Bentuk Candu, Seringnya Cuma Keinginan

Food Culture BSD City

Food Culture BSD City

Makan di mall ini bisa jadi bentuk candu seperti merokok. Kalau sudah beberapa waktu gak makan di mall, rasanya ada yang kurang. Ato cuman gue doang? Hahaha.

Baca juga tentang merokok sebagai prioritas keuangan.

Makan mahal di mall ini seringnya cenderung lebih ke keinginan daripada kebutuhan. Karena sebenarnya lah makan di rumah juga enak-enak aja dan gizi terpenuhi kok. Kalo dilakukan tiap hari bisa dipastiin gaji gak bakalan cukup.

Yagimana, sekali makan di mall bisa-bisa habis Rp. 100ribuan.

Kelar makan apakah selesai? Nggak! Kan pengen gegayaan juga ya jalan di mall. Lihat handphone terbaru, ngikutin gaya paling mutakhir ato kemudian nongkrong bareng temen di coffee shop ternama.

Baca juga Tips Hemat Ngopi di Starbucks

Kalo diturutin makannya di tempat-tempat itu asli mejret bener dah.

Trus gimana dong solusinya? Ngebungkus dari rumah trus nyusul?

Cari Kantin Mall di Level Parkiran

Food Carnival AEON Mall BSD

Food Carnival AEON Mall BSD ~> Food court macem gini pasti mahal!

Eits, jangan salah, ini bukan kantin khusus karyawan kok meskipun ditujukan buat karyawan mall. Jadi tenang aja, gak bakalan dilarang masuk. Setahu gue, di mall-mall besar pasti ada. Coba baca artikel Detik Food ini.

Kantinnya memang buat umum dan semuanya bisa masup ke sana.

Kek contohnya di Lotte Shopping Avenue (LoVe) yang ada di Jl. Dr. Satrio dekat Mega Kuningan. Mall ini bahkan punya dua kantin semacam ini meskipun mereka juga punya kantin yang benar-benar khusus karyawannya.

Harga makanannya gimana? Pengalaman gue rata-rata harga makanan dan minuman cuma sekitar Rp. 10rebu – Rp. 25 rebu sekali makan.

Malu makan di tempat rakyat jelata gini?

Silahkan aja hindari tempat makan model gini kalo duitnya gak berseri. Kalo masih nunggu gajian tiap bulan dan pusing mikir cicilan (yaelah curhat) ya makan dulu aja di kantin bawah baru habis itu gaul. Hahaha. Lagian, tempatnya bersih dan ber-AC juga kok.

Kantin semacam ini bisa juga pernah gue temui di beberapa mall ternama lain di Jakarta. Pacific Place, Grand Indonesia, Plaza Indonesia dan FX.

Iye, itu rahasianya gue bisa eksis di mall-mall ketemua ama para blogger kondang di Jakarta dan masih bisa beli reksadana, investasi saham atau beli emas tiap bulan..

Kalo mall-mall papan atas aja ada, pusat perbelanjaan macem Ambassador pun pasti punya. Coba deh turun ke bawahnya lantai dasar. Buanyaaak dan rame banget pas jam makan siang. Di sini ini malahan jadi favorit gue makan siang pas hari kerja. Bisa hemat banyak.

Manfaatkan Program Promo dan Diskon

Kupon Diskon Makan Hemat

Kupon Diskon Makan Hemat

Yaelah, siapa sih yang gak mau diskonan? Lu gak mau? Yakin? Takis!

Etapi gue sih pernah tahu ada yang gak mau diskon, waktu pasar modal Indonesia harga sahamnya pada turun orang pada gada yang mau beli sahamnya. #eaaaaa

Diskonan jaman sekarang kan BUWANYAKKK banget ya. Mulai dari resto-resto yang baru buka yang biasanya nawarin paket program promo diskon. Jangan sampe kelewat. Mayan kan kalo buat dua orang cuma bayar Rp. 60rebu misalkan.

Selain resto yang baru buka, diskon-diskon kek gini tuh sering dibagiin di official account perusahaan di aplikasi-aplikasi macam Line gitu. Jan lupa follow-follow dan rutin buka kalo emang mau makan-makan di luar bareng temen.

Yakan sayang aja kalo diskon ada tapi gak dipake toh?

Selain itu manfaatin juga kupon-kupon yang diperoleh dengan tukar poin transportasi online. Kek misalkan Gojek Indonesia yang suka ada promo diskon makan di resto dengan tukar beberapa poin yang sudah terkumpul. Karena sejatinyalah, susah untuk mendapatkan iPhone, lebih-lebih MacBook dari poin Gojek Indonesia. Hahaha.

Jangan pernah lewatkan diskon-diskon semacam ini mamen! Sayang bener duitnya.

Cuman yagitu sih, kadang resto yang kita pengen makan jarang-jarang kasih diskon. Koyotoh Bebek Suryo ato Kazan Ramen. Ihik. *tercurcol

Beli Makan Tengah Buat Rame-Rame

Ketemuan ramean sama temen di mall? Makannya beli makan tengah aja.

Makan tengah adalah salah satu tips makan murah di mall jakarta

Makan tengah adalah salah satu tips makan murah di mall jakarta

Gue baru tahu konsep makan tengah setelah meninggalkan Surabaya. Makan tengah ini maksudnya yang beli sayur/lauk buat dimakan rame-rame gitu.

Dengan begini, kita bisa bagi-bagi biaya makan. Jadi gak bokek sendirian. Hahaha. Atau biaya yang dikeluarkan bisa lebih sedikit.

Pun kalau misalkan jenis makanan yang dipesan banyak, dengan jumlah uang yang sama kita bisa menikmati lebih banyak jenis makanan. Jadi lebih untung kan.

Tapi satu saran gue kalo mau makan tengah bareng temen-temen, pastikan yang ikut makan adalah teman yang gak pelit dan memang mau ikutan urunan makannya. Jan sampe ngajakin makan tengah eh ada satu orang yang pelitnya setengah mampus sampe maunya cuman makan, giliran diminta bayaran dia ngilang. Hahahaha.

Bawa Minum Sendiri atau Beli yang Refilable

Dilarang bawa makanan dan minuman dari luar. Itu adalah aturan paling umum yang berlaku di resto-resto yang ada di mall.

Gue sih bilang emang jangan bawa makanan dari luar. Tapi kalau memungkinkan bawa minum, bawa aja. Karena harga minuman di restoran biasanya sampe seharga makanannya.

Yagimana, untuk beberapa restoran, margin paling besar justru berasal dari jualan minuman. Bukan dari makanannya. Apalagi kalau minuman di restorannya model minuman yang cukup macem-macem. Rada-rada fancy gitu kan.

Temen-temen kantor gue seringnya bawa minum sendiri dari kantor kalo pas makan siang. Ato kalo emang ketemuannya sore ya ngisi tumblr ato wadah minum dengan air atau teh dari kantor.

Kalo gue sih biasanya cari varian minuman yang paling sederhana, atau kalau nggak ya beli minuman refilnya.

Karena gue tipikal yang butuh BANYAK BANGET minum, jadi minuman refil cukup membantu gue buat menghemat. Gue pesen satu minuman refil yang kadang bisa gue refil sampe 4-5 kalian. Hihihi.

Jadi kalo harga minumannya Rp. 20ribu-an, refill sampe 4 kali berarti sekali minum Rp. 4 ribu. Mayan kan?

Bungkus Makanan yang Tidak Habis

Bento Dish Food Culture AEON Mall BSD City

Bento Dish Food Culture AEON Mall BSD City

Sering gak sih ngalamin, karena makan ramean yang dipesen pun jadi kebanyakan trus akhirnya gak habis? Apa gak pernah? Bagus!

Tapi kalo sampe pernah kebanyakan pesen, jangan ditinggalin itu sisa makanannya. Apalagi kalo udah bayar sampe ratusan ribu.

Baca juga Tips Menghemat Ala Mahasiswa Rantau.

Kalo ada sisa gosah gengsi, langsung aja minta dibungkus. Lumayan nanti bisa dipake buat makan di rumah. Begitu sampe rumah jangan lupa dimasukin ke kulkas atau diangetin.

Gue rasa jaman sekarang sih udah jamak ya orang bungkus sisa makanan yang belom kemakan. Gengsi? Ngapain! Gabisa dimakan mamen itu gengsi.

Baca juga: Target dan Dasar Manajemen Keuangan Pribadi

Tapi kalo emang makan dan bayarnya ramean, jan sampe terkesan kita tuh sok mau nguasain semuanya sendiri. Jangan lupa tawarin ke temen-temen lain bungkusannya ya. Hahahaha

Jadi, Siapa Bilang Tidak Bisa Hemat Makan di Mall di Jakarta?

Asalkan mau muter otak dan cari sana sini, gue rasa banyak kok pilihan untuk bisa tetep hemat waktu mau gaul di mall-mall terkemuka di Jakarta. Tinggal mau cari ato nggak aja.

Gak setiap kali gaul sama temen-temen harus keluar ratusan ribu rupiah kan? Kalo kek gitu kapan bisa beli reksadananya? Kapan bisa beli emas? Kapan bisa beli saham? Yekan?

Rajin-rajin pantengin aplikasi yang nawarin diskonan, gosah malu-malu makan di kantin dan pinter-pinter pilih opsi makan dan menunya. Niscaya, keuangan keluarga akan tetap sehat terjaga.

Jadi, masih bingung gimana caranya bisa hemat makan di mall Jakarta? Lakukan dong apa aja yang ada di tips  makan murah di mall Jakarta ini. 😀

121 Comments

  1. Nanik
  2. Sandrine Tungka
  3. Dwi Puspita
  4. bemzkyyeye
  5. eda
    • dani
  6. kirana21
    • dani
  7. hasan basri
    • dani
  8. Sandy Eggi
    • Sandy Eggi
        • Sandy Eggi
          • dani
            • Sandy Eggi
  9. kornelius
  10. Awan
  11. Lia
  12. hasan basri
  13. yuni
  14. ngapak id
  15. De
  16. Arie Haryana
  17. Ina R.
  18. Makan Enak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh