Kategori
Business Investasi Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Amankan Duit dari Investasi Bodong! Bagaimana Cara Mendeteksinya?

Sebuah kejadian yang ngingetin gue buat bikin lagi konten buat waspada investasi bodong. Sebuah curhatan di DM Instagram gue bilang kalo dia kena scam. Kena investasi bodong. Dari segi jumlah, untuk ukuran seorang pegawai dengan gaji rutin termasuk lumayan. Rp 2 juta adalah nilai uang yang hilang dibawa kabur si penipu. Modusnya? Titip uang untuk […]

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Pasca Lebaran 2021: Sehatkan Kembali Keuanganmu

Lebaran 2021 baru saja berlalu. Back to reality, yes? Ada beberapa hal sudah menunggu untuk dibereskan setelah berlibur cukup panjang. Yah, namanya liburan. Mau mudik atau enggak, mau keluar kota atau rebahan aja di rumah, biasanya sih ya ada pengeluaran ekstra. “Sayangnya”, setelah liburan panjang itu, kita harus kembali ke rutinitas lagi—which means ada beberapa […]

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Atur Bujet Bulan Ramadan di Masa Krisis yang Belum Usai

Masa krisis belum berlalu. Pergerakan orang-orang yang terinfeksi COVID-19 belum menurun. Malahan, di beberapa daerah, justru mengalami peningkatan yang cukup signifikan. So, lagi-lagi tahun ini, kita harus menjalani bulan Ramadan di tengah pandemi. Sesuatu ya? Dua kali sudah kita harus menjalankan puasa di tengah wabah penyakit. Sudah dua kali pula, larangan mudik Lebaran dinyatakan oleh […]

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Ini Dia 5 Jenis Pengeluaran Rumah Tangga Tahunan yang Harus Dipersiapkan Karena Nominalnya yang Besar

Bulan puasa sudah tiba. Mau enggak mau, selain memikirkan gimana caranya supaya ibadah kita bisa penuh dilakukan, kita juga jadi mulai mikirin soal pengeluaran rumah tangga. Gimana enggak ya, cyint? Bulan puasa itu—realistis saja nih—identik dengan pengeluaran yang lebih besar. Meskipun kita sadar bahwa esensi dari puasa bukanlah di menu berbuka yang ‘wah!’, tetapi pengeluaran—pada […]

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Bulan Puasa, Mengapa Pengeluaran Lebih Banyak? Ini Alasannya!

Kalau dipikir-pikir ya, yang namanya bulan puasa itu, kita seharusnya bisa banyak menekan nafsu—baik itu nafsu makan, nafsu belanja, dan lain sebagainya. Tetapi, tak sedikit orang yang mengeluh dan curhat, bahwa pengeluaran justru meningkat di bulan Ramadan. Tanya, kenapa? Iya kan? Padahal logikanya, dengan berpuasa di siang hari, kita seharusnya bisa mengurangi pos makan dong […]

Kategori
Tips Hemat

Liburan Akhir Tahun di Masa New Normal: Siapkan Bujetnya Yuk!

Sudah menjelang liburan akhir tahun nih, kamu sudah ada rencana mau ke mana? Tapi akhir tahun ini, hmmm, liburanmu bakalan dilakukan di masa new normal. Bakalan beda nggak ya, sama liburan kamu di tahun-tahun sebelumnya? Kayaknya sih ya bakalan beda. Seenggaknya, kamu harus wajib banget untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, physical distancing, dan menjauhi kerumunan. […]

Kategori
Investasi Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Kenapa Sebaiknya Tidak Tergoda Hadiah Tabungan

Kenapa sebaiknya tidak tergoda hadiah tabungan karena bunganya yang lebih kecil dan beberapa hal yang menyebabkan dana menjadi tidak fleksibel dan tidak optimal. Udah tahu belom? Baca ini dulu deh sebelum nabung dan tuker hadiah langsung.

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Tips Hemat Ngopi di Starbucks

Tips hemat ngopi di Starbucks yang bisa dilakukan untuk menghemat keuangan meski sering ngopi di Starbucks! Terutama untuk menyelamatkan tagihan kartu kredit!

Kategori
Dana Pensiun Investasi Perencanaan Keuangan Reksadana Saham Tips Hemat

7 Hal Harus Diketahui tentang Reinvestasi! Resep Agar Aset Investasi Selalu Berkembang

Inilah 7 Fakta tentang Reinvestasi: salah satu rahasia orang kaya semakin kaya. Dengan cara ini, uang seolah bekerja untuk pemiliknya dan selalu berkembang!

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Puasa & Social Distancing: Yang Berbeda dari Ramadan Tahun Ini

Apa yang berbeda dengan puasa tahun ini, ketika Ramadan ditengah pandemi Corona ini? Apa saja yang bisa dan perlu disesuaikan dalam manajemen keuangannya?