Kategori
Investasi Perencanaan Keuangan

Terlambat Investasi? Nggak Apa, Ini yang Saya Lakukan untuk Kejar Ketinggalan

Idealnya, kita memang seharusnya memulai sejak masih muda. Masih di awal karier, itu lebih baik. Tapi, kalau misalnya kayak saya, yang dulu alergi sama istilah “investasi”, ya bisa mulai investasi di usia 40-an juga nggak apa. Jangan sampai karena merasa terlambat investasi, malah jadi nggak invest sama sekali. Itu namanya mencelakakan diri sendiri. So, kalau […]

Kategori
Investasi Perencanaan Keuangan

Menunda Investasi, Ini Beberapa Akibat yang Saya Rasakan Sekarang

Ya, begitulah. Sukanya mikir terlalu panjang, untuk satu hal penting. Giliran soal belanja flash sale aja, langsung gercep. Hadeh, kadang meskipun sudah di-self pukpuk dan menenangkan diri dengan kalimat, “Nggak papa telat. Yang penting sekarang sudah mulai!” Tapi ya tetep aja, ada rasa menyesal kenapa menunda investasi. Oh well, sebenernya sih ya udahlah ya, yang […]

Kategori
Investasi

7 Alasan Menunda Investasi: Barangkali Ini Alasanmu Juga

Investasi memang penting, dan seharusnya ini disadari oleh siapa pun seawal mungkin. Maksudnya bukan seawal mungkin pas masih kecil juga, tapi seawal mungkin ketika kita mulai masuk usia produktif dan mulai bekerja. Karena kalau enggak, ya akhirnya kita jadi menunda investasi. Nah, di sinilah awal kesalahan terjadi. Masih untung kalau yang bersangkutan terlambat sadar. Kayak […]

Kategori
Crypto Investasi

Mengapa Saya Tidak Tertarik Investasi Bitcoin?

Corona memang luar biasa sekali “jasanya”. Selain memperkenalkan kita tentang situasi new normal yang sekarang berlangsung, virus ganas ini juga memperkenalkan banyak hal baru. Salah satunya, investasi bitcoin. Sebenarnya, bitcoin sendiri sudah muncul dan diperkenalkan cukup lama sebelum ini. Saya ingat betul, pertama kali ketika heboh malware atau ransomware bernama WannaCry yang diberitakan mampu mengunci […]

Kategori
Investasi Saham

4 Instrumen Investasi Saham Pertamaku: Antara Fans Berat, Pengguna Loyal, dan Sedikit Spekulasi

Perkenalan saya dengan instrumen investasi saham tak lepas dari peran serta pemilik blog ini. Sebelumnya, sudah baca kan bagaimana awal “perkenalan” saya dengan investasi? Cukup bikin kapok. Dari situ, saya lama sekali menjauhi kata “investasi”. Tapi ya, pada akhirnya, saya sadar kok, betapa pentingnya investasi. Apa yang membuat saya sadar? Lalu kenapa akhirnya saya mau […]

Kategori
Emas Investasi Reksadana

3 Instrumen Investasi Pertama Si Pekerja Lepas Pemburu Proyekan

Saya tak pernah tertarik lagi untuk investasi setelah pengalaman pertama saya ternyata investasi bodong. Takut banget, rasanya nyesek aja gitu, tahu uang yang sudah saya kumpulkan susah payah dengan qerja qeras bagai quda dibawa kabur sama orang. Saya pun ketinggalan berbagai info instrumen investasi, dan dicukupkan kepuasannya untuk menabung saya di tabungan biasa. Memang, nyimpen […]

Kategori
Investasi

Kenalan dengan Investasi Bodong: Rugi Tapi Pelajaran Besar Saya Terima

Circa tahun 2000-an memang belum ada platform fintech semacam P2P Lending, tetapi saya sempat “belajar” mengenai peminjaman modal. The hard way, but. Saya (dan keluarga) terjebak investasi bodong. Mari ikuti perjalanan saya berkenalan dengan investasi bodong. Disclaimer: Artikel ini bukan ditulis oleh Bang Mamat. Kenalan dengan Skema Penanaman Modal Bisnis Di circa tahun 2000-an, saya […]

Kategori
Asuransi Asuransi Unitlink Investasi Perencanaan Keuangan

Kesalahan Membeli Asuransi Unitlink yang Gue Harap Gak Pernah Gue Lakukan

Gue macu cerita pengalaman gue bagaimana salah memahami asuransi unitlink. Kemaren si PenulisKonten udah cerita kan gimana cara mudah memahami polis asuransi. Ini nyambung dengan postingan sharing pengalamannya terkait asuransi pendidikan kemarin kan. Belom baca? Cuss deh baca dulu. Bakalan jadi pengantar yang bagus sebelum baca cerita pengalaman gue tentang kesalahan yang gue buat dengan […]

Kategori
Business Investasi Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Amankan Duit dari Investasi Bodong! Bagaimana Cara Mendeteksinya?

Sebuah kejadian yang ngingetin gue buat bikin lagi konten buat waspada investasi bodong. Sebuah curhatan di DM Instagram gue bilang kalo dia kena scam. Kena investasi bodong. Dari segi jumlah, untuk ukuran seorang pegawai dengan gaji rutin termasuk lumayan. Rp 2 juta adalah nilai uang yang hilang dibawa kabur si penipu. Modusnya? Titip uang untuk […]

Kategori
Investasi Perencanaan Keuangan Reksadana Saham

Perjalanan Investasi Seorang Tukang Kredit

“Gimana sih cara belajar investasi Mat?” Beberapa tahun lalu banyak yang nanya tentang ini. Akhir-akhir ini, meskipun masih ada yang penasaran bagaimana caranya belajar investasi, pertanyaan sudah mulai langsung ke mengarah ke satu instrumen investasi. Sudah bukan lagi gimana caranya belajar tentang investasinya. Kayak misalkan: “Gimana caranya gue ngerti mana saham yang bagus ato nggak?” […]