Kategori
Inspirasi Investasi Perencanaan Keuangan Saham

6 Inspirasi Kata-kata Bijak Warren Buffett

6 kata-kata bijak Warren Buffett bisa dijadikan inspirasi dalam investasi saham dan panduan bagi investor pemula dan juga investor kawakan.

Ada yang nyari inspirasi kata-kata bijak Warren Buffett? Kalo ada gue mau kasih 6 kata-kata bijak Warren Buffet yang inspiratif. Daftar ini yang sampe sekarang gue jadikan panduan.

Eh kalian belom kenal Warren Buffett?

Kalo belom kenal Warren Buffett, bisa baca halaman Wikipedianya. Tapi yang pasti, Warren Buffett ini adalah legenda hidup dunia investasi saham. Belio jadi kaya dari berinvestasi dari investasi saham.

Inget ye, KAYA disini yang artinya banyak duit. Bukan cuma kaya yang merasa cukup. Bahahaha.

Hahahahahahaha. *trus gue ditabokin orang se-Indonesia Raya.

Jadi kalo mau baca, bisa urut dari sini sampe selesai. Ato bisa juga baca dari daftar isi di bawah ini:

Inspirasi Dari 6 Kata-kata Bijak Warren Buffett:

Kesimpulan: Selalu Upgrade Kualitas Diri

Inspirasi Dari 6 Kata-kata Bijak Warren Buffett:

Tentang Menjadi Serakah

Dari 6 kata-kata bijak Warren Buffett, yang ini adalah yang paling gue favoritin. Dalem banget artinya ya bokkk.

Jadilah penakut ketika rangorang lagi serakah, dan jadilah serakah ketika yang lain penakut. Intinya: Jangan ikut-ikutan orang!

Buahahahahahaha.

Sering gak denger cerita temen yang kek gini:

“Anjrit! Gue telat dah masuk ke saham ABCD. Diajakin ama temen. Dia ngerasain kenaikan 100%! Eh giliran gue beli langsung drop!”

“Apa-apaan si Y! Bilang suruh lepas sahamnya EFGH! Eh setelah gue jual, sahamya terbang!

Kalo denger kata-kata bijaknya Warren Buffett yang ini pas bener kan?

Pas orang-orang lagi pada rakus, kita disuruh waspada. Jangan ikut-ikutan. Karena kalo kita ikutan masuk pas harga saham pada naik, bisa jadi udah telat. Harga udah di titik tertinggi.

Pun sebaliknya.

Inget aja kalo ada sesuatu yang naik, suatu saat pasti bakalan turun. Sementara sesuatu yang turun, setelah ketemu dasar bisa jadi bakalan naik lagi.

Asa Muasal Datangnya Risiko

Urutan kedua dari 6 kata-kata bijaknya Warren Buffet ini bener kan?

Kalo gak ngerti apa yang kita lakukan, bakalan banyak risiko yang timbul. Risiko yang berpotensi merugian. Hal ini gak cuma dalam investasi saham doang loh.

Kayak misalkan buka rekening bank. Karena kurang cari tahu, akhirnya malah buka rekening yang merugikan. Muali dari biaya administrasinya yang mahal sampe saldo minimum yang gede. Apalagi kalo sampe gak ada ATMnya.

Baca juga postingan tentang Pertimbangan Membuka Rekening Bank.

Kenapa bisa begitu?

Karena kalau gak benar-benar mengerti apa yang kita lakukan, keputusan yang diambil bukan keputusan cerdas. Not an educated decision.

Keputusan bisa jadi hanya berdasarkan “katanya”. Bukan dari fakta.

Gimana kalo contohnya tentang saham?

Misalkan, Lita pegang saham sebuah bank. Secara fundamental banknya bagus. Suatu ketika, tiba-tiba harga saham bank itu turun.

Karena kurang pemahaman, Lita panik. Dia langsung dijual sahamnya. Apa yang terjadi?

Karena panik, Lita merealisasikan kerugian dengan menjual sahamnya.

Padahal, Lita tidak perlu mengalaminya. Turunnya harga saham bisa jadi diakibatkan faktor eksternal yang bersifat sementara. Apabila bank tersebut memang bagus, harganya akan naik lagi.

Apalagi ternyata bank tersebut masih memiliki strategi bertahan menghadapi perubahan. Lita sebagai investor sebenarnya tidak perlu khawatir. Karena secara fundamental perusahaan masih bagus.

Kebayang kan kondisinya? Intinya adalah: Kita harus jadi nasabah yang cerdas. 🙂

Tentang Memilih (Saham) Perusahaan yang Dibeli

Hayoloh! Gue cantumkan ini sebagai bagian dari 6 kata-kata bijak Warren Buffeet. Begitu tuh nasihatnya beliau soal membeli (saham) perusahaan.

Cuma beli (saham) perusahaan yang kita bakalan tetep happy megang. Meskipun, setelah beli bursa saham tutup selama 10 tahun. LoL!

Yagimana ya bokk mau nganalisanya?

Siapa yang tahu perusahaan yang kek gimana itu. Bayangin, setelah kita beli market tutup selama 10 tahun! Trus kita gak bia ngapa-ngapain.

Pada kepikiran gak kira-kira perusahaan yang seperti apa?

Gue menerjemahkan salah satu dari 6 kata-kata bijak Warren Buffet ini di postingan ini dengan cukup sederhana.

Dilihat saja perusahaan-perusahaan yang ada dari sejak 10 tahun kebelakang atau lebih. Trus lihat produk-produknya.

Dalam waktu 10 tahun mendatang, produknya masih bakalan ada gak? Orang masih mau beli gak itu produknya?

Apakah produknya menjadi market leader? Memiliki presence yang kuat di masyarakat dan kira-kira 10 tahun lagi masih bakalan ada apa nggak?

Kayak misalkan, beli sahamnya perusahaan telekomunikasi. Perusahaan mana yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas?

Baca juga postingan Emak-emak Belanja Saham.

Gampang kan? Ihik… 😀

Tentang Perubahan

Dan guepun merasa ditampol. Keras. Banget. Ada yang merasakan hal yang sama dari salah satu 6 kata-kata bijak Warren Buffett ini?

Bahahahahaha.

Yagimana ya, ngelakuin hal yang kita udah tahu itu enak banget. Nyaman dan gak bikin pusing.

Menunda-nunda pekerjaan meskipun di dalam pikiran adalah lyfe.

Sering gak punya pikiran gini: “Gue tahukudu ngapain. Tapi ntar aja deh”.

Meskipun dalam hati, udah pengen banget berubah.

Kayak contohnya gue ngeblog misalkan. Meskipun udah ngeblog lama, ya begini-begini aja blognya. Gak jadi yang uwowowow banget gimana gitu.

Padahalan pengennya blognya bisa cetar membahana tak terkira.

Baca juga postingan tentang IPOTFUND: Platform Investasi Reksadana Online Terbaik

Tapi yang gue lakukan buat blog ya begitu-begitu aja. Gak ada yang istimewa. Huhuhu. Makanya jalan di tempat.

Jadi-jadi-jadi… Kalo emang mau hasil yang berbeda, lakukan dengan cara yang berbeda. I gotta work my a** off! 😀

6 Kata-kata Bijak Warren Buffet berikutnya: tentang Pegang Kendali Hidup

Yes, bener banget kan kata-kata bijak yang ini?

Kita harus pegang kendali waktu dalam hidup kita. Pastinya lagi, kita harus pegang kendali dalam hidup kita.

Gak bisa dong terus-terusan kita biarkan orang lain yang bikin keputusan buat kita. Trus kalo ada apa-apa tinggal nyalahin orang lain itu.

Kalo kita sendiri masih seneng kayak gini, bisa jadi kitanyabelom dewasa. Menjalani hidup sebagai orang dewasa memang menantang. Kalo gak boleh dibilang menakutkan.

Dan tahu gak apa syarat paling mendasar biar bisa mengambil kendali dalam hidup?

Harus bisa bilang nggak sama orang lain.

Gak bisa tuh terus-terusan kita iyain omongan orang. Kita harus punya sikap. Karena kalo kita iyain semua omongan orang, kita bisa dimanfaatkan.

Susah? Banget!

Baca juga postingan Memegang Kendali Hidup.

Bilang nggak ke orang itu susah banget. Jangan dikira bisa segampang menjentikkan jari ya.

It is not as easy as 1-2-3 beib! But you gotta do it for your life! 😀

Tentang Investasi Saham (Lagi)

Ini nasihat buat jadi trader kali ya. 😛 LoL

Jadi ya, kan memang ada saham-saham gorengan ya. Saham gorengan ini bisa naik gila-gilaan hanya berdasar desas-desus.

Kalo manteman niatnya investasi saham, sebaiknya hindari saham-saham gorengan ini. Apalagi kalo ikut-ikutan tanpa disertai pengetahuan yang cukup.

Tapi kalo mau masuk harus pastikan memelajari semuanya. Tahu perusahaannya, sudah mendalami kinerja dan prospeknya. Make an educated decision.

Karena saham-saham gorengan akan memberikan kesempatan kenaikan investasi. Perusahaan dengan kapitalisasi pasarn yang relatif kecil masih bisa berkembang. Mereka umumnya agresif melakukan ekspansi dan pengembangan-pengembangan usaha.

Baca juga postingan 5 Alasan Investasi Saham.

Karena itulah, banyak-banyak baca dan selalu terbuka terhadap segala pengetahuan baru.

Inget, kita harus jadi nasabah cerdas! Gak cuma ikut-ikutan aja.

Penutup: 6 Kata-kata Bijak Warren Buffett untuk Terus Meningkatkan Diri

Gimana-gimana? Dari 6 kata-kata bijak Warren Buffett apakah ada yang pas buat manteman?

Sebenarnya sih, masih banyak banget ilmu-ilmu yang bisa diambil dari Warren Buffett. Tapi buat postingan kali ini, gue ambil 6 kata-kata bijak Warren Buffet yang di atas dulu.

6 kata-kata bijaknya Warren Buffett di postingan inilah yang paling bisa nyambung sama gue. Dimana saat ini duit cuma segitu-segitunya dan profil investasi gue masih seperti sekarang.

Siapa tahu manteman bisa menggunakan inspirasi 6 kata-kata bijak Warren Buffett itu. Terutama dalam menentukan strategi investasi ke depan.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas diri dengan banyak membaca dan banyak belajar. Selamat berinvestasi!

2 tanggapan untuk “6 Inspirasi Kata-kata Bijak Warren Buffett”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *