Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Sebelum Membeli Polis Asuransi, Perhatikan 5 Hal Berikut!

Berita-berita penipuan asuransi yang belakangan marak, sungguh membuat miris. Miris antara kita yang masih saja belum paham akan konsep asuransi meski kesadaran pentingnya memiliki asuransi sudah ada, dan miris dengn agen asuransi yang juga masih belum sepenuhnya punya kemampuan untuk menjelaskan fungsa dan manfaat dari asuransi itu sendiri. Akibatnya, saat akhirnya terjadi transaksi pembelian polis […]

Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Pengertian Asuransi: Definisi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Masih banyak yang enggak paham pengertian asuransi, sehingga merasa nggak perlu punya atau salah memilih produk.

Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Penipuan Asuransi? Ah Masa?

Beberapa waktu yang lalu, kembali heboh dunia ini lantaran keluhan beberapa nasabah perusahaan asuransi yang mengaku uangnya raib. Beberapa perusahaan asuransi besar lantas diadukan, terutama diviralkan di media sosial karena diduga melakukan penipuan asuransi. Wah, kayaknya serieus banget nih, kalau udah mulai soal tipu menipu ini? Benarkah perusahaan sebesar itu melakukan penipuan asuransi? Mari kita […]

Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Pilih Mana Buat Dana Pensiun: DPPK, DPLK, atau Siapkan Sendiri?

Dana pensiun, dana yang sebenarnya bikin males aja kalau dipikirin. Tapi ya, mau nggak mau, harus dipikirin. Pasalnya, pasti di masa tua nanti, pastinya kita masih memerlukan biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup, yang jumlahnya juga nggak sedikit. Apalagi nanti kalau sudah tua, kita nggak lagi bekerja atau memiliki penghasilan tetap. Seharusnya kita bisa sadar dan […]

Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Dana Pensiun yang Kuat Sebaiknya Disimpan di Instrumen Investasi Apa Ya?

Menjalani masa pensiun dengan tenang tanpa memikirkan masalah keuangan barangkali jadi cita-cita banyak orang, ya kan? Tapi, masalahnya, gimana cara mempersiapkan dana pensiun yang bisa dijamin kecukupannya untuk bisa hidup tenang begitu? Yeah, beberapa di antara kita merasa tujuan tersebut sulit untuk dicapai. Padahal ya seperti kata pepatah, “Banyak jalan menuju Roma”; ada banyak cara […]

Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Dana Pensiun: Mengapa Kita Perlu Menyiapkannya Sejak Dini

Pensiun merupakan masa ketika seseorang telah mencapai usia tertentu dan diharuskan untuk berhenti bekerja. Di satu sisi, rencana pensiun ini cukup dinanti oleh sebagian orang, karena akhirnya mereka bisa beristirahat dan menikmati masa tua bersama keluarga. Namun di sisi lain nih, masa pensiun ini  akan mendatangkan kekhawatiran lho. Terutama soal dana pensiun. Ya, kekhawatiran kebanyakan […]

Kategori
Dana Pensiun Deposito Investasi ORI-SukRi Perencanaan Keuangan Reksadana

Pilih Mana Antara Investasi Obligasi Ritel, Deposito dan Reksadana?

Dengan diluncurkannya Sukuk Ritel SR-009 penting untuk mengetahui bagaimana memilih sukri, deposito atau reksadana.

Kategori
Deposito Inspirasi Investasi Kamus Keuangan Perencanaan Keuangan

{Seri Istilah Keuangan} Suka Banget Deposito, Sudah Paham Istilah-Istilah Ini?

Istilah penting terkait deposito perlu untuk dipahami secara mendalam agar tidak mengalami kerugian menyimpan dana di instrumen yang aman.

Kategori
Investasi Keluarga Perencanaan Keuangan

Diskusi dengan Pasangan yang Penting untuk Dilakukan

Apa saja sih diskusi dengan pasangan yang penting dan harus dilakukan? Gue kepikiran ini sambil nonton Flower of Evil. Drama yang intinya lu gak kenal siapa pasangan lu kan? Hahaha! Trus jawaban-jawaban respon yang masuk di story IG gue lumayan mencengangkan! Bahahaha! Jadi, tulisan lama ini gue edit ulang dah. Biar relevan sama keadaan sekarang. […]

Kategori
Dana Pendidikan Perencanaan Keuangan

7 Kesalahan Perencanaan Dana Pendidikan Anak yang Membuatnya Jadi Kurang Maksimal

Bicara tentang mempersiapkan pendidikan anak, maka pastinya kita akan merencanakan dan mengumpulkan dana pendidikan anak terlebih dahulu. Hal tersebut sangatlah penting karena kita sebagai orang tua mestinya bertanggung jawab atas masa depan anak kita.  Pendidikan merupakan hak anak-anak yang wajib dipenuhi oleh orang tua mana pun. Maka dari itu, tak jarang juga jika para orang […]