Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Ibu Rumah Tangga di Jepang dan Cara Mereka Berhemat Pengeluaran

Tahukah kamu? Menjadi ibu rumah tangga juga dianggap sebagai pekerjaan alias profesi loh, di Jepang. Hal ini karena tugas seorang ibu rumah tangga juga begitu kompleks dan butuh kemahiran tersendiri. Jepang sendiri dikenal memiliki warga yang punya disiplin diri yang tinggi. Etos kerja mereka tak main-main, begitu juga dengan soal pengelolaan keuangan. Mereka punya cara […]

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Tip Jitu Hemat Kuota Internet

Kemudahan untuk melakukan apa saja secara online sekarang membuat internet menjadi bagian terpenting dalam hidup kita, bener nggak? Apalagi sekarang, dan kemarin-kemarin, yekan? Pas kita WFH. Terus, kerasa nggak tuh, kalau kuotanya pada boros? Yekaaan? Sama dong, makanya butuh tip jitu hemat kuota internet kan? Apalagi nih, dengan adanya industri 4.0, akan semakin banyak pekerjaan […]

Kategori
Perencanaan Keuangan Tips Hemat

Tip Hemat dan Efisien Belanja Mingguan Ala Emak-Emak Sibuk

Mengatur uang belanja rumah tangga itu sesuatu ya? Kudu pinter-pinter, soalnya kalau enggak … wah bisa jadi bencana, apalagi kalau dilakukan tanpa rencana. Salah satunya, buat belanja mingguan. Ya, pasalnya, kebutuhan rumah tangga itu memang adaaa … aja. Memang ada yang sudah rutin, tapi lebih banyak lagi yang sifatnya insidentil. Misalnya saja, lagi belanja buat […]

Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Persiapkan Sejak Dini, Berikut Fungsi Dana Pensiun dan Jenisnya

Saat seseorang sudah memasuki usia tua, tidak dapat bekerja dengan optimal, dana pensiun adalah tunjangan untuk menikmati masa tua dengan tenang. Nah, tentunya inilah fungsi dana pensiun yang begitu penting sehingga harus dipersiapkan sejak dini. Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa yang termasuk usia produktif adalah mereka yang berumur 15 – 64 tahun. Nah, dalam rentang […]

Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Dana Pensiun Lembaga Keuangan: Apa yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Jadi Peserta?

Kamu yang saat ini dalam masa produktif, pada akhirnya akan harus pensiun. Ya masa nggak capek kerja mulu? Seenggaknya, jika pun kamu memang pengin tetap bekerja, ya bekerjalah demi kepuasan batin. Bukan karena butuh uang buat biaya hidup. Nah, di sinilah kemudian kamu butuh dana pensiun. Sudah pernah dengar mengenai Dana Pensiun Lembaga Keuangan belum? […]

Kategori
Dana Darurat Perencanaan Keuangan

Dana Darurat Ideal: di Masa Krisis Beda atau Sama dengan Kondisi Normal?

Ngomongin soal kesehatan finansial secara umum, pasti tak akan pernah lepas juga dari topik dana darurat. Apalagi sejak pandemi COVID-19 melanda negeri ini. Rasanya, kalau punya dana darurat ideal itu bagai punya kekuatan super. Tapi, tahukah kamu, bahwa besaran dana darurat ideal yang dibutuhkan di masa krisis seperti ini bakalan berbeda dari saat keadaan normal; […]

Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik, Apa yang Mesti Diperhatikan?

Sudah tahu ya, apa fungsi asuransi dan betapa pentingnya bagi kita untuk memilikinya. Yah, paling nggak, punya BPJS Kesehatan deh! Preminya terjangkau banget, dan manfaat perlindungannya—so far, sependek pengamatan—justru paling lengkap. Ini menurut saya, asuransi kesehatan terbaik banget deh, dari pemerintah. Bahkan, kamu sudah sakit pun, mengajukan jadi peserta tuh masih bisa diterima loh. Asuransi […]

Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Ini Loh Perbedaan Asuransi Umum dan Asuransi Syariah yang Perlu Kamu Tahu

Lagi nyari informasi tentang asuransi? Bingung mau ambil asuransi umum atau asuransi syariah? Bertanya-tanya apa perbedaan asuransi umum dan asuransi syariah? Yes, produk syariah memang sudah semakin populer. Tak hanya bisa dimanfaatkan oleh mereka yang muslim, produk syariah juga bisa banget digunakan oleh nonmuslim, karena nilai-nilai pengelolaannya sangat universal. Mau asuransi umum atau asuransi syariah, […]

Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Apa Sih Sebenarnya Fungsi Asuransi Itu?

Banyak perencana keuangan yang menekankan, betapa pentingnya untuk punya asuransi. So, apakah kamu sudah punya asuransi juga? Kalau sudah, apa kamu sudah tahu betul fungsi asuransi? Jika kamu sampai saat ini masih belum paham mengenai fungsi asuransi, nantinya manfaat asuransi bisa jadi justru tak bisa optimal kamu dapatkan loh. Jadi mari kita bahas secara khusus […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Cara Menabung Kamu Sudah Bener Belum? Kalau Belum, Pantesan Susah Nabung!

Semua orang kayaknya sudah tahu kalau menabung itu baik. Bahkan, berani taruhan, kamu pun juga sudah diajarin dan sudah dibiasakan menabung sejak kecil. Betul? Tapi, apakah kamu sudah tahu cara menabung yang bener? Memang, menabung itu adalah salah satu hal yang sudah disadari penting untuk dijadikan sebagai kebiasaan sejak dini. So, sudah wajar jika kamu […]